Home » Info,Kesehatan » Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Daftar Isi

Layanan Vision Therapy adalah Inovasi VIO Optical Clinic untuk penglihatan yang lebih baik. Dengan menghadirkan teknologi modern dan pemeriksaan berstandar internasional, dapat mengetahui kondisi mata dengan akurat untuk pemberian solusi pencegahan dan pemulihan mata minus.

Terapi mata minus merupakan metode penyembuhan masalah penglihatan tanpa harus melakukan operasi.

Terbebas dari masalah penglihatan tanpa operasi merupakan impian semua orang yang mengalami mata minus. Karena melakukan operasi pada mata minus membutuhkan biaya yang cukup besar, dan memiliki resiko yang cukup besar.

Akan tetapi, menemukan tempat terbaik untuk terapi mata minus mungkin menjadi suatu hal yang perlu pertimbangan matang.

Namun, Anda jangan khawatir karena saat ini telah hadir Inovasi Vision Therapy VIO Optical Clinic yang menjadi solusi mata sehat Indonesia.

Apakah Anda ingin tahu seperti apa metode terapi penglihatan dari VIO Optical Clinic. Yuk, simak informasi selengkapnya lewat artikel ini.

Namun, sebelumnya kami akan mengajak Anda untuk mengetahui beberapa informasi terkait mata minus.

Apa itu Mata Minus

Melansir dari Halodoc, Mata minus adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan melihat benda jarak jauh. Istilah lain dari mata minus adalah rabun jauh dan memiliki istilah medis yaitu miopia.

Pada mata minus, sinar yang direfleksikan dari sebuah objek yang masuk ke mata melalui kornea, lalu di fokuskan oleh mata ke retina.

Hal itu, karena kornea pada mata lebih cembung atau panjang bola mata lebih besar. Sehingga ketika melihat objek dari jarak jauh, objek akan terlihat tidak fokus.

Berbeda dengan mata normal, lensa dan bola mata membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek di fokuskan tepat pada retina.

Melansir dari laman Alodokter, tingkat keparahan mata minus ditandai dengan ukuran dioptri (D). Mata minus terbagi menjadi tiga, yaitu  miopia rendah (minus 0.5D hingga minus 3D), sedang (minus 3D hingga 6D), dan berat (di atas 6D).

Untuk mengatasi mata minus ada dua cara, yaitu melalui operasi atau menggunakan alat terapi penglihatan seperti yang digunakan oleh VIO Optical Clinic.

Ciri-Ciri Mata Minus

Untuk mengetahui kondisi kesehatan mata, apakah memiliki gejala mata minus atau tidak. Anda bisa mendiagnosa dengan mengenali gejala mata minus.

Jika mengalami beberapa gejala berikut ini, Anda bisa memeriksakan ke dokter mata atau mengunjungi klinik mata terdekat.

Adapun ciri-ciri mata minus yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Kesulitan saat melihat sesuatu dari jarak jauh namun jelas saat melihat jarak dekat.
  • Memicingkan mata saat melihat sesuatu.
  • Kesulitan melihat saat mengendarai kendaraan.
  • Perlu duduk dekat dengan papan tulis (miopia pada anak) untuk melihat jelas.
  • Ketika menonton televisi harus dekat agar dapat terlihat jelas.
  • Mata terasa tegang.
  • Mata terasa lelah.
  • Sakit kepala.
  • Sering mengucek mata.
  • Mata sering berkedip.

Faktor Penyebab Mata Minus

Tidak hanya ciri-ciri mata minus yang perlu Anda ketahui, tetapi penyebabnya juga sangat penting untuk Anda ketahui agar bisa melakukan pencegehan sedini mungkin.

Berikut beberapa penyebab mata minus yang perlu Anda ketahui.

1. Faktor Usia

Usia menjadi salah satu faktor penyebab mata minus. Seiring bertambahnya usia, mata minus yang di derita oleh seseorang dapat bertambah parah. Apalagi jika penderitanya mengalami penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi.

2. Genetik

Penyebab mata minus juga dapat turun secara genetik dari keluarga, entah itu dari salah satu atau kedua orang tua yang menderita mata minus. Tetapi, bisa saja tidak turun kepada anaknya karena kebiasaan anak menghindari berbagai pemicu terjadinya mata minus.

3. Kebiasaan Membaca dengan Cahaya Gelap

Membaca memang dapat menambah wawasan dan memperluas pengetahuan. Akan tetapi, kebiasaan membaca dengan cahaya gelap dapat menjadi pemicu mata minus. Olehnya itu, usahakan Anda membaca pada tempat dengan cahaya yang terang.

4. Terlalu Lama Menatap Layar Gadget

Ada berbagai manfaat gadget seperti memudahkan mendapatkan informasi, memudahkan pekerjaan, hingga dapat untuk berjualan online.

Namun, harus diketahui juga kalau gadget dapat berdampak negatif pada mata, yaitu bisa menyebabkan mata minus jika lama menatap layarnya. Karena layar pada gadget memiliki cahaya biru yang dapat merusak retina dan menyebabkan mata minus.

5. Kurang Beraktivitas di Luar Ruangan

Faktor yang membuat mata minus selanjutnya yaitu jarang melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal itu bisa terjadi karena cahaya pada ruangan tertutup berbeda dengan ruangan terbuka.

Pencahayaan didalam ruangan lebih gelap dan pandangan mata lebih dekat sehingga dapat membuat mata menjadi lelah dan dapat menurunkan kemampuan mata menangkap cahaya.

Tips Menghindari Resiko Mata Minus

Adapun beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menurunkan resiko terkena mata minus, yaitu:

  • Tidak membaca, menulis, dan melihat dalam jarak pandangan yang sangat dekat.
  • Sering-sering beraktivitas di luar ruangan.
  • Jika mata lelah, istirahatkan dulu mata Anda, jangan dipaksakan.
  • Hindari membaca dan menulis di tempat yang gelap atau kurang cahaya.
  • Batasi waktu melihat layar ponsel maupun komputer.
  • Jarak pandang saat melihat layar laptop setidaknya sejauh 30 cm.
  • Pakai kacamata dengan lensa yang pas sesuai saran dokter mata.
  • Gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari radiasi sinar ultraviolet saat beraktivitas di bawah sinar matahari.
  • Hindari paparan asap rokok.

Apakah Mata Minus Bisa di Atasi

Anda mungkin bertanya apakah mata minus bisa di atasi? Lalu bagaimana cara mengatasi mata minus?

Selain menghindari beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mata minus, untuk Anda yang sudah terkena mata minus dapat mengatasi dengan cara operasi atau menggunakan alat terapi.

Namun, mengatasi mata minus dengan cara operasi tentu bisa memakan biaya yang tidak sedikit. Olehnya itu, alternatif untuk mengatasi mata minus yaitu menggunakan metode terapi.

Metode terapi lebih efektif untuk mengatasi mata minus tanpa melakukan operasi, karena resikonya tidak besar dan biayanya juga tidak begitu besar.

Jenis Terapi Mata Minus

Apakah mata minus bisa di terapi? Bagaimana cara terapi mata minus? Untuk melakukan terapi mata minus sebaiknya harus sesuai anjuran dokter.

Melansir dari Alodokter, terapi mata minus sesuai anjuran dokter, antara lain:

1. Terapi Refraktif Kornea

Pertama, terapi mata minus sesuai anjuran dokter yaitu terapi refraktif kornea atau dalam bahasa medis dikenal dengan istilah Orthokeratology.

Metode terapi ini menggunakan lensa khusus yang berfungsi menekan kornea secara bertahap untuk memperbaiki lengkungan kornea mata.

2. Terapi Laser Mata

Laser mata adalah metode terapi mata minus dengan memperbaiki kornea menggunakan sinar laser. Terapi laser mata ada tiga jenis yaitu PRK (Photorefractive keratectomy), LASEK (laser epithelial keratomileusis), dan LASIK (laser in situ keratomileusis).

Seperti pada penjelasan sebelumnya, mata minus disebabkan karena bentuk kornea yang lebih cembung. Dengan melakukan terapi laser mata, maka korena mata dapat di buat lebih pipih, sehingga cahaya dapat langsung mengarah pada retina.

3. Implan Lensa

Selanjutnya, terapi mata minus sesuai anjuran dokter adalah implan lensa. Implan lensa adalah metode terapi dengan menanamkan lensa intraokular ke dalam bola mata yang akan memfokuskan cahaya pada retina.

Apa itu Vio Optical Clinic

VIO Optical Clinic adalah layanan kesehatan mata professional dan terpercaya yang dapat membantu meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik dengan Vision Therapy.

VIO Optical Clinic mulai berdiri pada tahun 2013 dan berlokasi di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi. Dalam pengoperasiannya, berada dalam pengawasan Dokter Optometri.

Dokter Optometri adalah lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang memiliki spesialisasi pada bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) berskala global Internasional, dan tersertifikasi dari Fellow American Academy of Optometry (FAAO).

Selain Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bersinergi dengan Dokter Spesialis Mata yang siap membantu untuk menangani permasalahan mata pasien.

Pelayanan Vision Therapy VIO Optical Clinic didukung dengan peralatan pemeriksaan yang lengkap dan up to date.

Alat yang digunakan sekaligus berfungsi untuk mendeteksi penyakit yang membahayakan kesehatan mata, serta ditangani oleh Eyecare Professional terlatih.

Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan yang Lebih Baik

Jika Anda mencari tempat terapi terbaik untuk mengatasi mata minus, maka salah satu rekomendasi terapi mata minus tanpa operasi adalah VIO Optical Clinic.

VIO Optical Clinic Solusi mata sehat Indonesia, menghadirkan inovasi untuk penglihatan yang lebih baik agar terbebas dari mata minus tanpa operasi.

Salah satu Inovasi VIO Optical Clinic adalah Orthokeratology. Orthokeratology (ortho-k) adalah metode terapi mata minus tanpa operasi dengan menggunakan lensa khusus.

Lensa yang digunakan dalam terapi Orthokeratology dapat menciptakan perubahan bentuk kornea untuk mengoreksi jumlah miopi, sehingga dapat meningkatkan kualitas penglihatan.

VIO Optical Clinic memiliki beberapa inovasi untuk penglihatan yang lebih baik, yaitu:

1. Pemeriksaan Mata Lengkap

Pemeriksaan mata adalah salah satu layanan VIO Optical Clinic untuk memeriksa penglihatan dan mendeteksi dini penyakit mata berbahaya yang dialami oleh pasien.

Adapun layanan pemeriksaan mata lengkap VIO Optical Clinic yaitu pemeriksaan mata minus, plus, silinder, dan buta warna.

Selain itu, pasien juga mendapatkan pemeriksaan stereopsis untuk mengetahui keseimbangan penglihatan, pemeriksaan tekanan intra ocular untuk mendeteksi penyakit Glaucoma, mendeteksi penyakit katarak dengan pemeriksaan kornea untuk pengguna lensa kontak dan lensa mata.

Tidak hanya itu, VIO Optical Clinic juga menyediakan pemeriksaan retina (Funduscopy) dengan memeriksa pembulu darah mata, kejernihan media dan Cup Disc Ration (Bintik Buta).

Seluruh pemeriksaan mata di tangani oleh tenaga professional dan ahli dibidangnya dengan tujuan untuk mengetahui kondisi mata yang dapat menyebabkan kebutaan.

2. Terapi Ortho K (Terapi Mata Minus)

Ortho K adalah salah satu layanan inovasi yang dihadirkan VIO Optical Clinic untuk membantu meningkatkan kualitas penglihatan pasien menjadi lebih baik.

Metode terapi Ortho K membentuk ulang permukaan kornea menggunakan lensa kontak khusus. Lensa kontak ini hanya digunakan pada saat tidur, sehingga Anda bisa melakukan aktivitas tanpa menggunakan kacamata. 

Kelebihan penggunaan terapi Ortho K yaitu dapat menghambat kenaikan mata minus secara alami tanpa operasi dan obat-obatan, serta memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. 

3. Terapi Low Vision

Terapi Low Vision adalah layanan rehabilitasi mata bagi pasien yang mempunyai penglihatan yang lemah.

Pada layanan ini, pasien mendapatkan optical device sesuai kebutuhan penglihatan seperti teleskop untuk penglihatan yang jauh, magnifier/microscope untuk melihat lebih dekat, dan telemicroscope untuk penglihatan pada jarak menengah.

4. Spesialis Lensa Kontak

VIO Optical Clinic juga merupakan spesialis lensa kontak yang dapat membantu pasien dalam pemilihan bahan dan perawatan lensa kontak untuk meningkatkan kualitas penglihatan pasien.

Pemilihan bahan dan perawatan lensa menjadi sangat penting untuk pemakai lensa kontak. Sebab, jika bahan dan desain lensa kontak tidak sesuai dengan kondisi kornea dan lama pemakaian bisa jadi berdampak pada penglihatan.

5. Terapi Penglihatan Binokuler

Terapi penglihatan binokuler dihadirkan untuk pasien yang memiliki masalah penglihatan ganda atau tidak sejajar.

Ada tiga metode yang digunakan dalam terapi binokuler yaitu Cover-Uncover Test, pemeriksaan Worth for Dot, dan pemeriksaan dengan prisma.

Metode Cover Uncover test digunakan untuk memeriksa mata yang mengalami ketidakseimbangan.

Worth for Dot digunakan untuk menguji penglihatan pasien dengan menunjukkan bagian dari 4 warna yang dilihat oleh kedua mata dan satu mata.

Pemeriksaan dengan metode prisma digunakan untuk mengetahui sudut kemiringan dari kedua mata.   

6. Pediatric Refraction

Pediatric refraction adalah layanan pemeriksaan mata khusus untuk yang mengalami masalah penglihatan akibat menonton TV dan gadget, atau selalu memicingkan mata saat melihat. 

Adapun layanan pediatric refraction meliputi pemeriksaan buta warna, pemeriksaan stereopsis, dan retinoscopy.

Pemeriksaan tersebut untuk mengidentifikasi warna dasar, mengetahui kondisi keseimbangan penglihatan dan otot-otot mata, serta untuk mengetahui apakah seorang anak membutuhkan kacamata.

7. Test Kadar Air Mata

VIO Optical Clinic juga menghadirkan layanan untuk pemeriksaan kadar air mata dengan menggunakan teknologi terbaru tanpa menyentuh kornea mata, sehingga pasien tidak merasakan rasa perih dan sakit.

Jika Anda mengalami keluhan pada mata seperti perih, berair, dan pandangan buram. Maka, Anda bisa melakukan tes kadar air mata di VIO Optical Clinic. 

Mengapa Memilih VIO Optical Clinic

Mengapa VIO Optical Clinic merupakan pilihan yang tepat untuk solusi mata sehat Anda, berikut beberapa alasannya:

1. Pemeriksaan Terlengkap

Seperti pada penjelasan sebelumnya, VIO Optical Clinic merupakan pilihan yang tepat untuk meningkatkan kualitas penglihatan, karena memiliki layanan pemeriksaan yang lengkap mulai dari mata minus, plus, silinder, dan berbagai pemeriksaan mata lainnya.

2. Professional Staff

Dalam pengoperasiannya, VIO Optical Clinic memiliki professional staff yang memiliki keahlian di bidangnya dan di awasi langsung oleh Dokter Optometri yang memiliki spesialis pada bidang Vision Therapy. Tidak hanya itu, ia juga bersinergi dengan berbagai dokter spesialis mata.

3. Peralatan Canggih & Lengkap

Selain didukung professional staff, juga didukung dengan peralatan canggih dan lengkap untuk menunjang pemeriksaan mata pasien. Dengan alat itu, memungkinkan kondisi mata pasien dapat diketahui dengan tepat dan akurat.

4. Best Price Guarantee

Salah satu kendala yang enggan orang melakukan pemeriksaan mata yaitu faktor biaya yang besar. Lewat VIO Optical Clinic, pemeriksaan atau terapi mata minus memberikan harga yang terjangkau, dan ada promo spesial yang sering diberikan.

5. Testimoni Positif dari Pasien VIO

Tidak hanya pemeriksaan lengkap, professional staff, peralatan yang lengkap dan modern, dan harga yang terjangkau. Tetapi, pasien yang sudah melakukan pemeriksaan atau terapi mata minus, terbukti memberikan testimoni yang puas dengan pelayanan dan solusi yang diberikan oleh VIO Optical Clinic.

Alamat dan Kontak Vio Optical Clinic:

  • VIO Harapan Indah Bekasi
    Ruko Asia Tropis AT 16 No. 51 Harapan Indah Bekasi Barat.
  • VIO Grand Galaxy City Bekasi
    Ruko Grand Galaxy Blok RGB No. 91 Jaka Setia Bekasi Selatan.
  • VIO Greenlake City Tangerang
    Rukan Crown Blok F No. 1 Cipondoh Kota Tangerang.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi VIO Optical Clinic melalui kontak berikut ini:

  • Nomor Telepon: 021-294-75974
  • WhatsApp: +62 811-152-988

SEO Contest VIO 2023

Kesimpulan

Dengan hadirnya Inovasi VIO Optical Clinic untuk penglihatan yang lebih baik bisa menjadi solusi bebas mata minus tanpa operasi

VIO Optical Clinic salah satu rekomendasi tempat terapi mata minus, karena selain berpengalaman juga didukung dengan peralatan yang lengkap dan modern.