Home » Tutorial » 7 Cara Membuat Postingan Blog SEO Friendly

7 Cara Membuat Postingan Blog SEO Friendly

Blogging telah menjadi pilihan bagi individu dan bisnis untuk berbagi pemikiran, dan keahlian, serta mempromosikan produk dan layanan mereka. Dan tahukah bahwa lebih dari 4,4 juta posting blog diterbitkan setiap hari ? Dengan begitu banyak konten yang tersedia secara online, mungkin sulit untuk membuat posting blog Anda menonjol dari yang lain.

Namun, dengan mengoptimalkan posting blog Anda untuk mesin pencari, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan menarik lebih banyak pembaca ke situs Anda. Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa cara untuk membuat posting blog Anda SEO-friendly dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapat peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Cara Membuat Postingan Blog SEO Friendly

Di bawah ini, kami telah membahas beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat posting blog SEO-friendly untuk peringkat mesin pencari.

1. Pastikan Blog Bebas Plagiarisme

Anda dapat menganggap tajuk ini sebagai cara, tips, atau peringatan, tetapi Anda tidak boleh mengabaikannya sebagai blogger. Dalam blogging, risiko plagiarisme menjadi semakin umum dari hari ke hari. Ini karena ada sekitar 600 juta blog di internet.

Jadi, ada kemungkinan besar beberapa kalimat atau paragraf dari blog yang Anda tulis secara tidak sengaja cocok dengan beberapa konten yang sudah dipublikasikan. Memiliki plagiarisme dalam posting blog dapat menimbulkan konsekuensi yang parah. Beberapa di antaranya disebutkan di bawah ini:

Mesin pencari seperti Google tidak menyetujui posting blog yang dijiplak. Tidak menyetujui mengacu pada, Google tidak akan memberi peringkat posting Anda dalam hasil pencarian. Selain itu, Google juga dapat menghukum atau menonaktifkan domain blog Anda, jika Anda terus-menerus ditemukan menjiplak posting blog.

Itu sebabnya, sebagai blogger Anda perlu memastikan bahwa postingan blog tersebut bebas plagiarisme agar SEO-friendly. Ingat ini, tidak peduli seberapa efektif teknik SEO yang Anda gunakan untuk meningkatkan blog, jika berisi konten yang dijiplak, maka tidak ada yang berhasil.

Sekarang, sebagian besar dari Anda akan berpikir tentang bagaimana Anda dapat memastikan apakah tulisan Anda bebas dari plagiarisme atau tidak. Satu-satunya cara untuk memastikan ini adalah dengan memanfaatkan alat pendeteksi plagiarisme.

Alat-alat ini bekerja dengan membandingkan konten yang diberikan dengan semua sumber (blog, jurnal, makalah penelitian, dll.) untuk menemukan sumber yang cocok. Jika ditemukan, alat ini akan menyorot bagian tersebut untuk menunjukkan blogger.

Untuk mendemonstrasikan lebih baik, kami telah mengambil konten yang sudah diterbitkan, dan menjalankannya untuk pemeriksaan plagiarisme. Kami telah menggunakan Periksa-Plagiarisme untuk demonstrasi ini.

cek plagirsme konten blog

Jadi, pemeriksa plagiarisme gratis menghitung konten yang diberikan sebagai 100% plagiat yang benar karena disalin dari internet.

Secara keseluruhan, untuk membuat posting blog Anda SEO-friendly, Anda perlu memastikan bahwa itu bebas plagiarisme atau tidak.

2. Sesuaikan Kata Kunci Secara Strategis

sesuaikan Kata Kunci Secara Strategis

Pertama-tama mari kita jelaskan apa sebenarnya kata kunci dalam SEO. Ini adalah kata dan frasa khusus yang digunakan orang untuk mencari informasi/produk di mesin pencari. Dalam SEO, kata kunci dianggap penting karena membantu mesin pencari memahami tentang apa posting Anda, dan kemudian akan diberi peringkat dalam kategori yang relevan.

Untuk membuat posting blog SEO-friendly, Anda perlu menggunakan kata kunci secara strategis. Untuk ini, Anda perlu melakukan penelitian kata kunci tentang topik tersebut. Melakukan hal ini akan membantu Anda mengenal kata kunci baru yang dapat Anda masukkan ke dalam konten untuk meningkatkan peringkat Anda.

Namun, jangan hanya membebani konten dengan terlalu banyak kata kunci, melakukan hal ini akan dihitung sebagai “ Keyword Stuffing ”. Ini dianggap sebagai teknik SEO topi hitam oleh mesin pencari. Ini mengacu pada membebani konten dengan terlalu banyak kata kunci yang relevan dengan maksud untuk memanipulasi peringkat mesin pencari.

Mari kita jelaskan dengan sebuah contoh. Di bawah ini, ada paragraf yang kelebihan kata kunci.

“ASUS ROG Z390 merupakan motherboard terbaik untuk gaming dewasa ini. Motherboard gaming terbaik ini memiliki prosesor Intel Core i7 dengan 4 slot RAM DDR4. Tidak hanya itu, motherboard gaming ini juga memiliki pencahayaan RGB dan sistem pendingin yang kuat untuk kinerja yang optimal.”

Dalam paragraf, kata kunci digunakan berkali-kali, memberikan indikasi yang jelas kepada pembaca dan mesin telusur bahwa satu-satunya tujuan Anda adalah peringkat. Sekarang, kita akan menulis paragraf yang sama, tapi kali ini kita akan menggunakan kata kunci secara strategis.

“ASUS ROG Z390 merupakan motherboard terbaik untuk gaming dewasa ini. Dia memiliki prosesor Intel Core i7 dengan 4 slot RAM DDR4. Bukan hanya itu, tapi motherboard gaming ini juga memiliki pencahayaan RGB dan sistem pendinginan yang kuat untuk performa optimal.”

Jadi, ini adalah bagaimana Anda dapat menggunakan kata kunci secara efisien dalam konten Anda. Menyesuaikan kata kunci secara strategis akan membuat peringkat posting blog Anda lebih tinggi dalam pencarian, menghasilkan peningkatan pengunjung.

3. Jadikan Konten Ramah Pengguna Dan Mesin Pencari

Jadikan Konten Mudah Dikonsumsi Untuk Pengguna Dan Mesin Pencari

Konten ramah pengguna dan penelusuran mengacu pada konten yang dioptimalkan untuk pembaca manusia dan perayap mesin telusur. Dengan membuat konten ramah pengguna dan mesin telusur, Anda dapat meningkatkan visibilitas di hasil penelusuran.

Di bawah ini adalah beberapa tips berguna yang dapat Anda ikuti, untuk membuat konten ramah pengguna dan mesin telusur.

Seperti, Anda perlu meninjau konten blog untuk menemukan kata-kata yang tidak perlu dan rumit, kalimat panjang dengan struktur kalimat yang buruk, dll. Setelah menemukan kekurangan tersebut, Anda kemudian perlu memperbaikinya. Misalnya, Anda dapat menghilangkan kata-kata yang tidak perlu dan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami, bukan kata-kata yang rumit.

Berpikir bahwa ini akan memakan banyak waktu dan tenaga, terutama untuk artikel berdurasi panjang? Anda berpikir benar. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memanfaatkan alat parafrase yang dengan cepat menghapus kata-kata yang tidak perlu, mempersingkat kalimat yang panjang, dan memperbaiki struktur kalimat dari teks yang diberikan.

Selain itu, Anda juga perlu menggunakan heading dan subheading. Ini akan membagi konten posting menjadi beberapa bagian sehingga memudahkan pembaca dan mesin pencari untuk mengkonsumsi informasi tersebut.

Memanfaatkan penomoran dan daftar juga merupakan tips yang berguna untuk membuat konten lebih mudah dikonsumsi. Untuk pengguna, menggunakan poin-poin akan meningkatkan keterbacaan secara keseluruhan, membantu mereka dengan cepat menggunakan informasi yang mereka butuhkan. Sementara itu, juga memudahkan mesin pencari untuk merayapi dan mengindeks konten.

