Home » Info,Lainnya » Pentingnya Proofreading Sebelum Publikasi Jurnal

Pentingnya Proofreading Sebelum Publikasi Jurnal

Apa itu Proofreading? Proofreading adalah pembacaan ulang untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan sebuah teks sebelum dipublikasikan. Dalam siklus editorial merupakan langkah terakhir sebelum publikasi. Untuk itu, pentingnya proofreading sebelum publikasi jurnal dan mencari rekomendasi jasa proofreading jurnal professional dan terpercaya.

Ada beberapa tahapan yang dilalui sebuah artikel sebelum dipublikasikan yaitu editing, review, dan proofreading. Apa bedanya editing dan proofreading? Pengeditan merupakan proses perubahan pada konten, struktur, dan bahasa. Sedangkan proofreading berfokus pada kesalahan ejaan, tata bahasa, tanda baca, dan inkonsistensi.

Apakah proofreading penting dilakukan? Mengapa proofreading merupakan bagian penting dari proses penulisan. Dalam publikasi jurnal, proofreading sangat penting sebelum disubmit ke jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional bereputasi. Beberapa editor jurnal biasanya meminta sertifikat proofreading, utamanya bagi jurnal yang sudah bereputasi.

Lalu, Apa saja hal penting yang perlu diperhatikan pada saat proofreading sebelum publikasi artikel jurnal, serta bagaimana tips memilih jasa proofreading terpercaya. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Apa Saja Aktivitas Proofreading?

Ada beberapa aktivitas yang dilakukan dalam tahapan proofreading sebelum artikel dipublikasikan untuk menghasilkan artikel yang berkualitas.

Apa saja bagian proofreading? Melansir dari situs ruangmenulis, aktivitas proofreader dalam proses proofreading antara lain sebagai berikut.

  1. Memeriksa kesalahan ejaan.
  2. Memeriksa tanda baca (titik, koma, titik koma, titik dua, dll).
  3. Memeriksa kata-kata yang mirip tetapi memiliki arti yang berbeda.
  4. Memeriksa penggunaan tanda petik dan tanda petik tunggal.
  5. Memeriksa tanda hubung dan tanda pemisah.

Meskipun kelihatannya sangat mudah jika melihat beberapa aktivitas dalam proofreading. Tetapi, hal itu tidak boleh diabaikan. Karena jika memilih melakukan proofreading sendiri bisa saja hasilnya kurang memuaskan.

Olehnya itu, kami sarankan menggunakan jasa proofreading jurnal terpercaya atau pihak yang menguasai PUEBI dan KBBI.

Tips Memilih Jasa Proofreading Jurnal

Sebelum menggunakan jasa proofreading artikel jurnal, buku, dan dokumen lainnya. Sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Tarif Jasa Proofreading

Pertama yang perlu kamu perhatikan ketika memilih jasa proofreading yaitu tarif harga dari penyedia jasa. Sebab harga setiap penyedia jasa proofreading bisa berbeda-beda, tergantung dari jumlah kata dan bahasa yang digunakan, serta rentang waktu pengerjaan.

Kemudian, jika kamu menggunakan jasa proofreader professional tentu harganya jauh lebih mahal daripada proofreader freelance. Olehnya itu, sebaiknya gunakan jasa proofreading sesuai dengan anggaran yang ada.

2. Kecepatan Pengerjaan

Khususnya bagi kamu yang ingin menerbitkan artikel jurnal, kecepatan pengerjaan proofreading menjadi hal yang penting ketika kamu diburu dengan deadline. Sebab, biasanya editor jurnal akan memberikan jangka waktu tertentu untuk melakukan revisi, apabila lewat dari deadline waktu yang ditentukan maka artikel kamu tidak akan diproses.

Agar tidak mengalami penolakan artikel ketika sudah masuk tahap proofreading, sebaiknya gunakan jasa proofreading yang bisa mengerjakan dengan cepat. Karena ada slogan yang mengatakan lebih cepat lebih baik. Akan tetapi, pengerjaan proofreading yang cepat tentu konsekuensinya harga jauh lebih mahal.

3. Kualitas Hasil Pengerjaan

Selain kecepatan, kualitas hasil pengerjaan merupakan hal yang paling penting. Sebab, jangan sampai kerjanya cepat tetapi menghasilkan kualitas yang tidak maksimal.

Sehingga sangat penting mengetahui kualitas pengerjaan dari jasa proofreading. Untuk mengetahui apakah seorang proofreader memiliki kualitas pengerjaan yang baik, kamu dapat melihat dari portofolio dan review dari hasil pekerjaannya.

4. Garansi Revisi

Pertimbangan selanjutnya ketika memilih jasa proofreading yaitu memberikan garansi revisi. Tentu garansi revisi sangat penting menjadi pertimbangan agar kamu tidak perlu khawatir apabila ada koreksi dari reviewer, terlebih lagi jika layanan garansi revisi disediakan secara gratis. Jadi, jika masih ada kesalahan ejaan dan tata bahasa serta penggunaan tanda baca, kamu bisa meminta perbaikan secara gratis.

5. Jaminan Kerahasiaan

Tidak hanya garansi, jaminan kerahasiaan dari penyedia layanan jasa proofreading juga sangat penting untuk menghindari adanya penyalahgunaan dokumen. Hal ini menjadi pertimbangan apabila dokumen yang kamu miliki bersifat rahasia dan tidak ingin disalahgunakan.

6. Sertifikat Proofread

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa sebagian editor jurnal terakreditasi atau jurnal bereputasi, meminta sertifikat proofread untuk memastikan artikel jurnal sudah melalui tahapan proofreading, sekaligus sebagai syarat kelengkapan administrasi.

Jadi jika dokumen yang kamu proofreading berbentuk artikel jurnal atau paper ilmiah, sebaiknya gunakan jasa proofreading yang menyediakan sertifikat proofread. Nah, salah satu jasa proofreader Indonesia yang menyediakan sertifikat proofread adalah Xerpihan.

Xerpihan adalah platform layanan jasa proofreading jurnal terpercaya milik PT Xerpihan Kata Digital yang menawarkan harga murah, dan garansi revisi gratis serta memberikan sertifikat proofread.

Tidak hanya murah, tetapi ia juga memiliki kualitas hasil pengerjaan yang baik yang dibuktikan dengan beberapa portofolio dan komentar dari penggunanya.

Selain itu, ia juga dapat mengerjakan dengan cepat dan menjamin kerahasiaan dokumen agar tidak disalahgunakan. Untuk mengetahui daftar paket dan harga jasa proofreading yang ditawarkan, silahkan kunjungi langsung website xerpihan.id.

Kesimpulan

Pentingnya proofreading sebelum publikasi jurnal dan memilih jasa proofreading untuk meningkatkan keterbacaan dan menghaluskan kalimat sehingga tulisan menjadi lebih natural, mengalir, dan enak dibaca.

Untuk itu, perlu memilih jasa proofreading jurnal yang professional dan terpercaya dengan membertimbangkan beberapa faktor yang sudah disebutkan diatas.

Dengan menggunakan jasa proofreading yang memiliki kualitas pengerjaan yang baik, harapannya dapat membuat tulisan Anda sesuai kaidah bahasa, natural, enak dibaca, dan layak untuk dipublikasikan.