Home » Karir » 11 Sifat Yang Harus Dimiliki, Jika Ingin Jadi Pemimpin Hebat

11 Sifat Yang Harus Dimiliki, Jika Ingin Jadi Pemimpin Hebat

Daftar Isi

Jika kamu bertanya apa itu seorang pemimpin, kamu akan menemukan beragam jawaban. Namun sejatinya pemimpin adalah seseorang dengan daya kekuatannya terhadap orang lain untuk melakukan wewenag, dengan kemampuannya dalam mempengaruhi tata laku, mengajak, mengatur orang lain demi tercapainya suatu tujuan.

Dengan kata lain pemimpin adalah seseorang yang mampu mempengaruhi orang lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Semua orang tentu sangat mendambakan sosok seorang pemimpin yang baik dalam mengayomi anggota maupun bawahannya, pemimpin bukan hanya sekedar pintar tetapi juga dia harus cerdas.

Menjadi seorang pemimpin tidaklah muda sebab banyak yang akan mencela meski sudah berjuang semaksimal mungkin. Yang akan mencela dan mengkritiknya tidak hanya orang lain bahkan oleh anggota timnya sendiri.

Lantas bagaimanakah seorang pemimpin di katakan ideal? Sifat apa saja yang  harus di miliki seorang pemimpin? Untuk itu kami menyajikan ke pada Anda sifat-sifat yang harus di miliki seorang pemimpin.

1. Memiliki Keberanian

Keberanian adalah suatu sikap yang harus di miliki seotang pemimpin, mereka memiliki keberanian melakukan pekerjaan tanpa rasa takut dan pastinya seorang pemimpin selalu siap menghadapi setiap masalah atau hambatan dalam mewujudkan dan meraih keinginan mereka.

Seorang pemimpin harus berani mengambil sebuah resiko, sebab keberanian mengambil sebuah resiko bagi seorang pemimpin akan membuat iya bersiap menghadapi kemungkinan terburuk seperti gagal dan lain-lain.

Karena tidak mungkin seorang pemimpin selalu merasa takut dan ragu ketika memutuskan sesuatu, kalau sampai hal itu terjadi iya akan kehilangan rasa percaya diri dari para anggota bawahannya.

2. Memiliki Sikap Pengendalian Diri

Seorang pemimpin harus mampu mengendalikan keadaan setiap anggota timnya, artinya mereka tidak akan menjadi pemimpin yang baik jika mereka sendiri tidak dapat mengendalikan diri sendiri.

Pemimpin yang baik mampu menyalurkan emosi ke dalam perilaku yang tepat dalam setiap situasi, memiliki ketenangan perasaan yang tidak mudah goyah dalam artian mampu mengendalikan emosi, tidak cepat berprasangka buruk dan melakukan justifikasi terhadap orang lain serta memiliki kepercayaan diri yang besar.

3. Mampu Mendelegasikan Tugas

Pendelegasian merupakan sesuatu hal yang terbilang sangat penting bagi seorang pemimpin. Pasalnya seorang pemipin yang tangguh harus bisa mendelegasikan tugas kepada orang yang tepat.

Selain itu pendelegasian merupakan salah cara untuk mempercayai anggota timnya, sehingga pemimpin mampu menempatkan anggota timnya sesuai dengan keahlian dan kapasitas masing-masing. Dengan demikian seorang pemimpin bisa lebih fokus pada tugas-tugas yang lebih penting

4. Memiliki Sifat Empati Terhadap Anggota Bawahan

Seorang pemimpin sejati harus memiliki rasa empati yang tinggi terhadap anggota bawahannya, hal itu menggambarkan seorang pemimpin yang memiliki rasa kepedulian terhadap karyawannya.

Misalnya seorang pemimpin menaruh rasa empati terhadap masalah yang sedang di alami oleh para anggota bawahannya, jika kamu seorang pemimpin cobalah untuk peka terhadap apa yang di butuhkan oleh bawahanmu.

Sebab rasa empati terhadap masalah yang di hadapi oleh para anggota bawahan merupakan hal yang penting untuk di lakukan.

Empati pemimpin terhadap karyawan bukan saja terlihat dari karakter pemimpin, melainkan cara seorang pemimpin memperlakukan karyawannya dalam bekerja yang di lakukan oleh karyawan tersebut.

5. Selalu Menampilkan Sikap Diri Sendiri

Jika kamu ingin menjadi seorang pemimpin yang unik kamu tidak usah repot-repot menghabiskan waktu untuk menjadi sosok yang di inginkan orang lain. Alhasil kamu sering merasa salah langkah.

Sebaiknya pemimpin yang baik memnghindari hal tersebut, mendengarkan pendapat orang lain boleh-boleh saja tapi kamu harus tetap menjadi dirimu sendiri.

Jika kamu tidak bisa memutuskan arah hidupmu karena takut akan cibiran dan cacian terhadap pandangan orang lain, lalu bagaimana bisa kamu memutuskan hal yang besar ketika jadi pemimpin.

6. Bisa Bekerja Sama Dengan Tim

Kualitas dan kreatifitas hasil kerja akan lebih baik jika di kerjakan dalam sebuah tim. Pemimpin yang baik tidak akan bekerja sendirian namun mereka pasti mampu bekerja dalam sebuah tim, seorang pemimpin tidak bisa bekerja dalam tim jika memiliki sifat egois dan keras kepala.

Pemimpin yang baik siap mengakui kesalahan dan menerima setiap ide dan gagasan dari rekan satu timnnya, mereka tidak akan menganggap sebuah persaingan dengan rekan satu timnya dan juga mampu berbuat penuh kasih sehingga bawahannya loyal kepadanya.

7. Bertanggung Jawab

Pemimpin harus berkompeten dan bersikap jujur di setiap situasi yang di alaminya sehingga kompetensi yang kita miliki berguna. Memiliki karakter pemimpin yang jujur sangat penting dalam kepemimpinan, karakter pemimpin yang baik harus selalu jujur kepada anggota tim atau bawahan.

Misalnya jujur dalam setiap resiko yang  di alami pemimpin, baik itu mengenai kerugian atau pun keuntungan yang di alami oleh pemimpin tersebut. Sikap terbuka bagi seorang pemimpin sangatlah penting untuk di miliki, karena dengan bersikap seperti itu justru akan mempererat relasi kamu dengan orang-orang di sekitarmu tidak terkecuali bawahanmu.

8. Memiliki Motivasi

Pada dasarnya para bawahan atau pengikut hanya termotivasi oleh faktor eksternal ketika bekerja dalam sebuah tim, namun seorang pemimpin justru sebaliknya dimana pemimpin termotivasi secara internal.

Dengan kata lain seorang pemimpin harus memotivasi dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum memotivasi orang lain.

Mereka tidak bekerja untuk status atau harta belaka, para pemimpin hebat biasanya termotivasi untuk berprestasi karena dirinya sendiri.

Pemimpin yang memiliki motivasi bagi dirinya sendiri akan lebih bertanggung jawab terhadap tugasnya, berusaha menjalankan tugasnya sebaik mungkin.

9. Rendah Hati

Ketika kamu di pilih dan di percaya sebagai seorang pemimpin maka kamu memiliki posisi yang lebih tinggi.

Kamu perlu ingat satu hal bahwasanya para bawahan selalu mengejar kemuliaan, maksudnya adalah mereka tidak akan ragu-ragu melakukan pekerjaan kotor bila di perlukan dalam mengejar kemuliaan, sedangkan pemimpin selalu rendah hati.

Berusahalah untu tampil rendah hati dan jangan selalu memiliki pandangan terhadap dunia hanya terpusat pada dirimu saja. Mulailah untuk memirkan orang lain di sekitarmu.

10. Berpendirian Yang Teguh

Seorang pemimpin yang berpendirian teguh akan berjalan sesuai visi tanpa melihat ke-kanan atau ke-kiri. Anda dapat menghadapi apapun saat sudah tau jelas visi dan tujuan Anda.

Selain itu juga, sebagai seorang pemimpin harus memiliki komitmen terhadap keputusan dan tindakan yang kamu lakukan.

Jika Anda menerapkan karakter tersebut terhadap diri kamu, maka bawahan kamu akan memiliki tanggung jawab yang penuh atas setiap pekerjaan yang Anda berikan.

11. Berprinsip

Karakter seorang pemimpin yang banyak di inginkan adalah pemimpin yang memiliki prinsip yang teguh.

Artinya seorang pemimpin yang berprinsip dia mengetahui betul kapan dia harus memutuskan sebuah keputusan.

Biasanya seorang pemimpin yang berprinsip iya akan memikirkan secara matang-matang sebelum mengambil sebuah keputusan.

Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan seorang pemimpin yang tidak memiliki pendirian, mereka akan cenderung bertele-tele dan kurang tegas dalam memutuskan suatu kebijakan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments