Home » Aplikasi,Teknologi » Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik di Indonesia

Bisnis online semakin meningkat sejak munculnya aplikasi belanja online atau e-commerce. Aplikasi tersebut memudahkan para penjual untuk membuka toko secara online melalui platform e-commerce. Persaingan toko online terbaik di Indonesia juga terus berlanjut, seperti yang dilaporkan iPrice pada kuartal II 2022.

Berdasarkan laporan tersebut, setidaknya ada 10 toko online yang memiliki jumlah pengunjung terbanyak yaitu diatas 2 juta pengunjung per bulannya. Selain menampilkan total jumlah pengunjung web, juga menampilkan rangking AppStore dan PlayStore.

Kemudian ada juga informasi jumlah pengikut di media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan juga menampilkan jumlah karyawan.

Nah, untuk mengetahui aplikasi belanja online terbaik yang ada di Indonesia, berikut kami akan menyajikan informasi selengkapnya untuk Anda.

Aplikasi Belanja Online Terbaik Paling Banyak Digunakan

Berdasarkan jumlah pengunjung per bulannya, berikut aplikasi belanja online terbaik di Indonesia berdasarkan laporan iPrice pada kuartal II 2022. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Tokopedia

Aplikasi belanja online nomor 1 di Indonesia 2022 di pegang oleh Tokopedia. Berdasarkan data iPrice, rata-rata jumlah pengunjung laman Tokopedia mencapai 158,3 juta per bulannya.

Jika melihat data pada kuartal I, angka ini mengalami kenaikan dari 157,2 juta menjadi 158,3 juta per bulannya. Sementara rangking pada AppStore, Tokopedia menempati urutan kedua dan urutan kelima pada PlayStore.

Sedangkan jumlah pengikut media sosial sebanyak 1 juta di Twitter, 5 juta di Instagram, dan 6 juta di Facebook. Sedangkan jumlah karyawan Tokopedia mencapai 7 ribu orang.

2. Shopee

Shopee menempati urutan kedua sebagai aplikasi belanja online terbaik dengan rata-rata 131,2 juta pengunjung web bulanan. Meskipun kalah dalam jumlah pengunjung web, tetapi Shopee unggul dari semua aplikasi e-commerce pada rangking AppStore dan PlayStore.

Sementara jika melihat data pada kuartal I 2022, pengunjung web Shopee mengalami penurunan dari 132,7 juta menjadi 131,2 juta pengunjung per bulannya.

Jumlah pengikut Shopee di Twitter mencapai 842 ribu, 8 juta lebih pengikut di Instagram, dan lebih dari 25 juta pengikut Facebook. Sedangkan jumlah karyawannya lebih dari enam ribu orang.

3. Lazada

Aplikasi belanja online terbaik yang menempati posisi ketiga yaitu Lazada. Platform e-commerce ini memiliki 26,6 juta pengunjung web bulanan pada kuartal II 2022. Jumlah pengunjung Lazada mengalami kenaikan dari kuartal I 2022 yang hanya mencapa 24,6 juta.

Meskipun mengalami kenaikan dalam jumlah kunjungan, tetapi Lazada belum mampu menggeser Shopee dan Tokopedia. Selanjutnya pada rangking AppStore, Lazada menempati urutan ke tiga dan urutan kedua pada PlayStore.

Sementara pada pengikut media sosial, Lazada memiliki 475 ribu pengikut Twitter, 3 juta lebih pengikut Instagram, dan lebih dari 32 juta pengikut Facebook. Jumlah karyawan Lazada mencapati seribu lima ratus orang.

4. Bukalapak

Bukalapak menempati posisi ke empat dengan total pengunjung laman web bulanan mencapai 21,3 juta kunjungan pada kuartal II 2022. Akan tetapi, angka itu mengalami penurunan jika membandingkan data pada kuartal I 2022.

Meskipun mengalami penurunan jumlah pengunjung hingga jutaan, tetapi tidak membuat posisi Bukalapak turun dari posisi ke empat. Rangking Bukalapak pada AppStore menempati rangking ke tujuh dan keenam pada PlayStore.

Adapun jumlah pengikutnya mencapai 252 ribu di Twitter, dua juta lebih pada Instagram, dan dua juta lebih pengikut Facebook. Sementara jumlah karyawannya mencapai 2.962 orang pada kuartal II 2022.

5. Blibli

Platform e-commerce Blibli menempati posisi kelima dengan jumlah kunjungan halaman rata-rata 19,7 juta kunjungan pada kuartal II 2022. Jumlah kunjungan tersebut meningkat dari sebelumnya yang mencapai 16,3 juta pada kuartal I.

Dengan kenaikan itu, membuat posisi Blibli naik satu tingkat dengan menggeser platform e-commerce Orami yang sebelumnya menempati posisi kelima.

Blibli menempati peringkat lima pada AppStore dan menempati posisi ke tiga pada PlayStore. Sedangkan jumlah pengikut Twitter mencapai 613 ribu, dua juta pengikut Instagram, delapan juta pengikut Facebook, serta memiliki karyawan 2.952 orang.

6. Orami

Orami.co.id adalah sebuah toko online yang menyediakan berabagai perlengkapan bayi, kebutuhan ibu hamil, atau ibu menyusui. Data pada kuartal II 2022, platform belanja online ini berada pada posisi ke enam dengan 16,1 juta pengunjung web bulanan.

Meskipun terlihat jumlah pengikut pada media sosialnya tidak sebanyak platform e-commerce yang lainnya. Tetapi, Orami bisa masuk 10 besar sebagai aplikasi belanja online terbaik di Indonesia.

Jumlah pengikut Twitter 5 ribu lebih, dan Instagram 20 ribu lebih, serta pengikut Facebook hanya 350 ribu lebih. Sementara jumlah karyawan hanya 251 orang dan mengalami kenaikan dari kuartal I 2022 berjumlah 247 orang.

7. Ralali

Ralali.com merupakan platform marketplace dan pusat toko grosir online pertama di Indonesia. Toko online Ralali berada pada posisi ketujuh pada kuartal II 2022 dengan total kunjungan web 10,8 juta per bulan.

Jika melihat data pada kuartal I, Ralali mengalami peningkatan jumlah pengunjung yang sebelumnya hanya menyentuh angka 8 juta kunjungan per bulannya.

Platform toko online terbaik Ralali memiliki jumlah pengikut Twitter 3 ribu lebih, pengikut Instagram 50 ribu lebih, dan pengikut Facebook 90 ribu lebih. Sedangkan karyawannya hanya berjumlah 204 orang.

8. Zalora

Selanjutnya aplikasi belanjan online yang menempati posisi ke 8 yaitu Zalora. Toko online Zalora memiliki jumlah pengunjung rata-rata 2,9 juta per bulannya pada kuartal II 2022.

Zalora sendiri merupakan platform belanja online khusus fashion dan lifestyle baik untuk wanita maupun pria. Aplikasi Zalora rangking 4 untuk AppStore dan rangking 8 untuk PlayStore

Lalu, pengikut media sosialnya 7 ribu lebih di Twitter, 7 ratus lebih untuk pengikut Instagram, dan pengikut media sosial Facebook yaitu 8 juta lebih. Sedangkan jumlah karyawannya pada kuartal II 2022 sebanyak 271 orang.

9. Klik Indomaret

Pada posisi ke sembilan ada aplikasi belanja online Klik Indomaret. Aplikasi ini memiliki rata-rata pengunjung web 2,8 juta per bulannya. Berdasarkan penelusuran kami pada data kuartal I 2022, Klik Indomaret tidak masuk daftar persaingan toko online yang dirilis oleh iPrice.

Jika melihat aplikasi Klik Indomaret melalui PlayStore, ternyata aplikasi ini baru rilis pada april 2022. Namun, meskipun masih baru daripada aplikasi belanja online lainnya, tetapi ia mampu bersaing dan masuk dalam 10 besar aplikasi belanja online terbaik di Indonesia.

Tidak heran jika langsung masuk 10 besar, sebab kita tahu sendiri gerai toko Indomaret sudah tersebar di seluruh wilaya Indonesia mulai perkotaan hingga sampai pedesaan.

10. JD ID

Aplikasi belanja online terbaik yang menempati posisi ke sepuluh yaitu JD ID. Platform online shop ini menyediakan berbagai produk seperti fashion, kecantikan, elektronik, smartphone, dll.

Berdasarkan hasil penelusuran data per kuartal II 2022 yang dirilis oleh iPrice, JD ID memiliki rata-rata 2,3 juta kunjungan per bulannya. Sedangkan pada kuartal I pada tahun yang sama, berada pada posisi ke sembilan.

Sementara jumlah pengikut media sosial Twitter mencapai 62 ribu, pengikut Instagram 649 ribu lebih, dan pengikut media sosial Facebook 1 juta lebih.

Sedangkan rangking aplikasi pada AppStore menempati posisi ke sembilan, dan posisi ke tujuh pada PlayStore. Jumlah karyawannya 1.566 pada kuartal II 2022.

Itulah sepuluh aplikasi belanja online terbaik di Indonesia berdasarkan jumlah pengunjung web bulanan pada  kuartal II 2022.

Seperti yang kami lihat, iPrice merilis data empat kali dalam satu tahun. Sehingga, posisi setiap platform toko online bisa saja berubah setiap waktu.