Home » Teknologi » 17 Plugin WordPress Terbaik dan Populer di Tahun 2021

17 Plugin WordPress Terbaik dan Populer di Tahun 2021

Daftar Isi

Website yang menggunakan teknologi WordPress menjadi terpopuler di Internet dengan kategori blog dari sumber trends.builtwith.com.

WordPress awalnya di fungsikan sebagai blog, namun seiring perkembangannya hingga kini WordPress dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis website seperti portofolio, bisnis, berita, e-commerce, forum, dan lain sebagainya.

WordPress adalah sebuah aplikasi berbasis open source yang sangat terkenal dan digunakan sebagai platform untuk membangun sebuah website.

Aplikasi wordpress dikategorikan  sebagai Content Management System (CMS) dimana penggunanya hanya fokus terhadap bagaimana mengelola konten  yang akan ditampilkan pada halaman website.

Menurut hemat saya yang membuat WordPress menjadi populer dikarenakan kemudahan dalam instalasi dan mengelolanya.

Disamping itu, WordPress di perkaya dengan aplikasi tambahan untuk membuat fungsinya lebih luas. Dimana aplikasi tambahan tersebut disebut dengan Plugin.

Pembahasan kita pada artikel ini yaitu kita akan membahas seputar Plugin WordPress terbaik dan populer. Namun, sebelum kita membahasnya sebaiknya mari kita pahami dulu apa yang dimaksud Plugin.

Apa Itu Plugin?

Plugin adalah aplikasi tambahan yang digunakan untuk memperkaya fungsi atau fitur website WordPress. Istilah Plugin juga biasanya di sebut dengan add-on atau extension.

Sebenarnya bukan hanya di WordPress yang menggunakan Plugin. Akan tetapi, teknologi yang lain juga menggunakan tool yang memiliki fungsi yang sama dengan Plugin, seperti halnya Joomla, Drupal, dan lain-lain.

WordPress menyediakan berbagai macam Plugin yang dapat Anda gunakan baik secara bebas atau berbayar. Mulai dari widget, SEO, galeri, forum, hingga toko online.

Namun, tidak semua jenis plugin yang ada, Anda diwajibkan untuk menginstallnya. Tentu Anda hanya memilih sesuai dengan kebutuhan yang ada di website.

Nah, berbicara mengenai Plugin yang mana yang harus Anda install dan digunakan di website Anda. Tentu tidak dapat kami ketahui, namun kami bisa memberikan daftar plugin terbaik dan populer yang digunakan website yang ada Internet.

Jika Anda penasaran dengan nama plugin yang populer tersebut, silahkan di baca artikel ini hingga selesai.

Fungsi Plugin di WordPress

Fungsi Plugin yaitu menyediakan fitur tambahan pada WordPress agar website dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Misalnya Anda ingin membuat toko online, maka perlu di pasang sebuah plugin khusus untuk toko online misalnya Woocommerce.

Karena kita ketahui website WordPress pada saat pertama kali di Install sangat minim fiturnya. Sehingga diperlukan sebuah plugin untuk memperkaya fitur pada website.

Dengan menggunakan plugin, Anda bisa menambahkan fitur tanpa harus mengubah source code aplikasi, bahkan Anda tidak perlu memahami bahasa pemrogramannya. Cukup unduh dan install, website Anda bisa berjalan sesuai yang Anda inginkan.

Kelebihan Plugin WordPress

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa dengan menggunakan plugin, Anda bisa menambah fitur pada Website Anda tanpa perlu memahami bahasa pemrograman yang digunakan WordPress.

Kelebihan plugin WordPress yaitu dikembangkan oleh banyak komunitas dan secara bebas, sehingga banyak plugin yang tersedia baik secara gratis atau berbayar.

Selain itu, juga bisa mengembangkan plugin secara mandiri sesuai fitur yang Anda inginkan. Namun, tentu Anda harus memahami bagaimana cara membuat plugin tersebut.

Plugin yang sudah terinstal di website Anda, sewaktu-waktu bisa di perbaharui sehingga fungsi dan fitur dapat selalu di perbaharui ke versi terbaru.

Kekurangan Plugin WordPress

Dimana ada kelebihan pasti ada kekurangan, jika plugin WordPress memiliki kelebihan tentu juga ada kekurangannya loh. Lalu apa saja yang menjadi kekurangan jika menggunakan Plugin.

Kekurangan menggunakan plugin yaitu harus selalu di perbaharui ke versi terbaru, untuk menghindari adanya fungsi yang tidak berjalan dengan baik.

Selain itu, plugin juga biasanya dapat dijadikan celah oleh pihak yang tidak bertanggungjawab ketika ingin merusak website Anda.

Plugin yang tidak kompatibel atau yang tidak cocok dengan versi WordPress biasanya menyebabkan kegagalan pada Website. Sehingga menyebabkan website tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau bahkan tidak bisa di akses sama sekali.

Cara Memasang Plugin WordPress

Memasang Plugin WordPress dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dapat di Install secara langsung melalui menu plugins atau di unggah melalui fitur yang disediakan WordPress.

Cara pertama menurut saya sangat mudah. Karena, Anda hanya masuk ke menu Plugin kemudian pilih Add New atau Tambah Baru, kemudian ketikkan nama plugin di kolom pencarian. Selanjutnya klik tombol Install lalu aktifkan.

Kelebihan menggunakan cara pertama, kita bisa melihat informasi yang ditampilkan plugin tersebut, apakah cocok digunakan di versi WordPress kita atau tidak.

Kemudian cara kedua, Anda harus mengunggah terlebih dahulu plugin yang sudah Anda download dalam bentuk format zip melalui menu Plugin. Kemudian pilih tombol Unggah Plugin dan selanjutnya upload plugin yang ada di komputer Anda.

Setelah mengunggah jalankan pemasangan kemudian aktifkan plugin. Jika plugin berhasil di instal akan muncul keterangan plugin berhasil di pasang. Namun, sebaliknya jika plugin tidak kompatibel akan ditampilkan informasi kesalahan.

Plugin WordPress Terbaik dan Terpopuler

Sekarang kita sampai pada pembahasan daftar plugin WordPress terbaik yang banyak digunakan website yang dibangun dengan teknologi WordPress.

Sumber: https://trends.builtwith.com/widgets/wordpress-plugins

Data yang kami peroleh dari situs builtwith sebagai penyedia data survey, menyajikan daftar plugin WordPress terbaik tertanggal 30 November 2021, ditampilkan sesuai urutannya sebagai berikut.

1. Yoast Plugins

Plugin Yoast adalah salah satu tool yang digunakan untuk memastikan situs Anda memenuhi standar teknis Search Engine Optimizer (SEO). Menggunakan Yoast akan sangat membantu untuk mengoptimalkan konten Anda di mesin pencari dan keterbacaannya secara keseluruhan.

Dikutip dari situs resmi Yoast, ia memberikan pernyataan bahwa sudah lebih dari 11 juta orang di seluruh dunia menggunakan produk Yoast, sehingga menjadikannya salah satu yang paling berpengaruh di SEO dan WordPress.

Berdasarkan data yang kami peroleh, di Indonesia sendiri estimasi website yang menggunakan plugin Yoast sebanyak 13,834 website. Sedangkan secara global tercatat 153,075 website.

Menurut saya sih, plugin ini wajib banget Anda install, karena ini sangat membantu mengecek keterbacaan ketika Anda membuat konten. Konten yang Anda buat akan dianalisis oleh tool ini apakah sudah bagus atau belum.

Adapun yang di cek oleh Yoast ketika membuat konten seperti penggunaan kalimat pasif, kalimat berurutan, sebaran sub judul, panjang paragraf, panjang kalimat, dan kalimat transisi.

Selain itu, juga dapat mengecek apakah judul yang Anda gunakan sudah memenuhi kriteria SEO atau belum. Ketika konten yang Anda buat memenuhi standar SEO tentunya bisa mendatangkan trafik yang banyak.

2. Elementor

Siapa yang tidak kenal dengan plugin yang satu ini. Ya, plugin yang bernama Elementor merupakan platform pembuat situs web yang sudah banyak digunakan para professional di WordPress.

Plugin Elementor banyak digunakan professional web termasuk pengembang, perancang, dan pemasar untuk mendesain website.

Sejak diluncurkan pada tahun 2016, kini Elementor sudah digunakan lebih dari 9.000.000 website yang tersebar di 180 negara.

Elementor menyediakan 90+ widgets yang dapat kamu gunakan untuk mendesain website. Lebih kerennya lagi, kamu bisa membuatnya dengan mudah hanya dengan Drag & Drop saja.

Selain itu, desain website yang kamu buat dapat menghasilkan kualitas tinggi dengan mudah mengatur posisi, padding, margin, dan pengaturan warna dan jenis tulisan yang kamu gunakan.

Saya rasa tool ini sangat membantu untuk membuat website WordPress Anda bisa di desain sesuka hati. Hanya dengan satu platform ini kamu bisa mengkreasikan website yang kamu inginkan.

Seperti membuat website bisnis, jasa, portofolio, e-commerce, even, hiburan, landing pages, kesehatan, media atau blog, dan masih banyak lagi.

Untuk menggunakan plugin Elementor terdapat dua versi, ada yang free dan ada yang berbayar seperti Elementor Pro.

Jika kamu ingin menggunakan Elementor sebaiknya paka Elementor Pro agar kamu bisa menikmati fitur Elementor secara powerfull. Disamping itu, kamu bisa menggunakan beberapa themplate keren yang siap pakai.

Untuk membelinya, kamu bisa beli di pihak ketiga jika tidak mampu membeli lewat website resminya. Dengan harga yang terjangkau kamu sudah bisa menggunakannya.

Berikut link website yang kami rekomendasikan untuk Anda apabila ingin menggunakan Elementor Pro, karena web masagena juga menggunakan jasa tersebut.

Kami sarankan menggunakan kode kupon “MASAGENAID” untuk mendapatkan potongan harga.

Order Elementor PRO Sekarang

3. Visual Composer

Visual Composer adalah plugin WordPress yang dapat digunakan untuk mendesain website keren dan profesional.

Plugin ini menyediakan ratusan elemen, template, dan add-on untuk membantu mengatur desain web Anda menjadi indah dan mudah digunakan.

Dengan menggunakan Visual Composer, kamu bisa membuat tata letak yang kompleks menggunakan editor hanya dengan melakukan drag and drop.

Kelebihan plugin ini yaitu kamu bisa membuat situs web tanpa menggunakan kode program.

Dengan fungsi drag and drop yang disediakan, kamu bisa menambahkan kolom, blok kontent, gambar, dan banyak  lagi elemen untuk dapat membantu membangun segala jenis web dengan cepat dan mudah tanpa melakukan pengkodean.

Secara umum Visual Composer menyediakan beberapa fitur antara lain Website Templates, Content Elements, Block Templates, Heade, Footer, Sidebar Editor, Visual Composer Hub, Stock Images, Drag and Drop Interface, Live Frontend Editor, Inline Editor, Design Options, Responsice Design, dan Optimized for WordPress.

Variasi Visual Composer ada dua versi yaitu Free dan Premium. Jika menggunakan yang versi free tentu tidak dapat mengakses fitur unggulan dari plugin ini.

Namun, jika Anda menggunakan versi premium, kamu bisa mengakses 500+ elemen website dan template, fitur header, footer, sidebar editor, global template, dan fitur lainnya.

Visual Composer dibuat menggunakan teknologi baru yang membuat pembuat situs web super cepat dan stabil. Ini berarti situs web yang dibangun dengan menggunakan Visual Composer akan tampil dengan kecepatan yang jauh lebih baik.

Untuk menggunakan pada versi premium, kamu bisa membeli lisensi dengan berlangganan pertahun. Adapun pilihan langgan lisensi yang ditawarkan antara lain sebagai berikut.

  • Single $49/tahun untuk 1 website.
  • Plus $99/tahun untuk 5 website.
  • Accelerate $149/tahun untuk 20 website.
  • Growth $349/tahun untuk 100 website.
  • Agency $849/tahun untuk 1000 website.

Selain paket yang ditawarkan, kamu juga bisa bergabung pada program afiliasi dan berkesempatan mendapatkan komisi 40% dari setiap pelanggan yang Anda rekrut.

4. WPBakery

WPBakery memiliki fungsi kurang lebih sama dengan Visual Composer yaitu untuk membuat halaman atau kontent website yang menarik dengan fungsi drag and drop yang simpel.

Dengan menggunakan WPBakery Anda bisa membuat dan mengelola konten WordPress Anda dalam hitungan menit.

Jika kamu menggunakan fitur premium, kamu bisa membuat situs web sesuai yang kamu inginkan seperti membuat blog, portofolio, atau bahkan portal tanpa melakukan pengkodean.

Fitur yang ditawarkan plugin ini yaitu font end editor, template library, content elements, skin buider, responsive pages, advanced grid builder, dan berbagai fitur lainnya.

Plugin WPBakery juga kompatibel dengan plugin WordPress seperti Woo Commerce dan Yoast SEO.

Visual Compser dan WPBakery adalah dua produk yang berdiri sendiri.

WPBakery menangani bagian konten, sedangkan Visual Composer merupakan produk yang menawarkan solusi untuk membuat dan mengatur seluruh situs web seperti menambah logo, header, footer, dan elemen menu.

5. Slider Revolution

Slider revolution merupakan plugin yang berfungsi untuk membuat slide situs website Anda menjadi menarik dengan tampilan yang responsive.

Rasanya kurang lengkap jika sebuah website tidak memiliki slider terutama dihalaman depan website.

Apa lagi jika websitenya bertujuan untuk memasarkan sebuah produk. Dengan fitur slide, Anda bisa menampilkan produk unggulan dari gambar andalan yang Anda punya.

Mendesain slide dengan plugin Slider Revolution dapat kamu buat dengan fasilitas drag and drop editor, sehingga membuatnya lebih cepat dan mudah.

Nah, dengan menggunakan plugin Slider Revolution akan membuat tampilan slide website kamu lebih keren dari slide biasanya.

Karena plugin ini memiliki banyak fitur antara lain menyediakan banyak efek animasi, model transisi yang bervariasi, memiliki Add-ons, dan modul.

Slider Revolution menyediakan 200+ template, kemudian terdapat 2000+ element library, dan terdapat 25+ add-ons, serta dapat di update hanya dengan satu klik saja.

Namun, untuk menggunakan plugin tersebut kamu harus merlangganan lisensi pertahun.

Adapun pilihan paket langganan yang ditawarkan yaitu Starter $29/tahun untuk satu website, enthusisast $79/tahun untuk tiga website, dan paket professional seharga $129/tahun untuk lima website.

Anda juga bisa berlangganan paket professional dengan harga lebih mahal. Namun, tentunya kamu juga bisa menggunakannya lebih dari lima website, bahkan lebih dari seratus website.

Selain dapat digunakan di website WordPress, plugin ini juga dapat digunakan di beberapa aplikasi lainnya seperti jQuery, Shopify, Magento, Prestashop, OpenCart, TYPO3, dan Essential Grid Gallery.  

6. WP Rocket

Jika situs web kamu dirasa terasa lambat di akses, tentu plugin yang satu ini sangat cocok digunakan di website Anda.

Ya, plugin WP Rocket memiliki fungsi untuk mempercepat akses website WordPress.

Dengan menggunakan WP Rocket maka kecepatan website WordPress kamu bisa meningkat, kemudian dapat meningkatkan peringkat SEO, dan mengkonversi gambar, serta skrip website kamu tanpa perlu pengkodean.

Plugin WP  Rocket dapat digunakan di berbagai kalangan seperti blogger, freelancers, agency, dan eCommere.

Selain itu, alasan kenapa perlu memasang WP Rocket di situs WordPress, karena dapat meningkatkan kecepatan akses ke website, mudah digunakan, dan didukung oleh team WP Rocket itu sendiri.

Untuk menggunakan plugin WP Rocket sayangnya harus berbayar untuk menggunakan fitur secara maksimal.

Adapun paket yang langgan lisensi per tahun yang ditawarkan per tahun yaitu paket Single dengan harga $34/tahun untuk satu website, paket Plus dengan harga $69/tahun untuk tiga website, dan paket Infinite dengan harga $174/tahun untuk unlimited website.

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan WP Rocket? Namun, terkendala dengan biaya langganan yang mahal. Nah, kabar baiknya kamu bisa menggunakannya hanya dengan harga ratusan ribu per tahun.

Anda bisa order melalui link dibawah ini dengan menggunakan kode kupon “MASAGENAID” untuk mendapatkan potongan harga.

Order WP Rocket Sekarang

7. Jetpack

Jetpack adalah toolkit utama untuk WordPress, plugin Jetpack berfungsi mengamankan, mempercepat, dan mengembangkan situs Anda.

Dengan menggunakan Jetpack situs Anda dapat terlindungi dari serangan brute force.

Fungsi lain yang dapat dilakukan yaitu dapat membaca lalu lintas trafik website baik dari pencarian organic, sosial media, referral.

Fitur lain seperti pencadangan, perlindungan spam, dan perlindungan dari serangan malware.

Untuk fitur tersebut dapat kamu peroleh dengan berlangganan melalui paket premium. Namun, untuk menggunakan fitur standar kamu bisa dapatkan secara gratis.

Salah satu yang saya suka dari plugin Jetpack yaitu mampu mengirimkan notifikasi ke email ketika terjadi masalah pada situs WordPress.

8. MonsterInsights

MonsterInsights adalah Plugin Google Analytics terbaik untuk WordPress. Beberapa fitur yang menjadikan MonsterInsights sebagai plugin analitik WordPress terbaik dan mudah digunakan yaitu:

  • Universal Tracking
  • Enhanced Ecommerce Tracking
  • UE Compliance (GDPR Friendly)
  • Google Analytics Dashboard
  • Page Level Analytics
  • Custom Dimensions
  • Real-time Stats
  • Affiliate Link & Ads Tracking
  • Performance & Optimize.

Selain dari fiturnya yang keren, plugin MonsterInsights dapat diintegrasikan dengan plugin populer seperti  Woo Commerce, wpforms, yoast, AMP, memberpress, gravity, easydigitaldownloads, pretty links, formidable, Google Optimize, dan Google AdSense.

Plugin ini sangat cocok digunakan jika kamu seorang blogger atau developers, dan juga bisa digunakan untuk mengelola website bisnis atau e-commerce.

Jika kamu tertarik menggunakan plugin MonsterInsights, kamu bisa order melalui website resminya di monsterinsights.com, silahkan pilih paket langganan yang sesuai dengan budget Anda.

9. Autoptimize

Autoptimize adalah plugin yang berfungsi untuk mengoptimalkan situs WordPress Anda menjadi sangat mudah.

Apabila menggunakan plugin Autoptimize, ukuran file HTML, CSS, dan JS website kamu bisa diperkecil, dan mengoptimalkan Google Font.

Dengan demikian, ini dapat meningkatkan kinerja situs WordPress kamu.

Plugin Autoptimize adalah perangkat lunak open source yang dikembangkan oleh beberapa contributor yaitu Frank Goossens, zytzagoo, turl, dan Optimizing Matters.

Profil tersebut kami peroleh dari situs resmi wordpress.org yang menampilkan informasi tentang plugin Autoptimize.

10. Lightspeed Cache

Salah satu perangkat lunak yang dikembangkan oleh LiteSpeed Technologies adalah Lightspeed Cache.

Lightspeed Cache berfungsi menampilkan cache website dan melakukan pengoptimalan.

Adapun fitur yang dimiliki plugin Ligspeed Cache secara umum sebagai berikut:

  • Free QUIC.cloud CDN Cache
  • Object Cache (Memcached/LSMCD/Redis) Support+
  • Image Optimization (Lossless/Lossy)
  • Minify CSS, JavaScript, and HTML
  • Minify inline & external CSS/JS
  • Combine CSS/JS
  • Automatically generate Critical CSS
  • Lazy-load images/iframes
  • Responsive Image Placeholders
  • Multiple CDN Support+
  • Load CSS Asynchronously
  • Defer/delay JS loading
  • Browser Cache Support+
  • Database Cleaner and Optimizer
  • PageSpeed score (including Core Web Vitals) optimization
  • OPcode Cache Support+
  • HTTP/2 Push for CSS/JS (on web servers that support it)
  • DNS Prefetch
  • Cloudflare API
  • Single Site and Multisite (Network) support
  • Import/Export settings
  • Attractive, easy-to-understand interface
  • WebP image format support
  • Heartbeat control

Selanjutnya, beberapa plugin terkenal yang kompatibel dengan plugin LiteSpeed Cache yaitu WooCommerce, bbPress, dan Yoast SEO.

Nah, jika kamu tertarik menggunakan plugin yang satu ini, kamu bisa mendownload di situs wordpress.org.

Itulah beberapa plugin WordPress terbaik dan terpopuler yang dapat Anda gunakan di situs WordPress kamu.

Ada juga beberapa plugin yang masuk dalam kategori plugin WordPress terbaik yang dirilis oleh builtwith yaitu WP Super Cache, MailChimp for WordPress, Instagram Feed for WordPress, TablePress, WPForms, WPML Multilingual, dan RankMath.

Selain dari beberapa daftar plugin WordPress terbaik di atas, situs WordPress.org juga merilis plugin populer yaitu Contact Form 7, Elementor Website Builder, Yoast SEO, dan Classic Editor. 

Sekian artikel tentang daftar plugin WordPress terbaik dan populer versi builthwith, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa Anda jadikan referensi untuk mengelolan situs WordPress Anda. Sekian dan terimakasih.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments