Home » Website » 7 Hal Tentang Website Perlu Kamu Ketahui

7 Hal Tentang Website Perlu Kamu Ketahui

Daftar Isi

Pengertian Web

Website merupakan kumpulan halaman-halaman yang saling terkait, dengan dihubungkan melalui link agar menjadi suatu kesatuan yang menampilkan informasi berupa teks, gambar, animasi, audio, video, ataupun kombinasi semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis.

Beberapa ahli telah mendefinisikan website dengan berbagai pendapat yang mengarah ke satu tujuan, antara lain:

Gregorius (2000) mendefinisikan website sebagai kumpulan halaman yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait. Web terdiri dari page atau halaman, dan kumpulan halaman dinamakan homepage.

Hidayat (2010) website adalah keseluruhan halaman-halaman web yang terdapat dalam sebuah domain yang mengandung informasi.

Sibero (2011) mendefinisikan website sebagai suatu sistem yang berkaitan dengan dokumen digunakan sebagai media untuk menampilkan teks, gambar, multimedia, dan lainnya pada jaringan internet.

Nilasari (2014) website atau sering disebut situs merupakan kumpulan halaman web yang dijalankan dari suatu alamat web domain.

Abdullah (2015) website dapat diartikan sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman yang berisi informasi dalam bentuk data digital baik berupa text, gambar, video, audio, dan animasi lainnya yang disediakan melalui jalur koneksi internet.

Sejarah Web

Teknologi web yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee seorang ilmuwan Inggris pada tahun 1989 ketika ia bekerja di CERN (Conseil Europeen pour la Recherce Nucleaire).

Awalnya Berners-Lee mengembankan sistem untuk keperluan pribadi untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Dimana, program tersebut diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait untuk berbagai arsip sehingga memudahkan mencari informasi yang dibutuhkan.

Penemuan tersebut menjadi dasar  revolusi yang dikenal web. Web pertama di CERN didedikasikan sebagai web pertama di dunia yang dapat diakses melalui http://info.cern.ch.

Awal tahun 1989 Berners-lee membuat proyek pembuatan hypertext secara global, lalu pada bulan Oktober 1990, World Wide Web sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

Jenis-Jenis Web

Pada dasarnya web berfungsi untuk menampilkan informasi dengan berbagai multimedia (teks, gambar, animasi, audio, video, atau kombinasinya). Namun, website dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu website statis, dinamis, dan interaktif.

1. Website Statis

Website statis adalah suatu website yang memiliki halaman yang tidak selalu berubah. Adapun untuk melakukan perubahan pada suatu halaman harus dilakukan secara manual dengan mengedit kode-kode yang terdapat pada struktur website pada sutau halaman. Contoh website statis seperti website perusahaan (company profile).

2. Website Dinamis

Website dinamis adalah suatu website yang diperuntukan untuk melakukan perubahan sesering mungkin. Ciri dari website dinamis memiliki dua bagian yaitu backend (halaman admin) dan frontend (halaman depan). Contoh website dinamis seperti website pribadi, e-commerce, situs berita, dan website portal.

3. Website Interaktif

Website interaktif adalah suatu website yang digunakan untuk saling berinteraksi satu sama lain secara online. Website jenis ini biasanya digunakan oleh komunitas atau pengguna aktif. Contoh website interaktif seperti media sosial, dan situs forum online.

Fungsi dan Manfaat Web

1. Fungsi komunikasi

Website berfungsi sebagai media komunikasi dengan berbagai fitur seperti web mail, form contact, chatting form, dan sebagainya.

2. Fungsi informasi

Website memiliki fungsi informasi dengan menyampaikan isi berupa teks dan grafik yang dapat di download dengan cepat. Berbagai informasi seperti news, profile company, library, reference, dan sebagainya.

3. Fungsi entertaiment

Website memiliki fungsi entertainment sebagai sarana hiburan. Beberapa hiburan yang terdapat pada website seperti game, film, music, dan sebagainya.

4. Fungsi transaksi

Website memiliki fungsi sebagai sarana transaksi, dimana transaksi yang dapat dilakukan seperti transaksi bisnis, baik barang, jasa, atau lainnya. Transaksi yang dapat dilakukan dapat menggunakan kartu kredit, transfer, atau dengan membayar secara langsung.

Website memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan sehari-hari yang dapat menunjang pekerjaan secara pribadi, perusahaan, organisasi, dan masyarakat, antara lain:

  1. Menjadi sarana hiburan;
  2. Menjadi media pengenalan perusahaan atau lembaga;
  3. Menjadi sarana edukasi masyarakat;
  4. Menjadi sarana berkomunikasi diseluruh dunia;
  5. Menjadi sarana informasi yang cepat dan mudah;
  6. Menjadi sarana pemasaran dan promosi bisnis yang efektif dan efisien.

Aplikasi Web

Awalnya web hanya digunakan untuk berbagi informasi. Namun, seiring perkembangan zaman.Web juga mengalami perkembangan sehingga web dapat digunakan untuk berbagai keperluan.Adapun jenis-jenis aplikasi berbasis web antara lain:

1. Web Berita dan Informasi

Web ini menyediakan konten berupa informasi yang dapat dibaca oleh banyak orang baik yang berbayar maupun yang gratis. Contohnya: merdeka.com, kompas.com, detik.com, cnnindonesia.com.

2. Web Bisnis

Web ini digunakan untuk keperluan bisnis seperti jual beli produk, jasa, dan sebagainya. Contohnya: tokopedia.com, bukalapak.com, lazada.com, masagena.id.

3. Web Profil

Web ini digunakan khusus untuk menyajikan informasi tentang profil lembaga, institusi, lembaga, dan personal. Contohnya: kemdikbud.go.id, stmikbinsa.ac.id.

4. Web Banking

Jenis web ini merupakan aplikasi web yang melayani proses transaksi keuangan pada perbankan, seperti pembayaran, pembelian, transfer dana, dan sebagainya. Contohnya: bni.co.id, bankmandiri.co.id, klikbca.com.

5. Web Social Network

Jenis web ini menyediakan fasilitas tempat berkumpul, pertemanan, dan menjadi tempat suatu kelompok. Contohnya: facebook.com, twitter.com, instagram.com.

Baca juga: 

Arsitektur Web

Arsitektur web adalah desain atau rancangan suatu web yang dibuat untuk mempermudah pengguna suatu web agar menemukan informasi yang dicari. Arsitektur web melibatkan tiga hal yaitu teknis, estetika, danfungsional. Pada desain web dikenal dua jenis yaitu UI (User Interface) yang fokus pada bagaimana tampilan sebuah website menarik dipandang dan UX (User Experience) yang fokus pada bagaimana sebuah website mudah digunakan oleh pengguna (user friendly).

1. HTTP

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan yang berada pada lapisan aplikasi. Fungsinya melakukan request/response antara client dan server berdasarkan permintaan dari pengguna. Client melakukan request melalui web browser di sebuah server web hosting tertentu melalui sebuah port (biasanya port 80).Penggunaan HTTP melakukan pengambilan sumber daya yang saling berhubungan dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hypertext, kemudian membentuk World Wide Web.

2. HTML

Hypertext Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan informasi di dalam sebuah penjelajah web internet dan formatting hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar menampilkan wujud yang terintegrasi.

3. Internet

Interconnection network(internet) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung.Internet menghubungkan berbagai macan jenis komputer dan topology jaringan yang berbeda yang ada diseluruh dunia.Komunikasi jaringan dilakukan dengan menggunakan standar protokol internet yaitu TCP/IP.TCP memastikan semua hubungan dapat bekerja dengan baik, sedangkan IP bertugas mentransmisikan paket data dari satu komputer ke komputer lainnya.

4. Web Server

Web server merupakan perangkat lunak yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari client kemudian mengirimkan kembali hasil dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk HTML yang ditampilkan pada web browser.Beberapa contoh web server yaitu Apache, Nginx, Apache Tomcat, Lighttpd, Microsoft Internet Information Services (IIS), dan LiteSpeed.

5. Browser

Browser adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan halaman web.Browser seperti Chrome, Mozilla, Opera merupakan aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk menemukan, mengambil, dan menampilkan konten di World Wide Web, termasuk halaman web, gambar, video, dan sebagainya.

6. DNS Server

Domain Name System (DNS) merupakan alamat yang mengarahkan website melalui nama domain. Setiap perangkat komputer yang terkoneksi dengan internet pasti memiliki IP Address.Contohnya, komputer yang menjadi host memiliki IP 149.56.240.169, jika kita menggunakan IP tersebut untuk mengakses website, tentu sangat sulit untuk di ingat.Agar mudah di ingat, maka dibuatlah Domain Name System seperti scrimba.com.

Sumber: https://www.freecodecamp.org/news/learn-html-in-5-minutes-ccd378d2ab72

Anatomi Website

Untuk membangung sebuah website dibutuhkan 3 (tiga) pondasi utama.

Pertama adalah HTML, sebagai salah satu bahasa markup yang digunakan untuk membuat struktur dan menampilkan konten pada website, seperti halnya manusia memiliki kerangka dari tulangyang menjadi kerangka dasar.

Kedua adalah CSS untuk mempercantik tampilan sebuah website, seperti halnya manusia memiliki kulit dan kelihatan cantik.

Ketiga adalah JavaScript digunakan untuk menjadikan website lebih dinamis dan interaktif, sama halnya manusia memiliki sebuah otak dan otot agar dapat dinamis dan berinteraksi.

Sumber: https://www.freecodecamp.org/news/learn-html-in-5-minutes-ccd378d2ab72

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments