Home » Karir » 7 Website Yang Dapat Menunjang Karir, Reputasi, dan Personal Branding Dosen Muda

7 Website Yang Dapat Menunjang Karir, Reputasi, dan Personal Branding Dosen Muda

Daftar Isi

Berprofesi sebagai tenaga pendidik atau dosen memiliki tantangan tersendiri, karena disamping melaksanakan pendidikan dan pengajaran, juga harus melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Bukti dari hasil pelaksanaan pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat dikumpulkan agar mendapatkan nilai kum untuk pengusulan kenaikan pangkat jabatan fungsional.

Jabatan fungsional dosen terdiri dari asisten ahli, lektor, lektor kepala, dan professor. Untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi maka harus mengumpulkan kum yang di konversi dari ketiga komponen yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Nah, disini kita tidak akan membahas berapa jumlah nilai kum dari setiap jabatan akademik. Namun yang kita bahas adalah beberapa website yang dosen harus punya akun agar dapat menunjang karir, reputasi, dan personal brandingnya.

Baca juga: 10 Fitur Wajib Website Personal Branding Dosen, Guru, Penulis, dan Trainer

Berikut adalah daftar website, dosen harus ketahui dan wajib memiliki akun di website tersebut.

1. Google Scholar / Google Cendekia

Setiap dosen tentu wajib memiliki akun yang satu ini, lewat website ini artikel penelitian yang pernah di terbitkan di platform seperti Open Journal System atau buku yang pernah diterbitkan dapat terindeks google. Sehingga artikel kamu dapat dilihat dan dibaca oleh orang lain.

Akun google scholar merupakan profil dasar dosen yang dapat memuat hasil karyanya seperti jurnal penelitian, buku, tesis, dokumen paten, dll.

Selain memuat karya-karya penelitian, juga dapat menampilkan jumlah kutipan (citation) berdasarkan kutipan yang dilakukan orang lain terhadap artikel yang pernah diterbitkan.

Disamping itu, juga bisa menambahkan daftar penulis atau pengarang yang menjadi partner penulis.

Nomor ID google scholar juga dibutuhkan ketika membuat akun di aplikasi SINTA, agar artikel yang ada di google dapat terindeks di aplikasi SINTA. Contoh akun google scholar sebagai berikut https://scholar.google.com/citations?user=MGd1Bd0AAAAJ&hl=id

2. Science and Technology Index (SINTA)

Pada aplikasi ini dosen wajib banget memiliki akun. Karena ini adalah profil paling lengkap yang dimiliki oleh dosen.

Website SINTA dapat menampilkan informasi mengenai berapa artikel penelitian yang diterbitkan oleh dosen jurnal terakreditasi nasional dan internasional. Akreditasi nasional terdiri dari S6-S1 sedangkan akreditasi internasional terdiri dari Q4-Q1.

Selain itu, informasi  yang ditampilkan seperti buku, dokumen hak cipta, jaringan penulis, dokumen yang terindeks google scholar, Web of Science, dan Scopus.

Kemudian melalui website SINTA, juga dapat dilihat informasi berapa jumlah sitasi dari setiap artikel, rangking dosen secara nasional dan sesuai dengan afiliasi berdasarkan penelitian dan jumlah sitasi dari hasil penelitian dosen. Contoh akun SINTA sebagai berikut https://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6713274&view=overview

3. Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER)

SISTER merupakan aplikasi yang digunakan untuk merekam semua data penting dosen terkait dokumen pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Beberapa fitur yang terdapat pada sistem ini yaitu: menu profil, kualifikasi, kompetensi, pelaksanaan pendidikan, pelaksanaan penelitian, pelaksanaan pengabdian, penunjang, reward, layanan PAK, layanan BKD, layanan serdos, dan info serdos.

Pada aplikasi ini dosen dapat menyimpan seluruh dokumen yang dapat menunjang karir baik untuk kenaikan jabatan akademik ataupun untuk keperluan sertifikasi dosen. Untuk membuat akun ini, Anda harus menghubungi operator di Perguruan Tingi Bapak/Ibu.

4. Publons

Publons juga merupakan aplikasi yang dapat menampilkan daftar artikel penelitian dosen dan jumlah sitasi artikel. Sehingga artikel yang telah di upload dapat dilihat dan di baca oleh orang lain.

Selain itu, di website publons juga dapat menampilkan data profil dosen dimana pernah menjadi reviewer atau editor pada sebuah jurnal.

Untuk memasukan artikel pada website publons, Anda bisa memasukkan lewat akun ORCID atau menggunakan nomor DOI yang ada disetiap diartikel. Contoh akun publons sebagai berikut https://publons.com/researcher/4115802/aris-susanto

5. Researchgate

Reserchgate juga memiliki fungsi kurang lebih sama seperti publons. Namun beberapa fitur yang ada di website selain menampilkan daftar artikel yaitu dapat menampilkan ke ahlian yang dimiliki dosen, pengalaman, pendidikan, penghargaan, statistik, score, dll.

Di website ini, juga dapat melihat berapa kali artikel di lihat dan dibaca oleh orang lain dan beberapa fitur lainnya yang dapat digunakan.

Untuk membuat akun di Reserchgate, kamu harus punya email kampus seperti arissusanto@stmikbinsa.ac.id, email kampus dapat kamu dapatkan di operator perguruan tinggi masing-masing. Contoh profil recearchget sebagai berikut https://www.researchgate.net/profile/Aris-Susanto-2

6. ORCID

ORCID merupakan website yang juga dapat mengindeks artikel penelitian yang sumber datanya dapat diperoleh dari google scholar. Informasi yang dapat ditampilkan selain daftar artikel yaitu informasi pendidikan dan kualifikasi dosen.

ID ORCID biasa juga digunakan sebagai informasi pendukung ketika mengirim artikel di Open Journal System, dan juga bisa di tampilkan ketika menjadi editor atau reviewer di sebuah jurnal penelitian. Contoh ORCID ID sebagai berikut https://orcid.org/0000-0002-2238-1161

7. Academia

Website Academia  juga memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan Publons dan Researchget.

Informasi yang ditampilkan berupa daftar artikel, jumlah views, jumlah followers, jumlah download, dan di website ini tersedia akun versi premium. Contoh akun Academi seperti berikut ini https://stmikbbkendari.academia.edu/arissusanto

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments