Home » Tutorial » Cara Mendaftarkan Blog Blogger Ke Google Search Console

Cara Mendaftarkan Blog Blogger Ke Google Search Console

Daftar Isi

Seorang blogger pemula biasanya mereka bertanya-tanya mengapa alamat blog atau artikel mereka tidak muncul di mesin pencarian google. Ya, inilah yang di alami seorang blogger pemula pada umumnya.

Jika kamu mengalami masalah artikel atau blog kamu belum di index oleh mesin pencarian google, kemungkinan kamu belum mendaftarkan ke google search console atau biasa disingkat GSC.

Apa itu Google Search Console? Google Search Console adalah layanan gratis Google yang memungkinkan pemilik situs memantau kinerja situs mereka, seperti mengetahui berapa jumlah klik, posisi rata-rata artikel, halaman yang sering di kunjungi, dan lain-lain. 

Mengapa kita harus mendaftarkan alamat blog kita ke GSC? Singkatnya, karena blog yang sudah didaftarkan ke GSC akan lebih cepat untuk di index oleh search engine.

Disamping itu, kamu juga bisa memonitor kinerja website dari hasil pencarian organik google. Dengan google console kamu bisa mengetahui kinerja blog kamu di perangkat mobile, desktop, dan tablet.

Selain itu, kita juga bisa melihat analisis halaman yang paling sering dikunjungi, dan juga yang memberikan link terkait ke blog kita.

Oke, sekarang bagaimana cara kita mendaftarkan blog yang memakai platform blogger ke Google Search Console.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console

Berikut kami sajikan panduan yang mudah dipahami untuk mendaftarkan blog blogger ke Google Search Concole.

1. Siapkan akun gmail yang terkait dengan akun blogger

Sebelum mendaftarkan alamat blog Anda ke GSC, terlebih dahulu Anda harus punya akun Gmail yang tertaut dengan akun blog Anda.

Jika Anda sudah memiliki akun Gmail, selanjutnya Anda login ke https://search.google.com/search-console.

2. Tambahkan dan verifikasi alamat Blog

Setelah kamu berhasil login ke Google Search Console, selanjutnya tambahkan property atau lebih tepatnya alamat blog yang akan Anda daftarkan dengan cara sebagai berikut.

  • Pertama klik Search property;
  • Kedua klik Add property;
  • Langkah ketiga, ketikan alamat blog Anda pada kolom URL prefix kemudian klik Continue;

  • Selanjutnya pilih metode verifikasi lainnya yaitu HTML tag;

  • Kemudian copy script meta dengan mengklik tombol Copy;
  • Tempelkan script meta yang sudah Anda copy diantara tag <head> </head> pada template blog Anda;
  • Setelah Anda berhasil meletakkannya, kembali ke halaman GSC dengan mengklik tombol VERIFY;
  • Selesai.

3. Tambahkan Sitemap Blog

Setelah berhasil memverifikasi alamat Blog Anda, selanjutnya tambahkan sitemap blog Anda dengan cara mengklik menu Sitemaps.

Kemudian ketikkan sitemap.xml pada kolom Add a new sitemap dan selanjutnya klik tombol SUBMIT.

Jika berhasil mengirim link sitemap blog Anda, kolom status pada sitemap akan berubah menjadi Success.

Manfaat Menggunakan Google Search Console

Apabila sudah berhasil mendaftarkan alamat blog ke Google Search Console beberapa manfaat yang dapat di peroleh sebagai berikut.

1. Memudahkan Index Google

Jika sebelumnya alamat blog atau artikel kamu tidak dapat ditemukan di mesin pencarian google. Setelah Anda mendaftarkan blog Anda ke GSC, artikel Anda akan lebih cepat di index oleh mesin pencari.

2. Menampilkan Data Statistik Hasil Pencarian

Manfaat yang dapat di peroleh selain memudahkan index, Anda bisa melihat statistik hasil pencarian Google.

Hal yang dapat Anda lihat seperti total impresi dan klik artikel yang dilakukan pengunjung setiap hari ke blog Anda.

Selain itu, And juga bisa melihat rata-rata posisi di mesin pencarian dan persentase klik dari setiap impresi atau setiap kali muncul di mesin pencarian.

Selanjutnya, kamu juga bisa melihat seberapa sering artikel blog kamu muncul di mesin pencarian dan berapa klik.

Anda juga bisa melihat statistiknya berdasarkan page yang dikunjungi, kemudian jenis perangkat yang digunakan pengunjung, dan berdasarkan tanggal kunjungan pengguna.

3. Memperlihatkan kinerja blog

Dengan menampilkan statistik hasil pencarian artikel kamu di mesin pencarian Google, kamu bisa melihat kinerja blog kamu.

Dari statistik yang ditampilkan, Anda bisa melihat yang mana artikel sering di kunjungi dan mana artikel yang sepi pengunjung.

Dengan begitu kamu bisa mengevaluasi dan bisa menentukan keyword apa yang cocok untuk kamu bahas di artikel selanjutnya agar bisa mendatangkan trafik lebih banyak.

4. Menampilkan link yang tertaut dengan blog

Manfaat selanjutnya yang kamu dapatkan yaitu link yang tertaut di alamat blog orang lain akan muncul sumbernya di Google Search Console.

Sehingga Anda bisa melihat alamat blog orang lain yang menjadikan rujukan blog kamu. Tentunya dengan dijadikannya rujukan blog kamu tentu menandakan blog kamu bermanfaat untuk orang lain.

Akan tetapi, tidak semua juga blog kita dijadikan rujukan menandakan hal baik. Bisa saja orang yang menautkannya hanya mencopy artikel Anda dengan cara yang tidak bertanggun jawab.

Itulah cara mendaftarkan blog yang menggunakan platform blogger ke Google Search Console agar lebih mudah di rayapi atau di index oleh mesin pencari google dan bisa ditemukan ketika ada pengunjung mencari artikel yang ada di blog.

Semoga artikel ini memberikan manfaat dan bisa membantu permasalahan Anda. Sekian dan terimakasih.

Subscribe
Notify of
guest
7 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Cindy fe
Cindy fe
1 year ago

Pagi kak, saya pemula yang baru membust blogger, diulasan diatas saya sudah mencobanya tetapi gagal disuruh memeriksa lagi,nama blog saya tidak valid, mengapa ya kak.
Saya mencoba melihat ulasan lain dari youtube kok ada yang nama blog nya didaftarkan ke domain dulu, tetapi saya kurang begitu jelas ,mana yang harus saya lakukan dulu !
Mohon balasanya ya kak

Karimah
Karimah
1 year ago

jelas sekali step by stepnya, terima kasih kak!

Angi
Angi
5 months ago

Hai kak, baiknya sblm daftar console pakai hostingan asal blogger atau beli yg pribadi ya? Terimakasih

Amanda
Amanda
2 months ago

Halo kak, sy sdh memverifikasi google search console saya tapi untuk kode verifikasinya ternyata hilang setelah saya ganti template blog. Bagaimana saya cara menemukan kode itu kembali?