Home » Pendidikan » Apa Itu Jurnal Ilmiah? Cara Cepat Mencari Jurnal di SINTA, Mahasiswa Wajib Tahu!

Apa Itu Jurnal Ilmiah? Cara Cepat Mencari Jurnal di SINTA, Mahasiswa Wajib Tahu!

Daftar Isi

Apa Yang Dimaksud Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah adalah artikel ilmiah yang diterbitkan secara berkala oleh suatu organisasi atau institusi akademik. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil dari pemikiran secara ilmiah yang di temukan melalui proses secara sistematis dalam suatu bidang ilmu tertentu. Secara umum, ada dua jenis jurnal ilmiah yaitu jurnal penelitian dan jurnal review.

Syarat untuk menerbitkan jurnal ilmiah bagi suatu organisasi atau institusi akademik, minimal memiliki nomor ISSN dari Lembaga Penelitian Indonesia (LIPI). Syarat mendapatkan nomor ISSN, salah satunya wajib melampirkan artikel sebanyak lima eksemplar. Nomor ISSN ada dua jenis, ada yang versi cetak dan ada yang versi online. Namun sekarang, kebanyakan sudah menggunakan ISSN versi online yang digunakan pada platform OJS (Open Journal System).

Penerbitan jurnal ilmiah setiap penerbit berbeda-beda, ada yang menerbitkan per minggu, setiap bulan, per enam bulan, dan per tahun. Setiap terbitan minimal memiliki lima artikel yang diterbitkan, dan setiap artikel sudah melalui proses review dari seorang reviewer.

Apakah setelah diterbitkan sampai disitu saja? Tentu tidak. Setelah diterbitkan, tugas penerbit bagaimana agar supaya artikel yang sudah diterbitkan bisa ditemukan melalui mesin pencarian seperti google. Dengan begitu, hasil penelitian yang sudah diterbitkan dapat dibaca oleh orang lain dan bisa dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya.

Baca juga: 7 Website Yang Dapat Menunjang Karir, Reputasi, dan Personal Branding Dosen Muda

Akreditasi Jurnal Ilmiah Oleh ARJUNA

Jurnal ilmiah yang memiliki reputasi, diberikan peringkat berdasarkan kualitas dari jurnal tersebut. Peringkat yang diberikan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh asesor yang ditunjuk oleh lembaga akreditasi jurnal, kalau di Indonesia melalui aplikasi ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional).

Unsur penilaian akreditasi jurnal ilmiah meliputi yakni penamaan terbitan, kelembagaan, substansi artikel, gaya penulisan, penampilan, keberkalaan, penyebarluasan, penyuntingan dan manajemen pengelolaan. Setiap komponen memiliki bobot yang berbeda, dan berdasarkan hasil evaluasi ke delapan komponen tersebut, sebuah jurnal diberikan peringkat. Secara nasional terdapat enam peringkat yaitu yang biasa disebut SINTA 1, SINTA 2, SINTA 3, SINTA 4, SINTA 5, dan SINTA 6.

Apa Itu SINTA (Science and Technology Index)

SINTA adalah sistem yang digunakan sebagai pendataan dan pemetaan terhadap publikasi ilmiah yang dilakukan oleh akademisi dan peneliti di Indonesia. Aplikasi SINTA mulai digunakan pada tahun 2017 sebagai pusat indeks, kutipan, dan kepakaran terbesar di Indonesia yang berbasis web.

Konten yang ditampilkan SINTA berasal dari publikasi akademisi dan peneliti Indonesia yang sudah terbit secara elektronik. Selain konten yang ditampilkan, juga mengukur kinerja peneliti dan institusi berdasarkan publikasi yang dihasilkan, serta kinerja jurnal berdasarkan jumlah artikel dan kutipan yang dihasilkan.

Aplikasi SINTA dikembangkan untuk mengintegrasikan publikasi dan jurnal yang terbit di Indoneisa sehingga dapat dipetakan sesuai dengan peringkatnya berdasarkan kinerja penulis dan penerbitnya. Jurnal ilmiah yang terindeks di sistem SINTA Juli 2021 terdapat 5.990 jurnal, peringkat satu 97 jurnal, peringkat dua 911 jurnal, peringkat tiga 1.165 jurnal, peringkat empat 1.991 jurnal, peringkat lima 1.597 jurnal, dan peringkat enam 229 jurnal.

Mengapa Mencari Jurnal Ilmiah di SINTA

Artikel yang dimuat di aplikasi SINTA bersumber dari penulis dan penerbit jurnal ilmiah yang sudah terakreditasi di seluruh Indonesia. Mencari artikel di aplikasi SINTA dapat dilakukan dengan mudah, Anda dapat mencari dengan mengetikan kata kunci seperti nomor ISSN, judul artikel, publisher, dan subjek.

Selanjutnya kamu juga bisa melihat berapa jumlah sitasinya. Jumlah sitasi menunjukkan berapa kali artikel tersebut di jadikan sebagai referensi di artikel penelitian orang lain yang sudah diterbitkan.  Anda juga bisa melihat tahun terbit dari artikel sehingga mengambil referensi misalnya terbitan lima tahun terakhir.

Anda juga bisa melihat artikel berdasarkan nama penerbitnya, asal organisasi atau institusi yang menerbitkan, nama penulisnya, serta melihat peringkat penulisnya dan penerbitnya berdasarkan jumlah sitasi dari artikel yang diterbitkan.

Selain mencari jurnal ilmiah melalui SINTA, Anda juga bisa mencari di database pengindeks lain seperti google scholar, GARUDA, Neliti, Indonesia One Search, PKP Index, Base, Open Aire, IEEE, Scopus, dll.

Bagaimana Cara Mencari Jurnal  Ilmiah di SINTA

Mencari jurnal ilmiah melalui SINTA dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Berikut langkah-langkah untuk mencari jurnal ilmiah di website SINTA:

  1. Akses alamat website sinta.ristekbrin.go.id
  2. Arahkan kursor di menu SOURCES dan klik sub menu JOURNALS.
  3. Ketikkan nama jurnal berdasarkan bidang ilmu yang anda inginkan, misalnya komputer, kemudian klik tombol pencarian.
  4. Anda juga bisa menggunakan fitur Advance Search untuk mencari berdasarkan nomor ISSN jurnal, asal kota penerbit, publisher, dan berdasarkan subjek.
  5. Selain itu, Anda juga bisa mencari berdasarkan rangking jurnalnya dengan mengklik lingkaran yang berisi S1 hingga S6.
  6. Kemudian setelah mengklik tombol pencarian, klik salah satu nama jurnal yang Anda pilih.
  7. Selanjutnya cari dan klik judul artikel yang sesuai dengan topik penelitian yang Anda lakukan.
  8. Setelah Anda klik, secara automatis artikel akan terdownload.

Begitulah cara mencari jurnal ilmiah di aplikasi SINTA, apabila kamu ingin menerbitkan artikel penelitiannya dengan ruang lingkup ilmu komputer,  kamu bisa terbitkan di  Jurnal Sistem Informasi dan Sistem Komputer yang diterbitkan oleh STMIK Bina Bangsa Kendari. Jurnal ini menerbitkan dua kali dalam setahun yaitu bulan januari dan juli. Untuk melihat panduannya langsung saja mengunjungi websitenya melalui laman http://e-jurnal.stmikbinsa.ac.id/index.php/simkom.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments