Home » Karir » Cek Fakta! Sistem Informasi, Salah Satu Jurusan Favorit dan Paling di Cari di Dunia Kerja

Cek Fakta! Sistem Informasi, Salah Satu Jurusan Favorit dan Paling di Cari di Dunia Kerja

Daftar Isi

Perguruan Tinggi dan Jurusan Sistem Informasi

Setelah menyelesaikan masa studi di tingkat sekolah menengah baik SMA/SMK, selanjutnya melanjutkan di tingkat pendidikan yang lebih tinggi yaitu di Perguruan Tinggi.

Namun, setelah lulus sekolah masih bingun ingin kuliah di kampus mana dan mengambil jurusan apa, Hal itu dapat terjadi karena mungkin kamu belum punya perencanaan tentang kampus yang kamu targetkan dan jurusan yang akan dipilih.

Baca juga: 4 Hal Harus Kamu Miliki Jika Ingin Sukses Di Dunia Kerja

Jika masih bingun memilih kampus dan jurusan yang akan kamu pilih. Maka, yang harus kamu cek yaitu: Apakah kampusnya terdaftar di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia? Bagaimana status akreditasinya? Apa saja jurusannya? Apakah jurusannya banyak dibutuhkan di dunia kerja?

Apabila ingin memilih perguruan tinggi, pilih yang sudah terdaftar di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, sebagai bukti bahwa kampus tersebut diakui oleh pemerintah. Anda bisa cek melalui situs https://forlap.kemdikbud.go.id atau https://pddikti.kemdikbud.go.id.

Selanjutnya cek status akreditasinya, dan pastikan kampus yang kamu pilih sudah terakreditasi baik institusi maupun program studinya, karena ini sangat bermanfaat ketika ingin melamar pekerjaan atau mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Anda bisa cek status perguruan tinggi melalui laman banpt.or.id.

Berikutnya kamu harus cek jurusan yang ada dikampus tersebut, kemudian pertimbangkan apakah jurusan tersebut banyak dibutuhkan di dunia kerja atau tidak, dan apakah bisa menunjang karir kamu di masa mendatang.

Untuk mengetahui jurusan yang paling banyak di cari, kamu bisa lakukan pencarian di Internet dengan mengetik kata kunci misalnya “Jurusan Paling Di Butuhkan Di Dunia Kerja di Indonesia”.

Nah, jika kamu masih bingung memilih jurusan, di artikel ini akan dibahas salah satu jurusan favorit dan paling di cari di dunia kerja yaitu jurusan Sistem Informasi.

Apa Itu Jurusan Sistem Informasi?

Era serba digital seperti sekarang sangat dibutuhkan talenta digital untuk membantu pekerjaan di dunia kerja, baik dilingkup organisasi maupun bisnis. Salah satu jurusan yang paling sesuai yaitu jurusan sistem informasi.

Program studi sistem informasi mempelajari tentang bagaimana mendesain sistem berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis.

Ilmu yang dipelajari berkaitan dengan Teknologi Informasi (IT), dimana mahasiswa diarahkan agar dapat mengembangkan, memanfaatkan, dan mengelola software dan hardware yang ada dalam dunia bisnis maupun perseorangan.

Selain itu mahasiswa, tidak hanya diajarkan tentang ilmu pemrograman, akan tetapi juga mempelajari manajemen dan bisnis.

Program studi sistem informasi termasuk daftar program studi populer di Indonesia yang bisa Anda cek disini.

Apa Yang Dipelajari Jurusan Sistem Informasi?

Mata kuliah yang dipelajari pada jurusan sistem informasi yaitu:

  1. Manajemen dan Organisasi
  2. Sistem dan Teknologi Informasi
  3. Algoritma dan Struktur Data
  4. Analisis dan Desain Perangkat Lunak
  5. Pemrograman Berorientasi Objek
  6. Manajemen dan Administrasi Basis Data
  7. Etika Profesi SI
  8. Manajemen Proyek TI
  9. Data Mining
  10. Pemrograman Web, Dll.

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi?

Perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat tentunya membuka peluang pekerjaan bagi lulusan Sistem Informasi. Jurusan ini dicari untuk kebutuhan membangun dan mengembangkan software yang bermanfaat untuk kelangsungan pekerjaan.

Lulusan sistem informasi juga dapat bekerja sebagai analisis keamanan software dan juga quality control maupun maintenance sistem di perusahaan.

Adapun profesi dan karir lulusan jurusan sistem informasi yaitu:

  1. System Analis
  2. Analis Riset Operasional
  3. Peneliti Komputer dan Informasi
  4. Arsitek Jaringan Komputer
  5. Programmer
  6. Penyusun Strategi Pemasaran (Online)
  7. Administrator Database
  8. IT Support
  9. Web Developer
  10. Dosen Ilmu Komputer
  11. Project Manager, Dll.

Apa Yang Harus Di Kuasai Jika Mengambil Jurusan Sistem Informasi?

Beberapa keahlian yang harus kamu kuasai jika mengambil jurusan sistem informasi, seperti pemrograman PHP, JavaScript, HTML, CSS, Java, Python, SQL, MySQL, Data Analysis, Machine Learning, dll.

Jika kamu menguasai dari beberapa keahlian tersebut, maka kamu punya kesempatan berkarir dengan profesi yang paling trend di Indonesia yaitu Back End Developer, Data Scientist, Android Developer, Full Stack Engineer, dan Front End Developer.

Baca juga: 5 Keahlian Bidang Digital Paling Diminati di Indonesia

Salah satu kampus IT yang memiliki jurusan Sistem Informasi di Provinsi Sulawesi Tenggara yaitu STIMIK Bina Bangsa Kendari yang beralamat di Jln. Jend. A. H. Nasution No. 105 Anduonohu Kendari.

Kampus tersebut terdaftar di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dengan nomor SK:68D02002 dan sudah terakreditasi baik program studi maupun institusinya. Juga didukung tenaga pendidik berkualifikasi S2 Komputer. Sehingga sangat cocok jika ingin melanjutkan kuliah dengan mengambil jurusan sistem informasi di kampus ini.

Daftar beberapa kampus yang memiliki jurusan sistem informasi dapat Anda lihat disini.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments