Home » Website » Cara Membuat Website Sekolah Menggunakan WordPress, Keren dan Langsung Online

Cara Membuat Website Sekolah Menggunakan WordPress, Keren dan Langsung Online

Daftar Isi

Sekilas Tentang Website Sekolah

Website sekolah adalah media yang digunakan untuk mempromosikan sekolah kepada masyarakat.

Fungsi web sekolah tidak hanya untuk menyebarkan dan mendapatkan informasi tentang dunia pendidikan. Akan tetapi, website sekolah yang menarik dan elegan menjadi gambaran tingkat profesionalisme sekolah.

Era serba digital seperti sekarang, website sekolah dapat dijadikan media pembelajaran online (e-learning).

E-learning dapat memudahkan siswa mengakses mata pelajaran yang diberikan oleh guru.

Baca juga: 5 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membuat Website Sekolah

Keberadaan website sekolah merupakan salah satu bentuk dukungan program menteri pendidikan dalam mengoptimalkan internet di lingkungan sekolah.

Berikut beberapa alasan, sekolah wajib memiliki website yaitu Ssbagai identitas sekolah di dunia maya, sarana informasi sekolah, menunjang promosi sekolah, wujud dari sekolah yang berkembang, media pembelajaran online, dan meningkatkan kredibilitas sekolah.

Fitur-Fitur Website Sekolah

Fitur yang dimiliki website sekolah tergantung dari informasi yang akan di tampilkan. Beberapa fitur dasar yang harus ada yaitu:

  1. Home adalah halaman paling depan yang menampilkan informasi gambaran umum sekolah, ringkasan profil, sambutan kepala sekolah, dll.
  2. Profil Sekolah menampilkan informasi identitas sekolah seperti sejarah singkat, visi misi, struktur kelembagaan, fasilitas, sistem pembelajaran, dan program keahlian.
  3. Informasi memuat halaman seperti program pendidikan, kurikulum, berita pendidikan, even sekolah, prestasi, pengumuman, dan informasi lainnya.
  4. Galeri merupakan fitur untuk menampilkan gambar atau video kegiatan guru, siswa, dan alumni.
  5. Direktori adalah fasilitas  untuk memuat data pengajar, data siswa, dan alumni.
  6. Download digunakan untuk memuat dokumen bahan ajar yang dapat di akses oleh siswa dan guru.
  7. Kontak adalah halaman yang menampilkan informasi alamat sekolah, nomor telepon, email, dll.

Biaya Pembuatan Website Sekolah

Biaya pengadaan website sekolah sebenarnya cukup dengan biaya sewa domain dan hosting per tahun. Untuk biaya domain dan hosting, Anda bisa cek langsung di jasa penyedia web hosting seperti Niaga Hoster.

Selanjutnya, jika Anda menggunakan jasa pihak ketiga, tentu biaya yang digunakan berbeda dan mungkin lebih mahal. Namun biaya tergantung kesepakatan Anda dengan pihak ketiga.

Pengadaan website sekolah sudah diatur dalam Peraturan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2017 tentang petunjuk teknis bantuan operasional sekolah.

Pembiayaan web sekolah digunakan untuk membangun, mengembangkan, dan memelihara website sekolah dengan domain sch.id.

Baca juga: 7 Hal Tentang Website Perlu Kamu Ketahui

Domain Sekolah

Domain merupaan alamat yang diakses oleh pengunjung untuk melihat informasi pada website. Nama domain harus unik dan sesuai dengan nama sekolah, misalkan smkn2bonugun.sch.id.

Adapun domain sekolah pada umumnya terdiri dari tiga bagian yaitu nama domain, jenis, dan identitas Negara domain tersebut.

Penulisan nama domain tidak boleh mengandung spasi, contoh “smkn2bonugun”, selanjutnya “.sch” sebagai  identitas domain khusus untuk domain sekolah, dan “id” menandakan domain tersebut berasal dari Negara Indonesia.

Untuk mendaftarkan domain sekolah diperlukan dokumen  pendukung seperti surat permohonan nama domain sekolah, surat kuasa kepala sekolah yang diberikan kepada penanggungjawab, dan photo KTP penanggung jawab.

Untuk daftar domain sekolah dapat dilakukan disini.

Baca juga: 5 Hal Penting Harus Diketahui dan Disiapkan Sebelum Membuat Website

Hosting

Hosting adalah space yang disediakan oleh penyedia hosting untuk menyimpan file website agar dapat diakses melalui jaringan internet.

Jika domain di analogikan sebagai alamat, maka hosting  adalah rumah, sedangkan website merupakan isi dari rumah tersebut.

Untuk mengakses informasi pada sebuah website, maka diakses melalui domain.

Sedangkan untuk mengelola website, jika pihak sekolah tidak memiliki server sendiri, maka cukup dengan menyewa hosting pada penyedia hosting seperti niagahoster.co.id atau penyedia hosting lainnya.

Biaya hosting bervariasi pada setiap penyedia, tergantung fitur yang ditawarkan, dan layanan yang diberikan, serta lama waktu penyewaan.

Mendaftarkan domain sekolah dan hosting di web hosting, bisa langsung dilakukan di website niagahoster.co.id.

Baca juga: 10 Platform Terbaik Sering Digunakan Untuk Membuat Website

CMS WordPress

WordPress adalah sebuah aplikasi berbasis open source yang banyak digunakan untuk membangun website.

Aplikasi WordPress termasuk Content Management System, dimana penggunanya hanya fokus mengelola konten yang ditampilkan pada halaman website.

Teknologi WordPress dikembangkan dengan Bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis datanya.

Pada umumnya digunakan untuk membuat blog, namun seiring berkembangnya, aplikasi ini digunakan secara fleksibel, sehingga dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Selain dapat difungsikan sebagai blog, juga dapat digunakan sebagai website portofolio, bisnis, berita, e-commerce, forum,  dan website sekolah.

Instalasi WordPress dapat dilakukan pada komputer lokal atau di install langsung dihosting melalui CPanel.

Cara menginstal aplikasi WordPress di hosting melalui CPanel dapat kamu lihat di buku “Mudah Membangun Website Sekolah Dengan CMS WordPress”.

Baca juga: 28 Teknologi Paling Populer di Indonesia Digunakan Untuk Membuat Website

Tema WP Akademik

Salah satu tema yang dibuat khusus untuk website sekolah yaitu WP Akademik. Tema tersebut dikembangkan oleh Ciuss Creative yang dapat Anda kunjungi melalui laman ciuss.com.

Sesuai dengan peruntukannya seluruh fitur tambahan, mayoritas berhubungan dengan sekolah.

Dengan tema ini, Anda bisa memanfaatkan untuk mempercantik tampilan website sekolah Anda, sehingga lebih menarik.

Tema WP Akademik bergaya magazine/news style, dengan tampilan yang berbeda dengan tema lainnya, dan mengikuti kebutuhan website sekolah saat ini.

Fitur yang tersedia di tema ini, antara lain menu editorial, blog guru, data GTK, data siswa dan alumni, data kelas, fasilitas sekolah, prestasi, pengumuman, agenda, slideshow, galeri, info sekolah, maps sekolah, data sekolah, dll.

Tema ini hanya dapat digunakan di satu domain, sehingga setiap kali ingin menggunakan tema tersebut di domain tertentu, maka harus di order dengan domain baru karena memiliki lisensi.

Untuk mendownload tema WP Akademik kunjungi laman  https://ciuss.com/cara-order.

Selanjutnya untuk panduan lengkap bagaimana cara installnya, Anda bisa mengikuti panduan yang ada di buku “Mudah Membangun Website Sekolah Dengan CMS WordPress”.

Didalam buku tersebut dijelaskan bagaimana menginstall tema WP Akademik, import data dummy, dan bagaimana mengelola konten website sekolah.

Bagi sekolah yang ingin memiliki website tetapi tidak punya SDM, bisa menggunakan jasa pihak ketiga dengan biaya terjangkau melalui jasa layanan pembuatan website masagena.id.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments