Home » Tutorial » 5 Cara Mengembalikan Foto di WhatsApp Yang Terhapus

5 Cara Mengembalikan Foto di WhatsApp Yang Terhapus

Cara mengembalikan foto di Whatsapp yang terhapus dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi bantuan maupun aplikasi bawaan ponsel.

Hal ini bisa dilakukan oleh pengirim maupun penerima foto apabila secara tidak sengaja menghapus foto dari aplikasi WhatsApp.

Penghapusan foto seringkali dilakukan untuk membersihkan gallery maupun menghemat ruang memori internal ponsel, dan terkadang foto tersebut adalah foto penting.

Melansir dari bintangsekolahindonesia.com, meskipun foto yang berada di WhatsApp belum dicadangkan, tetap bisa dikembalikan dengan menerapkan beberapa alternatif cara melalui perangkat berikut ini:

1. Gunakan Aplikasi Bawaan

Cara ini tidak membutuhkan aplikasi lainnya, apabila ponsel Android yang dimiliki adalah merek Xiaomi, cukup buka Mi Cloud di Xiaomi. Kemudian login dengan menggunakan akun Mi Account yang sebelumnya sudah didaftarkan pada perangkat ponsel Xiaomi yang dimiliki.

Setelah berhasil masuk ke Mi Cloud pilih Trash dan akan otomatis muncul beberapa foto yang sudah terhapus sebelumnya. Langkah selanjutnya klik gallery dan cari foto WhatsApp yang secara tidak sengaja terhapus untuk kemudian dipulihkan ke semula.

2. Melalui Google Photos

Dalam ponsel android juga terdapat aplikasi bawaan yaitu Google Photos yang menyimpan foto dan media hingga 2 tahun yang lalu. Untuk mengembalikan foto yang terhapus dari WhatsApp bisa dengan memanfaatkan Google Photos, caranya pun sangat mudah untuk dilakukan.

Langkah pertama buka aplikasi Google Photos dan klik Library yang berada di pojok bawah bagian kanan, kemudian klik tulisan Trash. Dengan demikian otomatis foto di WhatsApp yang terhapus dapat terlihat kembali di Google Photos karena tersimpan di memori internal ponsel.

3. Cek Menggunakan Google Drive

Google Drive dapat mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus dengan catatan email Google di ponsel terhubung dengan akun Google Drive. Cara mengembalikan foto di Whatsapp yang terhapus menggunakan Google Drive ini hanya bisa dilakukan di ponsel android saja.

Buka Google Drive kemudian klik Trash di pojok kiri, foto yang berada di WhatsApp yang telah terhapus akan kembali muncul. Selanjutnya cari foto WhatsApp yang telah terhapus, setelah menemukan kemudian klik Restore atau pulihkan untuk mengembalikan kembali foto yang terhapus.

4. Gunakan WhatsApp Removed+

WhatsApp Removed+ selain dapat memulihkan kembali pesan teks yang terhapus juga dapat mengembalikan foto WhatsApp yang tidak sengaja terhapus. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, terlebih dulu download aplikasi di Google Play Store, kemudian buka dan berikan izin mengakses WhatsApp.

Kemudian pilih Save File dan klik Allow pada aplikasi, dan cari foto yang telah terhapus dari WhatsApp yang ingin dipulihkan. Cara mengembalikan foto di Whatsapp yang terhapus menggunakan WhatsApp Removed+ ini besar kemungkinan akan berhasil dan foto akan kembali terlihat.

5. Buka File Backup WhatsApp

Cara terakhir bisa melalui backup WhatsApp yang ada di aplikasi WhatsApp, caranya pun sangat mudah dan tanpa membutuhkan aplikasi lain. Langkah pertama pastikan foto yang terhapus berada di rentang waktu backup terakhir WhatsApp, caranya klik setting lalu pilih menu Chat.

Kemudian pada menu Chat klik Backup, maka terlihat waktu terakhir backup, bila foto yang dicari di waktu tersebut, uninstall WhatsApp. Selanjutnya instal kembali dan login, apabila ada notifikasi untuk restore data melalui backup izinkan dan klik Next, tunggu foto pulih.

Demikian penjelasan beberapa cara mengembalikan foto di Whatsapp yang terhapus dengan menggunakan bantuan aplikasi maupun menggunakan aplikasi WhatsApp itu sendiri.

Untuk mempermudah langkah mendapatkan foto WhatsApp terhapus secara cepat bisa juga dengan langsung menghubungi pengirim foto untuk mengirimkan foto kembali.