Home » Karir » 10 Profesi Lulusan Jurusan Sistem Komputer, Gajinya Bikin Iri

10 Profesi Lulusan Jurusan Sistem Komputer, Gajinya Bikin Iri

Daftar Isi

Sistem komputer merupakan program studi yang mengkombinasikan antara teknik elektro dan ilmu komputer dalam mengembangkan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan jaringan komputer (network).

Pada program studi sistem komputer kamu akan mempelajari bagaimana merancang dan membangun otak dari sebuah komputer atau alat elektronik lainnya yang akan mengontrol jalannya sistem.

Selain itu juga, Sistem Komputer bertujuan untuk membentuk individu agar iya paham dan mampu dalam menganalisis, merancang, dan mengoperasikan komputer terlebih lagi pengelolaaan sistem komputer di gunakan untuk Bisnis, Riset dan hal lainnya.

Sejatinya konsentrasi Kompotensi dasar program studi jurusan sistem komputer adalah CYBER SECURTY, NETWORKING, ROBOTIC & EMBEDDED SYSTEM.

Alasan mengapa kamu memilih jurusan sistem kompur sebab, komputer menjadi salah satu hal yang tidak bisa di pisahkan dengan kehidupan manusia.

Lulusan jurusan sistem komputer memiliki prospek kerja yang sangat menarik, prospek kerja untuk kamu yang lulusan sistem komputer adalah sebagai berikut.

1. Programmer

Programmer adalah sebuah profesi yang menulis atau menyusun kode-kode program, salah satu tugas seorang programmer adalah menterjemahkan bahasa manusia kedalam sebuah program.

Seorang lulusan jurusan sisitem komputer memiliki bakal pengetahuan mengenai dunia programming. Kamu bisa menjadi programmer dan terus mengembangkan kemampuanmu hingga menjadi programmer handal.

Mengingat seiring berkembangnya perusahaan satartup dan e-commerce di Indonesia, kebutuhan akan tenaga programmer akan sangat meningkat.

Untuk itu kamu beuntung banget kuliah di jurusan sistem komputer, pasalnya kebanyakan para perusahaan satartup sekelas unicorn sampai rela mempekerjakan para programmer dengan gaji yang tinggi, termasuk programmer level junior.

Banyak kebutuhan akan programmer di lapangan pekerjaan yang otomatis membuat peluang kerja programmer menjadi lebi terbuka.

Gaji rata-rata programmer berkisar 5-25 juta perbulan. Itulah salah satu alasan yang membuat sebagian banyak orang tertarik untuk berprofesi sebagai programmer.

2. Network Adminisrator 

Prospek kerja selanjutnya bagi jurusan sistem komputer yang bisa kamu pilih adalah sebagai Network Administrator.

Tugas seorang network aministrator yaitu menjaga keamanan dan juga kontiniutas sistem jaringan yang digunakan.

Kegiatan itu termasuk membuat komputer agar terkoneksi ke internet, membuat email server, FTP server, sampai DNS server.

Network admistrator adalah seorang yang bertugas mengelola dan menjaga sistem jaringan yang ada.

Selain itu juga seorang network administrator harus mampu menguasai teknik dasar komputer, network administrator memberikan rekomendasi, memasang, hingga mengatur jaringan komunikasi suatu perusahaan.

Seorang yang berprofesi sebagai network administrator juga bisa di andalkan dalam mengamankan sistem dari serangan siber. Berbicara gaji, gajinya di Amerika mencapai U$ 79.700 (sekitar Rp 1,1 miliar per tahun).

3. Web Developer

Web developer adalah orang yang pekerjaannya menciptakan aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti java, php, pyton dengan mengunakan aplikasi visual studio code, note++ dan aplikasi teks editor lainnya.

Seorang web developer harus mempunyai skil problem solving yang tinggi. Web developer selalu berkomunikasi dengan para konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam membuat sebuah situs website.

Gaji seorang web developer bisa mengantongi sebesar Rp 925 juta pertahunnya. Peluangnnya pun cukup terbuka lebar, dengan potensi pertumbuhan 15 persen dalam sepuluh tahun selama 2016 hingga 2026.

4. Game Developer 

Apakah kamu suka bermain video game? Pernah kah anda berfikir siapa yang bekerja di balik pembuatan video game yang anda mainkan itu? Sebuah video game dibuat oleh tim yang terdiri dari banyak orang yang masing-masing mengerjakan tugas yang berbeda-beda salah satunya game developer.

Selain itu juga game developer adalah seorang software developer yang memiliki spesialisasi dalam pembuatan video game.

Bagi kamu yang lulusan jurusan sistem komputer sangat di untungkan. Sebab, para game developer kebanyakan di isi oleh teknik komputer atau sistem komputer dan teknik informatika.

Tidak hanya menguasai bahasa pemrograman saja, sebuah tim game developer di tuntut memiliki cita rasa seni dan yang pasti kesukaan kepada video game.

Untuk game berbasis web, bahasa yang di gunakan kurang lebih sama yang di gunakan untuk membuat sebuah website, mulai dari bahasa pemrograman PHP, HTML, phyton, java, javascript, ruby, dan lain sebagainya.

Untuk gajinya sendiri, apabila di garis besarkan rata-rata gaji seorang game developer di luar negri sekitar $45.000 sampai dengan $89.000 pertahunnya.

5. Guru Komputer

Lulusan sistem komputer tidak pernah kekurangan lapangan pekerjaan, Apabila kamu hobi dalam mengajar dan background pendidikan kamu adalah sistem komputer.

Kamu bisa mengajar di lembaga-lembaga kursus yang berhubungan dengan komputer, Anda juga bisa mengajar di SD, SMP, SMA. Atau mungkin kamu bisa membangun lembaga kursus komputer sendiri. Untuk gajinya sendiri udah lumayan besar lho.

6. Konsultan IT

Konsultan IT adalah seorang yang mempunyai kelebihan dan tanggung jawab dalam bidang IT. Iya memiliki keahlian khusus baik dalam berkomunikasi, menajemen organisasi IT, dan memiliki pemahaman luas yang berkaitan dengan dunia IT.

Untuk menjadi seorang konsultan IT pada umumnya, minimal pendidikan yang harus harus di tempuh adalah strata 1 (S1).

Sebagai konsultan IT kamu memiliki tugas bertemu dengan para klien, menentukan sumber daya apa saja yang di butuhkan untuk proses audit terkait teknologi, bertanggung jawab dalam memperbaiki sistem yang lebih di butuhkan oleh klien, memonitoring kebutuhan jaringan komputer yang telah di rancang sesuai dengan petunjuk.

Konsultan IT mempunyai tugas di jasa pelayanan konsultan di dunia IT yang meliputi software, sisitem informasi, elektronik, dan lain sebagainya seorang konsultan IT bisa mendapat gaji antara 6 juta sampai 12 juta perbulan

7. Teknisi Komputer

Teknisi komputer  bertugas memeriksa dan memperbaiki bagian-bagian perangkat komputer yang bermasalah dan juga memantau jaringan instalasi perangkat lunak dan pengelolan server.

Saat ini peluang menjadi teknisi komputer terbilang masih cukup besar, karena yang menggeluti profesi ini masih sangat sedikit.

Kamu jangan pernah berfikir bahwa menjadi seorang teknisi komputer semudah mengembalikan telapak tangan.

Dengan kebutuhan perangkat komputer yang sangat besar bisa di bilang semua orang yang bekerja di bidang komputer, pasti membutuhkan yang namanya teknisi komputer terlebih lagi komputer sangat di butuhkan oleh semua orang.

Dengan kebutuhan komputer yang sangat besar itu,  menjadikannya tidak seimbang dengan jumlah teknisi yang masih sedikit, hal ini yang membuat pekerjaan ini masih terbuka lebar.

Untuk itu bagi kamu yang pernah kuliah di jurusan sistem komputer sangat di rekomendasikan untuk terjun di profesi ini, mengingat budget atau penghasilan yang di dapat tidak main-main.

8. Software Engineering 

Software engineering adalah ilmu yang mendalami cara pengembangan perangkat lunak termasuk di dalamnya perancangan, pembuatan, pengujian, pemeliharaan, menajemen proyek, dan menajemen kulitas.

Seorang lulusan jurusan sistem komputer juga bisa berprofesi sebagai software egineering.

Enginering merupakan penerapan kaidah-kaidah ilmu perancangan, kontruksi, operasionalisasi, efektif dan efisien.

9. Intelegent System Developer

Selain profesi di atas, lulusan jurusan sistem komputer kemungkinan besar berpotensi memiliki profesi Intelegent System Developer.

Karena sistem yang akan di kembangkan tidak main-main, di mana yang akan di kembangkan adalah sebuah sistem perangkat lunak atau alat-alat yang bersifat intelegent.

Perlu di ketahui profesi ini sangat sulit, namun bayaran yang akan kamu dapat sangatlah besar.

Tingkat kesulitannya berbanding lurus denga gaji yang kamu dapat. Para jebolan jurusan sistem komputer di harapkan mampu mengembangkan perangkat lunak yang bersifat intelegent seperti sistem pakar, soft computing, sistem prediksi, data mining dan sebagainya.

10. Database Administrator

Database administrator menjadi sangat penting bagi suatu instansi/organisasi. Hal ini di karenakan database adalah kumpulan informasi yang di simpan dalam komputer.

Untuk mengelola seluruh layout database di butuhkan orang yang ahli di bidangnya yaitu yang bisa mengelolah data tersebut yakni seorang database administrator.

Seorang database administrator bertugas melakukan desain database, melakukan pemeliharaan, dan juga perbaikan suatu basis data.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments