Home » Info » 0896 Kartu Apa? Nomor Daerah Mana, Ini Cara Ceknya

0896 Kartu Apa? Nomor Daerah Mana, Ini Cara Ceknya

Daftar Isi

Mengetahui 0896 kartu apa, nomor apa, operator apa, dan daerah mana memang perlu diketahui. Pasalnya, terkadang ada nomor baru yang menelepon kita yang tidak jelas asal usulnya. Untuk itu, jika Anda ingin mengetahui kode tersebut nomor apa, berikut kami berikan informasi selengkapnya.

Perlu diketahui bahwa setiap operator kartu SIM di Indonesia memberikan kode tersendiri pada awalan nomor yang digunakan oleh setiap pelanggannya.  Seperti Telkomsel, XL, Indosat, Smartfren, Tri, dan lainnya semuanya memiliki kode tersendiri.

Pemberian kode tersebut tidak lain dengan tujuan agar pengguna dapat mengetahui kartu yang digunakan menggunakan operator apa.

Sehingga, ketika pengguna ingin menggunakan layanan dari operator tersebut tidak bingung, begitu juga saat ada telepon yang masuk dari pengguna lain dapat membantu untuk mengenalinya dengan mudah.

Selain itu, dengan mengetahui kode prefix dari setiap operator dapat membantu untuk mencegah terjadinya penipuan terhadap kita.

Dengan mengecek nomor tersebut melalui aplikasi pelacak nomor seperti Truecaller, GetContact, atau yang lainnya dapat membantu Anda untuk mengetahui pemilik

Tidak hanya itu, kita juga bisa mengetahui berapa biaya pulsa yang akan digunakan untuk melakukan panggilan atau membalas pesan ke nomor tersebut.

Untuk itu, khususnya pada artikel ini kami akan membahas mengenai kode prefix 0896 kartu apa, daerah mana dan operator apa, serta bagaimana cara mengeceknya.

0896 Kartu Apa?

Setiap Negara memiliki kode tersendiri termasuk Indonesia. Khususnya di Negara Indonesia, nomor kartu handphone diawali dengan +62 atau 0.

Selanjutnya, akan diikuti dengan kode provider dan daerah baru dilanjutkan dengan beberapa digit angka. Umumnya, nomor Tri terdiri dari 11, 12, atau 13 digit angka.

Kode prefix 0896 adalah salah satu kode operator Tri, selain 0896 ada juga 0895, 0897, 0899. 

Setiap nomor Tri memiliki kode prefix yang berbeda sesuai dengan jenis kartu dan daerahnya.

Setelah kode prefix, dilanjutkan dengan beberapa digit angka yang membedakan nomor telephone yang digunakan oleh setiap pengguna.

Jadi, sekarang mungkin sudah memahami jika Anda mendapatkan panggilan telephone atau SMS dengan kode tersebut, bahwa kode tersebut milik provider Tri.

0896 Kode Daerah Mana?

Setelah kode prefix juga terdapat angka yang biasanya terdiri dari satu, dua, atau tiga yang menunjukkan kode daerah atau Home Location Register (HLR) dari nomor kartu tersebut. Setiap nomor, masing-masing memiliki kode wilayah tersendiri.

Jadi, mengetahui kode wilayah pada nomor kartu telephone sangat penting. Salah satunya, untuk memudahkan kita saat ingin melakukan pengisian paket data.

Sebab, terkadang kita memiliki kuota paket data tidak bisa dilakukan pada wilayah tertentu karena kita tidak berada pada wilayah sesuai yang ada di nomor kartu yang kita gunakan.

Untuk 0896 digunakan sebagai kode prefix di beberapa daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Jember, Deli Serdang, Banten, Ciputat, dan Tangerang Selatan.

Berikut adalah daftar kode daerah nomor Tri untuk beberapa daerah di Indonesia.

Kode Prefix

Daerah

Kode Wilayah

089655

Bandung

55

089660

Bandung

60

089662

Bandung

62

0896478

Banten, Ciputat, Tangerang Selatan

478

0896614

Deli Serdang

614

08963

Jakarta

3

08964

Jakarta

4

089670

Jember

70

Cara Cek Nomor Operator

Jika bingung bagaimana mengetahui nomor yang Anda gunakan kartu apa dan operator apa. Cara cek nomor operator sangat mudah dilakukan melalui menu dial USSD, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu dial pada ponsel Anda.
  • Selanjutnya ketik *123# lalu tap tombol panggilan pada kartu yang ingin dicek.
  • Kemudian akan muncul tampilan UMB yang menampilkan nomor yang digunakan.
  • Jika nomor yang muncul tidak diawali dengan 0896 atau kode kartu Tri lainnya, maka dapat dipastikan nomor tersebut bukan kartu Tri.
  • Selesai.

Kesimpulan

Penting untuk mengetahui kode prefix yang digunakan oleh setiap provider kartu GSM, baik yang digunakan sendiri atau nomor orang lain yang melakukan panggilan ke telephone kita.

Sebab, dengan mengetahuinya kita bisa mengetahui provider yang digunakan dan mempermudah kita untuk mengakses layanan dari provider kartu tersebut.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments