Home » Pendidikan » Cara Download Sertifikat Akreditasi Institusi dan Program Studi Dengan Mudah

Cara Download Sertifikat Akreditasi Institusi dan Program Studi Dengan Mudah

Daftar Isi

Setiap penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), setiap pendaftar diminta untuk melampirkan beberapa berkas salah satunya adalah sertifikat akreditasi perguruan tinggi dan program studi. Apa itu Akreditasi Perguruan Tinggi? Siapa pihak pemberi akreditasi? Apa manfaat akreditasi bagi alumni?

Tentang Akreditasi Perguruan Tinggi

Akreditasi diatur dalam peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi yang dapat dilihat disini. Dalam peraturan menteri yang dimaksud dengan Akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Peringkat akreditasi program studi dan perguruan tinggi terdiri dari Baik, Baik Sekali, dan Unggul. Peringkat akreditasi merupakan cerminan kualitas mutu dari program studi atau perguruan tinggi.  Waktu berlakunya akreditasi yaitu selama lima tahun.

Pihak Pemberi Akreditasi Perguruan Tinggi

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) adalah badan yang mengembangkan sistem dan melakukan akreditasi bagi perguruan tinggi secara mandiri. Untuk program studi dilaksanakan oleh LAM, sedangkan untuk perguruan tinggi dilaksanakan oleh BAN-PT.

Perguruan tinggi atau program studi yang sudah dilakukan evaluasi terhadap mutu, maka berhak diberikan peringkat akreditasi dibuktikan dengan sertifikat  yang di berikan oleh BAN-PT.

Manfaat Akreditasi Perguruan Tinggi

Tujuan dan manfaat akreditasi bagi perguruan tinggi adalah:

  1. Sebagai jaminan bahwa program studi  atau institusi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT.
  2. Sebagai motivasi perguruan tinggi untuk selalu melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu prguruan tinggi.
  3. Hasil akreditasi salah satunya dapat digunakan alumni ketika pendaftaran CPNS yang dijadikan sebagai pengakuan oleh perusahaan atau instansi.
  4. Sebagai daya tarik mahasiswa baru dan mempermudah lulusan dalam dunia kerja.

Apa yang dinilai dalam Akreditasi?

Sesuai peraturan BAN-PT Nomor 5 Tahun 2019 tentang instrumen akreditasi program studi, keriteria penilaian akreditasi terdiri dari:

  1. Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi
  2. Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama
  3. Mahasiswa
  4. Sumber Daya Manusia
  5. Keuangan, Sarana, dan Prasarana
  6. Pendidikan
  7. Penelitian
  8. Pengabdian Kepada Masyarakat
  9. Luaran dan Capaian Tridharma

Cara Cek Akreditasi Kampus di Website BAN-PT

Untuk mengetahui Akreditasi Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, dapat dilihat melalui laman resmi BAN-PT dengan cara:

  1. Langkah pertama, akses situs resmi BAN-PT melalui laman https://www.banpt.or.id
  2. Kedua, pilih menu Data Akreditasi.
  3. Ketiga, klik sub menu Institusi untuk status akreditasi institusi, kemudian ketik nama perguruan tinggi pada kolom pencarian.
  4. Keempat, klik sub menu Program Studi untuk status akreditasi program studi, kemudian ketik nama perguruan tinggi dan program studi pada kolom yang disediakan.
  5. Kelima, lihat peringkat, nomor dan tahun SK, tanggal dan status kedaluwarsa.

Bagaimana mendapatkan sertifikat akreditasi kampus

1. Mengunjungi dan Meminta Akreditasi Kampus

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi kampus secara langsung dan meminta akreditasi sesuai dengan keperluan. Namun, biasanya diminta menyiapkan beberapa persyaratan seperti photo copy ijazah dan transkrip nilai.

Ketika langsung meminta akreditasi di kampus biasanya harus menyiapkan biaya administrasi, untuk biaya biasanya tergantung dari pihak kampus.

2. Melalui Mesin Pencarian Google

Untuk mendapatkan akreditasi kampus menggunakan cara ini sangat mudah. Karena dapat ditemukan melalui mesin pencarian Google tanpa perlu ke kampus. Cara ini dapat dilakukan dengan mengunjungi laman website kampus atau setiap fakultas.

Di era serba digital ini, sekarang perguruan tinggi sudah menyediakan file akreditasi pada situs mereka. Meskipun tidak semua perguruan tinggi menyediakan kemudahan seperti ini.

Berikut beberapa website perguruan tinggi yang dihimpun telah menyediakan file sertifikat akreditasi:

  1. STIMIK BINA BANGSA (Download)
  2. UNIVERSITAS HALU OLEO (Download)
  3. UNIVERSITAS MUHAMMADIYA KENDARI (FEBI, FH)
  4. IAIN KENDARI (Download)
  5. POLTEKKES KENDARI (Download)
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments