Home » Teknologi » Sony A6000, Kamera untuk Fotografi dan Videografi

Sony A6000, Kamera untuk Fotografi dan Videografi

Fotografi dan videografi memang banyak di gandrungi orang utamanya anak muda sekarang. Untuk itu, pada artikel ini akan di bahas salah satu rekomendasi kamera untuk fotografi dan videografi.

Kamera merupakan alat yang digunakan untuk mengambil gambar dalam aktivitas fotografi. Fungsi kamera yaitu mengabadikan suatu objek menjadi gambar dari hasil proyeksi sistem lensa.

Sedangkan fotografi adalah proses atau metode untuk menghasilkan gambar dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya dari objek tersebut.

Banyak manfaat yang dapat di peroleh dari aktivitas fotografi antara lain sebagai obat stress, membuat Anda dekat dengan alam, mengabadikan setiap moment dalam hidup, membuat anda lebih bahagia, belajar banyak hal, dan bisa menambah penghasilan.

Oleh karena itu, untuk menjadi seorang photografer tentu memerlukan alat tempur yaitu kamer. Namun, kita ketahui bahwa jenis kamera sangat beragam, sehingga kamu perlu selektif memilih kamera yang cocok untuk aktivitas kamu.

Mengutip laporan Techradar yang di lansir dari situs Glints, menjelaskan bahwa ada tiga pertimbangan ketika hendak membeli kamera untuk fotografer yaitu ukuran kamera, layar kamera, dan pilihan lensa kamera.

Namun, Anda jangan khawatir, karena Anda bisa mencoba salah satu kamera yang bertipe mirrorless dengan harga relatif murah. Ya, kamera yang dimaksud yaitu Sony A6000.

Sony A6000, Kamera untuk Fotografi dan Videografi

Nah, pada artikel ini akan di berikan informasi tentang salah satu kamera yang menjadi rekomendasi untuk fotografi dan videografi, yaitu kamera Sony A6000.

Sony A6000 adalah jenis kamera Mirorrless yang di lengkapi sensos APS-C dan memiliki ukuran layar 3 inci. Resolusi kamera ini yaitu 24,3 MP dan memiliki resolusi video maksimal 1920p.

Kelebihan yang di miliki kamera yang satu ini di samping harganya relatif murah, juga memiliki baterai yang tahan lama.

Dengan adanya konektivitas Wi-Fi dan NFC, memungkinkan Anda bisa mendownload APP dari Sony, dan memungkinkan membagikan hasil gambar atau video ke perangkat lain. Juga dengan Smart Remote Control memungkinkan Anda untuk mengatur kamera dari smartphone.

Akan tetapi, di samping memiliki kelebihan ia juga memiliki kekurangan antara lain tidak di lengkapi layar sentuh dan belum mendukung video 4K.

Fitur kamera yang dimiliki Sony A6000 yaitu 1/4000 s, 30 s, 11 fps, Built-in flash tidak tersedia, Image stabilization tersedia, 6000 x 4000 pixels, RAW, JPEG.

Adapun fitur lainnya yaitu di lengkapi SD/SDHC/SDXC, Memory Stick PRO Duo/Memory Stick PRO HG-Duo, Battery Pack, 350 shots, NP-FW50, HDMI port tersedia, USB port tersedia.

Adanya fitur Fast Hybrid AF A6000, teknologi ini memadukan auto fokus dan deteksi-kontras.

Kamera ini mampu melacak gerakan yang sangat akurat untuk gambar diam maupun video berkat fungsi deteksi-kontras berkecepatan tinggi serta 179 titik deteksi fase.

Hadir dengan 4D Fokus, kamera ini mampu melakukan autofokus dalam 4 dimensi yaitu, autofokus kecepatan tinggi (kedalaman 3D), autofokus lebar (panjang dan tinggi 2D), dan pelacakan prediktif yang telah disempurnakan (waktu 4D).

Kamera ini menghadirkan 1,6 kali area sensor 4/3 sehingga meningkatkan kualitas gambar. Kepekaan cahaya juga di tingkatkan dengan sensor APS HD 24.3MP.

Dengan adanya fitur ISO 25600, pengambilan gambar dapatkan menghasilkan gambar yang alami meskipun dalam keadaan gelap.

Adapun harga baru untuk kamera Sony A6000 berkisar Rp 6-7 jutaan.

Berikut spesifikasi dan fitur Sony A6000 sebagai berikut:

  • Tipe kamera: Compact
  • Lens mount: Sony E-Mount
  • Berat: 344 g
  • Ukuran dimensi: 120 x 67 x 45mm
  • Warna: Hitam, Putih, Silver
  • Resolusi kamera: 24 MP
  • Tipe sensor: CMOS
  • Dimensi sensor: 23.5 x 15.6 mm
  • Maksimum ISO: ISO 25600
  • Minimum ISO: ISO 100
  • Ukuran screen: 3 inch
  • Tipe viewfinder: Electronic
  • Resolusi screen: 921.600 dots
  • Live view: Live view tersedia
  • Touchscreen: Tidak bisa touch screen

Jadi, setelah mengetahui spesifikasi dan fitur Sony A6000, semoga bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memiliki kamera yang satu ini.

Namun, jika kamu masih ingin mengetahui lebih jauh mengenai kamera Sony A6000 ini, kamu bisa mencari tahu tentang Review Spek Kamera Sony A6000.