Home » Info,Kesehatan » Apa itu Cahaya Biru? Manfaat, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Apa itu Cahaya Biru? Manfaat, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Daftar Isi

Saat ini gadget tidak bisa lepas dari kehidupan seseorang karena disamping sebagai alat komunikasi, juga digunakan untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Namun, penggunaan gadget terlalu lama akan berdampak pada kesehatan mata akibat pancaran cahaya biru. Lalu apa itu cahaya biru di HP?

Disadari atau tidak, menatap layar HP dalam jangka waktu yang terlalu lama akan membuat mata merasa perih dan lelah. Itu disebabkan karena adanya pancaran sinar biru dari layar HP.

Selain dari dampak akibat paparan sinar biru pada mata, sebenarnya juga berguna bagi tubuh. Nah, kapan ia berguna bagi tubuh dan saat kapan berdampak negatif. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Cahaya Biru

Blue Light  disebut sebagai cahaya biru atau sinar biru. Dilansir dari laman Halodoc, cahaya biru adalah cahaya yang tampak dengan panjang gelombang antara 400 hingga 450 nanometer.

Cahaya biru digolongkan sebagai high-energy visible light (HEV light), dimana sumber terbesarnya berasal dari sinar matahari.

Selain itu, sumber cahaya biru berasal dari perangkat elektronik seperti lampu neon, lampu CFL, lampu LED, TV LED, monitor komputer, ponsel pintar, dan layar tablet.

Mengutip dari salah satu jurnal penelitian, bahwasanya paparan cahaya biru dari layar lebih kecil dibandingkan sinar biru yang dipancarkan dari matahari.

Akan tetapi, ada dampak jangka panjang yang diakibatkan dari paparan sinar biru dari layar akibat sering menatapnya dengan jarak yang terlalu dekat.

Bahkan, ada penelitian yang menyatakan mata anak-anak lebih banyak menyerap cahaya biru dibandingkan orang dewasa akibat penggunaan perangkat digital.

Untuk itu sangat penting mengetahui bahaya sinar biru yang dihasilkan dari layar HP, dan apa saja manfaatnya bagi tubuh.

Dampak Cahaya Biru Bagi Kesehatan

dampak cahaya biru terhadap kesehatan mata

Sinar biru sebenarnya memiliki manfaat bagi tubuh jika tidak berlebihan. Tetapi era serba digital sekarang ini tampaknya dampak dari sinar biru ini tidak terhindarkan.

Hal itu bisa terjadi karena sinar biru yang dihasilkan dari layar smartphone, laptop, tablet, televisi, dan lampu LED. Semua perangkat elektronik tersebut sering digunakan dan menatap layarnya terlalu lama.

Adapun bahaya sinar biru yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Mengganggu kesehatan mata yang membuat mata kering dan iritasi, sakit kepala, pandangan buram, kesulitan fokus, sakit leher, dan sakit punggung.
  • Meningkatkan resiko depresi
  • Resiko diabetes, penyakit jantung, dan obesitas
  • Bisa menyebabkan kerusakan mata permanen
  • Dapat memicu permasalahan pada kulit

Manfaat Cahaya Biru

Selain dari beberapa dampak yang diakibatkan dari paparan sinar biru, ada beberapa manfaatnya juga loh bagi tubuh.

Beberapa manfaat cahaya biru bagi tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Dapat meningkatkan kewaspadaan
  • Mengangkat fungsi kognitif
  • Mengatur mood
  • Mengatur ritme circadian yang berkaitan dengan kualitas tidur

Meskipun memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, tetapi dampak dari paparan sinar biru juga tidak bisa kita abaikan. Olehnya itu, kita harus mengatur waktu penggunaan gadget agar tidak mengganggu kesehatan khususnya pada mata.

Cara Mengatasi Bahaya Sinar Biru

Menatap layar terlalu lama membuat mata menerima sinar biru berlebihan yang dapat menyebabkan kelelahan mata, mata kering, dan lain-lain.

Agar hal itu tidak terjadi, perlu adanya pencegahan agar dapat mengurangi intensitas sinar biru terhadap mata.

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengurangi dampak dari paparan sinar biru yang berlebihan seperti mengurangi waktu penggunaan gadget.

Selain itu, Anda juga bisa memasang filter di depan layar untuk mengurangi sinar biru, atau menggunakan lensa kacamata khusus untuk melindungi mata, yaitu lensa kacamata anti sinar biru.  

Cara Mengurangi Sinar Biru HP

Menatap layar smartphone terlalu lama akan berdampak pada kesehatan mata, seperti mata lelah, perih, iritasi, dll.

Agar hal itu tidak terjadi, berikut cara mengurangi sinar biru HP yang perlu Anda coba lakukan.

  • Mengatur tingkat pencahayaan agar tidak terlalu terang
  • Mengaktifkan mode malam hari jika tersedia
  • Lebih sering berkedip
  • Beri jarak antara mata dan ponsel
  • Menjauhkan atau mematikan perangkat elektronik beberapa jam sebelum tidur
  • Mematikan lampu pada saat tidur

Nah, apakah Anda sudah paham apa itu cahaya biru dan bagaimana dampak bagi kesehatan dan manfaatnya untuk tubuh.