Home » Lainnya » Komunitas Pertanian Sariagri Penggerak Petani Indonesia

Komunitas Pertanian Sariagri Penggerak Petani Indonesia

Daftar Isi

Komunitas Pertanian Sariagri hadir untuk meningkatkan kemampuan petani untuk melakukan usaha tani yang lebih baik melalui teknologi dan informasi.

Sebagaimana yang dimaksud dalam UU No 19 Tahun 2013 bahwa pertanian merupakan kegiatan mengelola sumber daya alam hayati dengan bantuan teknologi, modal, tenaga kerja, dan manajemen untuk menghasilkan komoditas pertanian yang mencakup tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan dalam suatu agroekosistem.

Sedangkan petani adalah warga Negara Indonesia yang melakukan usaha tani di bidang tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan atau peternakan.

Kemudian kelompok tani merupakan kumpulan petani yang dibentuk atas dasar kesamaan kepentingan, kondisi lingkungan sosial, ekonomi, sumber daya, komoditas, dan keakraban untuk meningkatkan serta mengembangkan usaha anggota.

Melalui kelompok tani, petani mendapatkan dana bantuan pertanian, memperoleh penyuluhan pertanian untuk meningkatkan produktivitas pertanian, dan berbagai kegiatan lainnya yang dapat membantu kegiatan pertanian.

Namun, meskipun hadirnya kelompok tani di suatu daerah. Keterbukaan informasi tentang pengelolaan pertanian masih terbatas.

Oleh karena itu, kini telah hadir Komunitas Pertanian Sariagri sebagai wadah untuk mempertemukan petani-petani yang ada di Indonesia.

Melalui forum tersebut, petani dapat terhubung dengan petani lainnya yang ada di Indonesia dan memperoleh informasi seputar pertanian.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang komunitas pertanian sariagri, berikut kami sajikan informasi selengkapnya.

Apa saja komunitas pertanian sariagri?

Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya, bahwa komunitas sariagri hadir sebagai wadah yang dapat menghubungkan seluruh petani yang ada di Indonesia. Dengan wadah tersebut petani dapat memperoleh informasi dari petani lainnya.

Berikut daftar komunitas yang ada di website sariagri yang perlu Anda ketahui.

1. Pertanian

Melalui komunitas pertanian sariagri, petani dapat memperoleh dan berbagi bermacam hal tentang pertanian. Seperti cara budidaya tanaman, cara menanam berbagai jenis tanaman, dan informasi menarik lainnya seputar pertanian.

2. Buah Warna-Warni Community

Komunitas buah warna-warni merupakan komunitas buah sehat yang membagikan berbagai informasi seputar buah-buahan. Seperti manfaat berbagai jenis buah-buahan, dan cara mengolah buah-buahan menjadi makanan atau minuman.

3. Hidroponik

Lewat komunitas hidroponik, petani bisa mendapatkan berbagai informasi dalam melakukan budidaya tanaman lewat media hidroponik. Seperti cara mengatasi ulat tanaman pada hidroponik, mengatur kondisi pH air, dan sebagainya.

4. Komunitas Tanaman Hias

Kalau kamu pecinta tanaman hias bergabunglah di komunitas ini. Di komunitas ini kamu bisa mendapatkan info seputar tanaman hias. Seperti bagaimana merawat tanaman hias, jenis-jenis tanaman hias, dan sebagainya.

Selain komunitas pertanian, terdapat juga komunitas peternakan dan perikanan diantaranya kicau burung community, ikan cupang lover, reptile Jakarta, dan pecinta kucing.

Selain komunitas yang telah disebutkan, kemungkinan akan terus bertambah seiring bertambahnya member yang bergabung di komunitas sariagri.

Dengan bergabung di komunitas pertanian sariagri Anda bisa mendapatkan informasi seputar pertanian, membuat event, memberikan gagasan, dan pembiayaan.

Apa yang bisa di lakukan anggota komunitas sariagri?

Bergabung menjadi anggota komunitas sariagri, ada beberapa yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Membuat events

Menjadi anggota komunitas sariagri, kamu dapat membuat event seputar pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, pangan, dan holtikultura.

Dengan events yang kamu adakan, kamu bisa mengajak petani di seluruh Indonesia bergabung dan memperoleh manfaat dari kegiatan kamu.

Untuk membuat events di komunitas sariagri, arahkan kursor di photo profil akun kamu, kemudian pilih events, dan selanjutnya Klik Buat Event.

2. Memberikan Gagasan

Selain bisa mengadakan events, kamu juga bisa menyampaikan gagasan kamu seputar pertanian. Dengan menyalurkan gagasan di komunitas sariagri, kamu bisa memperoleh hadia uang tunai jutaan setiap bulan.

Cara membuat gagasan di sariagri, kamu cukup klik Menu Gagasan, kemudian klik tombol Buat Gagasan.

3. Pembiayaan

Fitur pembiayaan dapat akses oleh anggota komunitas untuk pengajuan dan melihat data pembiayaan berdasarkan jenis komoditas, pengalaman, jumlah pengajuan, lokasi, kepemilikan, lama pinjaman, dan proyeksi hasil.

Bagaimana mendaftar Anggota Komunitas Sariagri?

Untuk bergabung menjadi anggota komunitas pertanian sariagri, caranya sangat mudah.

Pertama buat akun terlebih di komunitas sariagri melalui sariagri.id/register.

Kedua lengkapi form pendaftaran sesuai data yang diminta.

Langkah ketiga centang “Saya setujui dengan syarat dan ketentuan yang berlaku”.

Selanjutnya klik tombol Daftar.

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, selanjutnya login menggunakan email dan password yang Anda buat pada saat pendaftaran.

Kemudian selanjutnya akses laman komunitas.sariagri.id.

Pilih komunitas yang ingin kamu ikuti.

Klik tombol follow pada komunitas yang kamu pilih.

Beberapa informasi menarik lainnya yang dapat kamu peroleh dari sariagri antara lain harga pangan, harga pupuk, informasi harga emas, dan informasi menarik lainnya seputar pertanian, perikanan, kehutanan, perdagangan, energi, dan teknologi pertanian.

Itulah informasi seputar komunitas pertanian sariagri yang dapat kami bagikan dan semoga bermanfaat.

Yuk, segera sampaikan kepada kerabat atau teman kamu agar segera bergabung di komunitas pertanian sariagri agar dapat memperoleh informasi menarik seputar pertanian untuk meningkatkan kualitas pertanian demi Indonesia Maju.