Home » Digital Marketing » Apa itu Social Media Marketing? Jenis dan Strateginya

Apa itu Social Media Marketing? Jenis dan Strateginya

Daftar Isi

Social media marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang sering di gunakan oleh marketer untuk memasarkan produk atau jasa melalui media digital di Internet.

Kelebihan yang di miliki yaitu dapat menjangkau calon pelanggan secara luas, efektif ,dan efisien. Sebab, seorang marketer dapat memasarkan produk atau jasa secara tertarget.

Mengingat situs jejaring sosial adalah tempat berkumpulnya seseorang untuk berinteraksi dan membangun relasi pertemanan lewat internet. Maka sangat efektif jika promosi di lakukan melalui media sosial.

Selain itu, alasan mengapa strategi pemasaran menggunakan social media sangat di gandrungi yaitu banyaknya pengguna yang terkoneksi dengan media sosial.

Jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia per Januari 2022 berdasarkan laporan We Are Social mencapai 191 juta.

Sedangkan pengguna sosial media berdasarkan laporan statista mencapai 217.53 juta pengguna. Adapun media sosial yang paling sering di akses salah satunya yaitu Facebook.

Untuk mengetahui best media sosial yang sering di gunakan, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai. Namun, sebelumnya saya akan mengajak Anda untuk mengetahui apa itu social media marketing.

Apa itu Social Media Marketing?

Social media marketing adalah proses pemasaran yang di lakukan untuk mendapatkan trafik pengunjung dengan memanfaatkan platform sosial media.

Pemasaran melalui media sosial biasanya di lakukan melalui konten yang menarik perhatian yang memicu pengguna untuk membagikannya kemudian memberikan reaksi.

Umumnya, sosial media di gunakan untuk berbagai kepentingan yaitu mendapatkan informasi terkini, memperluas jaringan pertemanan, media pertukaran data, atau membuka toko daring.

Namun seiring perkembangannya, saat ini sudah di gunakan untuk membantu perkembangan bisnis utamanya dalam pemanfaatan sosial media sebagai strategi marketing.

Hal itu di lakukan, karena media sosial mampu mendistribusikan konten relevan kepada pengguna sesuai target. Disamping itu, seorang marketer dapat menggunakan iklan berbayar dengan memanfaatkan platform sosial media seperti Facebook Ads, Instagram Ads, dan platform lainnya.

Kenapa Social Media Marketing Penting? Beberapa alasan yang menjadikan ia sangat penting antara lain: untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan user engagement, mempelajari kompetitor, mendapatkan feedback dan mengetahui respon pelanggan terhadap produk.

Beberapa kelebihan menggunakan Social Media Marketing di bandingkan pemasaran tradisional di antaranya memiliki aksesibilitas 24 jam, hemat biaya, meningkatkan kunjungan website, meningkatkan kesadaran brand, dan dapat membantu menganalisis pasar.

Pengertian Social Media Marketing Menurut Para Ahli

Merujuk dari pendapat beberapa ahli, bahwa social media marketing dapat memiliki pengertian sebagai berikut:

1. Neil Patel

Pendapat Neil Patel, social media marketing adalah proses menarik perhatian orang atau individu supaya tertarik dan terikat dengan konten yang di sajikan.

2. Tuten

Menurut Tuten, social media marketing adalah bentuk periklanan online yang menggunakan kebiasaan komunitas sosial meliputi jejaring sosial, situs berita sosial, dunia virtual, dan situs berbagi pendapat sosial untuk menemukan tujuan komunikasi.

3. Gunelius

Menurut Gunelius, social media marketing merupakan bentuk pemasaran langsung atau tidak langsung yang di gunakan untuk membangun suatu kesadaran, daya ingat, pengakuan, dan tindakan untuk merek, produk, bisnis, orang, atau entitas lainnya dan di lakukan dengan menggunakan platform web sosial seperti blogging, microblogging, social networking, social bookmarking, dan content sharing.

4. David Evans dan Jake McKee

Social media marketing menurut David Evans dan Jake McKee yaitu bentuk praktek dengan melibatkan pelanggan pada lokasi social online di mana para pelanggan secara alami menghabiskan waktu.

5. Tamar Weinberg

Menurut Tamar Weinberg, social media markting adalah proses yang mendorong seseorang untuk melakukan promosi melalui situs web, produk, atau layanan melalui saluran sosial online untuk berkomunikasi, dengan memanfaatkan komunitas besar, yang memungkinkan melakukan pemasaran lebih luas daripada melalui saluran periklanan tradisional.

6. Tract L. Tuten

Pendapat Tract L. Tuten tentang social media marketing yaitu merupakan sebuah bentuk periklanan secara online yang menggunakan konteks kultural dari komunitas sosial meliputi situs berita sosial, situs berbagi pendapat sosial, jejaring sosial, dan dunia virtual untuk menemui tujuan komunikasi.

7. Hubspot

Menutur Hubspot, social media marketing adalah action dari pembuatan konten yang di gunakan untuk menarik perhatian customer atau pengguna social media.

Manfaat Social Media Marketing

Melakukan periklanan dengan cara tradisional tentu membutuhkan biaya yang cukup besar, tetapi hanya bisa menjangkau calon pelanggan secara terbatas.

Nah, dengan menggunakan pemasaran media sosial, kamu bisa mengetahui manfaatnya untuk membantu perkembangan bisnis yang kamu jalankan.

Adapun manfaat social media marketing untuk bisnis, sebagai berikut:

  1. Meningkatkan brand awareness
  2. Memperluas pangsa pasar bisnis
  3. Hemat biaya
  4. Efektif dan efisien
  5. Komunikasi yang lebih mudah ke konsumen
  6. Membagi informasi terbaru dengan cepat
  7. Menarik trafik ke website anda
  8. Brand lebih cepat di kenali
  9. Menjadi tempat interaksi pelanggan
  10. Menunjukkan ciri khas brand

Jenis dan Platform Social Media Marketing

Laporan statista menunjukkan, negara dengan pengguna jejaring sosial yang paling banyak di dunia salah satunya adalah Indonesia. Negara Indonesia menempati posisi ke empat setelah China, India, dan Amerika Serikat.

Adapun platform media sosial yang paling sering di akses yaitu Facebook, YouTube, WhatsApp, Instagram, Weixin / WhChat, TikTok, Facebook Messenger, Douyin, QQ, dan Sina Weibo.

Sedangkan di Indonesia sendiri ada beberapa jenis media sosial yang di manfaatkan para marketer untuk mempromosikan produk atau layanannya.

Berikut platform social media marketing yang sering di gunakan untuk pemasaran.

1. Facebook

Media sosial Facebook menempati urutan pertama sebagai platform sosial media yang sering di akses dengan jumlah pengguna mencapai 2910 juta.

Umumnya, pengguna yang aktif di media sosial Facebook berusia 25-34 tahun. Sedangkan bentuk konten yang sering di gunakan dalam promosi yaitu photo, links, informasi, dan live video. Adapun jenis strategi yang dapat kamu gunakan yaitu local marketing, advertising, dan relationships.

2. YouTube

Urutan kedua di tempati oleh YouTube dengan jumlah pengguna mencapai 2562 juta. Platform ini sering di gunakan oleh kalangan usia 18 hingga 35 tahun.

Bentuk konten yang sering di gunakan dalam periklanan seperti webinars, explainers, dan podcast. Kemudian strategi yang dapat kamu gunakan untuk pemasaran dapat di lakukan secara organic, SEO, dan Advertising.

3. WhatsApp

Berikutnya platform dengan pengguna terbanyak adalah WhatsApp, aplikasi WhatsApp menempati posisi ke tiga dengan jumlah pengguna yang mencapai 2000 juta.

Strategi marketing dengan WhatsApp dapat kamu lakukan dengan beberapa cara seperti mengumpulkan kontak pelanggan, menargetkan pasar, prospek, membuat persona merek, membangun relasi, membuat konten berkualitas, membuat katalog produk, dan menyediakan Customer Support untuk memudahkan komunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan.

4. Instagram

Posisi ke empat di tempati oleh Instagram dengan jumlah pengguna 1478 juta. Media sosial Instagram umumnya di gunakan oleh kalangan milenial yang berusia 18 – 34 tahun.

Bentuk konten yang sering kita temui di Instagram berupa inspiration & adventure, questions/polls. Sementara strategi marketing yang cocok kamu terapkan dapat di lakukan secara organic, e-commerce, dan melalui influencer.

5. Twitter

Platform sosial media berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk pemasaran yaitu Twitter. Meskipun di dunia aplikasi Twitter tidak masuk sepuluh besar sebagai media sosial paling sering di gunakan.

Tetapi, khususnya di Indonesia platform Twitter cukup populer untuk kalangan pengguna dengan kelompok usia 25-49 tahun. Dimana kelompok itu merupakan kalangan berpendidikan dan masuk dalam golongan orang kaya seperti pejabat.

Jenis konten yang biasa di temukan melalui Twitter yaitu berita, diskusi, dan humor. Strategi pemasaran yang dapat kamu gunakan ada dua yaitu berbentuk customer service dan Ads for males.

6. Linkedin

Berikutnya ada Linkedin, platform yang satu ini sering di gunakan oleh kalangan usia 46-55 tahun yang termasuk professional dengan memiliki keahlian di bidang tertentu. Jenis konten yang sering di temukan yaitu core values dan long-forms content.

7. Snapchat

Snapchat merupakan salah satu platform sosial media marketing yang banyak juga di gunakan. Kelompok usia penggunanya yaitu memiliki rentang usia 13-34 tahun.

Adapun konten yang sering di muat yaitu Silly, Feel-good, dan Trends. Sedangkan strategi pemasarannya dapat menggunakan Video Ads, Location Based Marketing, dan App Marketing.

8. TikTok

TikTok salah satu platform yang paling sering di gunakan untuk berjejaring sosial. Meskipun keberadaannya masih baru jika di bandingkan dengan platform sosial media lainnya.

Akan tetapi, ia masuk dalam daftar platform sosial media paling sering di gunakan dengan jumlah pengguna mencapai 1000 juta pengguna.

Jenis konten yang sering di muat di dalamnya yaitu konten humor, entertainment, dan challenges. Sedangkan bentuk strategi pemasarannya berupa series content dan influencer marketing.

9. Reddit

Reddit adalah aplikasi jejaring sosial yang lebih sering di gunakan oleh kelompok usia 18 – 49 tahun. Menurut hasil survey Statista pada tahun 2021, pengguna Reddit di Indonesia mencapai 1,65 juta pengguna.

Konten yang dapat di bagikan melalui aplikasi Reddit yakni video, photo, tautan, atau post berbasis teks, serta dapat berdiskusi mengenai konten.

10. Pinterest

Pinterset adalah platform sosial media yang sering di gunakan oleh kelompok umur 18-45 tahun. Bentuk konten yang sering di bagikan berupa konten visual dalam bentuk gambar.

Umumnya, materi konten yang di muat berupa kerajinan, kecantikan, fashion, seni, arsitektur, e-commerce, makanan, dan fotografi.

Selain dari beberapa platform yang sudah di sebutkan, ada beberapa yang masuk dalam daftar 10 aplikasi media sosial paling sering di akses di dunia tetapi tidak populer di Indonesia yaitu WeChat, Sina Weibo, dan Kuaishou.

Strategi Social Media Marketing Untuk Bisnis

Dalam melakukan pemasaran produk ataupun jasa baik secara tradisional maupun melalui internet, tentu harus memiliki strategi.

Begitupun juga ketika melakukan pemasaran melalui media sosial perlu menerapkan strategi.

Strategi social media marketing adalah suatu usaha yang di lakukan untuk mencapai tujuan pemasaran melalui media sosial.

Dalam prakteknya ada beberapa strategi yang sering di gunakan oleh seorang markete, antara lain:

  1. Lakukan riset pasar melalui sosial media
  2. Menetapkan metrics social media marketing
  3. Tentukan platform media sosial yang di gunakan
  4. Buat tujuan yang masuk akal
  5. Tentukan dan pahami target audiens
  6. Ciptakan konten yang menarik
  7. Jadwalkan waktu posting
  8. Dorong konten yang di buat oleh audiens
  9. Kerjasama dengan influencer
  10. Manfaatkan Ads (iklan)
  11. Gunakan video live untuk meningkatkan brand awareness
  12. Evaluasi dan controlling

Kesimpulan

Keberhasilan pemasaran suatu produk ataupun jasa melalui media sosial tergantung dari platform dan strategi yang kamu gunakan.

Untuk itu, sebelum melakukan promosi sebaiknya pahami berbagai jenis platform media sosial sesuai dengan target audience kamu.

Selanjutnya, kamu harus memiliki strategi dan jangan lupa melakukan evaluasi dan controlling untuk mengetahui perkembangan promosi bisnis kamu agar dapat memikirkan strategi pemasaran selanjutnya yang harus di lakukan.

Tinggalkan Balasan

You cannot copy content of this page