Anda juga perlu mengoptimalkan konten untuk semua perangkat dan memastikannya dimuat dengan cepat. Mengoptimalkan konten untuk semua perangkat mengacu pada memastikan pemformatan konten tepat di semua perangkat. Di sisi lain, kecepatan memuat mengacu pada seberapa cepat konten dimuat.

Ini adalah tips penting, karena tidak peduli seberapa berkualitas dan SEO-friendly konten Anda, jika memuat terlalu banyak waktu, pengguna akan beralih ke artikel lain. Selain itu, mesin pencari seperti Google juga memprioritaskan postingan yang memuat lebih cepat dibandingkan dengan yang memiliki kecepatan pemuatan rendah.

4. Tambahkan Gambar Berkualitas Tinggi dan Video yang Relevan

Dengan menambahkan gambar dan video berkualitas tinggi, Anda dapat membuat tampilan yang paling menarik, informatif, dan menarik untuk dilihat. Ini juga meningkatkan kemungkinan pembaca akan menghabiskan lebih banyak waktu di posting Anda yang akan menghasilkan penurunan rasio pentalan.

Tingkat bouncing adalah faktor penting yang diperhitungkan mesin pencari seperti Google dalam menentukan peringkat SEO. Ini mengacu pada persentase pengunjung yang meninggalkan halaman web tanpa mengambil tindakan.

Namun, saat menambahkan gambar dan video, Anda harus berhati-hati dengan klaim hak cipta. Ini karena kami telah melihat blogger pemula menyalin gambar dari situs lain tanpa khawatir tentang fakta bahwa mereka dapat mendapat masalah.

Selain itu, Anda juga harus menggunakan teks alt dan nama file deskriptif untuk gambar dan video. Melakukan hal ini akan membantu mesin telusur untuk memahami dan merayapi konten laman secara efisien, lalu memberi peringkat yang sesuai.

Secara keseluruhan, menambahkan gambar dan video ke konten tidak akan membuatnya menarik untuk dilihat, tetapi membantu perayap mesin telusur untuk merayapi konten secara efisien.

5. Buat Backlink

membuat backlink

Membuat backlink adalah cara efektif mengoptimalkan blog untuk hasil mesin pencari. Tautan balik dihitung ketika sebuah situs web memberikan tautan ke situs lain dengan teks jangkar, yang dikenal sebagai tautan eksternal. Bukan hanya itu, tetapi backlink juga akan dihitung jika sebuah situs web memberikan tautan sendiri, yang dikenal sebagai tautan internal.

Untuk tautan eksternal, Anda hanya perlu mendekati situs web tepercaya dan kredibel. Ini karena ketika situs web otoritas tinggi memberikan tautan ke postingan blog Anda, ada kemungkinan besar mesin pencari akan menganggap postingan Anda berharga, dan tepercaya. Ini selanjutnya akan menghasilkan visibilitas mesin pencari yang lebih baik.

Sekarang, Anda akan berpikir tentang cara mendapatkan backlink berkualitas dari situs web otoritas tinggi. Berikut adalah beberapa cara untuk memulai:

Dekati situs web otoritas tinggi di ceruk terkait Anda dan minta mereka untuk menerbitkan posting blog (berisi setidaknya satu daftar situs web Anda) di situs web mereka. Ini dikenal sebagai blog tamu.

Selain itu, menemukan tautan rusak di situs web lain adalah cara lain yang bermanfaat untuk mendapatkan tautan balik berkualitas. Dengan menemukan tautan yang rusak, Anda dapat menghubungi admin situs tersebut dan memberi tahu mereka tentang tautan pengganti. Anda juga dapat meminta mereka untuk menambahkan tautan Anda ke sana.

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengirimkan postingan ke direktori relevan yang terkait dengan niche tersebut. Ini adalah teknik SEO di luar halaman yang berguna yang akan membantu dalam mengoptimalkan halaman web secara efisien.

Dalam hal tautan internal, Anda perlu menambahkan tautan paling relevan dari artikel yang telah Anda tulis. Ini akan memungkinkan pengguna untuk hanya menempel di situs web Anda dan terus berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya.

Namun, saat menambahkan tautan internal, Anda tidak boleh membuat pencocokan persis antara teks jangkar dan tautan target. Melakukan hal ini dapat mengakibatkan hukuman SEO dari mesin pencari.

Secara keseluruhan, membuat backlink (baik internal maupun eksternal) adalah cara terbaik untuk membuat posting blog ramah SEO.

6. Optimalkan Konten Untuk Fitur Cuplikan

Cuplikan fitur adalah kotak tempat format dibalik hasil pencarian, menampilkan cuplikan deskriptif terlebih dahulu kepada pengguna. Ini juga dapat muncul di bagian “ Orang Juga Bertanya ”.

Mengoptimalkan konten blog untuk cuplikan fitur sangat penting karena menghasilkan lalu lintas organik yang lebih tinggi dan keunggulan dibandingkan hasil lainnya.

Untuk memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang cara kerja cuplikan pilihan, izinkan kami menjelaskan dengan sebuah contoh. Kami telah mencari “ Cara membuat posting blog Anda SEO-friendly .” Dan Google telah memberi kami cuplikan yang berisi poin paling penting terhadap pencarian kami. Lihat gambar di bawah ini untuk demonstrasi.

Optimalkan Konten Untuk Fitur Cuplikan

Untuk mengoptimalkan posting blog Anda untuk fitur praktis ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan tips berikut.

Gunakan daftar dan tabel dalam konten: Google memprioritaskan daftar dan tabel dalam konten. Hal ini karena kedua elemen tersebut seringkali mengandung poin-poin utama.

Pertimbangkan untuk menggunakan markup data terstruktur: Menggunakan markup data terstruktur dapat membantu mesin telusur mengefisienkan konten halaman Anda sekaligus meningkatkan peluangnya untuk muncul di cuplikan fitur.

Bertujuan untuk FAQ : Anda juga mempertimbangkan untuk mendiskusikan pertanyaan yang paling relevan bersama dengan jawaban jelas yang ditanyakan tentang posting blog Anda. Google sering membuat cuplikan fitur dari FAQ (pertanyaan umum).

Jadi, dengan tips ini, ada kemungkinan konten blog Anda berhasil muncul di hasil cuplikan fitur.

7. Tambahkan Deskripsi Meta

Deskripsi meta adalah jenis tag HTML yang digunakan untuk memberikan ikhtisar singkat tentang konten yang berisi halaman web. Tujuan deskripsi meta adalah untuk memberi tahu perayap mesin telusur tentang artikel Anda.

Biasanya mesin pencari seperti Google menampilkan deskripsi meta di bawah judul artikel. Untuk mendemonstrasikan ini, kami telah mencari ” Apa itu posting blog ” dan output yang kami dapatkan ada pada gambar di bawah ini:

Tambahkan Deskripsi Meta

Nah, begitulah cara Google menampilkan deskripsi meta di hasil pencarian. Namun, perlu diingat, tidak dipastikan bahwa mesin pencari akan menampilkan deskripsi meta setiap saat di hasil pencarian. Alih-alih, itu hanya akan menampilkan pertunjukan jika dianggap relevan dengan kueri penelusuran pengguna.

Untuk menulis deskripsi meta yang efektif, Anda perlu menggunakan kata kunci utama bersama dengan ikhtisar singkat dari keseluruhan artikel. Ingat panjang maksimal deskripsi meta adalah 160 karakter.

Kesimpulan

Blogging telah menjadi profesional penuh waktu bagi kebanyakan orang di seluruh dunia. Ini juga meningkatkan persaingan. Karena persaingannya yang meningkat, menjadi sulit bagi blogger, terutama yang baru untuk memberi peringkat posting blog mereka lebih tinggi dalam hasil pencarian dengan konten rata-rata.

Tetapi dengan cara yang benar, Anda bisa menyelesaikannya. Artikel ini telah membahas cara-cara yang membantu Anda membuat posting blog SEO-friendly untuk meningkatkan visibilitas dalam hasil pencarian.