Home » News » Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11 Secara Gratis

Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11 Secara Gratis

Daftar Isi

Microsoft telah merilis sistem operasi Windows 11 yang merupakan pembaruan dari Windows 10. Proses upgrade ke Windows 11 dapat dilakukan secara gratis bagi pengguna sebelumnya yang menggunakan Windows 10.

Meskipun pengguna dapat melakukan upgrade secara gratis. Namun, tidak semua komputer yang menggunakan Windows 10 dapat di tingkatkan ke Windows 11.

Pasalnya untuk menggunakan sistem operasi Windows 11 membutuhkan CPU Intel 8th Gen Coffe Lake atau Zen 2 atau yang lebih baru.

Selain itu, minimal didukung TPM 2.0 (Trusted Platform Module, RAM 4 GB, dan penyimpanan 64GB. Sehingga masih banyak PC tidak dapat melakukan upgrade ke Windows 11.

Dilansir di situs Microsoft beberapa PC yang berusia kurang dari empat tahun dapat meningkatkan ke Windows 11.

Nah, sebelum kita membahas bagaimana cara upgrade Windows 10 ke Windows 11. Sebaiknya beberapa hal berikut perlu Anda ketahui.

1. Perbedaan Windows 10 dan Windows 11

Windows 11 memiliki semua performa dan keamanan Windows 10 dengan tampilan yang di desain ulang sehingga tampak menarik dan elegan.

Beberapa fitur Windows 11 yang tidak tersedia di Windows 10 yaitu fitur Auto HDR, Chat from Microsoft Teams, Desktop Groups, DirectStorage, Seamless Redocking, Updates, dan Widgets.

Sedangkan beberapa fitur yang dimiliki Windows 11 tetapi juga masih ada di Windows 10 yaitu Microsoft Teams, Microsoft Store, Photos app, Snap Assist, dan Touchscreen.

Salah satu fitur yang paling mencolok di Windows 11 yaitu Auto HDR. Dengan fitur tersebut menghasilkan warna yang lebih keren, sehingga membuat tampilan desktop PC Anda lebih hidup dengan visual yang benar-benar menawan.

Selain itu, interface yang digunakan Windows 11 mirip dengan tampilan interface Sistem Operasi Mac OS.

Jika PC Anda mendukung untuk upgrade ke Windows 11, sangat disayangkan jika tidak mengupdate sekarang juga. Karena dengan tampilan yang baru tentunya membuat Anda ingin berlama-lama di depan komputer.

Untuk mengetahui penjelasan terkait beberapa fitur lainnya yang dimiliki Windows 11, kamu bisa berkunjung langsung ke situs resmi Microsoft.

2. Persyaratan Untuk Upgrade ke Windows 11

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beberapa spesifikasi perangkat keras yang harus dipenuhi PC Anda untuk menggunakan Windows 11 salah satunya memiliki TPM minimal 2.0.

Namun beberapa persyaratan minimum untuk menginstal Windows 11 di PC Anda harus terpenuhi. Jika perangkat Anda tidak memenuhi persyaratan ini, kemungkinan tidak dapat menginstal Windows 11 di perangkat Anda.

Dilansir dari situs resmi Microsoft, fitur dan ketersediaan aplikasi dapat bervariasi menurut wilayah. Dimana pembaruan Windows 11 akan dikirimkan ke perangkat yang memenuhi syarat pada akhir tahun 2021 hingga 2022.

Beberapa persyaratan yang harus dimiliki perangkat Anda antara lain sebagai berikut.

  • Memiliki processor 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat dengan 2 core atau lebih pada prosesor 64-bit yang kompatibel atau System on a Chip (SoC).
  • Menggunakan RAM minimal 4 gigabyte (GB).
  • Perangkat penyimpanan minimal 64 GB atau lebih besar.
  • System firmware didukung UEFI, Secure Boot Capable.
  • Didukung Trused Platform Module (TPM) versi 2.0 atau yang diatasnya.
  • Kartu grafis kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0
  • Display definisi tinggi (720p) dengan ukuran diagonalnya lebih besar dari 9 inch, didukung dengan 8 bit per channel warna.
  • Diperlukan koneksi internet dan akun Microsoft untuk melakukan pembaruan dan mengunduh serta memanfaatkan beberapa fitur.

Selain beberapa fitur yang sudah disebutkan diatas pada persyaratan minimum. Beberapa fitur di Windows 11 telah meningkatkan persyaratan di luar yang tercantum di atas di bagian persyaratan minimum yang dapat Anda lihat di sini.

3. Biaya Upgrade Dari Windows 10 ke Windows 11

Biaya untuk mengupgrade ke Windows 11 Gratis. Akan tetapi, hanya PC yang menjalankan Windows 10 versi terbaru dan memenuhi spesifikasi perangkat keras minimum yang dapat melakukan upgrade.

Anda dapat memeriksa di Pengaturan/Pembaruan Windows untuk melihat apakah Anda memiliki pembaruan terbaru untuk Windows 10.

Jadi, jika perangkat Anda menggunakan sistem operasi Windows 10 terbaru dan memenuhi persyaratan minimum. Tentunya Anda bisa upgrade sistem operasi Anda ke Windows 11 secara gratis.

4. Apakah Windows 10 Tidak di Support Lagi dan Harus Upgrade Ke Windows 11

Jika perangkat Anda belum memenuhi persyaratan minimum. Tentunya Anda masih bisa menggunakan Windows 10. Karena dikutip dari situs resmi Microsoft mengatakan masih mendukung sistem operasi tersebut hingga 14 Oktober 2025.

5. Apakah File Terhapus Jika Upgrade ke Windows 11

Secara default, file dan data akan ditransfer. Namun disarankan untuk membuat cadangan file Anda sebelum melakukan upgrade.

File yang harus Anda cadangkan terutama yang tersimpan di Drive C pada folder Documents dan Pictures. Karena setelah melakukan upgrade, file yang tersimpan di folder tersebut automatis terhapus.

Setelah Anda melakukan upgrade ke Windows 11, folder Documents dan Pictures tersimpan di folder OneDrive.

6. Apakah Bisa Kembali Ke Windows 10 Setelah Upgrade Ke Windows 11

Setelah upgrade ke Windows 11, ada jangka waktu selama 10 hari dimana Anda dapat kembali ke Windows 10 dengan file yang ada sebelumnya.

Setelah 10 hari, Anda harus mencadangkan data dan melakukan instalasi ulang untuk kembali ke Windows 10.

7. Berapa Lama Waktu Yang Digunakan Untuk Upgrade ke Windows 11

Lama waktu yang digunakan untuk mengunduh dan menginstall Windows 11 lebih lama dibandingkan pembaruan fitur Windows 10.

Anda juga bisa memiliki opsi untuk menjadwalkan penginstalan agar dilakukan pada waktu tertentu, atau mengupgrade beberapa fitur saja yang Anda inginkan.

8. Cara Upgrade Windows 10 Ke Windows 11

Jika perangkat yang kamu gunakan sudah memenuhi persyaratan, selanjutnya kamu sudah siap untuk upgrade ke Windows 11. Langkah-langkahnya cukup simpel kok, kurang lebih Anda menginstall aplikasi di perangkat Smartphone.

Berikut langkah-langkah yang Anda ikuti untuk upgrade Windows 10 ke Windows 11.

  • Buka Settings kemudian pilih Update & Security.
  • Klik menu Windows Update.
  • Pilih Check for Updates.
  • Jika tersedia update, Anda akan melihat opsi Feature Update to Windows 11.
  • Selanjutnya klik Download and Install, kemudian ikuti langkah selanjutnya.
  • Setelah berhasil menginstall, langkah terakhir Restart komputer Anda dan lihat tampilan baru dari Windows 11.
  • Selamat menikmati fitur yang ada di Windows 11 dengan tampilan penuh warna dan elegan.

Sekian artikel yang membahas seputar Windows 11 dan cara upgrade Windows 10 ke Windows 11.

Jika Anda tertarik untuk mencoba silahkan mengikuti panduan di atas. Namun, sebelum melakukan upgrade, jangan lupa mencadangkan file-file Anda untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments