Home » Digital Marketing » Apa itu Digital Marketing? Jenis, Manfaat, dan Strategi

Apa itu Digital Marketing? Jenis, Manfaat, dan Strategi

Daftar Isi

Tujuan digital marketing yaitu untuk menjangkau konsumen lebih luas, cepat, dan tepat. Pemasaran digital memiliki beberapa kelebihan dibandingkan pemasaran tradisional.

Beberapa kelebihan pemasaran digital yaitu jangkauan lebih luas, lebih efisien, berbasis data, lebih mudah di evaluasi, dan lebih murah.

Apa itu Digital Marketing?

Konsep pemasaran digital

Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran produk atau jasa menggunakan media digital seperti situs web, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari, dan saluran lainnya.

Kehadiran internet pada tahun 1990-an menjadi cikal bakal trend digital marketing. Begitupun juga kehadiran ponsel cerdas dan media sosial menjadi pendorong perkembangan pemasaran digital.

Sebab, saat ini rata-rata orang menggunakan smartphone untuk mencari informasi di Internet, begitu juga pada saat mengakses media sosial.

Oleh karena itu, kegiatan pemasaran digital melalui perangkat seluler dan media sosial menjadi saluran komunikasi yang efektif dalam menjangkau calon pelanggan untuk meningkatkan penjualan.

Keberhasilan membangun hubungan dan komunikasi yang baik dengan calon pelanggan, akan berujung pada transaksi atau aktivitas jual beli.

Sehingga pada akhirnya akan memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis dan kepuasan terhadap konsumen.

Pada umumnya para ahli menjelaskan pentingnya teknologi digital dalam pemasaran untuk menciptakan hubungan yang menguntungkan antara pelaku bisnis dan konsumen atau calon konsumen.

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Secara umum digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang memanfaatkan platform digital untuk menjangkau konsumen atau calon konsumen.

Namun, untuk memahami lebih dalam tentang pemasaran digital, beberapa ahli memberikan pengertian yang lebih kompleks, yaitu:

1. Chaffey dan Chadwick

Chaffey dan Chadwick (2016): Digital marketing adalah penerapan internet dan teknologi digital terkait dalam hubungannya dengan komunikasi tradisional untuk mencapai tujuan pemasaran.

2. Coviello, Milley And Marcolin

Coviello, Milley And Marcolin (2001): Digital marketing adalah penggunaan internet dan teknologi interaktif lainnya untuk membangun hubungan komunikasi antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi.

3. Heidrick & Struggless

Heidrick & Struggless (2009): Digital marketing adalah suatu kegiatan periklanan yang menggunakan dunia digital dengan tidak menggembar-gemborkan secara langsung, tetapi memiliki pengaruh besar untuk menarik calon pelanggan.

4. Urban

Urban (2004): Digital marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan internet dan teknologi untuk meningkatkan dan memperluas fungsi marketing tradisional. Sehingga dapat di katakana metode pemasaran tradisional kurang efektif untuk menjangkau calon konsumen yang potensial.

5. Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan

Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009): Pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran yang termasuk branding dengan menggunakan berbagai media seperti website, blog, e-mail, adwords, dan media sosial.

6. Kleindl & Burrow

Kleindl & Burrow (2005): Pemasaran digital adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide, konsep, harga, promosi hingga distribusinya. Sederhananya, digital marketing dapat diartikan sebagai metode interaksi antara dua pihak yaitu brand atau perusahaan dan calon konsumen.

7. Dave Chaffey

Dave Chaffey (2011): Digital Marketing adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran dengan bantuan teknologi digital. Teknologi digital yang dimaksud seperti website, e-mail, database, TV Digital, dan berbagai inovasi terbaru lainnya termasuk podcast, blog, feed, dan media sosial.

8. Saputra et al

Saputra et al (2020): Pemasaran digital adalah suatu aktivitas marketing yang dilakukan menggunakan media elektronik ataupun internet. Kegiatan marketing yang digunakan seperti SEOSEMSocial Media MarketingContent MarketingEmail Marketing, dan lainnya.

9. Asosiasi Marketing Amerika (American Marketing Association)

Pendapat mengenai digital marketing menurut para ahli di American Marketing Association menyatakan bahwa digital marketing merupakan hubungan antara institusi, aktivitas serta proses yang difasilitasi menggunakan teknologi digital.

Tujuannya untuk melakukan komunikasi serta menciptakan dan memberi nilai pada konsumen serta pemangku kepentingan lain yang terlibat dalam sebuah skema bisnis.

Jenis Pemasaran Digital

Setiap kegiatan pemasaran yang memanfaatkan teknologi digital dan internet untuk menjangkau calon pelanggan yang potensial dapat dikategorikan sebagai pemasaran digital.

Umumnya, pemasaran digital di kenal dengan beberapa jenis, yaitu:

  1. Search Engine Optimization (SEO)
  2. Search Engine Marketing (SEM)
  3. Social Engine Marketing (SMM)
  4. Online Advertising
  5. Affliate Marketing
  6. Email Marketing
  7. Content Marketing (Website atau Blog)
  8. Mobile Advertising
  9. Video Marketing
  10. Customer Service Automation

Peran Pemasaran Digital untuk Bisnis

Pentingnya peran pemasaran digital dalam membantu bisnis untuk menjangkau banyak audiencae dengan terukur dan minim biaya.

Sehingga pemasaran digital dapat membantu membangun, meningkatkan, dan mempertahankan reputasi suatu bisnis secara online melalui teknologi digital.

Peran pemasaran digital terhadap suatu bisnis, yaitu:

  1. Dapat menjangkau pelanggan lebih luas
  2. Promosi lebih cepat dan mudah
  3. Dapat meningkatkan popularitas brand
  4. Lebih Hemat Biaya
  5. Tidak Perlu Banyak SDM Penjualan
  6. Tim Pemasaran Tidak Perlu Terjun ke Lapangan
  7. Proses Branding Produk Lebih Mudah
  8. Potensi Pertumbuhan Drastis

Manfaat Digital Marketing bagi Pelaku Bisnis

Metode pemasaran tradisional di rasa sudah ketinggalan jika masih di terapkan di era serba online saat ini, mengingat orang-orang lebih sering melakukan aktivitas internet seperti berbelanja.

Untuk itu, melakukan pemasaran berbasis digital merupakan solusi yang paling tepat pada suatu bisnis. Sebab, ada beberapa manfaat yang dapat di peroleh bagi pelaku bisnis, antara lain:

  1. Menghapus Batasan Wilayah dan Waktu Saat Memasarkan Produk atau Jasa
  2. Sistem Penjualan Produk atau Jasa Lebih Cepat dan Tertarget
  3. Lebih Mudah Membangun Hubungan dengan Konsumen
  4. Kesempatan Personalisasi Produk Sesuai Karakteristik Konsumen
  5. Mendapat Profit Banyak dalam Waktu Singkat
  6. Mendokrak Penjualan
  7. Hemat Biaya
  8. Jangkauan Luas Berskala Global
  9. Akurat dan Tepat Sasaran
  10. Meningkatkan Engagement dengan Konsumen

Strategi Digital Marketing

Strategi Digital Marketing

Seorang marketer dalam melakukan kegiatan marketing menggunakan teknologi digital, tidak hanya fokus pada salah satu strategi. Akan tetapi, bisa juga mengkombinasikan berbagai strategi untuk mencapai hasil yang maksimal.

Berikut beberapa strategi pemasaran digital yang bisa digunakan sesuai dengan target audience bisnis.

  1. Search Engine Optimization (SEO)
  2. Content Marketing
  3. Email Marketing
  4. Sosial Media Marketing (Instagram, Facebook, Youtube, Tiktok, dll)
  5. Knowledge Marketing
  6. Hard-selling, Soft-selling, dan Hypno-selling
  7. Google Ads
  8. Leads Generation
  9. Affiliate Marketing
  10. Memanfaatkan Influencer

Perkembangan Digital Marketing di Indonesia

Trend marketing saat ini terus berkembang seiring dengan bertambahnya pengguna smartphone dan internet di Indonesia.

Hal itu di buktikan dengan laporan data pengguna smartphone dalam mengakses internet mencapai 89,03% pada tahun 2022.

Tingkat Penetrasi Internet di Indonesia

Lebih lanjut berdasarkan hasil survey Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJI) tahun 2021-2022, menunjukkan tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 77,02%, angka itu meningkat dari tahun sebelumnya yaitu dari tahun 2018 sampai tahun 2020.

Salah satu indikator dari sepuluh alasan seseorang mengakses Internet yaitu untuk melakukan transaksi online. Sedangkan alasan yang paling mendasari seseorang menggunakan internet yaitu untuk dapat mengakses sosial media.

Hal itu, menunjukkan perkembangan digital marketing di Indonesia begitu sangat pesat. Beberapa bentuk pemasaran digital yang lagi trend yaitu E-CommerceArtificial Intelligence MarketingVoice SearchVideo MarketingSocial Network, Content Interactive, dan Virtual Marketing.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments