Home » Karir » 5 Skill Yang Dibutuhkan Dunia Kerja di Masa Depan

5 Skill Yang Dibutuhkan Dunia Kerja di Masa Depan

Daftar Isi

Di akhir tahun 2021 ini ada beragam permintaan skil yang sangat di butuhkan di dunia kerja, mengingat hampir semua pekerjaan di selasaikan menggunakan teknologi.

Namun ketika kita berbicara tentang teknologi, maka skil-lah yang menjadi acuan agar kamu di terima bekerja di suatu perusahaan.

Skil tersebut berupa soft skil dan hard skil. Di kutip dari The Balance Careers, soft skil merupakan kemampuan non-tekhnikal yang berhubungan dengan bagaimana seseorang bekerja.

Contohnya bagaimana karyawan berinteraksi, menyelesaikan masalah, hingga manajemen pekerjaan.

Untuk hard skil merupakan kemampuan yang berkaitan dengan suatu pekerjaan tertentu. Hard skil biasanya di dapat melalui pelatihan dan pengalaman di pekerjaan tertentu.

Banyak ahli menyebutkan bahwa kebutuhan skil ini di akibatkan oleh meningkatnya tren remote working.

Sehingga banyak perusahaan mengembangkan aspek teknologi dari bisnisnya, yang tentu saja membutuhkan skil yang mumpuni bagi para karyawan.

Untuk itu kami menyajikan 5 skil yang di gadang-gadang memiliki permintaan tinggi berikut ulasannya.

1. Digital Marketing

Digital marketing adalah pemasaran yang dilakukan menggunakan internet atau social media. Selain itu, digital marketing adalah proses merencanakan konsep lalu merealisasikan ide, dengan tujuan untuk menjangkau konsumen secara cepat melalui media komunikasi.

Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, sehingga kita bisa bertukar informasi secara cepat dan tepat. Untuk itu skil digital marketing sangat di butuhkan di dunia kerja dan bisnis.

Ada beragam alasan mengapa skill digital marketing sangat di butuhkan di era perkembangan teknologi seperti saat ini di antarnya:

Digital marketing lebih hemat anggaran, jika di lihat dari sisi menajemen waktu yang di keluarkan dan tenaga. Digital marketing bisa di katakana relatif hemat jika di bandingkan dengan cara tradisional atau konvensional.

Jangkauannya luas dan cepat, meskipun customer Anda berada di tempat yang sangat jauh dengan digital marketing kamu akan menjangkaunya dengan mudah. Karena bisa di bilang hampir semua para customer saat ini tidak terlepas dengan yang namanya penggunaan internet.

Digital marketing memberi arah pasti untuk perusahaan dan bisnis, digital marketing dapat memberikakn arah yang jelas. Sebab perusahaan atau bisnis yang berjalan tanpa digital marketing. Mereka akan kewalahan menemukan tujuan yang strategis untuk kepentingan perusahaan dan bisnis mereka. Terutama dalam hal menarik para pelanggan baru.

Membuat perusahaan dan bisnis menjadi lebih dinamis, seiring dengan perkembangan zaman teknologi dan informasi perkembangan begitu cepat dan pesat. Sehingga ketika kita tidak mengikuti perkembangn yang terjadi di tiap waktunya, bukan tidak mungkin kita sebagai pelaku bisnis akan kewalahan beradaptasi, begitu juga dalam pemanfaatan digital marketing.

Hasil yang terstruktur, kamu bisa dengan mudah mengatur hasil yang kamu peroleh. Sehingga bisa terorganisir secara struktural yang berkaitan dengan segala aspek perusahaan dan bisnis kamu menggunakan digital marketing.

2. Graphic Designer

Graphic Designer adalah komunikasi visual menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi secara jelas dan efektif.

Kemajuan teknologi dan informasi yang begitu cepat memaksa kita untuk mampu beradaptasi dan mampu mengimbangi perubahan.

Dimana Graphic Designer merupakan wujud nyata dari penggunaan teknologi komunikasi yang modern.

Di era yang serba di gital seperti saat ini skil Graphic Designer merupakan bidang yang terbilang lumayan banyak di minati dan di butuhkan.

Terdapat banyak lapangan pekerjaan untuk Graphic Designer antara lain Advertesing Agensi, Creatif Studio, percetakan, media massa, penerbitan, rumah produksi, perusahaan pengembang software, perusahaan pengembang game, perusahaan animasi, lembaga pendidikan, dll.

Di era digital seperti saat ini, kamu akan sangat di untungkan jika memiliki kemampuan desain grafis.

Pasalnya ada banyak aspek yang membutuhkan kemampuan tersebut yang sejatinya siapa saja bisa menjadi seorang desain grafis.

Ada banyak aplikasi yang mungkin bisa kamu gunakan sebagai media latihan.

Graphic Designer memiliki peran penting dalam bidang industri digital. Pasalnya desain grafis di rancang dengan sebaik mungkin dan berusaha menarik perhatian sebagian besar orang.

Jika seorang design grafis tidak mampu menonjolkan produknya, sudah dapat di pastikan akan mempengaruhi perusahaan dan bisnis serta portabilitasnya.

3. Vidio Editing

Menguasai teknik editing di era globalisasi seperti saat ini sama sekali tidak ada ruginya, dulu menjadi seorang yang  berprofesi sebagai Vidio editing belum di anggap profesi yang begengsi.

Namun beda cerita untuk saat ini, sejak semakin glamornya dunia maya terutama kecanggihan teknologi yang semakin tak terkendali.

Kehadiran seorang video editing atau atau video editor khususnya pada produksi film sangat di perhitungkan, di setiap penghargaan bagi dunia perfileman pasti terdapat nominasi untuk penyuntingan (editing) terbaik.

Saat ini orang yang mamiliki skil dalam editor vidio tidak hanya di butuhkan oleh perusahaan film, tv maupun rumah produksi.

Para Vloger atau pembuat konten youtube juga membutuhkan jasa yang memiliki skill dalam editing video, untuk mendukung konten video mereka agar kelihatan lebih menarik.

Dengan bantuan teknologi untuk menjadi seseorang yang berprofesi sebagai editing video tidaklah sesulit seperti dulu.

Pasalnya saat ini sudah banyak situs yang bisa menghubungkan video editor independen dengan para pencari jasa, bahkan bisa bekerja dengan klien yang berasal dari Negara lain.

4. UX Design

Sederhananya UX Design adalah tentang interaksi manusia dengan sebuah produk system atau sebuah organisasi.

Selain itu UX Design adalah tentang arsitektur konten, informasi dan arsitektur sebuah peta situs dalam sebuah aplikasi atau sebuah website.

Banyaknya perusahaan teknologi startup di masa sekarang membuat profesi atau yang memiliki skil di bidang UX Design menjadi profesi yang paling di butuhkan saat ini.

Kamu tidak perlu khawatir akan masa depanmu jika kamu mendalami profesi UX Design.

Mengingat hampir semua perusahaan dan bisnis mengarah ke era digital. Sehingga menjadikan pilihan profesi ini menjadi pilihan yang tepat.

Peran seorang yang ber profesi sebagai UX Design adalah untuk memudahkan dalam segala hal bagi pengguna yang menggunakan produk digital Anda.

Sehingga jangan sampai mereka berfikir berulang kali dan tidak bisa melanjutkan, serta tidak bisa menyelesaikan masalah mereka dalam aplikasi yang Anda suguhkan.

Berbicara tentang UX Design berarti berbicara tentang Brainstroming, Experiment dan testing design sebuah tampilan. Namun secara fungsional iya adalah bagian kecil dari sebuah UX Design.

Mengutip dari kompas, dengan semakin berkembangnya bidang teknologi informasi dan komunikasi, profesi UX design juga kian populer terutama dikalangan generasi Z.

Selain permintaan dalam profesi ini terbilang sangat tinggi. Data dari Cognizant Jobs of The Future menyebutkan bahwa dalam satu tahun terakhir, terdapat lebih dari 6.800 lowongan yang terkait dengan profesi ini.

5. Web Development

Web developer adalah seorang pengembang atau yang memelihara website atau biasa juga di sebut seorang programmer.

Mereka bekerja untuk mengembangkan dan menjaga halaman web ataupun apalikasi berbasis website.

Dimana nantinya website atau aplikasi yang iya buat dapat dan mampu di akses oleh semua orang.

Di era digital seperti saat ini memiliki skil di bidang web development merupakan sesuatu hal yang sangat menguntungkan.

Pasalnya sekarang segala sesuatunya sudah berbau di gital, sehingga kita tidak bisa pungkiri bahwa peran seorang web development sangat dibutuhkan.

Sebagai contoh  hasil karya dari seorang web development adalah website pendidikan, website berita, System Informasi Akademik (SIAKAD), E-Learning, E-commerce dan masih banyak yang lainnya.

Fokus utama dari seorang web development adalah menciptakan aplikasi berbasis web.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments