Home » Canva » Canva Platform Desain Untuk Pendidikan dan Bisnis

Canva Platform Desain Untuk Pendidikan dan Bisnis

Technology semakin berkembang seiring perkembangan zaman, kehadiran technology dapat mempermudah pekerjaan diberbagai bidang termasuk bidang promosi dimana memerlukan media sebagai sarana promosi sebagai tolak ukur kesuksesan campaign marketing. Beberapa technology yang biasanya digunakan untuk mendesain seperti aplikasi photoshop dan corel draw. Namun, tidak semua orang paham bagaimana cara penggunaan aplikasi tersebut, sehingga menjadi kendala untuk mendesain.

Namun, jika ingin memiliki desain yang bagus dan tidak punya cukup skill menggunakan aplikasi photoshop atau corel draw maka salah satu solusinya menggunakan aplikasi Canva. Untuk itu pada tulisan ini saya akan membahas seputar informasi tentang aplikasi Canva.

Apa itu canva ?

Canva merupakan platform desain grafis yang didirikan pada tahun 2012 di Sydney Australia oleh Melanie Perkins, Cliff Obrecht, dan Cameron Adams. Canva terdiri dari dua layanan yaitu layanan gratis dan berbayar. Selain itu, aplikasi ini juga dapat dijalankan diperangkat android, desktop, dan web.

Aplikasi canva menyediakan beragam contoh desain yang dapat digunakan. Beberapa contoh desain yang dapat digunakan yaitu desain grafis persentasi, poster, logo, instagram post, infographic, resume, flyer, card, instagram story, brosur, photo collage, graph, video, invitation, wallpaper, business card, animasi sosial media, sertifikat, newsletter, zoom virtual background, book cover, postcard, label, report, CD Cover, storyboard, calender, proposal, dokumen dan konten visual lainnya.

Siapa saja yang menggunakan Canva ?

Aplikasi Canva tidak hanya dapat digunakan oleh orang yang mengerti desain. Namun, dapat digunakan oleh berbagai kalangan termasuk guru, siswa, mahasiswa, personal, bisnis kecil, bisnis besar, atau non profit, bahkan dapat digunakan oleh anak segala usia. Dengan berbagai fitur yang ada dan template desain yang tersedia pengguna cukup memilih dan mengedit template yang ada untuk dijadikan sebuah desain promosi atau desain lainnya sesuai kebutuhan pengguna.

Canva juga dapat digunakan didunia pendidikan sebagai platform yang mudah digunakan untuk pembelajaran berbasis proyek. Beberapa hal yang dapat dibuat menggunakan Canva antara lain presentasi pendidikan, kelas virtual, lembar kerja, kalender belajar, infografis, dan poster. Daftar Canva untuk pendidikan secara gratis.

Mengapa memilih Canva sebagai aplikasi desain ?

Beberapa kelebihan yang dimiliki Canva sebagai aplikasi desain untuk mempermudah penggunanya untuk mendesain antara lain:

  1. Memiliki lebih dari 420.000 template
  2. Memiliki lebih dari 75 juta foto stok, video, dan grafis yang dapat digunakan secara gratis.
  3. Memiliki lebih dari 3.000 font.
  4. Desain dilakukan hanya dengan cara drag and drop.
  5. Kontent dapat diakses melalui Google Drive, Dropbox, dan folder.

Bagaimana cara menggunakan Canva ?

Nah, kita sekarang akan membahas bagaimana menggunakan Canva untuk kebuduhan design seperti poster, infografhic, social media instagram, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

1. Sign Up ke Canva

Langkah pertama, kita perlu memiliki account Canva dengan cara sign up atau login di https://www.canva.com/id_id/login. Ada beberapa pilihan untuk dapat login ke Canva yaitu dapat menggunakan Facebook, Gmail atau registrasi dengan mengisi data pribadi untuk mendapatkan akun Canva.

2. Pilih demo dan jenis desain

Langkah kedua, kita dapat memilih template graphic yang sudah disediakan untuk membuat berbagai jenis graphic di Canva. Beberapa contoh design graphic untuk berbagai kebutuhan seperti persentasi, media sosial, video, produk cetak, pemasaran, kantor, dan lainnya.

Selanjutnya, pilih salah satu layout yang sesuai dengan kebutuhan anda dengan cara mengklik layout tersebut. Misalkan: memilih layout persentasi.

3. Pilih desain yang akan digunakan

Langkah ketiga, pilih desain yang tersedia di sebelah kiri lembar kerja anda yang berwarna putih. Misalkan: memilih template kedua di persentasi pendidikan.

Selanjutnya, klik tombol “Terapkan semua halaman”  untuk menggunakan semua halaman persentasi tersebut.

4. Desain sesuai kebutuhan

Langkah ke lima, kita edit desain persentasi sesuai kebutuhan. Jika sudah selesai dapat kita download atau kita tampilkan secara langsung.  

Kesimpulan dan Penutup

Teknologi desain yang semakin berkembang dan semakin canggih, membuat anda tidak susah untuk berkreasi dalam hal design grafis. Salah satu teknologi yang dapat anda gunakan adalah Canva sebagai salah satu platform desain grafis yang tersedia secara gratis dan menyediakan fitur drag and drop dengan berbagai layout yang disediakan untuk siap di edit. Sehingga memberikan kemudahan untuk mendesain tanpa harus memiliki skill tertentu atau melakukan instalasi aplikasi. Namun, jika anda ingin menginstall aplikasi canva juga tersedia versi desktop maupun android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *