Home » Internet » Website Sebagai Aset Digital Profesional Untuk Bisnis Online

Website Sebagai Aset Digital Profesional Untuk Bisnis Online

Daftar Isi

Website adalah sekumpulan halaman yang saling berkaitan yang digunakan untuk menyajikan informasi dimana kontennya bisa berupa teks, gambar, video, audio, dan atau kombinasi dari semuanya.

Umumnya sebuah website hanya digunakan untuk menyampaikan informasi kepada orang lain. Baik itu informasi tentang perusahaan, tutorial, dan informasi umum lainnya.

Website Sebagai Aset Digital Profesional

Era serba digital saat ini, website memiliki banyak kegunaan. Bukan hanya digunakan untuk berbagi informasi saja, melainkan dapat pula digunakan untuk berbisnis, bahkan bisa jadi website sebagai asset digital professional Anda.

Mengapa website dapat dijadikan sebagai asset digital professional? Hal ini dikarenakan website dapat dijadikan sebagai sumber passive income jika di kembangkan dan di kelola dengan baik dan secara professional.

Memiliki sebuah website jika dikelola secara professional dapat mendatangkan cuan dari berbagai arah. Misalnya menjual produk digital, menjadi publisher google ads, bisnis afiliasi, dan sebagainya.

Saat ini, kita tidak bisa pungkiri bahwa semua orang berlomba-lomba untuk membuat website. Hal itu dilakukan untuk membangun brand digital agar bisnis mereka dapat tumbuh dan dikenal secara luas melalui media online.

Dengan terkenalnya brand mereka, tentu memiliki peluang yang besar untuk mendatangkan pembeli atau pengguna jasa dari layanan yang mereka sediakan.

Pengalaman Membangun Usaha Menggunakan Website

Seperti halnya yang penulis lakukan, awal tahun 2016 kami memulai bisnis jasa pembuatan website hanya dengan mengandalkan promosi dari teman ke teman. Dengan melalui informasi dari teman, kami bisa mendapatkan klien yang ingin di buatkan website.

Namun seiring berjalannya waktu, kami merasa hal itu kurang efektif dan efisien karena tidak bisa menjangkau banyak calon klien. Olehnya itu, kami memutuskan untuk membuat website sebagai profil kami di Internet.

Mengapa hal itu kami lakukan, alasannya sangat simpel yaitu kami menyediakan jasa pembuatan website sedangkan kami saja tidak memiliki website. Nah, dari sini kami berfikir tentu calon klien memiliki tingkat kepercayaan yang rendah karena kami juga tidak memiliki website.

Setelah kami membangun website ada beberapa manfaat yang kami peroleh antara lain:

  1. Jasa pembuatan website yang kami tawarkan bisa dikenal banyak orang sehingga klien kami bertambah;
  2. Dimata calon klien kami terlihat professional;
  3. Kami bisa menampilkan contoh website yang pernah kami buat;
  4. Memuat informasi yang dapat mengajak orang menggunakan jasa kami.

Tidak hanya manfaat yang disebut diatas saja yang kami peroleh, setelah itu kami mencoba menulis artikel dengan menerapkan teknik SEO dengan tujuan untuk mendapatkan trafik agar semakin banyak yang mengunjungi website kami.

Hasilnya setelah beberapa bulan aktif menulis, kami bisa bekerjasama sebagai publisher di google adsense, sehingga penghasilan kami terus bertambah dari jasa periklanan.

Apakah hanya dari publisher saja? Tentu tidak. Selain dari publisher, kami juga bisa menghasilkan cuan dari afiliasi, content placement, dan berbagai sumber lainnya.  

Jadi, jika kamu belum memiliki website. Saatnya kamu mulai membangun website sendiri agar kedepan website yang kamu miliki dapat dijadikan asset digital.

Aplikasi Untuk Membuat Website

Kalau kamu belum paham bagaimana cara membuat website Anda tidak perlu khawatir. Karena sekarang membuat website tidak perlu paham pemrograman.

Untuk membuat website dengan mudah tanpa pemrograman, Anda bisa menggunakan aplikasi Content Management System seperti WordPress.

Kenapa saya sarankan menggunakan WordPress, karena dengan CMS WordPress kita bisa membuat website professional untuk berbagai keperluan seperti company profile, e-commerce, berita, blog, dan sebagainya.

Apa Yang Perlu Disiapkan Sebelum Membuat Website

Sebelum membuat website hal yang perlu disiapkan yaitu domain dan hosting agar website kamu bisa di akses melalui Internet.

1. Domain

Domain merupakan sebuah alamat yang diakses oleh pengunjung untuk mengunjungi website kita.

Seperti halnya untuk berkunjung ke website masagena, Anda harus mengakses domain masagena.id sehingga bisa melihat artikel yang ada didalamnya.

2. Hosting

Selanjutnya kamu harus memiliki hosting untuk menyimpan file-file website kamu agar dapat diakses oleh pengunjung.

Hosting di ibaratkan sebuah rumah, dimana didalamnya terdapat bagian dan masing-masing bagian terdapat benda atau alat yang disimpan oleh pemiliknya.

Kita bisa mengambil kesimpulan bahwa domain itu adalah alamat dari sebuah rumah sedangkan hosting merupakan rumahnya dimana orang bisa melihat apa yang ada didalam rumah tersebut.

Nah, mungkin Anda bingung dimana tempat membeli domain dan hosting untuk website Anda.

Sebelum membeli domain dan hosting, Anda perlu mempersiapkan nama domain yang kamu inginkan.

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan penyedia domain dan hostingnya. Misalnya dari kecepatannya, keamanan, dan pelayanan dari Customer Service yang fast respons, dan kalau bisa yang murah sehingga tidak menguras kantong.

Namun tidak perlu khawatir, Anda sangat beruntung sekali berkunjung ke artikel ini. Karena saya akan merekomendasikan kepada Anda penyedia domain dan hosting murah yaitu Niagahoster.

Niagahoster adalah perusahaan penyedia domain dan hosting yang ada di Indonesia untuk membantu UMKM membangun websitenya dengan performa optimal, aman, dan mudah digunakan.

Kelebihan dari layanan sahabat hosting yaitu control panel yang digunakan user friendly, up-time layanan dan koneksi jaringan digaransi 99,99%, menyediakan sertifikat keamanan kelas dunia, harga hosting murah di kelasnya, dan memberikan jaminan garansi 30 hari uang kembali jika pelanggan tidak puas dengan layanan yang diberikan.

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments