Home » Tutorial » Cara Mendaftar ISO di RMI Certification Via Website

Cara Mendaftar ISO di RMI Certification Via Website

The International Organization for Standardization atau lebih dikenal dengan istilah ISO adalah lembaga non-pemerintah yang memiliki kewenangan untuk menetapkan standar terkait sistem, kualitas produk/jasa, keamanan dan efisiensi sebuah perusahaan atau organisasi. Sebuah perusahaan atau organisasi yang ingin bertahan dan diterima secara global harus mengurus sertifikasi ISO, salah satunya dengan cara mendaftar ISO melalui RMI Certification.

Meski tidak ada kewajiban untuk menerapkan dan memiliki sertifikat ISO, tetapi cukup banyak perusahaan besar di dunia yang menerapkan standar ISO. Namun, sertifikasi yang dimiliki akan menjadi bukti bahwa sistem atau kualitas produk yang dijalankan sudah sesuai standar internasional.

Apa Manfaat ISO?

Kepemilikan sertifikat ISO akan memberikan banyak dampak positif bagi perusahaan atau organisasi yang sudah tersertifikasi oleh standar internasional. Berikut beberapa manfaat ISO yang penting untuk diketahui.

1. Standarisasi

Manfaat dari ISO yang pertama berkaitan tujuan membantu perusahaan untuk memiliki standar kerja yang tepat, baik dari aspek sistem kerja, operasional, produksi maupun pengelolaan sumber daya manusia dan energi. Standarisasi ini menjadi penting karena akan menjaga konsistensi produk demi peningkatan performa bisnis.

2. Jaminan Kualitas

ISO juga bermanfaat untuk memberikan jaminan kualitas produk secara konsisten melalui berbagai standar yang ditetapkan. Standar ini bahkan berlaku secara internasional hingga jaminan kualitas atas produk perusahaan diharapkan dapat bersaing di pasar global.

3. Kredibilitas

Manfaat dari sertifikasi yang diberikan ISO akan meningkatkan kredibilitas perusahaan karena sudah menerapkan standar dan sistem kerja berdasarkan standar internasional. Dampaknya, sertifikasi ISO akan memberikan image positif di mata publik.

4. Efisiensi

Standar yang ditetapkan sesuai ISO mengedepankan konsep kerja yang efisien dalam hal waktu, biaya dan sumber daya. Manfaatnya, perusahaan akan mampu meminimalisir potensi pemborosan melalui penerapan sistem kerja yang efisien.

5. Produktivitas

Selain efisiensi, manfaat dari standar ISO juga akan membantu perusahaan menjadi lebih produktif dalam hal peningkatan kualitas kerja karyawan. Standar sistem kerja yang sama tersebut akan membuat kinerja perusahaan lebih optimal, termasuk kepuasan pada produk yang dihasilkan.

6. Relasi Global

Perusahaan yang telah memiliki sertifikasi ISO akan mendapat manfaat berupa kemudahan menjalin hubungan kerja sama dengan relasi dari dalam maupun luar negeri. Dengan memiliki standar yang sama dan berlaku secara internasional melalui bukti sertifikasi ISO, setiap perusahaan bisa melakukan kolaborasi produk untuk mengembangkan bisnis bersama.

Tahapan Mendaftar Sertifikasi ISO

Untuk mendaftar, ada sejumlah tahapan yang harus diketahui oleh perusahaan atau organisasi tertentu dalam menerapkan standar ISO. Berikut ini beberapa tahapan mendaftar sertifikasi ISO yang penting untuk diperhatikan.

  1. Mengajukan permohonan untuk sertifikasi ISO.
  2. Melengkapi kuesioner atau form permohonan dan dokumen, seperti profil perusahaan, hasil audit internal, tinjauan manajemen dan lain sebagainya.
  3. Asesmen dari badan sertifikasi yang telah ditunjuk.
  4. Permohonan sertifikasi ISO disetujui.
  5. Audit pengawasan selama  6-12 bulan.
  6. Penerbitan Sertifikasi ISO.

Tips Mengajukan Sertifikasi ISO

Pengajuan sertifikasi diharapkan mendapat persetujuan dari badan atau lembaga yang berwenang untuk menerbitkan sertifikat ISO. Namun, ada tips mengajukan sertifikasi ISO gar prosesnya bisa segera disetujui.

1. Membangun Komitmen

Tips pertama mengajukan sertifikasi ISO adalah memastikan jika perusahaan atau organisasi telah membangun komitmen terkait implementasi sistem ISO dan standar yang ditetapkan secara global. Dalam hal ini, perusahaan harus sudah beroperasi dalam jangkan waktu tertentu, yaitu minimal selama 3 bulan.

2. Melakukan Peninjauan

Jika ingin pengajuan sertifikasi ISO disetujui, pimpinan harus terlibat aktif dalam asosiasi industri untuk memahami penerapan standar ISO dalam perusahaan. Untuk itu, perlu ada peninjauan sistem manajemen ISO agar dijalankan secara efisien.

3. Membentuk Tim ISO

Perusahaan atau organisasi mungkin perlu membentuk tim khusus dalam menjalankan penerapan ISO sebagai tips berikutnya agar pengajuan ISO disetujui. Tim yang dibentuk bisa mencakup dua orang dari setiap divisi untuk memaksimalkan penerapan standar ISO sudah dijalankan sesuai ketentuan.

4. Memilih Badan Sertifikasi ISO

Tips berikutnya dalam pengajuan sertifikat ISO yaitu memilih badan sertifikasi yang tepat, salah satunya RMI Certification. Langkah ini penting mengingat ada banyak hal yang perlu diurus Badan Sertifikasi ISO dalam proses pengajuan sertifikasi.

Cara Mendaftar Sertifikasi ISO di RMI Certification Melalui Website

Form Pendaftaran Sertifikasi ISO RMI Certification

PT Rajawali Mutu Manunggal Indonesia atau dikenal juga dengan sebutan RMI Certification merupakan lembaga yang menawarkan layanan sertifikasi ISO sesuai kebutuhan perusahaan atau organisasi, mulai dari ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001, ISO 37001, ISO 27001, sampai ISO 22000.

Cara pendaftaran sertifikasi ISO di RMI pun terbilang cukup mudah, salah satunya melalui website resmi PT Rajawali Mutu Manunggal Indonesia. Berikut langkah-langkah pendaftaran sertifikasi ISO di RMI Certification melalui website.

  • Buka browser (Chrome atau Fire fox).
  • Akses website rmicertification.co.id
  • Klik “Daftar Sekarang”.
  • Lalu klik ikon (+) di samping “Form Pendaftaran Sertifikasi ISO”.
  • Masukkan data yang harus diisi pada form yang disediakan.
  • Jika sudah, klik “Submit”.
  • Tunggu balasan dari RMI melalui email atau contact person untuk kelengkapan dokumen terkait.

Terkait pendaftaran di RMI, alur yang harus dijalani juga penting untuk diketahui oleh perusahaan atau organisasi yang ingin mendaftar. Berikut alur proses sertifikasi ISO di RMI Certification.

  • Permohonan sertifikasi.
  • Tinjauan dokumen dan persyaratan (Audit tahap I).
  • Penilaian lapangan (Audit tahap II).
  • Keputusan sertifikat.
  • Penerbitan sertifikat.
  • Audit pengawasan (surveillance) dan pembaruan sertifikat (renewal).
  • Kepuasan pelanggan (customer satisfaction).

Itulah tadi beberapa cara mendaftar sertifikasi ISO melalui RMI Certification via website. Dengan mengetahui cara mendaftar sertifikasi ISO, diharapkan proses pengajuan tersebut bisa berjalan lancar dan tanpa hambatan.