Home » Karir » 11 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Mahasiswa Sambil Kuliah

11 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Mahasiswa Sambil Kuliah

Sebagai mahasiswa Anda harus di tuntut aktif dan kreatif agar bisa mandiri dalam segala hal, dan tidak hanya mengandalkan kiriman dari orang tua, tidak sedikit mahasiswa yang memikirkan bagaimana caranya bekerja untuk menghasilkan uang namun tidak mengganggu jadwal kuliah.

Berbekal kreatifitas, berani tampil dan mengambil keputusan, jeli melihat peluang dan berani mengambil resiko.

Sebenarnya banyak pekerjaan buat mahasiswa dengan modal kecil bahkan tanpa modal sekali pun yang mungkin bisa di geluti dan sama sekali tidak mengganggu jadwal kuliah.

Sebab tidak bisa di pungkiri setelah lulus nantinya para mahsiswa akan di hadapkan denga dunia kerja, sehingga akan lebih baik mempersiapkan diri dari awal.

Pekerjaan sampingan buat mahsiswa bukan hanya sebagai penambah uang saku, akan tetapi bisa di jadikan sebagai modal dan pengalaman yang tentu saja dapat di jadikan modal ketika lulus nanti.

Dengan pekerjaan sampingan mahasiswa tidak lagi dipusingkan dengan urusan keuangan untuk membeli kebutuhan pribadi, dan tidak akan pusing mencari-cari pekerjaan setelah lulus.

Ada beberapa pekerjaan buat para mahasiswa yang sesuai dengan minat bakat dan keterampilan. Inilah 10 pekerjaan sampingan dengan penghasilan yang menjanjikan dan tentu saja tidak menghalangi kuliah bagi para mahasiswa.

1. Online Shop

Sebagai seorang mahasiswa yang secara umum memiliki waktu luang lebih banyak, dan terkadang waktu luang tersebut Anda ingin mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat atau produktif yang menghasilkan uang.

Dibandingkan Anda mengisinya dengan kegitan-kegiatan yang tidak bermanfaat sama sekali, maka akan lebih baik apabila kamu memanfaatkan waktu luang tersebut dengan mendapatkan penghasilan tambahan dari Internet.

Contohnya online shop, melalui online-shop mahasiswa dapat menjual berbagai macam seperti baju, celana/rok, pernak-pernik, peralatan rumah tangga, alat bangunan, dan berbagai jenis sepatu dan lain-lain.

Banyak forum jual beli online yang menawarkan kemudahan transaksi di dunia maya, penjualan tidak hanya di tujukan kepada teman-teman kampus, tetapi juga kepada pelanggan lain yang ada di dunia maya.

Ada beberapa situs jual beli yang dapat di manfaatkan untuk menjual barang milik pribadi atau pun barang milik orang lain. Nah kalau kamu tidak memiliki barang, kamu tidak perlu khawatir, kamu dapat menjual barang dari beberapa situs reseller maupun dropship. Modal yang di butuhkan pun tidak banyak, tetapi hasilnya lumayan, Gimana tertarik gak?

2. Jasa Pengetikan Dan Print

Bisnis jasa pengetikan dan print merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan bagi para mahasiswa terutama bagi yang tinggal indekos di sekitar kampus, pasalnya mahasiswa tidak akan lepas dengan kegiatan yang namanya ketik dan print.

Apalagi lokasinya yang berdekatan dengan area perkantoran tentunya juga memiliki prospek yang bagus untuk usaha ini.

Alasan lain mengapa kamu harus memulai usaha ini, khususnya kamu mahasiswa adalah karena kuliah identik dengan berbagai macam projek yang bersifat tulisan, yang di berikan dalam bentuk cetakan.

Di bandingkan mencetak tugas sendiri, saat ini mahasiswa lebih memilih untuk menggunakan jasa pengetikan dan print, sebab para mahasiswa masih banyak yang tidak mempunyai perangkat cetak dan tidak ada waktu untuk mengetik serta mencetak tugas tersebut.

Untuk membuka usaha ini, di perlukan kemampuan dalam pengetikan sebab pelanggan akan  kembali bila hasilnya memuaskan.

Cukup memiliki leptop/komputer dan printer sebagai modal utama. Nah untuk menghemat biaya, Anda bisa membeli perangkat bekas yang masih bagus dengan harga yang lebih murah.

3. Penulis Artikel

Kamu mahsiswa yang senang menulis dan tulisan kamu ingin di jadikan uang sebagai penambah penghasilan, maka kamu bisa menjajal profesi penulis artikel atau content writer. Nanti tulisan yang kamu tulis akan di posting dalam blog atau website.

Tema artikelnya pun bervariasi, karena tergantung dari permintaan klien. Di sisi lain pekerjaan ini tidak terikat oleh waktu, kamu bisa melakukanya kapan dan dimana pun kamu mau, artinya pekerjaan ini cukup fleksibel untuk di coba saat akhir pekan. Pekerjaan ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan.

Jika tulisan kamu berkualitas kemungkinan besar karirmu akan melejit di masa mendatang. Sebab, kamu memiliki pengalaman yang cukup dengan menulis konten artikel.

4. Pemandu Wisata

Kerja sampingan mahasiswa satu ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai public speaking. Apalagi kalau wilayah kampus kamu berdekatan dengan lokasi wisata, kamu bisa menawarkan jasa pemandu wisata ke setiap pengunjung atau turis yang datang.

Tentu saja Anda harus mengusai beberapa bahasa asing untuk membantu mengantisipasi apabila kamu di hadapkan dengan para pewisata yang berasal dari luar negeri. Kamu bisa bekerja secara swadaya atau bergabung di agen perjalanan wisata.

5. Jasa Desain Grafis

Ide usaha mahasiswa bisa di lakukan dengan membuka jasa desain grafis. Ini tentu berlaku bagi mahasiswa yang memiliki ke ahlian dalam hal desain. Mahasiswa jurusan desain atau yang bukan namun memiliki kemampuan mendesain bisa membuka jasa desain grafis.

Caranya dengan menawarkan kepada mahasiswa lain atau mungkin dosen. Bisnis ini menuntut keterampilan mahasiswa dalam mengoperasikan software seperti Photoshop untuk melakukan desain grafis.

Namun, pastikan kalau kamu selalu memiliki ide kreatif untuk membuat desain yang menarik, jasa desain grafis biasanya di butuhkan untuk membuat logo, gambar, brosur, undangan dan lainnya.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memilih tempat yang nyaman untuk mencari inspirasi.

Selain ide yang brilian, kamu juga hanya perlu menyiapkan leptop dan jaringan Internet untuk menjadi freelance graphic designer.

6. Bisnis Jasa Tour And Travel

Bagi mahasiswa yang senang dengan wisata alam dan melakukan traveling, serta dapat merencanakan perjalan wisata maka dapat memulai jasa tour and travel ke tempat wisata dalam negeri ataupun luar negeri.

Bisnis ini memberikan keuntungan ganda, yaitu keuntugan berupa uang dan keuntungan dapat melakukan ikut merasakan wisata. Bisnis ini dapat di mulai dengan mengumpulkan mahasiswa yang ingin liburan, bahkan dapat di kembangkan dengan melayani tour orang umum.

7. Pengajar

Cocok banget bagi mahasiswa yang menguasai beberapa mata pelajaran, pekerjaan sampingan ini dapat di ambil yang bergerak sebagai pengajar atau memberikan kursus private.

Jasa mengajar bisa dilakukan bagi mahasiswa jurusan apa saja yang tertarik mengajar dan memiliki pengetahuan dalam hal pendidikan sesuai kurikulum di sekolah.

Kegiatan mengajar sendiri dapat dilakukan di rumah siswa sehingga tidak membutuhkan tempat khusus. Bagi mahasiswa yang ingin membuka jasa mengajar dengan tujuan untuk mendapatkan pemasukan tambahan, maka perlu mempersiapkan beberapa hal seperti alat, komunikasi dan transportasi.

Seperti yang kita ketahui, banyak siswa sekolah hingga pekerja yang mengambil kursus pada akhir pekan. Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

8. Bisnis Jualan Kaos

Ide bisnis mahasiswa yang berikutnya adalah bisnis jual kaos. Untuk memulai bisnis ini mahasiswa harus mempunyai hubungan dengan tempat konveksi dengan tempat salon, kemudian harus mampu membuat desain kaos yang paling keren untuk di jual sehingga memerlukan kreatifitas tinggi.

Tujuan mengapa Anda harus memiliki kreatifitas tinggi di karenakan semakin keren desain, maka semakin banyak orang yang tertarik untuk membelinya. Buatlah desain yang unik dengan kata-kata yang lucu-lucu.

9. Photo Grapher

Bisnis mahasiswa selanjutnya adalah bisnis yang berhubungan dengan hobi yaitu bisnis usaha jasa photo grapher dan video. Kenyataannya banyak orang yang suka di foto dan di rekam aktifitasnya karena hasilnya menjadi memori yang di abadikan.

Hanya bermodalkan kamera, kamu bisa menjajal dunia photo grapher, ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa photo grapher untuk memotret produknya.

Bisnis ini berpotensi besar jika di atur dengan baik. Untuk memulai usaha ini harus mempuyai ke ahlian dalam menyusun gambar atau video.

Para influencer pun juga membutuhkan photo grapher untuk meningkatkan followers  dan engagement media sosialnya. Selain untuk mendapatkan penghasilan tambahan, kamu dapat meningkatkan kemampuan fotografimu.

10. Jasa Ketik Tugas

Selama mahasiswa masih ada, maka tugas-tugas mahasiswa juga tidak akan ada habisnya, dan kebanyakan tugas di minta dalam karya tulis yang di ketik. Maka kamu bisa memanfaatkan momentum ini untuk kerja sampingan dan pastikan kegiatan kuliah kamu tidak terganggu.

Kamu bisa kerja sampingan mahasiswa dengan membuka jasa ketik. Bisa ketik tugas, makalah, bahkan skripsi. Kamu hanya perlu leptop sendiri sebagai modal utama.

11. Bisnis Jualan Makanan Kecil

Bagi kamu mahasiswa jika kantin kampus kamu letaknya cukup jauh dari ruang kuliah. Ada sebuah bisnis yang dapat di jalankan, yaitu bisnis menjual makanan kecil. Peluang bisnis ini muncul saat pergantian mata kuliah dan ada waktu jeda singkat di antaranya.

Momen ini adalah peluang untuk berjualan makanan kecil di ruangan kelas, sebab makanan kecil, seperti snack dan air mineral sangat di butuhkan untuk mengganjal perut yang lapar saat kuliah.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments