Home » Karir » Alih Profesi Bersama Arkademi Untuk Pekerja dan Profesional

Alih Profesi Bersama Arkademi Untuk Pekerja dan Profesional

Daftar Isi

Alih profesi bersama Arkademi adalah pilihan tepat jika ingin meningkatkan karir dan keahlian professional pada bidang pekerjaan yang baru.

Arkademi menyediakan lebih dari 500 kursus online dengan kurikulum standar pendidikan professional. Materi kursus disusun dan diajarkan oleh instruktur dengan lisensi profesi yang diakui oleh industri.

Dalam menjalankan kursus, Arkademi telah mengantongi izin resmi dari Pemerintah. Ada berbagai kategori kursus dan pelatihan yang dapat dipilih seperti kursus pengembangan diri, keselamatan kerja, administrasi, keuangan, teknologi, dan bisnis.

Nah, sebelum kita membahas tentang peran Arkademi dalam membantu para pekerja dan professional di Indonesia untuk alih karir. Terlebih dahulu pahami apa itu alih profesi dan kenapa harus siap ganti profesi di 2023, serta hal apa yang harus dilakukan sebelum alih profesi.

Apa itu Alih Profesi

Alih profesi berarti berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan baru yang berbeda dengan bidang pekerjaan sebelumnya.

Umumnya, penyebab orang ingin beralih profesi karena ada beberapa hal, seperti tuntutan keluarga, tidak sesuai passion, dan tuntutan zaman.

Namun, ada juga orang yang ingin pindah karir karena melihat keberhasilan orang lain yang penghasilannya lebih menjanjikan.

Lantas, apakah proses pindah karir seseorang semuanya sama dan apakah semuanya berjalan mulus. Tentu saja tidak, karena setiap orang punya latar belakang permasalahan yang berbeda-beda.

Selain itu, tingkat kemampuan, skill, jaringan pertemanan, dan pengalaman juga dapat mempengaruhi proses pindah karir seseorang.

Lalu, apa yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan untuk alih profesi agar karir lebih baik. Untuk mengetahuinya, simak informasinya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Lakukan Ini Sebelum Alih Profesi

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan dilakukan sebelum alih profesi.

1. Pertimbangkan Usia Produktif

Jika ada keinginan untuk melakukan pindah karir maka hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah usia. Sebab, usia yang sudah tua dan usia yang masih produktif akan berbeda dalam penyesuain pada lingkungan kerja yang baru.

Kenapa perlu mempertimbangkan usia, karena ini kaitannya dengan bagaimana mempelajari dan memahami sesuatu hal yang baru. Jika usia sudah tua akan lebih sulit, karena kemampuan untuk mempelajari sesuatu hal yang baru sudah menurun.

2. Berani Mengambil Resiko

Berpindah dari pekerjaan lama ke pekerjaan baru dengan bidang yang jauh berbeda, tentu harus siap dengan segala resiko yang akan terjadi. Olehnya itu, harus berani mengambil resiko ketika memutuskan pindah karir.

Ada banyak resiko yang kemungkinan bisa terjadi, misalnya gaji yang tidak sesuai ekspektasi dan resiko terburuknya sulit beradaptasi karena skill dan kemampuan belum mencukupi untuk menjalankan profesi yang dipilih.

3. Lihat Jenis Pekerjaan

Agar terhindar dari kemungkinan resiko terburuk yang bisa terjadi, maka sebelum memutuskan pindah karir sebaiknya melihat jenis pekerjaan yang memiliki potensi besar dan sesuai dengan kemampuan atau skill yang dimiliki.

Namun, jika pekerjaan yang dipilih membuat harus belajar lagi karena skill dan kemampuan yang dimiliki masih kurang. Maka, tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak tempat kursus online yang bisa membantu meningkatkan skill.

4. Tingkatkan Ilmu dan Skill

Jika sudah memutuskan jenis pekerjaan untuk profesi yang baru. Selanjutnya, pertimbangkan masalah ilmu dan skill yang dimiliki. Apakah ilmu yang dimiliki sudah cukup atau tidak untuk alih profesi.

Untuk itu, perlu adanya peningkatan ilmu dan skill agar menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Jika ingin meningkatkan ilmu dan skill sesuai bidang pekerjaan yang baru, salah satu rekomendasi tempat kursus online terbaik dan bersertifikat di Indonesia yaitu Arkademi.com.

3. Perluas Koneksi

Ilmu dan skill saja tidak cukup untuk berpindah profesi. Tetapi, perlu juga membangun koneksi dengan orang-orang yang memiliki passion atau profesi yang sama.

Dengan memperluas jaringan pertemanan akan memudahkan menemukan informasi pekerjaan atau informasi terkait bisnis yang dijalankan.

Era serba digital ini, membangun relasi bisa melalui media sosial seperti Facebook, LinkedIn, atau bergabung dengan komunitas yang memiliki profesi yang sama.

Selain itu, harus juga sering-seing melakukan promosi dan membangung personal branding melalui website atau media sosial seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, dan lain-lain.

Siap Ganti Profesi di 2023?

Berbicara tentang kenapa harus siap ganti profesi di tahun 2023, tentu hal ini harus diketahui jawabannya dengan mengamati perkembangan zaman dan pengaruh teknologi.

Transformasi teknologi digital membuat banyak pekerjaan digantikan oleh mesin, robot, dan teknologi Artificial Intelegence. Hal ini, yang mendorong banyak orang alih profesi karena beberapa jenis pekerjaan sudah digantikan oleh mesin dan teknologi.

Meskipun begitu, banyaknya pekerjaan manusia yang digantikan oleh teknologi dan mesin tidak serta merta mengurangi lapangan pekerjaan. Justru dengan hadirnya, menciptakan dan membuka banyak lapangan kerja baru yang lebih menjanjikan.

Selaras dengan laporan Mckinsey, menjelaskan bahwa pada tahun 2030 ada sekitar 23 juta pekerjaan yang akan digantikan oleh mesin.

Akan tetapi, akan ada sekitar 47 juga lapangan kerja baru yang muncul dan 10 juta diantaranya merupakan lapangan pekerjaan yang belum pernah ada sebelumnya.

Berdasarkan pada laporan tersebut dan transformasi digital yang ada, dapat menjadi dasar pertimbangan mengapa harus siap ganti profesi di 2023 dan memilih alih profesi bersama Arkademi.

Alih Profesi Bersama Arkademi

Tidak bisa dipungkiri bahwa ilmu dan skill merupakan salah satu hal yang paling utama harus kita pertimbangkan ketika alih profesi.

Sebab, dengan ilmu dan skill akan membuat kita lebih mudah menyesuaikan dan menjalankan pekerjaan yang baru.

Jika ingin menambah ilmu dan skill baik sebelum atau sesudah menjalankan pekerjaan pada profesi yang baru, maka salah satu pilihan tepat adalah mengikuti kursus dan pelatihan dari Arkademi dan bersiaplah ganti profesi bersama Arkademi.

1. Apa itu Arkademi

Arkademi adalah lembaga kursus dan pendidikan resmi berizin resmi dari Pemerintah dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Melansir dari situs resminya, sudah lebih dari 1 juta alumni yang sudah bekerja dan berkarir di beberapa perusahaan ternama seperti Pertamina, Telkom, Bank Mandiri, Gojek, Astra International, Unilever, Garuda Indonesia, dan banyak lagi.

Kursus dan pendidikan Arkademi tersedia beberapa kategori, mulai dari keuangan, bisnis, teknologi, hingga pengembangan diri.

Ada berbagai keuntungan ketika memilih Arkademi sebagai tempat kursus online. Selain karena banyak promo, juga memiliki materi yang disusun oleh instruktur berpengalaman dan diakui oleh industri.

2. Kategori Kursus Arkademi

Berikut adalah beberapa kategori Kursus Online Arkademi yang dapat dipilih:

  • Pengembangan Diri.
  • Keselamatan Kerja.
  • Administrasi.
  • Teknologi.
  • Sertifikasi.
  • Standar ISO.
  • Keuangan.
  • Bisnis.

3. Kelebihan Memilih Arkademi

Berikut adalah beberapa kelebihan memilih Arkademi sebagai tempat kursus dan pendidikan untuk alih profesi:

  • Banyak pilihan paket kursus.
  • Banyak promo dan diskon khusus.
  • Bekerjasama dengan Brand ternama.
  • Berizin resmi dari pemerintah.
  • Kurikulum standar pendidikan professional.
  • Sertifikat kompetensi diakui industri.
  • Instruktur praktisi dengan lisensi profesi.
  • Sudah banyak alumni yang bekerja di perusahaan ternama.
  • Waktu belajar fleksibel.
  • Bersertifikat.

4. Kursus SEO Arkademi

kontes seo arkademi 2023

Dari beberapa kategori kursus yang ada, salah satu yang menarik adalah kategori teknologi dan bisnis, khususnya mengenai kursus SEO (Search Engine Optimatization).

Era serba digital sekarang ini, pertumbuhan bisnis dapat dipengaruhi dengan pemanfaatan teknologi dalam melakukan promosi di internet.

Nah, salah satu yang dapat meningkatkan visibilitas bisnis di internet yaitu bagaiamana mengoptimasi konten bisnis dengan pemahaman SEO.

Melalui kursus SEO yang disediakan oleh Arkademi, kamu bisa belajar SEO dari pemula sampai mahir dengan memahami keyword research, SEO on page hingga teknik SEO.

Dengan pemahaman SEO, kamu memiliki peluang karir sebagai SEO Analyst, Content Writer, SEO Strategist, Copywriter, SEO Writer, dan SEO Specialist. Sementara itu, rate gaji yang bisa diperoleh berada dikisaran Rp 1,5 – 20 juta.

Kursus SEO sangat cocok jika ingin alih karir dan bekerja di bidang digital marketing dan copywriting. Pada kursus ini, kamu akan mempelajari keyword dan competitor research, serta mempelajari SEO Techniques.

Skill yang dapa diperoleh dengan kursus SEO ada dua yaitu hard skill dan soft skill. Hard skillnya adalah SEO Marketing, Copywriting, Digital Marketing, dan SEO Techniques. Sedangkan, soft skill meliputi hal mudah beradaptasi, menganalisis, kecepatan dan ketepatan menulis.

5. Kontak Arkademi

Jika ingin mengikuti kursus bersama Arkademi, maka bisa langsung mengunjungi website resminya atau menghubungi kontak Arkademi:

Alamat Kantor

CoHive 101, Kawasan Mega Kuningan, Jl. Mega Kuningan Barat No.1, Setiabudi, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia 12950

Alamat Korespondensi

Rukan De Kahfi, Jl. M. Kahfi II No. 23 O, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia 12630

Jam Kerja: Senin-Jumat (09.00 – 18.00) Sabtu, Minggu, dan hari besar libur.

Telepon: 021-50203393

WhatsApp: +6285172280918

Email: [email protected]

Kesimpulan

Arkademi menjadi salah satu tempat kursus dan pendidikan terbaik di Indonesia. Karena materi yang diajarkan berdasarkan kurikulum standar pendidikan professional dan disusun oleh instruktur perpengalaman serta terlisensi dan diakui oleh industri.

Dengan demikian, memutuskan untuk alih profesi bersama Arkademi menjadi kunci sukses untuk berkarir dibidang pekerjaan yang baru dengan ilmu dan skill yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman.