Home » Aplikasi,Teknologi » Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik di Indonesia

Daftar Isi

Aplikasi saham terbaik adalah aplikasi yang memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan bagi investor untuk berinvestasi di pasar modal secara daring. 

Untuk bertransaksi saham di pasar modal secara daring di Indonesia, ada banyak perusahaan yang menyediakan aplikasi saham ojk untuk pemula maupun professional.

Tercatat per tanggal 31 mei 2022 ada 123 perusahaan efek yang terdaftar di OJK dan salah satunya adalah PT Stockbit Sekuritas Digital.

Sebagai perusahaan efek, ia menyediakan aplikasi saham terbaik kepada investor untuk berinvestasi saham secara daring yang di kenal dengan Stockbit.

Sebelum Anda mengenal lebih jauh tentang fitur dan keunggulan Stockbit sebagai aplikasi trading saham terbaik Indonesia.

Saya ingin mengajak Anda untuk mengetahui beberapa informasi terkait saham khususnya di Indonesia.

Apa itu Saham?

Saham adalah penyertaan modal dalam suatu perusahaan (Undang-Undang No. 40 Tahun 2007).

Jenis saham dari segi kinerja perdagangan terbagi menjadi lima yaitu blue chip stocks, income stocks, growth stoks, speculative stocks, dan counter cyclical stocks.

Selain itu, saham dapat di tinjau dari segi kemampuan dalam hak tagih atau claim yaitu saham biasa (common stock) dan saham preferen (preferred stock).

Sedangkan saham di tinjau dari cara peralihannya dapat di kenal dengan beberapa jenis yaitu saham atas unjuk (bearer stocks), saham atas nama (registered stocks). Selain itu, juga di kenal dengan growth stocks, dan counter cyclical stocks.

Membahas tentang saham saat ini gencar di kampanyekan “Yuk Nabung Saham”.

Tujuannya untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap pasar modal Indonesia, agar berinvestasi di pasar modal dengan membeli saham secara rutin dan berkala.

Begitu juga pesan yang dicanangkan oleh Bursa Efek Indonesia yakni 3P (Paham, Punya, Pantau). Pesan 3P bermaksud mengajak masyarakat Indonesia untuk memiliki pengetahuan mengenai pasar modal dan cara berinvestasi dengan benar.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi sebaiknya Anda mencari dan memilih aplikasi saham modal kecil, atau aplikasi saham terbaik ojk untuk pemula.

Perkembangan Investor di Pasar Modal Indonesia

Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi saham, mungkin Anda perlu mengetahui seperti apa perkembangan investor saham di pasar modal Indonesia.

Investor di pasar modal Indonesia mengalami pertumbuhan dari empat tahun terakhir, hal ini berdasarkan laporan data statistik Kustodian Sentral Egek Indonesia (KSEI) pada tahun 2021.

Jumlah investor pasar modal Indonesia Februari 2021 mencapai 4.515.103 dari sebelumnya hanya berkisar 3.880.753 pada tahun 2020.

Pertumbuhan Investor Saham di Pasar Modal

Sumber: ksei.co.id

Data demografi menunjukkan bahwa investor lebih banyak dari kalangan usia di bawah 31 tahun dengan persentase 57,02% dengan rerata pendidikan sekolah menengah atas.

Demografi Investor Saham di Indonesia

Sumber: ksei.co.id

Melihat data statistik ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia sangat besar.

Hal itu dikarenakan adanya motivasi investasi dan kemajuan teknologi, sebagaimana yang pernah di teliti oleh Bayu Tri Cahya tentang pengaruh motivasi dan kemajuan teknologi terhadap minat investasi saham.

Dengan kemajuan teknologi yang dapat memberikan kemudahan akses informasi pasar modal, sehingga dapat memunculkan minat investor atau calon investor untuk berinvestasi.

Tips Memilih Aplikasi Saham Terbaik OJK

Apakah Anda tertarik untuk berinvestasi saham di pasar modal? Nah, sebelum memutuskan untuk berinvestasi, alangkah baiknya Anda mencari informasi tentang aplikasi saham terbaik ojk.

Sebelum memutuskan memilih aplikasi saham untuk berinvestasi online melalui pasar modal, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti fitur, keamanan, dan biaya transaksi.

