Home » Teknologi » 8 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Dunia 2021

8 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Dunia 2021

Daftar Isi

Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang di gunakan untuk menuliskan kode program pada komputer.

Instruksi yang biasanya terdiri dari banyak baris yang bisa di mengerti oleh komputer, sehingga komputer dapat memberikan jawaban atas intruksi yang di berikan.

Lembaga analisis software asal Amerika yang bernama RedMonk, merilis bahasa pemrograman paling sering di gunakan atau paling populer di dunia pada kuartal tahun 2021.

Bahasa Pemrograman Paling Populer Tahun 2021

1. Java Script

Bahasa pemrograman yang satu ini di rilis pada tahun 1955. Javascript masih eksis menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak di gunakan untuk membuat situs interaktif.

Sekitar 94,9 persen situs yang ada di dunia saat ini di buat bersamaan dengan Javascript.

Berdasarkan hasil survei perusahaan analisis software asal amerika yang bernama RedMonk, javascript berhasil menempati urutan pertama sebagai bahasa pemrograman paling populer dan paling banyak di gunakan dunia.

Stephen O’Grady mengatakan bahwa popularitas bahasa pemrograman Javascript, meningkat pesat berkat permintaan yang tinggi  di situs platform pengembang perangkat lunak GitHub.

Itulah mengapa javascript di katakan oleh Stephen O’Grady sebagai bahasa pemrograman paling populer nomor satu dalam industri ini.

Dengan ke populerannya ini, lapangan pekerjaan untuk programmer Javascript amatlah luas,  tidak terbatas hanya untuk web developer saja.

Dari 10 perusahaan terkemuka di dunia 7 diantaranya menetapkan javascript sebagai topskil untuk pegawainya.

2. Python

Di sebagian lembaga analisis survey bahasa pemrograman menetapkan python sebagai bahasa pemrograman paling populer.

Python Di buat oleh Guido van Rossum dan pertama kali di rilis pada tahun 1991. Filosofi desain Python menekan keterbacaan kode dengan penggunaan spasi putih yang signifikan.

Python, merupakan bahasa tingkat tinggi dalam tingkat bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman python juga memiliki banyak pengguna, Python menyabet peringkat ke-dua merupakan hal yang wajar.

Minat dan perkembangan bahasa Python ini terus mengalami peningkatan tiap tahunnya.

Pasalnya python juga menjadi salah saatu yang dapat membangun aplikasi, baik berbasis web ataupun berbasis mobile.

Selain itu juga, bahasa pemrograman phyton ini termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang cukup mudah bagi pemula.

Start-up raksasa di dunia menggunakan python sebagai bahasa pemrogramannya seperti Instagram, Nasa, DropBox, Google, Yahoo, Youtube dana masih banyak lagi yang lainnya.

3. Java

Java sangat populer namun posisinya berada di belakang Pyhton. Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat di jalankan di berbagai palatform baik melalui PC, maupun perangkat mobile.

Meskipun dirilis hampir 30 tahun yang lalu, java masih selalu menjadi bahasa pemrograman yang palig banyak di minati dan berguna dalam teknologi modern. Bahkan iya memegang peringkat pertama pada tahun 2019.

Pada tahun 2010, java di beli dan di akusisi oleh salah satu perusahaan teknologi raksasa yaitu ORACLE sehingga sampai saat ini pemilik resmi bahasa java adalah ORACLE.

Java merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek, sehingga para programmer lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini. Meskipun mayoritas teknologi ada di bahasa java berlisensi open source atau general public lisence.

4. PHP

PHP merupakan singkatan dari Hypertext Pre-Procesor yang merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan.

Bahasa pemrograman yang satu ini merupakan bahasa pemrograman yang layak Anda pelajari di tahun 2021.

Karena menurut pembagian region wilayah, PHP masih menjadi nomor satu dalam hal ke populeranya, penggunanya di dunia pekerjaan.

PHP banyak digunakan karena merupakan server side scripting yang sedang di rancang untuk membangun website dinamis.

PHP di support oleh hampir semua web hosting yang paling besar di dunia, PHP masih sangat berkembang dan baru saja  di tahun 2020 PHP merilis versi terbarunya yaitu PHP 8.

Salah satu alasan mengapa PHP perkembangannya begitu pesat. Sebab, banyaknya dukungan dari para komunitas yang sangat besar dan solid oleh PHP itu sendiri.

Banyak website ternama seperti Facebook, WordPress, atau pun Digg yang menggunakan PHP dalam pengembangannya.

PHP pertama kali di ciptakan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada awalnya PHP merupakan kependekkan dari (Personal Home Page).

5. C#

Bahasa pemrograman C# di kembangkan oleh Micro-Soft C# menjadi terkenal di tahun 2000 sampai saat ini.

Karena mendukung konsep pemrograman beriontasi objek. Bahasa pemrograman C# banyak di gunakan untuk pemrograman backend, membuat game, aplikasi ponsel, dan banyak kasus lainnya.

Bahasa pemrograman C# dikembangkan pada tahun 70-an dan terbilang cukup populer di Indonesia.

Karena hampir semua perguruan tinggi jurusan IT mengajarkan bahasa pemrograman C#. Bahasa ini adalah bahasa pemrograman paling kuat untuk kerangka kerja DOT NET.

Anders Hejlsberg pencipta bahasa pemrograman C# mengatakan bahwa bahasa pemrograman C# lebih mirip baha pemrograman C++ dari pada Java.

Bahasa pemrograman C# bisa di bilang gabungan dari kencagihan keluarga bahasa C. Seperti C++, C, Java dan sebgainya.

Dengan gaya penulisan yang lebih modern dan halus. Bahasa ini sangat cocok untuk aplikasi pada windows, android dan lain sebagaianya.

6. C++

Bahasa pemrograman C++ banyak di gunakan untuk mengembangkan high-level application seperti Virtual Realty, Games, Sistem Operasi Komputer dan Grafik komputer serta berbagai aplikasi/software lainnya.

Perangkat windows misalnya baik system operasi maupun aplikasi yang ada di dalamnya itu menggunakan C++.

Dibanding dengan bahasa pemrograman C, C++ masih lebih dapat di andalkan karena fitur dan aplikasinya lebih banyak.

Bahasa pemrograman C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman yang terbilang cukup mudah untuk di pelajari.

C++ menjadi bahasa pemrograman yang wajib kamu pelajari, selain itu juga jika kamu beralih ke windows atau system operasi lain, aplikasi tersebut akan bisa beradaptasi dan tetap berjalan tanpa hambatan.

Awalnya, C++ di tujukan untuk bisa berjalan di OS Unix, tetapi kemudian mulai di bangun efisiensi dan sistem dukungan untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding) hingga dapat berfungsi dengan maksimal sebagai bahan pemrograman berorientasi objek.

7. Swift

Swift merupakan bahasa pemrograman yang terbilang cukup terkenal di dunia, pasalnya bahasa pemrograman Swift merupakan bahasa pengantar untuk pengembang Mac, dan IOS.

Meskipun baru di rilis pada tahun 2014 bahasa Swift meroket begitu cepat sehingga menjelma menjadi bahasa pemrograman paling di cari perusahaan di tahun 2021.

Perlu di ketahui juga bahwa bahasa pemrograman Swift di buat oleh perusahaan teknologi raksasa yang bernama APPLE, untuk menggantikan Objective-C dan untuk menyederhanakan pemrograman yang di gunakan IOS.

Bahasa pemrograman Swift merupakan bahasa yang aman, hal ini di karenakan Swift memiliki menajemen memori yang sangat bagus, sehingga para programmer tidak perlu khawatir mengenai masalah manejemen.

8. TypeScript

Bahasa pemrograman TypeScript bukanlah sesuatu hal yang baru dalam dunia rekayasa perangkat lunak.

Di bangun pertama kali oleh Microsoft dan di rilis pada tahun 2014, kepopuleran bahasa pemrograman TypeScript tidak terlepas dari perannya yang bisa menyelesaikan berbagai masalah inkonsistensi yang di miliki oleh JavaScript.

Untuk mempermudah dalam mengembangkan sebuah software yang berskala besar berbasis JavaScript, Microsoft memperkenalkan TypeScript.

Dimana bahasa pemrograman TypeScript merupakan bahasa pemrograman berbasis JavaScript yang menambahkan fitur strong-typing dan class, interface.

Selain itu juga bahasa TypeScript menyediakan struktur class, module, dan interface, yang bisa membuat para developer bisa mengembangkan sebuah aplikasi menjadi lebih kompleks dan lebih mudah dipahami.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments