Home » Teknologi » Rekomendasi Plugin Untuk Bisnis Online

Rekomendasi Plugin Untuk Bisnis Online

Daftar Isi

Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online malalui internet dengan memanfaatkan media online seperti  marketplace, media sosial, pesan instan, dan website yang dilengkapi dengan plugin untuk bisnis online.

Segala akivitas bisnis di lakukan secara online mulai dari promosi, pelayanan kepada konsumen, dan aktivitas jual beli semuanya di lakukan serba online.

Perkembangan Usaha Bisnis Online di Indonesia

Hasil survey Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan usaha bisnis online mengalami peningkatan sebesar 25,92% pada tahun 2021, data itu mengalami peningkatan jika di bandingkan dengan hasil survey pada tahun 2020 yaitu sebesar 25,25%.

Akan tetapi, dari hasil survey tersebut mengungkapkan bahwa para pelaku usaha bisnis online mayoritas menggunakan pesan instan dan media sosial sebagai media penjualannya.

Data menunjukkan bahwa persentase usaha yang menggunakan media penjualan melalui pesan instan sebesar 93,98%. Pelaku bisnis online menggunakan media sosial mencapai 54,66%. Sedangkan pengguna marketplace 21,64%, e-mail 10,42%, dan website 2,38%.  

Selain itu 17,55% pelaku usaha tidak melakukan aktivitas bisnis online karena memiliki alasan kurangnya pengetahuan atau keterampilan. Hal itu sesuai dengan hasil survey BPS yang menunjukkan bahwa mayoritas pelaku usaha tidak mendapatkan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi.

Berdasarkan hasil survey tersebut, salah satu media bisnis online yang menjadi perhatian saya adalah website. Karena diantara beberapa media yang lainnya website memiliki persentase paling rendah.

Beberapa alasan yang membuat website tidak banyak digunakan, bisa jadi karena untuk menggunakan website sebagai media bisnis online harus memiliki pengetahuan tentang website, membutuhkan biaya tambahan seperti biaya domain, hosting, dan biaya jasa pembuatan website.

Akan tetapi, perkembangan teknologi sekarang ini memiliki sebuah website untuk bisnis online tidak lagi sulit. Karena sudah banyak platform untuk membuat website dengan mudah yang penggunanya tinggal mengelola konten yang disebut Content Management System (CMS).

Salah satu CMS yang cukup populer di kalangan pebisnis online baik di dunia maupun di Indonesia yaitu WordPress. CMS WordPress adalah aplikasi open source yang dapat digunakan untuk mengelola sebuah website untuk berbagai kebutuhan.

Disamping itu, WordPress memiliki aplikasi tambahan yang disebut Plugin. Plugin dapat digunakan oleh pengguna WordPress untuk menambahkan fitur sesuai kebutuhan.

Seperti plugin untuk membantu memudahkan desain website secara professional, plugin mempercepat website, atau plugin untuk kebutuhan bisnis online.

Daftar Plugin Terbaik Untuk Bisnis Online

Membahas tentang Plugin WordPress untuk kebutuhan bisnis online, ada beberapa yang saya rekomendasikan untuk Anda.

Berikut daftar plugin untuk bisnis online yang dapat Anda gunakan pada website WordPress.

1. Elementor

Plugin pertama wajib ada di website bisnis online yang menggunakan WordPress yaitu Elementor. Elementor adalah plugin WordPress yang dapat membantu Anda untuk mendesain website professional dengan cepat dan mudah.

Dengan menggunakan plugin Elementor, Anda dapat mendesain halaman website lebih menarik dengan tampilan yang lebih modern, misalnya Anda ingin membuat landing page.

Mendesain website dengan Elementor sangat mudah dilakukan, karena Anda cukup menggunakan elemen yang disediakan dengan cara drag & drop sesuai kebutuhan. Selain itu, ia juga menyediakan contoh template yang dapat digunakan dengan hanya mengedit kemudian di publish.

Versi Elementor sendiri ada dua yaitu versi gratis dan berbayar. Namun, untuk menggunakan elemen yang lengkap disarankan menggunakan Elementor Pro. Akan tetapi, untuk menggunakan Elementor Pro harganya cukup mahal.

Oleh karena itu, kami menyarankan untuk menggunakan jasa install  Elementor Pro. Karena Anda cukup mengeluarkan biaya 100.000/tahun. Untuk menggunakan Jasa Install Elementor Pro, Anda dapat order lewat Imerspedia atau di penyedia lainnya.

2. WP Rocket

WP Rocket adalah plugin cache  WordPress premium yang dapat meningkatkan performa website dengan metode caching.

Selain itu, dengan menggunakan plugin ini Anda dapat melakukan optimasi file CSS dan Javascript, optimasi tabel, dan beberapa fitur lainnya yang dapat membuat loading website Anda lebih cepat.

Mengapa Anda perlu menggunakan plugin WP Rocket?

Dengan menggunakan WP Rocket dapat mempercepat loading website Anda sehingga dapat meningkatkan posisi artikel di SERP.

Namun, untuk menggunakan plugin ini hanya tersedia versi premium (berbayar). Namun, untuk menggunakannya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya jutaan. Anda cukup menggunakan jasa install WP Rocket, sehingga biaya yang perlu Anda keluarkan hanya kurang lebih 100.000/tahun.

Untuk menggunakan jasa install WP Rocket yang terpercaya dengan pelayanan yang ramah, saya rekomendasikan order melalui jasa install WP Rocket Imerspedia.

3. Yoast SEO

Banyak orang mengatakan “Article is King” untuk menjalankan bisnis online. Sebab, jika disamakan dengan bisnis offline artikel adalah sales yang akan mencari customer.

Namun, untuk membuat artikel yang dapat menarik pengunjung tentu bukan perkara yang mudah. Sebab, artikel yang ditulis minimal masuk halaman pertama pada mesin pencarian ketika dicari dengan kata kunci yang di tergetkan.

Nah, tools yang dapat membantu Anda untuk membuat artikel yang menarik dan disukai mesin pencari salah satunya adalah Yoast SEO.

Yoast SEO adalah salah satu plugin SEO yang digunakan untuk meningkatkan SEO website. Dengan menggunakan plugin ini, Anda dituntun membuat artikel sesuai kaidah SEO sehingga ramah terhadap mesin pencari dan pengguna.

4. Tutor LMS Pro

Tutor LMS adalah plugin WordPress yang memiliki fitur untuk memudahkan membuat, mengelola, dan menjual kursus online.

Plugin ini dapat digunakan untuk berbagai kategori pembelajaran seperti pembelajaran campuran, pendidikan masyarakat, pendidikan berkelanjutan professional, kursus pelatihan, dan kelas online.

Tutor LMS merupakan salah satu sistem manajemen pembelajaran yang lengkap dan user friendly. Sebab, Anda tinggal melakukan drag & drop untuk membuat kursus. Selain itu, ia juga dilengkapi berbagai fitur seperti Lessons, Quiz, Assignments, Certificate Builder, dan Reports.

Disamping fiturnya yang lengkap ia juga memiliki desain yang menarik, tampilan dashboard dapat di atur untuk tutor dan peserta, dapat mengatur kuis dan tugas, tersedia dalam bentuk mobile learning, serta di lengkapi dengan laporan.

Untuk menggunakan Tutor LMS di WordPress Anda perlu mengeluarkan dana yang cukup besar per tahunnya, yaitu kisaran 3 juta jika Anda membeli langsung dari situs resminya. Namun, jika Anda ingin menggunakan dengan harga ratusan ribu per tahun, Anda dapat menggunakan jasa install Tutor LMS Pro.

5. Notiforder

Notiforder adalah sebuah plugin WordPress yang berfungsi untuk meningkatkan potensi konversi penjualan dengan cara memancing psikologi pengunjung.

Plugin notiforder dapat memberikan pemberitahun order kepada pengunjung website Anda. Sehingga visitor website Anda dapat memiliki ketertarikan untuk membeli produk Anda.

Fitur notiforder yaitu realtime pus notification yang dapat menampilkan notifikasi otomatis secara realtime. Kemudian ada fitur custom push notification, show spesifict page, dan import custom order.

Jika Anda ingin menggunakan plugin Notiforder dengan harga murah, Anda dapat menggunakan jasa install Notiforder.

6. Sejoli – Plugin Membership, Affiliate dan Donasi

Salah satu plugin wajib digunakan jika Anda memiliki bisnis online menggunakan website WordPress yaitu plugin Sejoli.

Sejoli adalah salah satu plugin WordPress yang memiliki fitur membership, afiliasi, dan donasi yang dikembangkan oleh anak bangsa untuk memudahkan para pebisnis online yang menggunakan toko online berbasis WordPress.

Plugin membership yang satu ini sangat di rekomendasikan untuk Anda, karena ia memiliki fitur yang lengkap dan sangat cocok untuk aktivitas bisnis online.  

Bagi Anda yang tertarik menggunakan plugin Sejoli biaya yang perlu Anda siapkan sebesar 549 ribu per tahun. Namun, untuk mendapatkan harga yang lebih murah dapat melalui jasa install Sejoli.

7. Salesloo – Plugin Membership dan Affiliate

Plugin Salesloo memiliki fungsi yang sama dengan sejoli yaitu sebagai plugin membership dan afiliasi. Sistem pembayaran yang bisa dilakukan pada Salesloo tidak hanya melalui pembayaran via bank, namun bisa juga melalui via paypal.

Salesloo memiliki beberapa fitur antara lain sistem membership, sistem affiliasi, leaderboard, kupon diskon, proteksi konten, lisensi produk, kelas online, notifikasi orderan, dan smart dashboard.

Selain beberapa plugin yang sudah disebutkan di atas, mungkin masih ada beberapa plugin lain yang dapat Anda gunakan untuk mendukung aktivitas bisnis online Anda. Olehnya itu, Anda dapat menginformasikan kepada kami dengan cara meninggalkan pesan di kolom komentar.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments