Home » Pendidikan » 5 Aplikasi Yang Wajib Di Miliki Mahasiswa Zaman Now

5 Aplikasi Yang Wajib Di Miliki Mahasiswa Zaman Now

Daftar Isi

Kemajuan teknologi saat ini merupakan suatu kemudahan yang memfasilitasi kegiatan sehari-hari, terutama untuk generasi muda saat ini, tidak terkecuali para mahasiswa.

Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat Anda bisa melakukann sesuatu dengan mudah, melalui smartphone pintarmu ataupun leptopmu yang pastinya sangat berguna untuk Anda manfaatkan sebagai penunjang kelancaran tugas-tugas kampus dan kepentingan lainnya.

Untuk itu sangat di sayangkan jika mahasiswa tidak memanfaatkan kemajuan teknologi, misalnya dalam hal pemanfaatan aplikasi untuk menunjang aktivitas akademik.

Lantas aplikasi apa saja yang wajib dimiliki para mahasiswa. Berikut masagena telah merangkumnya:

1. Plagiarismcheckerx.com  

Aplikasi Plagiarism Cheker X adalah satu diantara sistem aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa plagiat karya tulis Anda.

Selain itu juga aplikasi Plagiarism Chacker X adalah aplikasi untuk memudahkan Anda mengetahui presentase plagiat kamu dalam menyusun entah itu laporan, skripsi, makalah, tesis, jurnal dan masih banyak lagi.

Sebagaiman kita ketahui cara kerja aplikasi Plagiarism Chacker X yang proses pencarian yang di duga plagiat dari sebuah karya tulis.

Fitur yang ditawarkan aplikasi ini cukup menarik dimana pengguna dapat melakukan scan meskipun volume kontennya cukup besar dengan jumlah kata yang besar.

Pengguna aplikasi cukup memilih satu file dalam satu kali scan yang akan di scan plagiarismenya, kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol analyze it.

Sedangkan untuk memeriksa file yang tidak berada di drive local, pengguna dapat manggunakan fasilitas scan by URL dari file yang akan di scan plagiarismenya.

Namun ada bebera hal yang harus diketahui para pengguna aplikasi Plagiarism Chacker yaitu terkait kekurangan yang mencolok dari aplikasi ini, dimana hanya bisa digunakan pada sistem operasi windows dan membutuhkan koneksi yang cepat untuk menjalakan fungsinya.

Hasil scan akan disajikan dengan tampilan yang cukup mudah di pahami. Di bagian awal hasil scan di sajikan dalam bentuk grafik dimana memiliki keterangan yang menunjukan presentase yang terdeteksi plagiarisme dan bukan plagiarisme.

Bagian yang berwarna hitam adalah bagian yang terdeteksi plagiat dan yang berwarna hijau adalah bagian yang tidak palagiat. Hasil akhirnya pun dapat di download dalam bentuk ekstensi doc.

2. CAM SCANNER 

Cam Scaner adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk melakukan scan dokumen dan pengolahan hasil scan menggunakan telepon.

Bagi Anda mahasiswa yang memiliki banyak tugas yang harus di scan satu per satu mulai saat ini anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan budget lagi untuk menyewa printer yang rata-rata biaya scan-nya mahal.

Okelah mungkin berkas yang Anda scan hanya satu lembar doing, gimana kalau Anda scannya seratus lembar, sudah kerasa banget tuh budget yang harus Anda keluarkan.

Nah jika teman-teman mahasiswa menemukan masalah seperti ini jangan panik dan jangan putus asa untuk menyelesaikan persoalnnya.

Ternyata samartphone pintar Anda dapat difungsikan sebagai scaner lho, dengan hadirnya aplikasi Android bernama CAM SCANER, dapat membantu kalian untuk melakukan scaner terhadap berkas ataupun tugas dan langsung dibuat dalam format PDF.

Aplikasi CAM SCANER tersedia di Play Store sehinnga Anda dapat mengaksesnya secara gratis.

3. iPusnas 

Aplikasi ipusnas adalah ruang baca digital persembahan dari perpustakaan nasional untuk kita agar lebih mudah dalam mencari atau membaca buku yang kita inginkan yang dilengkapi oleh fitur dan kategori media sosial.

Perlu Anda ketahui Ipusnas merupakan satu-satunya perpustakaan nasional yang mempunyai digital regmenegmen, dimana semua orang bisa membaca buku secara digital kapan dan di manapun selagi tersambung dengan internet.