Untuk itu, berikut tips perlu Anda perhatikan dalam memilih aplikasi saham ojk untuk pemula maupun professional untuk investasi saham secara daring.

  1. Pilih Aplikasi Yang Memudahkan Pendaftaran dan Verifikasi Akun.
  2. Aplikasi memiliki fitur analisa laporan keuangan yang lengkap.
  3. Pilih aplikasi yang memiliki fitur untuk memudahkan menangkap peluang pasar lebih cepat.
  4. Aplikasi memiliki fitur yang memudahkan memvisualisasikan dan mempelajari tren dari data fundamental perusahaan.
  5. Memiliki fitur yang memungkinkan pengguna meningkatkan analisis teknikal dalam mengambil keputusan trading.
  6. Menyediakan fitur screener yang dapat memudahkan mencari dan memilih saham dari perusahaan berkualitas.
  7. Memiliki fitur smart notification yang dapat memberikan informasi real-time ketika harga mencapai target.
  8. Aplikasi memiliki fitur yang dapat menampilkan rekap laba bersih emiten setiap periode.
  9. Memiliki fitur comparison yang dapat membantu membandingkan emiten pilihan dengan emiten sejenisnya.
  10. Aplikasi menyediakan virtual trading untuk latihan bagi investor pemula.
  11. Menyediakan fitur diskusi dan panduan yang lengkap.
  12. Terdaftar Sebagai Anggota Bursa Efek dan diawasi Oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik OJK 2023

Saat ini, ada banyak perusahaan efek yang menyediakan aplikasi saham Indonesia yang dapat di gunakan untuk berinvestasi secara daring di pasar modal.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih aplikasi saham untuk pemula dan professional yang terpercaya, dan pastinya sudah terdaftar di Bursa Efek dan di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Selain itu, Anda juga harus memilih aplikasi saham terbaik OJK yang memiliki fitur lengkap dan dapat memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan berinvestasi.

Namun kabar baiknya, jika Anda mencari aplikasi saham terbaik 2022 yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan di awasi Otoritas Jasa Keuangan salah satunya yaitu Stockbit.

Stockbit

Stockbit Aplikasi Saham Terbaik

Stockbit adalah platform aplikasi saham Indonesia yang memungkinkan investor dapat berdiskusi, menganalisis, dan trading saham dalam satu aplikasi mobile.

Teknologi canggih yang dimiliki Stockbit sebagai bentuk komitmen dalam memberikan layanan serta pengalaman investasi yang mudah, aman, dan terpercaya.

Aplikasi ini menjadi salah satu rekomendasi aplikasi saham terbaik 2022 untuk pemula maupun professional. Sebab, ia menyediakan learning investment dan memiliki fitur yang lengkap termasuk professional tools.

Selain itu, ia memiliki komunitas online yang memungkinkan investor dapat berdiskusi sekaligus melakukan transaksi saham secara daring.

Melansir dari situs kitabrumus menjelaskan bahwa Stockbit sangat cocok untuk pemula berkat keunggulan yang di tawarkan yaitu fitur komunitas online.

Dengan adanya fitur tersebut, trader pemula bisa mendapatkan rekomendasi saham lengkap dengan analisis fundamental dan teknikalnya dari para trader professional.

Selanjutnya mengutip dari situs Fajri Alhadi menyatakan bahwa Stockbit memiliki keunggulan yang tidak dimiliki sekuritas saham yang lainnya, yaitu tampilannya user friendly dan fee transaksi yang murah.

Aplikasi saham Stockbit juga menyediakan fitur Touch ID untuk menjamin keamanan transaksi.

Komitmen Stockbit dalam merealisasikan pesan 3P kepada masyarakat Indonesia yaitu dengan menghadirkan fitur canggih.

Sehingga masyarakat dapat lebih memahami investasi saham dan memberikan kesempatan kepada siapapun, termasuk investor pemula untuk berinvestasi layaknya investor professional.

Berikut adalah fitur aplikasi Stokbit yang dapat memudahkan Anda berinvestasi saham di pasar modal Indonesia.

1. Financials

Fitur Financial Aplikasi Saham Stockbit

Financials adalah fitur analisa laporan keuangan yang lengkap dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca. Anda dapat memilih periode data keuangan perusahaan yang ingin kamu lihat.

Stockbit menyediakan laporan keuangan dengan berbagai periode mulai dari per kuartal (Quarterly), tahunan (Annual), 12 bulan kebelakang (TTM), Interim Year-To-Date (YTD) dan juga tampilan pertumbuhan (Growth).

Anda juga dapat melihat dan mempelejari tren pendapatan, laba bersih, dan perkembangan perusahaan secara mudah. Selain itu, kamu juga dapat menampilkan laporannya dalam format USD atau IDR.

2. Keystats

Keystats Valuasi Perusahaan

Keystats adalah tools yang dapat memudahkan menangkap peluang pasar lebih cepat dengan ringkasan kinerja yang di sajikan dengan menarik.

Beberapa informasi yang dapat kamu ketahui dari fitur ini yaitu valuasi nilai perusahaan, alokasi kas, level hutang, dan deviden.

3. Fundachart

Fundachart

Fitur fundachart dapat memudahkan memvisualisasikan dan mempelajari tren dari data fundamental perusahaan.

Ada tiga tools yang dapat memudahkan Anda dalam berinvestasi, yaitu PE Standard Deviation Band, PBV Standard Deviation Band, dan PE Price Band.

PE Standard Deviation Band adalah salah satu metode yang di pakai untuk mengetahui apakah saham termasuk murah atau mahal, berdasarkan historikal PE Ratio-nya.

PE Price Band adalah fasilitas yang memungkinkan Anda untuk melihat langsung apakah harga saham saat ini sedang murah atau mahal.

PBV Standard Deviation Band adalah salah satu metode untuk melakukan valuasi saham berdasarkan historikal Price to Book Value-nya.

4. Chartbit

Chartbit

Charting adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan analisis teknikal. Dukungan live price data dan 100+ indikator yang siap pakai untuk membantu dalam mengambil keputusan trading.

Kemudian, fitur ini juga Anda dapat melihat trend harga saham sampai dengan 15 tahun kebelakang untuk menganalisa trend jangka panjang.

Selain itu, Anda juga menikmati fasilitas lain seperti bandarmologi, foreign flow, dan Corporate Action Event.

5. Screener

Fitur Screener Stockbit

Screener adalah tools yang memudahkan dalam mencari dan memilih saham dari perusahaan berkualitas dengan mudah sesuai yang Anda inginkan.

Aturan screening dapat di buat sendiri dengan ratusan kriteria yang tersedia atau langsung menggunakan preset screener dengan kriteria para guru saham terkenal.

6. Price Alert

Price Alert Stockbit

Fitur price alert merupakan smart notification yang akan memberikan notifikasi real-time ketika harga saham mencapai harga yang telah Anda tentukan.

Notifikasi akan di kirim secara Real-Time sesuai harga di bursa, sehingga kamu tidak akan ketinggalan informasi.

7. Seasonality

Tools Seasonality Stockbit

Seasonality adalah fitur yang dapat digunakan untuk prediksi dan memanfaatkan momentum tren harga saham berdasarkan waktu.

Dari sini Anda dapat melihat kebiasaan pergerakan harga setiap bulan, hingga 15 tahun kebelakang untuk mengetahui pada bulan apa harga cenderung naik atau turun.

8. Earnings

Rekap Earnings Emiten

Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat rekap laba bersih emiten setiap periode. Kemudian Anda juga dapat membandingkan laba bersih yang di laporkan perusahaan dengan estimasi para analis.

Selain itu, Anda dapat membandingkan hasil laba bersih pada kuartal saat ini dengan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.

9. Comparison

Comparison Emiten

Comparisan adalah fitur Stockbit yang dapat membantu secara otomatis membandingkan emiten pilihan Anda dengan emiten sejenisnya. Sehingga, memudahkan dalam mencari perbandingan emiten yang sesuai.

Kemudian, dengan puluhan rasio dan financial metrics, memudahkan komparasi emiten dari berbagai aspek secara rinci.

Ditambah adanya angka rata-rata untuk setiap industri dan sektor emiten terkait, sebagai pembanding untuk membantu memilih emiten yang paling sesuai dengan kriteria.

10. Virtual Trading

Virtual Trading adalah fitur simulasi berinvestasi saham secara real di pasar modal yang di sediakan aplikasi Stockbit.

Dengan fitur ini nasabah dapat belajar saham atau melakukan simulasi jual beli saham secara online sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

11. Stockbit Academy

Fitur Stockbit Academy adalah fasilitas yang disediakan khususnya kepada investor pemula untuk belajar investasi saham dari 0, dan dapat diakses secara gratis.

Melalui Stockbit Academy, Anda dapat belajar dari mentor berpengalaman tentang investasi saham seperti basic pasar modal, sektor properti, fundamental analysis, sektor bank, memahami laporan keuangan, sektor teknologi, technical analysis, dan sektor consumer staples.

12. Live Chat Support

Setiap aplikasi saham tentu memiliki fitur live chat support agar dapat memudahkan penggunanya menghubungi tim teknis.

Dengan adanya fitur live chat, maka tim support siap membantu Anda kapan saja ketika mengalami permasalahan, baik saat melakukan pendaftaran maupun dalam penggunaan aplikasi.

13. Stockbit Stream

Stockbit stream adalah sosial media khusus investasi yang dapat mempertemukan investor dan trader untuk berbagi ide, informasi grafik saham, dan informasi keuangan lainnya.

Layaknya media sosial pada umumnya, pengguna memungkinkan membuat profil dan mengikuti investor tertentu untuk berinteraksi seputar investasi saham.

Dengan fitur stream, menjadikan Stockbit sebagai pusat komunitas investasi saham Indonesia yang dapat mempertemukan investor pemula dan investor professional dalam satu aplikasi.

Keunggulan Aplikasi Saham Stockbit

Selain fiturnya yang lengkap, Stockbit memiliki keunggulan yang menjadikannya sebagai aplikasi trading saham terbaik Indonesia yaitu:

  • Fee beli saham sebesar 0,1% dan fee jual sebesar 0,2%.
  • Pembukaan rekening dana nasabah hanya memerlukan waktu satu hari kerja.
  • Memiliki fitur Stockbit Pro untuk analisis saham secara komprehensif.
  • Menyediakan fitur e-IPO.
  • Daftar Tanpa Minimum Deposit
  • Lebih Informatif, Cepat, dan Seru
  • Menyediakan forum sosial (Stockbit Stream) untuk saling berdiskusi.
  • Pricing Plant (Pilihan Berlangganan)
  • Invest di Saham Ternama
  • Memiliki Professional Tools Untuk Pemula
  • Komunitas Saham Terbesar (Lebih dari 100,000 investor telah bergabung)
  • Aman dan Terpercaya (Terdaftar Bursa Efek Indonesia dan di Awasi OJK)
  • Didukung tim support yang siap membantu kapan saja.

Penutup

Stockbit terus melakukan inovasi dengan menghadirkan teknologi modern agar dapat memudahkan, memberikan rasa aman, dan kenyamanan kepada para investor untuk melakukan investasi di pasar modal dalam satu aplikasi mobile.

Dengan menghadirkan fitur yang lengkap dan keunggulan yang di miliki, Stockbit menjadi rekomendasi aplikasi saham terbaik OJK untuk pemula atau professional.

Untuk membuka akun rekening sekuritas dapat Anda lakukan melalui aplikasi Stockbit yang dapat diunduh melalui Playstore dan Appstore. Yuk, pakai Stokbit sekarang juga.

FAQ

Apa itu Stockbit?

Stockbit adalah platform investasi saham yang memungkinkan investor dapat berdiskusi, analisis, dan investasi saham dalam satu aplikasi.

Apakah Stockbit Aman dan Terpercaya?

Aplikasi Stockbit terdaftar di beberapa lembaga seperti Bursa Efek Indonesia, Kustodian Sentral Efek Indonesia, Kliring Penjaminan Efek Indonesia, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, serta mendukung program 3P IDX.

Apakah Stockbit Mudah di Digunakan?

Aplikasi Stockbit dapat memudahkan para investor baik pemula maupun professional. Sebab, ia menyediakan fitur stream kepada para investor untuk berdiskusi dan Virtual Trading. Selain itu, menyediakan berbagai panduan dan informasi tentang saham yang dapat dilihat melalui Stockbit Academy, E-Book, Streaming, dan Snips Stockbit.  

Siapa Saja Yang Bisa Menggunakan Aplikasi Saham Stockbit?

Dapat digunakan oleh investor pemula dan investor professional. 

Berapa Biaya Komisi Stockbit?

Fee beli saham 0,10% dan biaya jual saham 0,20%.