Home » Teknologi » 6 Brand Laptop Paling Laris di Dunia, Versi Statista

6 Brand Laptop Paling Laris di Dunia, Versi Statista

Sejak pandemi Covid-19 pengguna laptop meningkat secara signifikan, mengingat laptop menjadi media utama untuk menjalankan aktivitas utama dalam melaksanakan pembelajaran secara online.

Tidak hanya pada sektor pendidikan laptop sangat di  butuhkan. Akan tetapi, berbagai bidang lain pun menjadikan laptop sebagai media utama untuk menunjang aktivitas sehari-hari seperti pada aktivitas bisnis dan perkantoran.

Meningkatkanya kebutuhan akan penggunaan laptop, membuat berbagai vendor harus menyiapkan produk laptop terbaik agar dapat di terima masyarakat.

Dengan menyiapkan produk laptop terbaik sesuai kebutuhan masyarakat, maka vendor dapat menguasai pangsa pasar.

Berbicara tentang vendor komputer yang menguasai pangsa pasar, ada 6 vendor komputer di dunia yang menguasai pangsa pasar penjualan laptop.

Sumber: statista.com

Penasaran dengan vendor komputer apa saja yang menguasai pangsa pasar di dunia, berikut kami sajikan informasi selengkpanya.

1. Lenovo

Lenovo menjadi brand laptop yang menguasai pangsa pasar dengan penjualan terbanyak di 2021.

Berdasarkan data market share dari hasil survey statista.com, Lenovo mengalami peningkatan penjualan laptop dari 24,6% pada tahun 2020 menjadi 24,7% tahun 2021.

Meski peningkatan persentasenya tidak terlalu tinggi. Namun, brand Lenovo masih menjadi yang tertinggi ketimbang brand lain.

Ada beberapa faktor yang membuat Lenovo menjadi brand nomor satu yaitu harganya cukup terjangkau daripada brand lainnya dan punya masa hidup baterai yang awet. Kemudian, Lenovo juga menyediakan banyak pilihan varian dan seri untuk berbagai kebutuhan.

2. HP Inc

Data statistik penjualan menunjukkan HP masuk dua besar sebagai vendor penguasa pangsa pasar laptop di dunia. Bahkan mampu mengalahkan berbagai brand seperti Dell, Acer dan Apple.

Meskipun mengalami penurunan persentase penjualan di tahun 2021 di banding tahun 2020. Akan tetapi, persentase penjualan tetap berada pada posisi kedua dari beberapa vendor laptop lainnya.

Data menunjukkan penjualan produk HP pada tahun 2021 persentasenya mencapai 21,8%.

Ada beberapa alasan yang membuat laptop HP dapat diterima konsumennya yaitu harga produk HP yang rata-rata terjangkau. Selain harga, HP juga menawarkan laptop yang memiliki desain yang stylish dan atraktif, serta punya fitur yang mampu melindungi privasi.

3. Dell

Brand laptop dengan penjualan terbesar yang ketiga yaitu Dell. Produk laptop Dell mengalami peningkatan penjualan yang paling besar di bandingkan brand lain dari tahun 2020 ke tahun 2021.

Angka menunjukkan, persentase penjualan laptop Dell meningkat 1,2% dari tahun 2021 sebesar 16,4% menjadi 17,6% pada tahun 2021.

Merek laptop yang berasal dari Amerika ini menguasai pangsa pasar kedua, mengingat laptop del memiliki berbagai kelebihan seperti desain yang kokoh, ramah lingkungan, memiliki pelayanan khusus, dan memiliki desain khusus untuk gaming yang kita kenal Dell Alienware.

4. Apple

Brand Apple menjadi salah satu brand Laptop dengan penjualan terbaik di 2021. Persentase penjualan menunjukkan kenaikan 0,5% dari tahun 2020 sebesar 7,1% menjadi 7,6% pada tahun 2021.

Angkanya memang tidak terlalu besar di bandingkan dengan dell. Namun, brand Apple mampu menguasai pangsa pasar laptop di dunia.

Tidak heran jika brand Apple menguasai pangsa pasar laptop, karena Apple menyediakan produk-produk eksklusif berkualitas tinggi meskipun kita kenal laptop dari brand Apple memiliki harga yang tinggi daripada brand laptop lainnya.

5. Acer

Acer berada posisi kelima sebagai brand penjualan laptop terbanyak pada tahun 2021. Meskipun persentasenya mengalami penurunan dari 7,3% pada tahun 2020 menjadi 7,2% pada tahun 2021.

Laptop Acer terkenal dengan harganya yang murah dan memiliki pelayanan yang baik. Selain harga dan pelayanannya, produk Acer memiliki banyak varian, bahkan memiliki desain khusus untuk desain dan gaming yang kita kenal Acer Predator. Inilah yang menjadikan Acer diperhitungkan sebagai brand penyedia laptop.

6. Asus

Brand Asus juga mengalami peningkatan penjualan yang paling banyak pada tahun 2021. Data menunjukkan, peningkatannya mencapai 0,6% dari tahun 2020 sebesar 5,8% menjadi 6,4% pada tahun 2021.

Faktor yang membuat penjualan laptop Asus laris pada tahun 2021 berkat produk terbarunya yaitu Asus ExpertBook. Asus ExpertBook yang peruntukkannya untuk berbagai kebutuhan seperti pendidikan dan bisnis, membuat laptop itu dapat diterima konsumennya.

Mengingat pasca pandemi aktivitas pendidikan dan bisnis mulai berjalan normal dan banyak pelaku bisnis bermunculan.

Dengan dasar itu menjadikan Asus menghadirkan Laptop khusus untuk Bisnis yaitu Asus ExpertBook. Produk Asus ExpertBook bahkan di gadang-gadang menjadi salah rekomendasi laptop bisnis saat ini, karena desainnya yang ideal sehingga mudah dibawah kemana-mana saat bepergian.

Selain itu, ia juga memiliki fitur konektivitas yang komprehensif dan beberapa fitur keamanan yang peruntukkannya untuk kebutuhan bisnis.

Dengan begitu, produk dari brand Asus banyak di minati masyarakat sehingga dapat meningkatkan penjualannya dari tahun ke tahun.

Itulah beberapa brand komputer yang memiliki pangsa pasar yang tinggi pada tahun 2021. Dengan adanya artikel ini, harapannya dapat menjadi informasi yang bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk membeli laptop.