Aplikasi Ipusnas memiliki kelebihan dan kekurangan bagi para penggunnya, kelebihan yang di berikan diaplikasi Ipusnas adalah alikasi ini dapat berjalan pada sistem operasi windows, iphone, dan android.

Desain dan cara penggunaan aplikasi ini terbilang sangat mudah untuk di gunakan. Aplikasi ini tersedia di playstore yang tentu saja Anda bisa mengaksesnya secara gratis dimanapun dan kapan pun selagi Anda terkoneksi dengan Internet.

Koleksi buku yang disediakan oleh aplikasi Ipusnas sangat beragam dan kaya akan variasi dan terbilang banyak.

Jika Anda lupa untuk mengembalikan, secara otomatis buku yang Anda pinjam di aplikasi Ipusnas akan kembali dengan sendirinya.

Sementara itu, kekurangan aplikasi Ipusnas bagi pengguna yaitu aplikasi ini sedikit berat untuk sistem operasi versi windows, buku hanya di batasi 3 buah perhari.

Nah buat Anda para mahasiswa tidak perlu risau lagi, mahasiswa yang hobi membaca, nyari sumber reverensi, ngerjain tugas dan gak mau ngeluarin uang buat beli buku, aplikasi Ipusnas memberikan solusi yang sangat ampuh untuk mengatasi tiap masalah yang berkaitan dengan buku, karena Anda juga bisa pinjam bukunya secara digital.

4. Trello

Bagi Anda seorang mahasiswa yang terkadang memiliki tugas, project, atau pekerjaan. Anda membutuhkan alat atau aplikasi untuk memanegement pekerjaan tersebut, agar kita tidak lupa apalagi kelewat deadline yang sudah di tentukan oleh dosen.

Kali ini masagena.id akan membahas tentang apliksi yang bisa dikatakan sakti bernama trello. Aplikasi gratisan yang tidak hanya menyelesaikan permasalahan tadi, tetapi juga memantau projek, tugas dalam hal kolaborasi.

Jadi sobat mahasiswa, Anda perlu mengetahui apasih aplikasi trello itu? Aplikasi trello adalah papan tulis dengan penuh sticky note disana.

Disetiap sticky note nya terisi tugas pribadi atau tugas yang dikerjakan secara kelompok/tim. Lebih hebatnya lagi kita dapat mengakses papan tulis ini melalui hampir semua device seperti Android, Windows, dan IOS.

Trello ini saangat membantu kerja sama tim lebih kolaboratif dan yang pastinya dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Dengan menggunakan Trello Anda dapat melihat apa saja pekerjaan yang sedang dilakukan, Anda juga dapat mengawasi sudah sampai mana proses pengerjaan tugas yang diberikan oleh dosen.

5. Photomath 

Bagi Anda yang mahasiswa belajar matematika tidak seseram atau sesulit kedengarannya lho, Mulai saat ini semenjak Anda membaca artikel ini Anda tidak perlu panik ketika menghadapi soal matematika yang penuh dengan rumus dan perhitungan.

Seiring dengan perkembangan teknologi banyak aplikasi yang ditawarkan secara online berbasis digital untuk menjawab soal-soal matematika dengan cepat tepat dan akurat.

Cukup Anda mengarahkan camera handphone ke soal matematika yang dituju, maka secara otomatis aplikasi yang Anda gunakan tersebut akan memproses perhitungan matematika dengan sendirinya, plus mengeluarkan jawaban yang terbilang akurat.

Aplikasi Photomath bisa Anda gunakan untuk mendeteksi soal dengan tema perhitungan seperti mata kuliah matematika atau sejenisnya, Photomath mendeteksi soal matematika dari tulisan tangan.

Jadi Anda tidak perlu heran jika aplikasi matematika Photomath menjadi salah satu yang terbaik, dan kerap digunakan dikalangan pelajar/mahasiswa.

Selain reputasinya yang baik, fitur yang di tawarkan Photomath juga menarik dan mudah di gunakan.

Bukan hanya itu saja, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di goole palystore yang ada di handphone Anda.

Tak main-main aplikasi ini sudah di unduh lebih dari 100 juta pengguna, jadi tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan aplikasi Photomath untuk memcahkan soal matematika yang sulit.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments