Home » Teknologi,Website » 10 Situs Belajar Excel Gratis Cocok Untuk Pemula

10 Situs Belajar Excel Gratis Cocok Untuk Pemula

Microsoft Excel adalah salah satu program pengolah angka yang paling dibutuhkan oleh banyak profesi. Belajar excel juga sudah tidak perlu mencari tempat kursus private, mengingat saat ini sudah bisa belajar online. Ada berbagai situs belajar excel yang dapat Anda kunjungi seperti MicrosoftExcelId, LatihanExcel, KelasExcel, dll.

Banyak orang yang ingin belajar dan menguasai program Excel untuk membantu dalam pekerjaannya. Seperti orang yang berkarir dalam bidang keuangan dan analisis, tentu mereka harus paham bagaimana membuat laporan keuangan, begitu juga seorang analisis akan sangat membantu dalam menganalisis data dengan menggunakan rumus Excel.

Meskipun begitu, tidak jarang kita temukan banyak orang membutuhkan program ini untuk membantu pekerjannya. Akan tetapi, tidak mampu mengaplikasikannya dengan baik, apalagi harus di perhadapkan dengan berbagai bentuk rumus Excel yang bisa di katakan rumit.

Namun, jika Anda sedang mencari tempat belajar untuk membantu meningkatkan pemahaman tentang Excel, sebaiknya tidak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa situs belajar excel gratis yang dapat menjadi tempat kamu belajar, baik yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris. Untuk itu, simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Daftar Situs Belajar Excel Bahasa Indonesia dan Inggris

Belajar Excel lebih mudah dengan adanya berbagai situs yang menyediakan panduan dengan penjelasan terstruktur sehingga lebih mudah dalam memahaminya.

Berikut ini masagena.id telah merangkum beberapa situs belajar Excel bahasa Indonesia dan Inggris yang dapat Anda pilih sebagai tempat belajar.

1. Microsoftexcel.id

situs belajar excel bahasa Indonesia
Sumber: microsoftexcel.id

Microsoftexcel.id adalah salah satu situs belajar Excel bahasa Indonesia yang menyediakan berbagai tutorial Excel, rumus Excel, dan dasar-dasar Excel.

Melalui situs ini kamu dapat belajar dasar Excel seperti pengenalan workbook dan worksheet, pengenalan fungsi, jenis data atau tipe data, cara memasukkan data, dan lainnya.

Berikutnya, Anda juga dapat belajar tentang rumus Excel dengan berbagai contoh kasus seperti cara menghitung umur, membuat rangking dengan banyak kriteria, mengurutkan nilai, memisahan karakter, dan sebagainya.

Kemudian, Anda juga bisa belajar tutorial Excel yang lebih kompleks seperti cara mengatasi error, penggunaan conditional formatting, membuat grafik, dan lain-lain.

2. LatihanExcel

Situs Latihan Excel
Sumber: latihanexcel.com

Berikutnya situs belajar Excel bahasa Indonesia yang masuk dalam daftar ini yaitu latihanexcel.com. LatihanExcel adalah sebuah situs yang berfungsi sebagai media untuk belajar Microsoft Excel pemula hingga professional.

Ada lima modul belajar yang dapat Anda pelajari mulai dari Excel Basic, Excel Intermediate, kemudian Excel Advance, dan Excel VB/Macro.

Modul belajar yang di tawarkan di buat bertahap dan di lengkapi dengan gambar, animasi, dan video sehingga dapat memudahkan Anda dalam mempelajari program Microsoft Excel.

3. KelasExcel

Situs belajar kelas excel
Sumber: kelasexcel.id

KelasExcel adalah blog tutorial Microsoft Excel Indonesia yang dapat menjadi pilihan untuk belajar. Lewat situs kelasexcel.id, Anda dapat belajar materi tentang Excel mulai dari materi tentang fungsi, rumus, VBA, shortcut, dan tips Excel.

Materi yang di sajikan juga dapat Anda pilih mulai dari dasar hingga professional. Kemudian, Anda juga dapat bergabung dengan komunitas Excel melalui situs ini.

Jadi, jika kamu ingin belajar dan memperdalam pengetahuan tentang Excel, situs ini menjadi salah satu pilihan yang tepat.

4. Compute Expert

Situs Compute Expert
Sumber: computerexpert.com

Compute Expert merupakan situs untuk belajar Microsoft Excel buatan Indonesia. Situs ini menyediakan berbagai tutorial gratis dan lengkap. Materinya pun beragam dan di buat per kategori antara lain Excel Calculation, Excel Formula, Tips dan Trik Excel.

Excel calculation membahas materi tentang penggunaan SUM, Substraction, Multiplication, Division, Average, dan lain sebagainya. Lalu Excel formula menyajikan materi tentang rumus seperti VLOOKUP, IF Funcion, SUM Function, COUNTIFS Functions, dan lain-lain.

Selanjutnya, topik tips dan triks Excel membahas mengenai cara memprint di Excel, konversi angka menjadi teks, shortcut, dan lain-lain.

Kemudian ia juga memuat informasi tentang rekomendasi produk dan layanan untuk Excel seperti laptop terbaik untuk Excel, keyboard terbaik untuk Excel, dan lainnya.

5. Excel Easy

Website excel easy
Sumber: excel-easy.com

Jika ingin mencoba mempelajari Microsoft Excel dengan mudah lewat situs yang berbahasa Inggris, mungkin yang cocok untuk Anda adalah Excel Easy. Sesuai dengan namanya situs ini menyajikan panduan untuk pemula hingga mahir.

Ada berbagai tutorial yang dapat Anda pelajari dengan mudah sesuai dengan kebutuhan. Ia mengelompokkan materi dengan berbagai kategori mulai dari pengantar, basic, functions, data analysis, VBA, hingga menawarkan beberapa contoh kasus.

6. Microsoft Excel Help Center

Sebenarnya Microsoft sendiri sudah menyediakan situs untuk membantu pengguna yang kesulitan menggunakan Excel, situs tersebut dapat Anda akses melalui Microsoft Excel Help Center.

Panduan yang disediakan juga sangat beragam dan sangat lengkap. Jika kita melihat di situsnya ada beberapa materi dapat Anda pelajari yang dikelompokkan menjadi beberapa bagian seperti formula, functions, import, analisis, format data, dan troubleshoot.

Apabila Anda masih merasa kesulitan menggunakan Excel dan ingin belajar tentang Microsoft Excel, situs ini dapat Anda jadikan alternatif untuk belajar Excel dari dasar hingga mahir.

7. Excel Hero

Berbeda dengan situs belajar Excel sebelumnya, Excel Hero lebih ditujukan bagi pengguna yang sudah memiliki pemahaman dasar. Sehingga situs ini cocok bagi Anda yang ingin belajar Excel tingkat lanjut.

Melalui situs Excel Hero ini, Anda dapat belajar berbagai macam rumus Excel, grafik, Optical Illusions, mengisi formulir PDF dari Excel, dan lain-lain.

Menariknya, situs ini menyediakan Excel Jobs dimana Anda dapat mencari pekerjaan seputar Excel dari berbagai Negara. Anda tinggal mengunjungi halaman Excel Jobs lalu mencari pekerjaan tentang Excel berdasarkan Negara yang Anda pilih.

8. Excel Exposure

Sama seperti Excel Hero, Excel Exposure lebih cocok jika Anda sudah memiliki pemahaman tentang dasar-dasar penggunaan program Microsoft Excel.

Materi yang ditawarkan situs ini dapat Anda akses dalam bentuk workbook dan video. Ia juga menyediakan layanan kursus yang dapat Anda akses secara gratis dan berbayar.

9. ExcelJet Net

ExcelJet Net bisa menjadi salah satu pilihan sebagai situs belajar Microsoft Excel, pasalnya situs ini menyediakan berbagai materi seperti functions, formula, shortcuts, dsb.

Materi dapat Anda akses dalam bentuk Video, karena ia juga menyediakannya dalam bentuk video seperti materi Core Excel, Pivot, Formula, Shortcuts, Tables, Charts, Dynamic Array, Conditional Formatting, Data Validation, Key Functions, dan sebagainya.

Kemudian, Anda juga dapat mengikuti kelas berbayar untuk belajar materi mendalam setelah memahami dasar-dasar Excel.

10. Advernesia

Advernesia adalah situs yang berfungsi sebagai tempat belajar matematika, komputer, dan internet. Beda dengan situs sebelumnya yang menawarkan tutorial khusus Excel.

Lewat situs ini, Anda dapat belajar berbagai materi diantaranya matematika dan analisis seperti data science, bahasa pemrograman Python, MATLAB, hingga SPSS.

Situs Advernesia juga menyediakan berbagai tutorial Excel diantaranya dasar-dasar Excel, pengenalan sel dan data, rumus matematika dan trigonometri, fungsi logika, validasi dan audit, tabel dan pivot, grafik, fungsi tanggal dan waktu, dan fungsi teks.

Itulah beberapa situs belajar Excel gratis dan cocok untuk pemula yang ingin memperdalam pemahaman tentang Microsoft Excel. Selanjutnya, Anda tinggal memilih situs yang mana yang cocok dan bisa membantu Anda memahami Excel dengan mudah.