Home » Internet » Awas! Jangan Lakukan Ini Jika Ada Orang Menelpon Pulsa Langsung Berkurang

Awas! Jangan Lakukan Ini Jika Ada Orang Menelpon Pulsa Langsung Berkurang

Daftar Isi

Penelpon mengatasnamakan pihak Telegram

Apakah pernah menerima telpon atau pesan melalui SMS dan Whatshapp dari nomor yang tak dikenal dengan alasan menyampaikan bahwa Anda menerima pulsa gratis yang di berikan oleh pihak Telegram?

Jika pernah, sebaiknya abaikan saja karena dengan mengikuti apa yang di instruksikan oleh pihak yang mengatasnamakan pihak Telegram tersebut dapat mengambil pulsa Anda.

Penipuan yang mengatasnamakan pihak Telegram sering terjadi. Hal ini, dilakukan dengan cara mengiming-imingi calon korban dengan mendapatkan pulsa gratis sebanyak satu juta lima ratus ribu, bisa kurang atau lebih, atau bonus lainnya.

Cara yang dilakukan untuk mengelabui korban

Berikut beberapa cara yang dilakukan pelaku untuk mengelabui korban yaitu:

Pertama mereka menelpon nomor target yang mungkin salah satunya adalah Anda. Setelah mereka menelpon lalu Anda angkat telponnya maka ada nomor lain yang mengirimkan pesan berupa kode sebanyak lima angka (contoh: 75-297).

Kedua mereka meminta untuk menyebutkan kode yang berjumlah lima angka untuk di masukkan di sistemnya, dan mereka menanyakan apakah pulsa sudah masuk atau belum.

Selanjutnya mereka juga, meminta nomor rekening Anda dengan alasan total pulsa yang di dapatkan sebagian masuk dalam bentuk pulsa dan sebagian di transfer tunai.

Ketiga apabila Anda mengatakan belum masuk, maka mereka akan mencoba menelusuri kembali nomor telepon Anda yang terdaftar di aplikasi Telegram. Setelah mereka mengetahui nomor yang anda gunakan terdaftar di aplikasi Telegram. Maka, mereka melakukan aksi yang sama yaitu meminta kode OTP sebanyak lima angka.

Keempat mereka meminta Anda menyebutkan kode OTP. Jadi, sebaiknya ketika menerima permintaan seperti ini jangan pernah menyebutkan kode tersebut. Jika sudah terlanjut di berikan maka dapat memutuskan semua perangkat yang masuk di akun Anda.

Kelima mereka akan menanyakan nomor telpon Anda yang terdaftar di aplikasi Whatshapp. Hal ini, juga dilakukan agar mereka dapat mencoba masuk melalui akun Whatsapp, cara yang dilakukan sama yaitu dengan meminta kode OTP yang terkirim di nomor Anda atau dengan mengirimkan pesan melalui TSEL-APPS contoh: https://my.telkomsel.com/app/login?code-DcNYifLzCn.

Keenam jika Anda mengikuti semua langkah-langkah yang di sebutkan di atas maka Anda akan di minta untuk mengisi pulsa di nomor Anda dengan alasan agar pulsa gratis dapat terkirim. Namun, dengan mengisi pulsa maka sebenarnya pulsa Anda yang akan tersedot akibat mengikuti apa yang di instruksikan.

Bagaimana tips menghindari penipuan yang mengatasnamakan pihak Telegeram?

Pertama ketika Anda menerima telepon dari orang yang tak di kenal dengan alasan memberikan pulsa gratis atau bonus, sebaiknya jangan langsung percaya dan langsung mengikuti apa yang di perintahkan.

Kedua apabila mereka meminta nomor rekening dengan alasan mereka akan mengirimkan lewat transfer tunai. Maka, jangan pernah Anda berikan karena mereka akan mencoba menelusuri ke nomor rekening Anda.

Ketiga apabila mereka meminta kode OTP yang masuk di nomor Anda, jangan pernah di berikan karena hal ini dapat mereka lakukan untuk memverifikasi dimana nomor telepon Anda terdaftar di aplikasi media sosial seperti Telegram atau Whatsapp.

Tips agar akun Telegram terhindar dari hacker

Jika pernah menerima kode OTP yang dikirim melalui SMS tanpa sepengetahuan Anda, maka bisa di pastikan ada orang lain yang mencoba masuk di akun Anda.

Agar dapat terhindar dari hacker telegram sebaiknya ikuti langkah-langkah berikut:

1. Jangan pernah memberikan kode OTP atau kode login kepada siapapun.

2. Jika pihak yang meminta kode OTP, jangan pernah di berikan karena dapat  mencoba masuk di akun Anda.

3. Apabila ada pihak yang mencoba masuk tanpa sepengetahuan di akun Anda, mematikan semua sesi perangkat yang mengakses akun Anda.

4. Untuk mematikan semua sesi yaitu masuk di menu Pengaturan – Privasi dan Keamanan – Sesi Aktif.

5. Aktifkan verifikasi dua langkah akun Telegram Anda agar lebih aman.

6. Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah di akun Telegram masuk di menu Pengaturan – Privasi dan Keamanan – Verifikasi Dua Langkah.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments