Home » News » 8 Database Terbaik di Tahun Ini, Versi DB Engines Ranking

8 Database Terbaik di Tahun Ini, Versi DB Engines Ranking

Daftar Isi

Database merupakan suatu system yang menyusun dan mengelolah data organisasi perusahaan, sehingga mampu menyedikan informasi yang di perlukan oleh pengguna.

Sistem database memiliki komponen utama yang saling terintegrasi yaitu perangkat keras (hardware), system operasi, program aplikasi, Database Management System (DBMS), user dan pendukung lainnya.

Selain itu, database dapat diartikan sebagai kumpulan informasi yang disimpan di dalam media penyimpanan secara sistematis, sehingga dapat di periksa menggunakan suatu program untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

Database adalah representase kumpulan fakta yang saling berhubungan dan di simpan secara bersamaan, sedemikian rupa tanpa pengulangan atau redudansi yang tidak perlu untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Kita sudah mengetahui apa defenisi dari sebuah database. Namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana perkembangan dari system database itu sendiri.

Database Terbaik dan Terpopuler Tahun 2021

Pada artikel ini kami menyajikan Daftara 10 Database Terpopuler Tahun 2021 Menurut DB-Engines Ranking dalam kuartal tahun 2006 sampai dengan 2021.

1. Oracle

Oracle adalah sistem manajemen basis data relasional komersial yang paling banyak di gunakan, kurang lebih 40 tahun berdiri, oracle menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar yang menyediakan layanan software DBMS.

Oracle pertama kali didirikan pada tahun 1977. Kemudian Oracle berhasil menciptakan suatu sistem pengolahan database untuk mengolah data dalam jumlah skala besar. Dimana terdiri dari jumlah data dan angka yang sangat banyak pada saat itu masih jarang bisa di lakukan oleh banyak user.

Tahun berikutnya Oracle mulai mengembangkan sistemnya dan menjadi salah satu vendor DBMS terkemuka di dunia.

Yang membuat  Oracle berada di posisi teratas berkat keunggulannya dari sisi fitur maupun teknologi, yaitu untuk memungkinkan user ataupun programmer yang menggunakan data bases oracle dapat melakukan manajemen basi data dengan baik dan juga sempurna.

Selain itu juga oracle memiliki kemampuan flashback, dimana iya memiliki kemampuan resol ulang pada suatu database yang tidak sengaja mengalami error.

Contohnya seperti mengalami mati listrik, artinya ketika kita sudah melakukan manajemen database, pekerjaan yang sudah kita lakukan akan tersimpan secara otomatis. Kelebiahan lain oracle adalah multi platform.

2. MySQL

Database MySQL adalah sebuah server database open source yang biasa digunakan oleh para web developer untuk menyimpan dan memproses data.

Bahasa yang digunakan pada database MySQL adalah bahasa SQL, dimana SQL merupakan singkatan dari Structure Query Language.

Selain itu juga MySQL merupakan salah satu database yang paling populer digunakan pada tahun 2021 ini di dunia komputer, khususnya dalam pengembangan aplikasi yang berbasis web.

Kelebihan utama yang paling menonjol dari database MySQL adalah terletak pada stabilitasnya dan ketahanannya.

SQL dapat digunakan pada bahasa pemrograman apa saja seperti PHP, Java, C++ dan lain-lain. Perintah yang ada di SQL disebut dengan query, contoh query yang sering di pakai untuk mengolah database adalah SELECT dimana fungsinya untuk mengambil data dari database.

Kemudian perintah INSERT fungsinya untuk menambah data dari database, UPDATE digunakan untuk mengubah data, dan DELETE digunakan untuk menghapus data.

MySQL 8.0 adalah versi terbaru dari database ini, dimana database ini di perkenalkan pada tahun 1995 oleh dua insinyur perangkat lunak, bernama Michael Widenius dan David Axmark.

3. Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server merupakan database varian baru yang perkembangannya terbilang cukup pesat. Ia di kembangkan oleh Microsoft dan pertama kali di rilis pada tahun 1989.

Microsoft SQL Server bisa berjalan di dua sistem operasi yaitu Windows dan Linux. Basis data ini memiliki dukungan perkakas yang terbilang sangat baik dari Microsoft untuk On-premise dan Cloud.

Salah satu yang membuat Microsoft SQL Server lebih menonjol di bandingkan  dengan database lainnya, yaitu fitur yang  ditawarkan sangatlah baik diantaranya Platform yang independen dengan kinerja yang tinggi.

Database ini menawarkan jaminan transaksi ACID dalam teorema CAP, iya menawarkan konsitensi langsung, dukungan untuk banyak bahasa yang bekerja di sisi server seperti T-SQL, NET, R, Python, dan Java.

4. PostgreSQL

Postrage adalah sistem manajemen basis data relasional open source. DBMS ini dikembangkan dan bisa berjalan pada platform Linux dan berfungsi  sebagai objek komponen relasional dalam sistem manajemen basis data.

Database PostgreSQL ini di perkenalkan pada tahun 1996 oleh Michael Ralph Stonebraker. PostgreSQL di gunakan oleh beberapa perusahaan seperti Apple, Red Hat, Sun Microsystem, Cisco dan Skype. Selain itu, platform ini mendukung teks, gambar, suara, dan video.

Termasuk juga bahasa pemrograman antar muka seperti bahasa pemerograman C, C++, Java, Perl, Python, Ruby, TCL, dan open database konektifitas (ODBC).

Ketika Anda menggunakan fitur platform ini, Anda akan di tawarkan dengan berbagai kelebihan, Diantaranya terpercaya dan stabil, merupakan database objek-relasional, mampu menangani konkurensi lebih baik.

PostgreSQL merupakan database relasional open source yang terbilang paling canggih di dunia. Pasalnya PostgreSQL juga mampu menulis data dalam jumlah yang sangat besar, lebih efisien, serta mampu menangani konkurensi lebih baik.

5. MongoDB

MongoDB adalah database manajemen sistem berbasis no SQL, iya berbeda dengan SQL dan MySQL pada umumnya yang menyimpan data dalam bentuk tabel.

MongoDB menyimpan datanya dalam bentuk file binary Encoded JSON, struktur setiap data yang di simpan bisa berubah tiap saat, sehingga kita dapat memasukan inputan tanpa harus mengubah struktur data yang lainnya.

MongoDB memiliki kemampuan API berbasis arsitektur yang dapat di akses oleh berbagai aplikasi contohnya seperti aplikasi mobile, aplikasi berbasis web, dan juga desktop.

Perlu di ketahui juga bahwa MongoDB erat kaitannya dengan NodeJS, karena untuk membuat API berbasis arsitektur kita bisa mengambil data dari database MongoDB menggunakan aplikasi NodeJS yang di buat.

Mengolah database menggunakan MongoDB akan jauh lebih mudah. Sebab iya tidak memerlukan struktur tabel yang akan semakin rumit seiring bertambahnya data, MongoDB secara otomatis akan membuat struktur tabel ketika Anda menginput data.

6. Redis

Redis  merupakan kependekan dari Remote Dictionary Server yang di kembangkan Salvatore Sanfilippo yang di rilis pada tanggal 10 Mei 2009.  DBMS ini melejit menjadi platform database No SQL yang cukup populer. Redis adalah platform yang open source, BSD berlisensi, advanced key-value store.

Redis dapat di akses dengan cepat sebab data-nya tersimpan dalam memori. Artinya ketika terjadi masalah pada PC atau leptop yang Anda gunakan seperti mati secara tiba-tiba, datanya tidak akan hilang.

Kelebihan lain yang di miliki Redis adalah bisa di gunakan oleh semua proses aplikasi yang Anda kembangkan.

Redis mampu bertahan dalam disk jika di butuhkan, karena Redis memiliki multi-utility tool dan dapat di gunakan dalam sejumlah kasus penggunaan seperti caching, dan messaging-queues.

7. IBM Db2

IBM Db2 pertama kali di kembangkan pada tahun 1970 oleh Edgar F. Codd, yang bekerja sebagai peneliti yang bekerja untuk IBM itu sendiri. Sehingga iya memperkenalkan sebuah model baru untuk memanipulasi data.

IBM Db2 merupakan sebuah platform yang di kembangkan oleh IBM, dimana peroduk ini bukan hanya mendukung manajemen basisdata relational (DBMS) saja, akan tetapi juga iya mendukung object relational DBMS.

Untuk nama DB2 atau IBM Database 2, pertama kali di berikan ke DBMS pada tahun 1983 ketika IBM merilis DB2 di atas platform mainframe MVS miliknya.

Selain itu juga IBM Db2 memiliki sejumlah edisi yaitu Express Edition, Workgroup Server Edition, serta Enterprise Serve Edition.

8. Elasticsearch

Elasticsearch merupakan database yang di gunakan untuk pencarian data, perbedan database Elasticsearch dan database pada umumnya terletak pada fitur-fiturnya yang sangat kompleks.

Jadi singkatnya ada banyak fitur yang mendukung Elasticsearch dalam database pencarian data.

Awal di bangunnya Elasticsearch di mulai dari suatu projek yang bernama APCHE LUCENE. Dimana projek ini di buat khusus untuk pencarian data.

Namun kekurangan dari APCHE LUCENE ini perojeknnya berbentuk Library yang spesifik di gunakan untuk bahasa pemrograman java. Singkatnya bahasa pemrograman yang selain java tidak bisa menggunakan APACHE LUCENE.

Itulah beberapa daftar database management system yang populer pada tahun 2021 yang banyak digunakan untuk membuat sebuah aplikasi.

Dengan begitu, Anda bisa memilih DBMS yang mana akan kamu gunakan untuk membuat sebuah aplikasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, dan kami ucapkan terimakasih telah berkunjung di blog masagena.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments