Home » Website » 5 Hal Penting Harus Diketahui dan Disiapkan Sebelum Membuat Website

5 Hal Penting Harus Diketahui dan Disiapkan Sebelum Membuat Website

Apa Pengertian Website

Website merupakan media yang sangat dibutuhkan di era serba digital sekarang ini. Bagaimana tidak, dengan adanya website, informasi dapat diperoleh dengan cepat tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Selain itu, website juga digunakan untuk beberapa keperluan seperti kebutuhan untuk menunjang bisnis, mempromosikan profil perusahaan, kebutuhan perbankan, dan social network.

Contoh pemanfaatan website untuk berbagi informasi atau berita seperti merdeka.com, detik.com, cnnindonesia.com, dsb. Ada juga untuk kebutuhan bisnis contohnya niagahoster.co.id, tokopedia.com, bukalapak.com, lazada.com, dsb. Sedangkan untuk perbankan seperti bni.co.id, klikbca.com, bankmandiri.co.id, dsb. Lalu untuk profil lembaga seperti kemdikbud.go.id, stmikbinsa.ac.id, dsb. Sedangkan untuk jejaring sosial ada facebook.com, twitter.com, instagram.com, dsb.

Jika sudah mengetahui beberapa contoh pemanfaatan website dikehidupan sehari-hari. Selanjutnya, apa yang dimaksud dengan website?

Pengertian website adalah sebuah halaman-halaman yang saling terkait satu sama lain yang dihubungkan dengan link agar menjadi suatu kesatuan yang menampilkan informasi berupa teks, gambar, animasi, audio, video, ataupun kombinasi semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis.

Dikutip dari Wikipedia website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Peladen merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

Bagaimana Sejarah Website

Teknologi web ditemukan oleh Tim Berners-Lee seorang ilmuwan Inggris pada tahun 1989 ketika ia bekerja di CERN (Conseil Europeen pour la Recherce Nucleaire). Berners-Lee awalnya mengembankan sistem untuk keperluan pribadi untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Dimana, program tersebut diberi nama Equire.

Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait untuk berbagai arsip sehingga memudahkan mencari informasi yang dibutuhkan. Dari penemuan tersebut menjadi dasar revolusi yang dikenal web. Web pertama di CERN didedikasikan sebagai web pertama di dunia yang dapat diakses melalui http://info.cern.ch.

Awal tahun 1989 Berners-lee membuat proyek pembuatan hypertext secara global, lalu pada bulan Oktober 1990, World Wide Web sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

Apa Saja Jenis-Jenis Website

Pada dasarnya website dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu website statis, dinamis, dan interaktif. Statis yang dimaksud adalah suatu website yang memiliki halaman yang tidak selalu berubah seperti company profile. Sedangkan website dinamis adalah web yang diperuntukan untuk melakukan perubahan sesering mungkin seperti e-commerce dan situs berita. Kemudian website interaktif adalah web yang digunakan untuk saling berinteraksi satu sama lain secara online contohnya adalah forum online atau social network.

Mengapa Penting Memiliki Website

Memiliki sebuah website mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai media komunikasi seperti web mail dan chatting form. Berfungsi sebagai media informasi seperti company profile, reference, dan sebagainya. Juga memilik fungsi entertainment seperti game, film, music, dan juga berfungsi sebagai media transaksi.

Beberapa manfaat website dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai sarana hiburan, media pengenalan perusahaan atau lembaga, sebagai sarana edukasi masyarakat, dapat berkomunikasi diseluruh dunia,  berbagi informasi yang cepat dan mudah, serta sebagai sarana pemasaran dan promosi bisnis yang efektif dan efisien.

Apa Yang Perlu Disiapkan Untuk Membuat Website

1. Ide

Ketika ingin melakukan sesuatu, yang dibutuhkan adalah ide. Bagaimana bisa membuat makanan, kalau ide untuk membuat makanan belum ada? Bisakah membangun rumah jika ide tentang konsep rumah yang akan dibuat belum ada? Apakah bisa menulis tanpa mengetahui ide apa yang akan ditulis??

Begitupula jika ingin mebuat website, ide adalah hal pertama yang harus dipersiapkan. Saya ingin membuat website apa? Website berita, bisnis, profil, atau yang lain?

2. Konsep

Setelah berhasil menemukan ide, langkah selanjutnya adalah menentukan konsep. Konsep adalah gambaran yang lebih terperinci dari ide yang sudah ditemukan.

Konsep seperti apa yang ingin diterapkan? Apakah website akan dibuat dengan tampilan sederhana dan mudah diakses? Apa informasi yang akan ditampilkan dalam website, dan seterusnya.

3. Konten

Seperti diketahui bahwa website dapat menampilkan informasi berupa teks, gambar, animasi, audio, video, ataupun kombinasi semuanya.

Nah, disini harus mempersiapkan konten website. Konten seperti apa yang dibutuhkan . Apakah konten berupa teks?  Konten berupa video? Atau konten yang menggabungkan antara teks, gambar, dan video?

4. Platform

Pemilihan platform juga sangat penting, karena ini berkaitan dengan tujuan dalam pembuatan website. Platform adalah media yang akan digunakan untuk membuat website. Beberapa platform yang bisa digunakan seperti Blogspot, Wix, Weebly, WordPress, dan sejenisnya.

Alternatif lain untuk membuat website tanpa perlu memahami bahasa pemrograman, dapat menggunakan aplikasi CMS (Content Management System) seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan lain-lain. Namun, untuk menggunakan aplikasi tersebut diperlukan layanan web hosting untuk penyimpanan file website dan domain sebagai alamat untuk mengakses website.

Baca juga: 10 Platform Terbaik Sering Digunakan Untuk Membuat Website

5. Domain dan Hosting

Domain merupakan alamat sebuah website yang diakses oleh pengunjung untuk melihat sebuah informasi didalamnya. Nama domain harus memiliki nama yang unik, artinya tidak boleh sama dengan yang lain.

Alamat domain ditujukan untuk mengidentifikasi nama dari sebuah server komputer seperti email server atau web server pada jaringan internet. Penamaan domain sesuai dengan kebutuhan misalkan masagena.id

Hosting adalah space yang disediakan oleh penyedia web hosting yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan file website agar dapat diakses melalui jaringan internet. Hosting juga sering disebut dengan web hosting, yaitu tempat peyimpanan sejumlah data online yang didalamnya terdapat berbagai macam format seperti gambar, teks, dan atau video yang semua informasi tersebut dapat di akses oleh banyak orang.

Jika domain di analogikan sebagai alamat maka hosting adalah rumah sedangkan website merupakan isi dari rumah tersebut. Agar dapat mengakses informasi pada sebuah website maka diakses melalui domain. Untuk mengelola sebuah website jika tidak memiliki server sendiri maka cukup dengan menyewa hosting pada penyedia hosting seperti di niagahoster.co.id atau penyedia hosting lainnya.

Biaya hosting bervariasi pada setiap penyedia hosting, hal ini tergantung fitur yang ditawarkan dan service yang diberikan serta lama waktu penyewaan. Penyewaan hosting dapat dilakukan per bulan atau per tahun tergantung kebutuhan dan biaya penyewa hosting.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments