Home » Gadget,Teknologi » 7 Masalah Printer Epson Yang Sering Terjadi

7 Masalah Printer Epson Yang Sering Terjadi

Printer Epson memang terkenal dengan kualitas printnya yang bagus. Namun, seperti halnya dengan merk printer lainnya, ada juga berbagai masalah printer Epson yang sering terjadi jika pemakaiannya sudah lama.

Penting untuk mengetahui jenis permasalahan yang terjadi pada sebuah printer. Sebab, jika kamu sedang mencetak kemudian ada masalah saat pencetakan, tentu membuat Anda merasa tidak nyaman.

Apalagi jika Anda mencetak tugas-tugas yang di kejar dengan deadline waktu. Untuk itu perlu Anda ketahui beberapa masalah yang sering terjadi di printer, khususnya jika kamu menggunakan printer merk Epson.

7 Masalah Printer Epson Yang Sering Terjadi

Nah, jika kamu ingin mengetahui apa saja masalah yang terjadi di printer Epson, simak penjelasan pada pembahasan berikut.

1. Lampu Kertas/Tinta Berkedip

Permasalahan yang pertama yang sering terjadi pada sebuah printer yaitu lampu indikator kertas dan tinta berkedip. Tidak hanya di printer Epson saja, melainkan dapat terjadi di berbagai merk printer.

Masalah tersebut muncul apabila kondisi kertas atau tinta kosong. Akan tetapi, jika kertas dan tinta tidak kosong dan muncul masalah tersebut. Maka, Anda perlu melakukan langkah-langkah seperti menekan tombol power kemudian menghidupkan kembali.

Namun jika permasalahan masih sama, kamu bisa mencoba mencabut kabel listrik dan menghidupkan kembali, atau jika tinta berada di tengah maka cabut power kemudian arahkan tintta ke pinggir lalu hidupkan kembali.

2. Hasil Print Tidak Sempurna (Putus-Putus atau Bergaris)

Umumnya hasil print yang bergaris atau putus-putus di sebabkan salah satu tinta di catridge sedang kosong, membeku ataupun tinta banjir.

Akan tetapi, jika Anda sudah memastikan tinta tidak kosong atau tidak banjir, kamu harus melakukan beberapa hal seperti melakukan cleaning standar sebanyak 3 kali.

Jika masalah belum selesai, kamu bisa melakukan deep cleaning atau buka catridge kemudian rendam menggunakan air hangat sampai tinta keluar.

Hal itu selaras apa yang jelaskan pada situs Printerius, bahwa ada empat cara mengatasi tinta printer Epson yang tidak sempurna yaitu lakukan maintenance, melakukan nozzle check, lakukan head cleaning, dan bersihkan catridge dengan air hangat.

Apabila catridge sudah bersihkan dengan air hangat kemudian di keringkan dan permasalahan tetap sama, maka sebaiknya ganti catridge dengan yang baru.

3. Kertas Macet

Masalah berikutnya yang sering terjadi di Printer Epson yaitu kertas sering macet. Umumnya, masalah ini muncul ketika kamu melakukan pencetakan dalam jumlah yang banyak.

Tetapi, jika kamu mengalami permasalahan ini yang mengakibatkan printer berhenti mencetak, sebaiknya lakukan beberapa cara untuk mengatasinya yaitu mengambil kertas dari tempatnya kemudian rapikan kertas.

Selanjutnya letakkan kertas dan perbaiki posisinya agar terjepit dengan sempurna.

4. Mendeteksi Tinta Kosong Padahal Masih Penuh

Kadang kala jika Anda sedang mencetak dokumen menggunakan printer keluar notifikasi tinta sedang kosong, padahal ketika Anda mengeceknya tinta masih penuh.

Nah, jika mengalami masalah ini, kamu harus tau bagaimana cara mengatasinya.

Untuk mengatasi masalah tersebut dapat di lakukan dengan cara mereset atau restart sistem pada printer Epson. Fungsi reset ulang untuk mengatur sistem printer kembali ke pengaturan awal.

Cara sederhana untuk mereset printer Epson yaitu mematikan dan menghidupkannya kembali. Kemudian selesai Restart lalu tekan tombol tinta selama 5 detik. Selanjutnya lepas dan tekan lagi lalu tahan selama 3 detik.

5. Menarik Kertas yang Berlebihan

Printer normal pada umumnya ketika sedang mencetak melakukan penarikan kertas satu per satu. Namun, apabila kondisi printer kamu menarik kertas yang berlebihan berarti ada masalah yang terjadi.

Penyebab yang memungkinkan printer menarik kertas secara berlebihan yaitu adanya masalah kerusakan pada roller penarik kertas.

Apabila roller penarik kertas sudah rusak atau aus, sebaiknya Anda mengganti dengan yang baru.

6. Lampu Indikator Berkedip Merah dan Printer Macet

Adanya masalah pada komponen printer yang di tandai dengan munculnya blinking pada lampu indikator tanpa sebab, merupakan permasalahan yang sering terjadi di printer Epson.

Jika kamu mengalami masalah ini, coba perhatikan lampu indikator apakah mendeteksi tidak adanya tinta printer di dalam catridge. Namun jika ya, kamu bisa melakukan reset dengan menggunakan cara manual atau dengan tool resetter khusus dari Epson.

Untuk melakukan reset secara manual dapat di lakukan dengan cara tekan dan tahan tombol reset selama 5 detik.

Kemudian lepas tombol reset, lalu tekan kembali tombol reset selama 5 detik. Selanjutnya lepas lagi tombol reset, dan tekan lagi tombol reset selama 5 detik dan lepas kembali.

7. Hasil Cetakan Kosong atau Tinta Tidak Keluar

Terakhir, masalah printer Epson yang sering terjadi yaitu hasil cetakan kosong atau tinta tidak keluar.

Beberapa penyebab yang memungkin terjadinya cetakan kosong yaitu printer jarang di pakai sehingga tinta menjadi kering, dam tinta pada selang tidak lancar.

Untuk mencegah masalah ini, upayakan menggunakan printer dengan mencetak kertas seminggu sekali. Namun, apabila printer tidak di gunakan dalam waktu yang lama dan catridge menjadi kering. Kamu bisa merendam kepala catridge dengan air hangat lalu isi ulang tinta.