Home » Tips dan Trik » Terapkan 10 M, Tips Menang Lomba Blog dari Masagena

Terapkan 10 M, Tips Menang Lomba Blog dari Masagena

Memilih menjadi seorang blogger adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang suka menulis, entah itu menulis dengan berbagi pengalaman pribadi, berbagi tutorial, dan lainnya.

Dengan menulis di blog tentu banyak peluang untuk mendapatkan pundi-pundi penghasilan seperti penghasilan dari advertiser, afiliator, blog competition, dan masih banyak lagi.

Namun, pada kesempatan ini saya akan berbagi tips mendapatkan penghasilan dari lomba blog. Tips yang akan saya share ke teman-teman pada artikel ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi.

Awal Mula Memulai Aktif Ngeblog

Singkat cerita awal mula saya mulai aktif negblog pada pertengahan tahun 2021 tepatnya bulan juni, kala itu masih masa pandemi dan ibu saya sedang sakit dan mengalami kelumpuhan akibat saraf terjepit.

Karena kondisi tersebut membuat saya harus putar otak, bagaimana bisa berpenghasilan dari rumah dan bisa merawat ibu saya yang sedang sakit.

Berawal dari itu saya mulai ngeblog dengan menulis satu artikel setiap hari dan biasa juga tidak rutin setiap hari.

Ketika saya sudah menulis lima artikel pertama, kemudian saya mencoba untuk mendaftarkan ke google adsense dan Alhamudulillah akhirnya blog saya ini di terima dan siap menayangkan iklan.

Tiga bulan setelah saya mendaftarkan ke google Adsense dan akhirnya saya bisa merasakan gajian pertama dari Google Adsense, untuk bisa gajian pertama tentunya tidak mudah, karena saya harus bekerja keras dengan rutin menulis artikel dan share sebanyak-banyaknya.

Disamping itu, saya berfikir bagaimana dapat menambah penghasilan selain dari advertiser. Maka dari itu saya mencoba menjadi partner afiliator dari penyedia hosting.

Beberapa bulan kemudian saya berhasil mendapatkan dua member yang mendaftar melalui link afiliasi, sehingga saya bisa merasakan gajian pertama dari program afiliasi Niagahoster.

Tidak hanya sampai di situ, saya berpikir lagi bagaimana menambah penghasilan dengan cara mengikuti lomba blog.

Awal Mula Mengikuti Blog Competition

Pertama kali mengikuti lomba blog ketika saya mendapat informasi lomba dari salah satu WA Group komunitas blogger.

Pada saat itulah saya mencoba membuat artikel sesuai syarat dan ketentuan lomba dari penyelenggara.

Meskipun awalnya saya ragu akan kemampuan saya bisa juara, karena kalau di pikir-pikir saya masih belum berpengalaman mengikuti lomba.

Namun, Allah membukakan pintu rezeki karena pada lomba pertama yang saya ikuti berhasil mendapatkan juara tiga dimana penyelenggaranya PT. Pintu Kemana Saja.  

Setelah itu, mulailah saya terus mencari event lomba blog yang lain dan mengikuti lomba tersebut.

Pada saat mengikuti lomba-lomba berikutnya, saya mencoba mengevaluasi dan menerapkan beberapa trik yang belum pernah saya gunakan pada perlombaan sebelumnya.

Dari beberapa percobaan yang saya lakukan, akhirnya pada perlombaan selanjutnya selalu berhasil mendapatkan juara.

Adapun beberapa lomba yang pernah saya ikuti dan berhasil keluar sebagai juara yaitu lomba SEO Contest Komunitas Pertanian Sariagri Juara 3, SEO Contest X-TEN dengan tema Rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia Juara 1, dan yang ketiga SEO Contest Mosehat dengan tema Testimoni Mosehat Juara 6.

Saya tidak pernah menyangka kalau blog saya ini selalu berhasil menjadi pemenang dari setiap lomba yang di ikuti.

Oleh karena itu, saya ingin berbagi tips kepada teman-teman bagaimana mengikuti blog competition dan bisa juara.

Dari pengalaman pribadi saya sendiri, beberapa tips yang saya lakukan ketika mengikuti lomba blog antara lain:

1. Membaca dan Memahami Tema, Syarat dan Ketentuan

Setiap peserta yang akan mengikuti lomba blog, hal  pertama yang harus di lakukan adalah memahami tema, syarat dan ketentuan lomba.

Seperti halnya penulis lakukan sebelum mengikuti lomba, saya harus betul-betul membaca syarat dan ketentuan lomba. Sebab, dari informasi tersebut saya bisa memutuskan untuk mengikuti lomba.

Setiap penyelenggara lomba tentu mengusung tema, syarat dan ketentuan yang berbeda. Oleh karena itu, saya harus memastikan bahwa tema lomba saya kuasai serta syarat dan ketentuan dapat saya penuhi.

Selain harus menguasai tema lomba, hal paling penting yang harus di baca berulang kali adalah syarat dan ketentuan.

Umumnya, setiap penyelenggara lomba memberikan ketentuan dalam penulisan artikel seperti minimal 500 kata, membahas topic tertentu, menggunakan title tag, memasang link eksternal yang mengarah ke website penyelenggara, dan menargetkan keyword tertentu.

Kemudian syarat peserta secara umum mengharuskan registrasi melalui link pendaftaran yang di share penyelenggara, peserta harus follow & subscribe akun penyelenggara, membagikan link artikel yang di lombakan, dan tidak melakukan kecurangan dalam mengikuti lomba.

2. Melakukan Riset Keyword Yang Relevan Dengan Tema Lomba

Setelah memahami syarat dan ketentuan lomba, selanjutnya saya melakukan riset keyword yang relevan dengan tema lomba.

Untuk melakukan riset keyword ini saya tidak menggunakan tools tambahan seperti yang digunakan para blogger lainnya. Saya hanya menggunakan keyword yang relevan dengan tema lomba dengan melihat dari Search Engine Result Page.

Misalnya dalam lomba yang di ikuti menargetkan kata kunci “Laptop Bisnis Terbaik”, maka saya hanya mengetikan di mesin pencari, kemudian melihat kata kunci terkait misalnya “Apa itu Laptop Bisnis”, “Bagaimana Memilih Laptop Bisnis”, “Rekomendasi Laptop Bisnis Terbaik”, dan lain-lain.

Dari hasil riset tersebut nantinya kita akan menentukan judul artikel dan kerangka pembahasan artikel agar tidak keluar dari jalur pembahasan atau pembahasannya tidak terlalu melebar.

3. Menggunakan Judul Yang Menarik

Judul yang menarik dapat membuat pengunjung tertarik untuk membuka dan membaca artikel kita. Semakin sering di kunjungi membuat artikel kita memiliki reputasi yang baik di search engine.

Jika artikel kita memiliki reputasi yang baik, hal itu akan mempengaruhi peringkat artikel di search engine.

Olehnya itu, kita harus membuat artikel yang menarik dan usahakan memenuhi kaidah SEO. Untuk mengetahui apakah judul artikel yang saya gunakan sudah memenuhi kaidah SEO, saya menggunakan plugin Yoast SEO.

Judul yang menarik menurut saya adalah judul yang relevan dengan kata kunci pencarian dan membuat pengunjung merasa penasaran, sehingga menimbulkan reaksi pengunjung untuk mengunjungi artikel kita.

4. Menentukan Outline Artikel

Outline membantu kita menyusun kerangka dalam pembahasan artikel sehingga apa yang dibahas di dalam artikel tidak melebar.

Untuk membuat outline artikel cara yang umum yaitu menggunakan pola 5W1H, dengan pola tersebut dapat memudahkan kita membuat pembahasan pada artikel.

Misalnya “Apa itu Laptop Bisnis”, “Mengapa Perlu Laptop Bisnis”, “Siapa saja yang Membutuhkan Laptop Bisnis”, “Bagaimana Memilih Laptop Bisnis yang Baik”.

Namun, selama ini dalam menentukan outline artikel. Saya menggunakan hasil riset keyword yang saya lakukan pada point kedua.

Dengan begitu, point pembahasan yang kita gunakan relevan dengan keyword yang sering di gunakan pengunjung untuk mencari di search engine.

5. Menulis Artikel dengan Gaya Bahasa Sendiri

Mendaftarkan artikel pada lomba blog tentunya harus artikel yang bukan plagiat. Sebab itu, kita harus menulis artikel sendiri dengan gaya bahasa sendiri agar tidak terdeteksi plagiat.

Gaya bahasa setiap orang dalam menulis artikel pastinya berbeda dengan yang lainnya. Akan tetapi yang paling penting informasi yang disampaikan dapat di pahami dengan baik oleh pembaca.

Selain itu, sebaiknya dalam menulis artikel menggunakan kata yang baku, menggunakan kalimat yang tidak terlalu panjang, dan menulis dengan paragraph yang user friendly.

Menggunakan kalimat atau paragraph yang terlalu panjang dapat membuat pembaca merasa jenuh, merasa bosan atau merasa tidak nyaman yang berujung pembaca akan meninggalkan artikel Anda lebih cepat.

6. Menggunakan Beberapa Referensi

Dengan menggunakan beberapa referensi akan membuat artikel kaya akan informasi sehingga dapat meningkatkan kualitas artikel kita.

Sebaiknya referensi yang di gunakan benar-benar memiliki relevansi dengan apa yang kita bahas. Misalnya, mengutip pendapat seorang ahli atau menyajikan data statistik.

Dalam menggunakan referensi, kita harus mencantumkan sumbernya dengan jelas atau dengan menyisipkan link eksternal pada anchor text yang mengarah ke referensi yang kita jadikan rujukan.

7. Menerapkan Teknik SEO

Search Engine Optimizer (SEO) merupakan teknik yang digunakan agar halaman website kita di sukai oleh search engine.

Ada tiga teknik SEO yang perlu kita perhatikan ketika mengikuti lomba blog yaitu SEO on page, off page, dan technical SEO.

Secara sederhana, teknik SEO on page kaitannya bagaimana kita membuat content yang berkualitas sehingga di sukai pembaca dan bisa di temukan di search engine.

Kemudian teknik SEO off page yaitu bagaimana membuat website agar memiliki kredibilitas di search engine sehingga dapat menaikkan rangking pada hasil pencarian.

Sedangkan technical SEO berkaitan dengan hal teknis pada website seperti penggunaan template, plugin dan sebagainya yang dapat mempengaruhi peringkat website kita di search engine.

Khusus bagi Anda pengguna WordPress, ada tiga plugin yang saya rekomendasikan yaitu plugin Yoast SEO, Elementor, dan WP Rocket

Yoast SEO adalah plugin yang membantu Anda untuk membuat dan menganalisa apakah artikel Anda sudah memenuhi ketentuan SEO atau belum. 

Elementor adalah plugin yang dapat membantu Anda untuk mendesain halaman website lebih menarik hanya dengan drag and drop element. Sedangkan WP Rocket adalah plugin yang dapat mengoptimasi blog agar lebih cepat memuat halaman blog kamu.

8. Membuat Artikel Pendukung

Setiap mengikuti lomba artikel selalu saya membuat artikel pendukung dari artikel yang saya lombakan. Artikel pendukung ini saya gunakan untuk mendapatkan baklink internal agar dapat meningkatakn kredibilitas di mesin pencari.

Selain itu, menggunakan artikel pendukung membuat artikel yang kita lombakan kaya akan informasi meskipun pembahasannya pada halaman yang berbeda.

Namun, kalau saya di tanya berapa artikel pendukung yang bagus. Saya juga tidak mengetahui berapa artikel pendukung  yang harus kita gunakan.

Sebaiknya artikel pendukung yang kita gunakan sesuai kemampuan kita atau berdasarkan jumlah keyword yang relevan dengan artikel yang kita lombakan.

9. Membagikan Artikel ke Media Sosial

Artikel yang sudah di publish dan sudah di index oleh mesin pencari, selanjutnya share ke media sosial masing-masing untuk mendapatkan pengunjung.

Share artikel ke media sosial sudah menjadi syarat umum ketika mengikuti lomba artikel. Namun, pada saat membagikan artikel ke media sosial Anda jangan lupa tag media sosial penyelenggara lomba.

Semakin banyak membagikan artikel yang Anda lombakan semakin besar peluang untuk di kunjungi. Untuk membagikan artikel tidak hanya melalui media sosial facebook, Anda juga bisa membagikan di WA Group, Telegram, Instagram, dan lain-lain.

10. Memantau dan Mengupdate Artikel

Jika artikel kita sudah di publish dan sudah bisa di temukan pada mesin pencari, selanjutnya kita harus memantau perkembangan posisinya ketika di lakukan pencarian berdasarkan keyword yang di targetkan.

Apabila posisinya masih belum masuk kategori pemenang sebaiknya Anda sesering mungkin melakukan update artikel.

Update ini kita lakukan agar artikel kita selalu terlihat fresh di mesin pencari, karena artikel yang selalu di perbaharui di yakini mampu menaikkan posisi artikel di mesin pencari.

Teknik yang satu ini sangat ampuh untuk menaikkan posisi rangking artikel di search engine, karena saya sudah membuktikan sendiri di setiap artikel yang saya lombakan.

Itulah beberapa tips mengikuti blog competition berdasarkan pengalaman pribadi saya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman agar tetap semangat untuk berbagi dan pastinya harapan kita bisa lebih produktif lagi.

Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Daluang 165
4 days ago

Sangat membantu postingnya khususnya buat saya yang baru berkecimpung di dunia blogging. Mohon masukannya

Daluang 165
Reply to  Aris Susanto
3 days ago

Masih belum faham soalnya baru beberapa bulan ngeblog, untuk saat ini belum mikir ke situ masih fokus bagaimana caranya nulis biar menarik dan terindeks di gs.