Home » Karir » 5 Keahlian Bidang Digital Paling Diminati di Indonesia

5 Keahlian Bidang Digital Paling Diminati di Indonesia

Daftar Isi

Kita ketahui bahwa banyak lulusan sarjana di bidang Teknologi Informasi yang bekerja tidak sesuai dengan bidang keahliannya saat menempuh pendidikan di bangku perkuliahan, bahkan ada yang tidak siap kerja.

Mengapa hal itu bisa terjadi, padahal perkembangan teknologi informasi semakin pesat dan telah memasuki revolusi industri 4.0 yang tentunya terbuka banyak peluang pekerjaan.

Menurut penulis sendiri, hal yang membuat banyak lulusan IT yang bekerja tidak sesuai dengan bidangnya, dikarenakan tidak jeli membaca peluang pekerjaan yang di butuhkan pencari kerja sehingga tidak adanya persiapan yang matang untuk meningkatkan skill sesuai kebutuhan.

Perguruan Tinggi sangat berperan dalam hal mengarahkan dan mempersiapkan lulusan angkatan muda yang siap kerja dengan skill dan talenta digital yang baik.

Pemerintah juga telah berupaya meningkatkan talenta digital dengan membuka program pelatihan pengembangan kompetensi, salah satunya adalah Digital Talent Scholarship yang di selenggarakan oleh Kominfo.

Jika kamu baru lulus dari perguruan tinggi dan belum memiliki pekerjaan tetap. Maka, kamu bisa mengikuti pelatihan yang sesuai dengan bidang keahlian yang kamu suka. Untuk proses pendaftarannya bisa langsung mengunjungi website digitalent.kominfo.go.id

Kebutuhan akan kompetensi digital sangat tinggi dan permintaan pekerjaan yang banyak di cari perusahaan membuat perguruan tinggi dan pemerintah harus bersinergi agar dapat menciptakan talenta digital yang dapat membantu perusahan-perusahan untuk bertransformasi ke era digital.

Jika kita membahas tentang talenta digital yang banyak di butuhkan tentu berbeda-beda dari setiap Negara. Lalu bagaimana di Indonesia?

Berdasarkan laporan dari LinkedIn Emerging Jobs Report Indonesia, terdapat lima profesi di bidang digital yang paling banyak diminati di Indonesia.

Apa saja profesi bidang digital yang paling diminati di Indonesia?

LinkedIn Emerging Jobs Report telah menyajikan dari lima tahun terakhir untuk mengidentifikasi pekerjaan di bidang digital paling diminati di Indonesia.

1. Back End Developer

Profesi pertama yang paling diminati adalah Back End Developer. Seorang Back End Developer  bertanggung jawab untuk membangun backend aplikasi web dan fungsi sistem seperti database agar aplikasi dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

Jika Anda tertarik dengan posisi ini, maka kamu di tuntut untuk memahami beberapa bahasa pemrograman di antaranya PHP, MySQL, JavaScript, HTML, dan Java.

2. Ilmuwan Data (Data Scientist)

Ilmuwan data merupakan profesi yang paling banyak diminati di perusahaan dan instansi pemerintah dimana kita ketahui bahwa di zaman serba digital mereka di tuntut untuk merumuskan dan menyajikan kebijakan berdasarkan data.

Laporan Emerging Jobs Indonesia oleh LinkedIn menyatakan bahwa yang memicu banyak permintaan ilmuwan data adalah berkembangnya E-commerce. Dimana tugasnya adalah untuk mengumpulkan data pelanggan, menganalisis, dan membuat rekomendasi mengenai apa yang dicari pelanggan.

Kebanyakan perusahaan sangat membutuhkan ini untuk menganalisis data perusahaan, meneliti terkait data, dan bertanggung jawab atas kualitas data perusahaan. Beberapa jenis pekerjaan yang punya peluang berkarir di bidang ini di antaranya lecturer, teching assistant, data analyst, research assistant, dan software engineer.

Apabila kamu ingin berkarir di bidang ini, maka kamu harus menguasai Python, Data Analysis, R, Machine Learning, dan SQL.

3. Android Developer

Pengguna smart phone di Indonesia saat ini semakin meningkat, bukan hanya di gunakan untuk berkomunikasi. Akan tetapi, seseorang juga dapat melakukan aktifitas melalui aplikasi ponsel pintar seperti belanja online, bertransaksi, mengelola dokumen, dsb.

Berhubungan dengan semakin meningkatnya pengguna smart phone berbasis Android. Maka, posisi Android Developer juga menjadi pekerjaan yang paling banyak diminati di Indonesia.

Profesi ini bertanggung jawab untuk membuat aplikasi yang dapat digunakan di sistem operasi Android. Jika kamu ingin berkarir di bidang ini, maka kamu harus memiliki keahlian di antaranya menguasai Java, Android Development, MySQL, PHP, dan HTML.

4. Full Stack Engineer

Berkarir di bidang Full Stack Engineer Anda di tuntut untuk memiliki talenta teknologi yang efisien, fleksibel, dan responsive. Hal ini, dikarenakan Anda tidak hanya di tuntut untuk memahami pembuatan aplikasi dari sisi Back End saja. Namun, juga harus memahami pengembangan aplikasi dari sisi Front End.

Seseorang yang memilih berkarir di bidang ini harus memiliki pengetahuan teknis yang mendalam tentang lapisan digitalisasi seperti server hosting web dan memahami apa yang dibutuhkan client.

Keahlian yang kamu butuhkan jika memiliki berkarir di bidang ini adalah JavaScript, PHP, MySQL, Cascading Style Sheet (CSS), dan HTML.

5. Front End Developer

Pekerjaan ini juga sangat di minati, jika profesi Back End Developer bekerja di sisi server maka Front End Developer bekerja di sisi client. Seorang Front End Developer bertanggung jawab membuat layout atau tampilan website menjadi menarik dan mudah di gunakan sehingga pengunjung merasa nyaman ketika berkunjung di website tersebut. Turunan dari profesi ini di sebut User Interface (UI) dan User Experience (UX).

Posisi Front End Developer membutuhkan keahlian yang menguasai Cascading Style Sheet (CSS), Javascript, HTML, dan Web Development.

Itulah profesi yang paling banyak di minati di Indonesia khususnya bidang digital menurut laporan Emerging Jobs oleh LinkedIn.

Jika kamu tertarik dengan salah satu profesi di atas, maka kamu harus mempersiapkan diri dari sekarang.

Untuk meningkatkan skil kamu, banyak pelatihan yang bisa kamu ikuti di antaranya yang di selenggarakan oleh pemerintah secara gratis. Salah satu program khusus bagi yang baru lulus kuliah atau semester akhir yaitu program Fresh Graduate Academy.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kursus yang disediakan oleh lembaga kursus dan pelatihan seperti dicoding, ruang guru, dll.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments