Home » Laptop » Rekomendasi Laptop Bisnis Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Laptop Bisnis Terbaik di Indonesia

Daftar Isi

Laptop bisnis terbaik adalah laptop yang memiliki spesifikasi  sesuai dengan kebutuhan aktivitas bisnis. Spesifikasi menjadi salah satu pertimbangan bagi pelaku usaha ketika mencari laptop untuk menunjang aktivitas bisnisnya.

Namun, tidak semua orang mengetahui seperti apa laptop yang bagus untuk bisnis.

Sebab itu, artikel ini kami hadirkan untuk memberikan informasi tentang salah satu laptop bisnis terbaik 2022 yaitu Asus Expertbook.

Tidak heran jika produk Asus ExpertBook menjadi salah satu rekomendasi laptop bisnis 2022. Mengingat pada tahun 2021 Asus menguasai pangsa pasar komputer di Indonesia.

Bahkan, Asus masuk enam besar sebagai brand laptop paling laris di dunia.

Melansir dari selular.id yang merujuk pada International Data Corporation (IDC), ASUS menempati posisi teratas sebagai lima besar produsen komputer di Indonesia dengan total pangsa pasar sebesar 25%.

Pangsa pasar komputer di Indonesia

Untuk itu, silahkan melanjutkan membaca artikel ini sampai selesai jika ingin mendapatkan informasi mengenai laptop untuk kebutuhan bisnis dari Asus.

Namun, sebelumnya saya akan mengajak Anda untuk mengetahui apa itu laptop?

Apa itu Laptop?

Laptop adalah komputer pribadi yang memiliki ukuran relatif kecil dan ringan. Ukuran laptop sangat variatif tergantung spesifikasi dan tujuan penggunaannya.

Sedangkan berat laptop berkisar 1-6 kg, tergantung ukuran, spesifikasi, dan bahan yang digunakan.

Komputer desktop pada umumnya memiliki komponen pendukung untuk menjalankan fungsinya.

Namun, berbeda dengan laptop yang memiliki desain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portable.

Perbedaan mendasar komputer desktop dan laptop yaitu ukuran laptop kecil, hemat energi, tidak cepat panas, dan efisien.

Meskipun memiliki perbedaan dari segi ukuran dan penggunaan energi. Namun, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop.

Jika Anda sudah memahami apa itu laptop, sekarang kita akan membahas apa itu laptop bisnis?

Apa itu Laptop Bisnis?

Laptop bisnis adalah laptop yang peruntukkannya untuk kegiatan bisnis, perusahaan, atau kantoran. Perusahaan biasanya membeli laptop bisnis untuk karyawan-karyawannya.

Spesifikasi laptop bisnis tentunya sedikit berbeda dengan laptop pada umumnya atau yang biasa disebut laptop consumer.

Selain spesifikasi ia juga memiliki perbedaan pada harga, karena laptop bisnis memiliki spesifikasi yang mumpuni seperti processor, kartu grafis, media penyimpanan, dan lain-lain.

Mengapa Perlu Laptop Bisnis?

Menjalankan sebuah bisnis tentu tidak lepas yang namanya komputer untuk menunjang aktivitas.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui tidak semua laptop peruntukannya untuk semua kegiatan dan kondisi.

Sebab itu, seorang pebisnis harus memiliki laptop khusus untuk menjalankan bisnisnya.

Olehnya itu, laptop bisnis menjadi salah satu pertimbangan, karena laptop yang bagus untuk bisnis tentu desainnya harus lebih tangguh dan performanya kelas professional.

Selain itu, laptop bisnis memiliki desain khusus sehingga dapat mengakomodir aktivitas bisnis seseorang seperti keamanan, konektivitas, portabilitas, daya tahan, dan desain.

Tips Memilih Laptop Bisnis Terbaik

Kriteria dalam memilih laptop bisnis

Sebelum membeli laptop bisnis sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal seperti fitur keamanan, performa, daya tahan, konektivitas, portabilitas, fleksibilitas, dan desain.

1. Keamanan

Keamanan data menjadi perhatian yang sangat serius dalam menjalankan suatu bisnis, karena data menjadi bagian penting yang harus terjaga kerahasiannya.

Beberapa fitur keamanan laptop bisnis yang perlu Anda pertimbangkan seperti Webcam Shield, IR Camera, Trusted Platform Module, Fingerprint Sensor, Kensington Lock Slot, dan USB Port Control.

Ada juga laptop yang memungkinkan penggunanya mengunci BIOS dan SSD-nya menggunakan proteksi password.

Dengan begitu, beberapa fitur itu dapat menjadi pertimbangan dalam membeli laptop untuk kebutuhan bisnis Anda.

2. Performa

Performa juga menjadi salah satu parameter ketika ingin membeli laptop. Suatu performa laptop dapat Anda ketahui dari prosesor dan kartu grafis laptop itu.

Jadi, ketika Anda ingin membeli laptop yang bagus untuk bisnis, pertimbangkan pada prosesor dan kartu grafisnya.

3. Daya Tahan

Ketahanan juga menjadi salah satu pertimbangan ketika membeli laptop, karena laptop bisnis pastinya sering di bawah bepergian sehingga sangat sering berpindah tempat yang dapat menyebabkan pergeseran pada media penyimpanannya.

Jika Anda ingin membeli laptop yang memiliki daya tahan yang baik, sebaiknya membeli laptop yang sudah memiliki media penyimpanan SSD, karena SSD lebih tahan banting daripada laptop yang menggunakan HDD.

Selain itu, ketahanan baterai juga menjadi salah satu pertimbangan untuk laptop bisnis, karena pastinya ia akan di bawa saat bepergian sehingga harus memiliki ketahanan baterai yang cukup.

4. Konektivitas

Fitur yang tidak kalah pentingnya pada sebuah laptop bisnis yaitu konektivitas.

Sebaiknya memperhatikan fitur konektifitas yang ditawarkan seperti port USB, HDMI, audio jack, WiFi, dan Ethernet.

Khususnya pada port USB dan WiFi sebaiknya mempertimbangkan kecepatan transfer data yang dimiliki.

5. Portabilitas

Laptop bisnis tentu harus cukup portable untuk di bawah bepergian. Ukuran portabel sebuah laptop yaitu dari bobot dan ukurannya.

Bobot yang portabel berada di angka 1,6 kilogram, dan ukurannya dapat di masukkan kedalam tas laptop standar.

6. Fleksibilitas

Selain portabilitas, fleksibilitas juga tidak kalah pentingnya menjadi pertimbangan ketika ingin membeli laptop yang bagus untuk bisnis.

Mengingat, menjalankan suatu bisnis tidak terlepas dari presentasi, olehnya itu Anda bisa memilih laptop yang memiliki fitur lay-flat dan anti-glare.

Selain itu, fleksibilitas laptop dapat kelihatan dari kelengkapan port-nya, sehingga untuk mengkoneksikan laptop dengan berbagai perangkat tidak perlu menggunakan aksesoris tambahan.

7. Desain

Disamping keamanan, daya tahan, performa, fleksibilitas, dan konektifitas yang tak kalah penting ketika membeli laptop yaitu desain.

Memilih desain laptop untuk bisnis sebaiknya mempertimbangkan ukuran layar, dimensi laptop, ketebalan, berat bobot, dan fiturnya seperti layar touch.

Dengan fitur layar touch dapat memudahkan Anda ketika melakukan presentasi dengan klien Anda. Sehingga Anda cukup membuka mode tent untuk menjalankan presentasi.

Rekomendasi Laptop Bisnis Terbaik 2022 

Jika Anda sedang mencari laptop yang bagus untuk bisnis, Anda tidak perlu bingung, karena artikel ini membahas salah satu rekomendasi laptop bisnis terbaik di Indonesia yaitu produk Asus ExpertBook.

Laptop bisnis terbaik 2022 salah satunya adalah produk Asus yaitu seri Asus ExpertBook.

ASUS ExpertBook adalah laptop bisnis yang memiliki desain tipis dan ringan sehingga bisa di bawa kemana saja.

Produk ASUS ExpertBook memiliki desain khusus untuk keperluan bisnis dengan menyediakan dua seri yaitu Premium Series dan Essential.

Seri ASUS ExpertBook Premium memiliki desain yang ramping dan ringan, dengan daya tahan baterai mampu bertahan sepanjang hari dan memiliki ketangguhan kelas militer.

Sedangkan seri ASUS ExpertBook Essential menawarkan laptop yang fleksibel untuk bisnis.

Tidak hanya itu, seri laptop ini menawarkan berbagai pilihan diantaranya tipe B1, B3, B5, B7, dan B9. Setiap tipe memiliki spesifikasi, desain, dan harga yang berbeda.

Jika Anda penasaran bagaimana spesifikasi dari setiap tipe ASUS ExpertBook, berikut kami sajikan ulasan selengkapnya.

1. ASUS ExpertBook B1 B1400

Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B1400

Source image: asus.com

Seri ASUS ExpertBook B1 hadir untuk kebutuhan bisnis pemula, organisasi pendidikan, dan perusahaan. 

Memilih laptop ASUS ExpertBook B1 untuk meningkatkan produktifitas dalam menjalankan bisnis Anda adalah pilihan yang tepat. Karena ia sudah menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-11 yang canggih dan grafis diskrit NVIDIA GeForce.

Dari segi kecepatan dan kapasitas, laptop ini menawarkan akses data yang berkecepatan tinggi dan kapasistas penyimpanan yang besar. Ia memiliki dua perangkat penyimpanan yaitu SSD 1 TB ultra cepat dan HDD 2 TB.

ASUS ExpertBook B1 menggunakan teknologi Intelligent Performance Boost eksklusif. Fitur ini memungkinkan beralih ke mode performa ketika mengerjakan beban kerja yang berat seperti pemrograman, kemudian beralih ke mode seimbang ketika mengerjakan tugas sehari-hari, dan beralih ke mode penghemat daya.

Selain memiliki desain yang tipis dan ringan, laptop ini memiliki teknologi audio peredam bising, sehingga dapat memfilter kebisingan selain suara manusia.

ASUS ExpertBook B1 memiliki Port I/O yang komprehensif sehingga dapat membuat konektivitas yang luas dan serbaguna.

Namun, tidak mengesampingkan perlindungan dan privasi data karena ExperBook B1 memiliki sistem keamanan yang kuat untuk memastikan data rahasia dan pribadi tidak bocor. Sistem keamanan ExperBook B1 antara lain sensor sidik jari dan webcam, TPM 2.0, dan slot kunci Kensington.

2. ASUS ExpertBook B3 Detachable B3000

Asus ExpertBook B3 Detachable

Source image: asus.com

Seri ASUS ExpertBook B3 Detachable adalah laptop yang di rancang untuk dunia pendidikan dan bisnis.

Dengan menggunakan konsep desain 2 in 1 membuat laptop ini sangat cocok untuk pembelajaran dan pekerjaan jarak jauh. Olehnya itu, ExpertBook B3 Detachable B3000 merupakan salah satu rekomendasi laptop untuk WFH.

Karena desain yang ia miliki dapat di gunakan secara vertikal ataupun horizontal sehingga dapat difungsikan sebagai tablet atau sebagai laptop.

Selain itu, ia juga menggunakan desain cerdas seperti ErgoLift, Antibacterial Guard, dan ExpertWidget.

Sehingga laptop ini sangat cocok Anda gunakan untuk pendidikan hingga bisnis seperti telework, manufacturing, retail, dan healthcare.

3. ASUS ExpertBook B3 Flip B3402

ASUS ExpertBook Flip B3402

Source image: asus.com

ASUS ExpertBook B3 Flip merupakan laptop untuk anak sekolah, guru, atau pebisnis yang sering melakukan kegiatan presentasi.

Dengan desain yang serbaguna membuat kegiatan belajar atau presentasi lebih mudah. Karena laptop ini memiliki engsel 360o yang memungkinkan layar dapat diputar sesuai keinginan.

ExpertBook B3 Flip memiliki fitur perlindungan yaitu Antibacterial Guard dan layar bersertifikasi TUV Rheinland untuk perlindungan mata.

Selain fitur perlindungan, ExpertBook B3 Flip memiliki konektivitas yang cepat karena mendukung WiFi 6 dan 4G LTE.

Laptop ini juga memiliki teknologi peredam bising yaitu AI dua arah dan kamera pengurang kebisingan, sehingga memungkinkan pembelajaran jarak jauh dan konferensi lebih baik.

4. ASUS ExpertBook B5 B5302C

Asus ExpertBook B5 B5302C

Source image: asus.com

Asus Business ExpertBook B5302C adalah laptop bisnis yang memiliki desain minimalis dan ringan.

Selain itu, masa pakai baterai mampu bertahan hingga 14 jam sehingga sangat cocok untuk perjalanan bisnis yang jauh.

Laptop ini di lengkapi teknologi mutakhir dengan menggunakan prosesor Intel Core i7 generasi ke-11, dual-SSD RAID, teknologi AI peredam kebisingan, WiFi 6, dan ASUS NumberPad 2.0.

Kemudian, ia juga memiliki fitur keamanan data seperti sensor sidik jari built-in dan chip TPM 2.0.

5. ASUS ExpertBook B5 OLED B5302C

ExpertBook B5 OLED B5302C adalah laptop bisnis dengan sasis yang presisi dan minimalis, serta dilengkapi dengan panel OLED yang membuat visual lebih fantastis.

Dengan panel OLED membuat tampilan warna lebih cemerlang dan visual yang realistis untuk berbagi konten atau presentasi.

Teknologi OLED yang ia miliki laptop ini mampu menyajikan gambar yang jelas pada tingkat kecerahan yang rendah.

Perlu Anda ketahui bahwa teknologi OLED yang ia miliki bersertifikat VESA Display HDR.

Laptop ini di tenagai dengan prosessor Intel Core i7 Generasi ke-11, grafis Iris Xe, dan intel WiFi6.

Selain itu, ExpertBook B5 OLED terverifikasi Intel Evo sehingga performa, efisiensi, dan konektivitasnya sangat terjamin kualitasnya.

6. ASUS ExpertBook B5 Flip B5302F

ASUS ExpertBook Flip B5302F

Source image: asus.com

ExpertBook B5 Flip memiliki desain yang dapat dilipat 360o dan memiliki baterai yang mampu bertahan selama 12 jam, sehingga sangat cocok jika Anda melakukan perjalanan bisnis.

ASUS ExpertBook B5 Flip menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-11, teknologi AI untuk meredam kebisingan, dan dukungan dual-SSD RAID, dan ASUS NumberPad 2.0.

Ia juga memiliki fitur perlindungan privasi dan data dengan menggunakan sensor sidik jari built-in dan chip TPM 2.0.

7. ASUS ExpertBook B5 Flip OLED B5302F

ASUS ExpertBook B5 Flip OLED dibuat dengan sasis yang presisi dan minimalis, memiliki desain yang dapat dilipat, dan panel OLED untuk tampilan yang lebih realistis.

Selain itu, layarnya memiliki lapisan anti silau bersertifikasi TUV Rheinland, sehingga mata tetap terjaga untuk penggunaan pencahayaan yang terang.

Selanjutnya, dengan engsel 360o yang dapat dilipat sehingga laptop ini dapat digunakan untuk mode laptop maupun tablet.

Kemudian, ia juga dilengkapi dengan layar sentuh yang dapat Anda gunakan untuk pembuatan catatan dan berbagai kreativitas. Sehingga ia menjadi salah satu rekomendasi laptop untuk content creator.

8. ASUS ExpertBook B7 Flip B7402F

ASUS ExpertBook Flip B7402F

Source image: asus.com

Seri ASUS ExpertBook B7 Flip adalah laptop premium yang di rancang untuk kebutuhan bisnis dengan kemampuan jaringan 5G yang membuat koneksi data sangat cepat.

Perbedaan mendasar dari tipe B1, B3, dan B5 dengan B7 yaitu ExpertBook B7 Flip memiliki sistem pendingin AHCS yang mampu menghilangkan panas dengan cepat saat laptop bekerja berat.

Selain itu, ExpertBook B7 Flip memberikan kebebasan dalam bekerja dengan engsel 360o dan ASUS Pen. Sehingga Anda bisa menulis atau mengetik baik menggunakan mode tablet atau laptop.

9. ASUS ExpertBook B9 B9400

Asus ExpertBook B9400 merupakan laptop untuk bisnis online yang memiliki sasis ramping, di buat dengan presisi dan minimalis sehingga sangat portabel untuk dunia bisnis. 

Performa ExpertBook B9400 tidak di ragukan lagi, karena ia didukung prosesor Intel Core™ i7 vPro® generasi ke-11 dengan grafis Iris Xe dan intel WiFi 6 super cepat.

Juga dilengkapi dua SSD dengan kapasitas hingga 2 TB, dan mendukung teknologi RAID19 untuk meningkatkan keandalan data atau pengoperasian yang lebih cepat. 

Selain itu, memiliki teknologi Panel Self Refresh yang hemat energi. Sehingga masa pakai baterai dapat bertahan sepanjang hari dengan sekali pengisian.

Dengan dukungan teknologi mutakhir dan ketahanan baterai sepanjang hari dapat meningkatkan efisiensi kerja Anda saat bepergian.

Laptop ini juga di lengkapi dengan sensor cerdas yaitu AdaptiveLock untuk mendeteksi keberadaan Anda, dan secara otomatis laptop akan terkunci sendiri saat Anda menjauh, sehingga dapat melindungi laptop dan data Anda.

10. ASUS ExpertBook B9 B9450

ASUS Business ExpertBook B9450

Source image: asus.com

Asus ExpertBook B9450 memiliki desain yang ramping dan minimalis serta memiliki ketangguhan yang lebih dari tipe ASUS ExpertBook lainnya.

Selain desainnya yang menarik, daya tahan baterai-nya mampu bertahan selama 24 jam dan mengisi ulang baterai hingga maksimal Kapasitas 60% hanya dalam 39 menit.

Tipe ExpertBook B9 memiliki port I/O (HDMI, RJ45 via micro HDMI, USB 3.1 Gen 2, Thunderbolt™ 3 USB-C) dan ASUS NumberPad sehingga dapat meningkatkan efisiensi dalam bekerja saat bepergian.

ExpertBook B9 memiliki fitur keamaan tingkat tinggi untuk tingkat bisnis yang komprehensif sehingga dapat memastikan data rahasia Anda disimpan dengan aman.

Beberapa fitur kemanan dari tipe ini yaitu Webcam Shield, IR Camera, Trusted Platform Module (TPM), Fingerprint Sensor, Kensington Lock Slot, dan USB Port Control.

Keunggulan Asus ExperBook Sebagai Laptop Bisnis Terbaik

Keunggulan yang dimiliki Asus ExpertBook sebagai laptop bisnis sangat di perhitungkan.

Sebab, spesifikasi dan fitur yang ia miliki sangat cocok dengan aktivitas bisnis saat ini yang harus mobile.

Beberapa keunggulan yang ia miliki seperti baterai tahan lama hingga 24 jam dan pengisian baterai lebih cepat, memiliki desain yang tipis dan ringan.

Selain itu, ia menyediakan penyimpanan yang lebih besar dan lebih cepat, menyediakan keyboard dan touchpad yang dapat meningkatkan produktivitas.

Di samping itu, ketangguhannya berstandar militer dan memiliki sistem keamanan berstandar enterprise, serta memiliki port I/O yang modern untuk konektivitas tanpa batas.

Untuk mengetahui lebih detail keunggulan yang ia miliki, Anda dapat membaca artikel Keunggulan Asus ExpertBook.

Laptop Asus ExpertBook Solusi Semua Bisnis

Persaingan bisnis yang semakin ketat dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, menjadikan perusahaan berlomba-lomba untuk memenangkan persaingan.

Olehnya itu, Asus sebagai brand laptop menghadirkan Asus ExpertBook dengan dukungan teknologi modern sebagai laptop bisnis untuk solusi aktivitas bisnis.

Asus ExpertBook hadir sebagai solusi untuk semua jenis industri, seperti industri pendidikan, finance, government,  healthcare, hospitality, manufacturing, public safety, retail, dan transportation.

Kesimpulan

Hadirnya produk Asus Business dengan teknologi modern yang ia miliki dapat menjadi solusi bisnis pada semua jenis industri.

Sebab, Asus Business di rekayasa dengan mempertimbangkan kebutuhan bisnis seperti desain, daya tahan, keamanan, performa, fleksibility, portabilitas, dan konektivitas.

Selain itu, Asus juga menyediakan berbagai seri sesuai tingkat kebutuhan dan memiliki berbagai keunggulan yang ia miliki dari laptop biasanya.

Sehingga Asus ExpertBook sangat layak di sebut sebagai salah satu laptop bisnis terbaik 2022 saat ini.

FAQ

Fitur keamanan, performa, daya tahan, konektivitas, portabilitas, fleksibilitas, dan desain.

Asus ExpertBook hadir sebagai solusi untuk semua industri seperti pendidikan, finance, government,  healthcare, hospitality, manufacturing, public safety, retail, dan transportation.

Seri ASUS ExpertBook Tipe B yaitu:

  • Pertama: ExpertBook B1 B1400
  • Kedua: ExpertBook B3 Detachable (B3000)
  • Ketiga: ExpertBook B3 Flip (B3402, 11th Gen Intel)
  • Keempat: ExpertBook B5 Flip (B5302F, 11th Gen Intel)
  • Kelima: ExpertBook B5 Flip OLED (B5302F, 11th Gen Intel)
  • Keenam: ExpertBook B5 OLED (B5302C, 11th Gen Intel)
  • Ketujuh: ExpertBook B5 (B5302C, 11th Gen Intel)
  • Kedelapan: ExpertBook B7 Flip (B7402F, 11th Gen Intel)
  • Kesembilan: ExpertBook B9 (B9400)
  • Kesepuluh: ExpertBook B9 B9450

Harga laptop Asus Expertbook bervariasi sesuai spesifikasi laptop. Untuk melihat harga kunjungi website resmi ASUS.

Informasi tentang produk Asus dapat Anda temukan melalui media sosial FacebookInstagram, dan Twitter.