Home » Teknologi » Rekomendasi  Situs Untuk Belajar Menulis Novel bagi Penulis

Rekomendasi  Situs Untuk Belajar Menulis Novel bagi Penulis

Menulis novel merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi orang yang suka berimajinasi. Selain dapat berbagi kisah atau pengalaman, juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Jika Anda ingin belajar menulis novel, berikut daftar rekomendasi situs untuk belajar menulis novel.

Apa itu Novel? Melansir dari Wikipedia, Novel adalah salah satu jenis karya sastra yang isinya membahas tentang permasalahan kehidupan seseorang atau berbagai tokoh.

Menjadi seorang novelis bagi sebagian orang, tentu bukan hanya sekadar menyalurkan hobi menulis. Tetapi, melalui tulisan juga dapat menghasilkan sebuah karya yang bisa dibaca oleh orang lain sekaligus menambah pendapatan.

Bahkan, saat ini ada berbagai platform menulis novel yang bisa membantu mengasah skill Anda. Dengan adanya aplikasi tersebut, tentu dapat memudahkan menyusun naskah yang akan Anda buat sekaligus bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Daftar Situs Untuk Belajar Menulis Novel

Bagi Anda yang ingin belajar dan meningkatkan skill dalam menulis novel, kini semakin mudah dengan adanya berbagai situs sebagai tempat belajar menulis novel.

Berikut kami rangkum beberapa situs untuk belajar menulis novel yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan skill.

1. Wattpad

Pertama, rekomendasi situs untuk menulis novel yang bisa kamu coba yaitu Wattpad. Platform menulis ini diluncurkan pada tahun 2006 oleh pendirinya Allen Lau dan Ivan Yuen. Saat ini, platform Wattpad sudah mendukung berbagai jenis bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Melalui platform Wattpad, kamu bisa menulis dan membagikan cerita agar dapat dibaca banyak orang. Tidak hanya itu, tulisan kamu juga punya peluang untuk diproduksi menjadi film atau menjadi serial TV.

Menariknya, Wattpad punya program tahunan untuk memberikan apresiasi terhadap cerita terbaik yang ada dalam platform ini. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kontes menulis untuk menerbitkan cerita, memenangkan penghargaan, dan bermitra dengan partner global.

2. JotterPad

JotterPad adalah platform yang cocok digunakan untuk para penulis yang ingin menulis novel, puisi, lirik lagu, hingga artikel.

Pasalnya, platform ini memiliki banyak kelebihan seperti adanya berbagai pilihan template dan jenis font, forum, dan artikel yang dapat membantu kamu dalam menulis. Selain itu, JotterPad mendukung berbagai format tulisan seperti TXT, PDF, Markdown, hingga docx.

Untuk menggunakan aplikasi menulis novel JotterPad dapat kamu unduh melalui PlayStore dan AppStore. Aplikasi ini tersedia dua versi yaitu gratis dan berbayar.

3. Penana

Penana merupakan aplikasi menulis novel yang kaya akan fitur. Lewat platform ini, kamu bisa menulis berbagai gendre tulisan seperti romance, lovestory, humor, drama, fantasy, dan sebagainya.

Kemudian dapat pula melihat tulisan orang lain yang populer pada fitur chart, seperti tulisan yang paling banyak dibaca, paling banyak suka, dan paling banyak mendapatkan komentar.

Selain itu, tulisan Anda juga punya peluang agar lebih dikenal orang dengan cara mengikuti kontes. Aplikasi ini juga mendukung berbagai bahasa termasuk Indonesia.

4. Storial.co

Salah satu situs untuk membaca dan menulis cerita online berbahasa Indonesia yaitu Storial. Platform ini memungkinkan penulis untuk menulis cerita berbagai gendre termasuk juga novel.

Kerennya lagi, kamu bisa melihat berbagai cerita yang populer, paling dibicarakan, dan yang mendapatkan bintang tertinggi.

Selain itu, kamu juga bisa melihat penulis populer, aktif, dan terbaru. Bahkan sekarang ada fitur baru yang menampilkan data penerbit yang bisa kamu pilih untuk menerbitkan tulisan menjadi sebuah buku.

5. Gramedia Writing Project (GWP)

Gramedia Writing Project atau yang disingkat GWP adalah sebuah platform menulis online yang dapat Anda jadikan tempat belajar menulis novel.

Berbagai jenis gendre tulisan dapat kamu tulis seperti fantasi, horror, metropop, komedi, religi, dan berbagai gendre lainnya. Tidak hanya itu, GWP juga sering mengadakan sesi mentoring bagi para novelis dan penlis yang sedang mengembangkan diri.

Merujuk data yang ditampilkan pada situs resminya, sudah lebih 40 ribu orang yang sudah bergabung, serta sudah puluhan ribu tulisan yang sudah terbit pada platform ini.

6. FictionPress

Fiction Press adalah situs belajar menulis novel yang sudah hadir sejak lama, meskipun sudah lama tetapi tampilan situs ini masih kelihatan sederhana daripada situs lainnya.

Dengan tampilan yang sederhana, tentunya akan memudahkan para penulis dan pembaca mengoperasikannya.

Platform ini tidak hanya menyediakan tempat untuk menulis cerita pendek atau novel. Tetapi, kamu juga bisa menulis berbagai tulisan lainnya seperti puisi.

7. Medium

Situs untuk belajar menulis novel berikutnya adalah Medium. Bagi para penulis, tentu sudah mengenal platform yang satu ini.

Medium adalah platform yang menyediakan tempat bagi para penulis untuk menuangkan isi hati dalam bentuk tulisan kemudian menerbitkannya.

Tampilan situs ini sangat simpel sehingga sangat memudahkan bagi para penulis untuk menulis dan membaca tulisannya.  

8. Cabaca

Cabaca adalah situs untuk belajar menulis novel berikutnya yang bisa kamu coba. Lewat platform ini, kamu bisa menerbitkan tulisan sekaligus mendapatkan royalty jika tulisan kamu memiliki banyak pembaca.

Dengan adanya royalty, tentu bisa membuat kamu lebih semangat dalam menulis karena ide kamu merasa dihargai. Akan tetapi, tulisan yang ingin kamu terbitkan melalui situs ini harus melewati beberapa tahapan review. Sehingga tulisan yang terbit di situs ini terjamin kualitasnya.

Dengan tampilan mobile yang dimiliki situs Cabaca, memungkinkan dapat Anda buka melalui perangkat desktop seperti PC atau laptop, serta melalui smartphone.

9. Novelme

Novelme adalah aplikasi tempat membaca dan menulis cerita novel Indonesia. Aplikasi ini hadir sejak 2018 dan bertumbuh hingga sekarang dan sudah memiliki berbagai layanan dan program.

Sesuai dengan namanya yaitu Novelme, situs ini memang dirancang khusus untuk membaca dan menulis novel. Setiap novelis juga berkesempatan mendapatkan benefit dan hadiah melalui program yang diadakan oleh Novelme.

Selain itu, platform ini menyediakan berbagai artikel yang dapat kamu jadikan referensi dalam menulis Novel. Sehingga Novelme sangat cocok untuk kamu yang baru belajar menulis Novel.

10. NovelToon

NovelToon adalah platform belajar menulis novel berbahasa Indonesia. Selain menyediakan berbagai jenis genre, situs ini juga menyediakan tempat untuk menulis komik.

Menariknya, Noveltoon sering mengadakan kontes dengan hadiah mencapai puluhan juta. Jadi, selain menulis hadiahnya juga menanti Anda dan tentu akan membuat lebih semangat dalam menulis.

Situs ini memiliki tampilan yang modern dan responsive, sehingga sangat memudahkan penulis atau pembaca membaca tulisan yang ada, apalagi tersedia dalam versi mobile yang dapat Anda unduh melalui App Store dan Google Play.

Itulah beberapa situs untuk belajar menulis novel yang dapat kamu jadikan tempat belajar menulis Novel. Dengan adanya situs tersebut, kamu bisa lebih mudah belajar dan meningkatkan skill dalam menulis. Apalagi dengan adanya reward atau royalty dari setiap tulisan yang berhasil di terbitkan. Jadi, silahkan pilih sesuai dengan selera kamu Ya.