Home » News » Generasi Teknologi Jaringan 1G, 2G, 3G, 4G dan 5G

Generasi Teknologi Jaringan 1G, 2G, 3G, 4G dan 5G

Teknologi jaringan wireless yang biasa kita dengar yaitu 1G, 2G, 3G, 4G dan 5G yang pertama harus diketahui adalah huruf  “G” yang berarti Generasi, jadi ketika mendengar orang berbicara mengenai jaringan 4G, itu artinya sedang membicarakan mengenai jaringan wireless berbasis pada teknologi jaringan generasi ke 4.

Teknologi sekarang  sudah sangat maju dan AMPS, CDMA, GPRS, EDGE, HSDPA, dan LTE, merupakan generasinya. Untuk memahami dari setiap generasi, kita telusuri dari generasi pertama (1G) dimana ponsel benar-benar disebut ponsel, tidak disebut ponsel pintar (smart phone) atau ponsel bodoh, atau ponsel super atau apapun itu.

Bentuknya sangat sederhana hanya digunakan untuk menelepon saja, tidak ada fitur jejaring sosial, tidak dapat mengupload gambar dan tidak dapat berubah menjadi hotspot nirkabel yang bisa menghubungkan ke beberapa ponsel lainnya ke internet.

1G – Generasi Pertama

Pada tahun 1984 diperkenalkan di mana sinyal jaringan analog dan menggunakan Frequency Division Multiple Access (FDMA), dan generasi 1G merupakan telepon nirkabel yang hanya digunakan untuk suara. Data bandwith 2 Kbps dan standart technology yang digunakan adalah AMPS.

2G – Generasi Kedua

Pada tahun 1980 mulai di kembangkan teknologi generasi baru “2G”, dan diperkenalkan pada tahun 1991 di Finlandia. 2G didasarkan pada standar GSM.

Data bandwith 14,4 0 64 Kbps dengan menggunakan standart teknologi GSM dan GPRS di generasi 2,5G. Teknologi 2G memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan teks dan pesan multimedia (MMS).

3G – Generasi Ketiga

Pada tahun 1990-2002 di kembangkan teknologi jaringan nirkabel Generasi ketiga yang memiliki fungsi sangat berbeda, seperti memungkinkan penggunaan layanan data secara simultan pada tingkat yang lebih tinggi.

3G memiliki dukungan layanan Multimedia dan streaming yang lebih populer. Di 3G, akses universal dan portabilitas di berbagai jenis perangkat dimungkinkan (Telepon, PDA, dll.).

Telekomunikasi Standar Internasional Telekomunikasi 3G IMT-2000 yang populer dikenal sebagai 3G, atau standar Generasi ke-3 untuk ponsel dan layanan telekomunikasi untuk membuat 3G dapat diterapkan secara global.

Kecepatan transper data mencapai 2 Mbps dengan menggunakan standar teknologi CDMA

4G – Generasi Keempat

Teknologi jaringan nirkabel generasi keempat atau 4G dikembangkan dari tahun 2000 – 2010. 4G adalah teknologi paling canggih dan mutakhir yang tersedia saat ini. Generasi 4G adalah versi perbaikan 3G. Teknologi 4G tersedia dalam dua jenis yaitu, WiMAX (Worldwide Interoperability untuk Akses Gelombang Mikro) dan LTE (Long Term Evolution).

Generasi ke empat (4G) versi LTE banyak digunakan dan sebagian besar tersedia. Kecepatan untuk 4G semakin ditingkatkan untuk memenuhi permintaan akses data yang digunakan oleh berbagai layanan. Streaming definisi tinggi sekarang didukung dalam 4G. Kecepatan transper data bisa mencapai 2000 Mbps sampai 1 Gbps.

5G – Generasi Kelima

Generasi kelima (5G) banyak dibahas generasi berikutnya, dan mungkin jauh lebih cepat daripada 4G saat ini. Teknologi 5G sedang diuji di laboratorium dan hanya dijalankan secara eksperimental.

Saat ini belum ada teknologi 5G yang digunakan. Ketika ini menjadi tersedia itu akan memberikan kecepatan yang sangat tinggi kepada konsumen. Ini juga akan memberikan penggunaan bandwidth yang tersedia secara efisien sebagaimana telah terlihat melalui pengembangan setiap teknologi baru.

Referensi:

https://pdfs.semanticscholar.org/26a6/23ce0bbc5f7567d5237e867e52ec3d28400d.pdf

1g vs 2g vs 3g vs 4g vs 5g comparison differences and analysis

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments