Home » Personal Branding » 10 Fitur Wajib Website Personal Branding Dosen, Guru, Penulis, dan Trainer

10 Fitur Wajib Website Personal Branding Dosen, Guru, Penulis, dan Trainer

Website merupakan media yang dapat digunakan untuk memperkenalkan dan mengiklankan produk dan jasa secara global. Selain itu, website juga dapat berfungsi sebagai branding bagi usaha seseorang ataupun menjadi media personal branding seseorang, termasuk bagi dosen, guru, penulis, dan trainer dapat dijadikan sebagai media promosi untuk memperkenalkan dirinya melalui internet secara luas.

Mengapa wajib memiliki website sebagai personal branding?

Memiliki sebuah website bagi dosen, guru, penulis, dan trainer tentunya sangat perlu agar dapat terlihat tampil lebih professional. Selain itu, dengan adanya website dapat menulis artikel, ide atau gagasan agar dapat di baca orang lain dengan cepat dan mudah, berjualan buku atau membuka layanan melalui website sendiri.

Apa saja fitur wajib website personal branding dosen, guru, trainer, dan penulis?

Beberapa fitur yang wajib ada pada website personal branding diantaranya memuat profil, resume atau daftar riwayat hidup, karya atau prestasi, portofolio, artikel atau tulisan, galeri photo atau video, publikasi buku atau e-book, produk jualan, halaman download, dan kontak yang bisa di hubungi.

1. Profil

Halaman ini memuat profil berupa informasi tentang siapa diri Anda yang dapat dilihat oleh orang lain, sehingga orang lain mengetahui siapa diri Anda dan apa keahlian dan kebiasaan Anda.

2. Resume/Daftar Riwayat Hidup

Halaman ini memuat informasi daftar riwayat hidup yang dapat dilihat oleh orang lain sehingga orang mengetahui perjalanan hidup Anda. Misalkan: riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, dan pengalaman-pengalaman hidup Anda.

3. Karya/Prestasi

Halaman ini digunakan untuk memuat karya/prestasi yang pernah diraih sehingga orang lain dapat melihat karya dan prestasi Anda yang dimuat melalui website.

4. Portofolio

Halaman ini memuat portofolio tentang apa yang pernah Anda kerjakan, misalkan pernah membuat website, pernah membuat sebuah karya yang digunakan oleh orang lain, dll. Hasil yang Anda kerjakan dapat kamu muat di website sehingga dapat meningkatkan kepercayaan orang lain kepada Anda.

5. Artikel/Tulisan

Halaman ini memuat tulisan ide atau gagasan yang dapat di baca oleh banyak orang. Misalkan menulis sebuah tulisan yang berkaitan dengan hobby, cerpen, motivasi, opini, dll.

6. Foto atau video Galeri

Halaman ini memuat galeri photo atau video kegiatan yang pernah Anda lakukan, sehingga orang bisa mengetahui kegiatan-kegiatan apa yang pernah kamu lakukan.

7. Publikasi Buku/E-Book

Halaman ini dapat Anda gunakan untuk mempublikasikan buku atau e-book yang dapat kamu share kepada orang lain. Baik buku yang dijual ataupun yang dapat didownload secara gratis.

8. Produk Jualan

Halaman ini dapat Anda gunakan untuk menampilkan produk yang dapat kamu jual sehingga dapat menghasilkan penghasilan tambahan. Misalkan menjual produk-produk digitial.

9. Download

Halaman ini dapat memuat file yang dapat didownload secara berbayar atau secara gratis oleh orang lain. Misalkan download materi pembelajaran yang biasa digunakan seperti modul, materi persentase, dsb.

10. Kontak Saya

Halaman ini memuat informasi tentang kontak Anda yang dapat di hubungi oleh orang lain apabila membutuhkan informasi dari Anda atau membutuhkan jasa Anda.

Apa kendala seseorang belum memiliki website branding?

Website dapat dimiliki oleh semua orang untuk dijadikan media personal branding. Namun, Anda harus tau beberapa kendala kenapa seseorang belum memiliki website personal branding diantaranya:

  1. Mau bikin website tapi tidak memiliki keahlian;
  2. Mau pesan website tapi anggaran tidak cukup;
  3. Punya anggaran cukup tapi tidak tau mengelola website;

Untuk memiliki website branding tentunya dibutuhkan sebuah biaya dan keahlian untuk mengelola website tersebut. Biaya tersebut untuk pembelian domain dan hosting sebagai alamat website dan tempat penyimpan file website secara online.

Mendaftarkan domain dan hosting dibutuhkan biaya ratusan ribu hingga jutaan sehingga menjadi kendala utama seseorang memiliki website branding.

Jika, Anda mengalami hal tersebut. Maka, tepat sekali Anda website ini karena saya akan membantu Anda untuk pembuatan website dengan harga terjangkau sehingga tidak lagi menjadi kendala untuk memiliki website sebagai personal branding Anda.

Apa yang dibutuhkan untuk membuat web personal branding ?

Agar website personal branding Anda dapat diakses di Internet oleh orang lain, Anda perlu menyiapkan domain, hosting, dan website platforms. Domain yang digunakan dapat berupa nama Anda sendiri atau nama unik yang menjadi brand Anda.

Selanjutnya web hosting dapat Anda sewa melalui jasa penyedia web hosting seperti niagahoster.co.id, dan website platform yang digunakan untuk mengelola website. Website platform yang terkenal untuk membuat website personal branding adalah WordPress.

Apabila Anda bingung bagaimana mendapatkan domain dan menyewa hosting, serta menginstal platform WordPress untuk membuat website personal branding segera pesan layanan pembuatan website Anda sekarang, saya akan membantu Anda segera mewujudkan untuk memiliki website personal branding Anda dengan harga terjangkau dan dibantu bagaimana mengelola websitenya.