Home » Teknologi » Aplikasi Cek Bansos Kemensos BST PKH BPNT, Ini Fiturnya

Aplikasi Cek Bansos Kemensos BST PKH BPNT, Ini Fiturnya

Kementerian Sosial RI sebagai lembaga penyalur bantuan sosial, melakukan inovasi dengan mengembangkan aplikasi cek bansos kemensos untuk memudahkan masyarakat melakukan pengecekan data penerima manfaat bantuan sosial.

Aplikasi cek bansos hadir sebagai upaya peningkatan ketepatan dalam penyalurran bantuan sosial. Hadirnya aplikasi tersebut tentu dapat memudahkan masyarakat melakukan pengusulan penerima manfaat bantuan sosial dari Kemensos.

Tidak hanya itu, masyarakat juga dapat melakukan pengecekan data penerima manfaat serta memberikan sanggahan jika terdapat data penerima yang tidak sesuai dengan kriteria penerima manfaat bantuan sosial.

Apa itu Aplikasi Cek Bansos

Aplikasi cek bansos adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat kepesertaan bantuan sosial seperti BPNT, BST, dan PKH.

Didalam aplikasi ini, pengguna dapat melihat daftar penerima bantuan sosial dan memungkinkan untuk memberikan sanggahan apabila terdapat penerima bantuan yang dianggap tidak layak.

Selain itu, pengguna juga dapat mengusulkan dirinya atau tetangganya sebagai penerima manfaat bantuan sosial. Jika data yang didaftarkan dianggap layak maka akan mendapatkan bantuan  dari Kemensos sesuai jenis bantuan yang dipilih.

Setiap pengguna yang mengusulkan datanya untuk menerima bantuan sosial, datanya akan masuk ke aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) user supervisor di Dinas Sosial Kabupatan/Kota.

Data yang masuk akan diperiksa oleh supervisor untuk memastikan kesesuaian informasi yang disampaikan dengan kondisi sebenarnya yang ada dilapangan.

Apabila data tersebut disetujui, maka Anda tinggal menunggu pencairan dan mendapatkan bantuan berupa uang tunai atau barang dari Kementerian Sosial RI.

Fitur Aplikasi Cek Bansos

Ada beberapa fitur yang ada didalam aplikasi cek bansos Kemensos, fitur tersebut dihadirkan untuk memudahkan pengguna yang ingin melakukan usulan dan memberikan sanggahan terkait data penerima manfaat bantuan sosial.

Berikut adalah beberapa fitur yang ada didalam aplikasi cek bansos:

1. Menu Profil

Fitur ini dapat digunakan oleh pengguna untuk mengatur profil status penerima manfaat bantuan sosial. Setiap pengguna harus mencantumkan data yang valid dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dilapangan.

2. Menu Daftar atau Usulan

Setiap pengguna dapat melakukan pendaftaran atau usulan lewat menu ini. Lewat menu ini, pengguna dapat mendaftarkan diri, keluarga, atau orang lain sebagai penerima manfaat bantuan sosial Kemensos.

3. Cek Bansos

Pada menu ini, pengguna bisa melakukan pengecekan data penerima bantuan seperti BST, BPNT, BST dan lainnya dengan menginput data wilayah dan nama penerima manfaat.

4. Menu Tanggapan Kelayakan

Melalui fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan tanggapan jika ada data penerima manfaat bantuan sosial yang tidak layak. Dengan begitu, apabila ada masyarakat yang dianggap tidak layak menerima bantuan sosial akan diverifikasi ulang.

Jenis Bantuan Sosial yang Ada di Aplikasi Cek Bansos

Seperti yang kita ketahui bahwa jenis bantuan yang diberikan oleh Kemensos kepada masyarakat yang membutuhkan terdapat beberapa jenis.

Setiap jenis bantuan diberikan kepada masyarakat sesuai dengan kondisi atau keadaan dari setiap penerima manfaat bantuan sosial.

Dalam aplikasi cek bansos, pengguna bisa melihat jenis bantuan sosial yang diberikan oleh kementerian sosial. Berikut adalah beberapa jenis bantuan yang bisa kamu usul di aplikasi cek bansos.

1. Bantuan Sosial Tunai (BST)

Bantuan Sosial Tunai Kemensos adalah program bantuan sosial yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Program ini memberikan bantuan berupa uang tunai kepada keluarga yang kurang mampu agar dapat memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, dan perumahan.

Bantuan Sosial Tunai Kemensos diberikan secara rutin setiap bulan. Nominal yang diterima bagi penerima manfaat Bantuan Sosial Tunai (BST) yaitu sebesar Rp 600.000 per keluarga per bulan.

Penerima bantuan dipilih berdasarkan kriteria tertentu, seperti tingkat pendapatan, kondisi kesehatan, dan jumlah anggota keluarga.

Program ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, program ini juga dapat membantu pemerintah dalam menangani dampak ekonomi dan sosial akibat pandemi COVID-19.

2. Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah salah satu program bantuan sosial yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial untuk membantu keluarga miskin dan rentan terhadap kemiskinan di Indonesia.

Program PKH merupakan salah satu dari beberapa program bantuan sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia. Program ini memberikan bantuan berupa uang non tunai melalui KKS (ATM Himbara).

Masyarakat yang menerima program bantuan ini harus memenuhi beberapa kriteria kemiskinan, memiliki komponen PKH dalam 1 kartu keluarga, sudah masuk data terpadu kesehateraan sosial, sudah memiliki NIK yang terdaftar di sistem Dukcapil, serta telah ditetapkan oleh Kemensos sebagai penerima PKH.

3. Bantuan Pangan Non Tunai

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah program bantuan sosial pangan dari Kemensos yang disalurkan secara non tunai kepada keluarga penerima manfaat.

Program ini memberikan bantuan berupa kartu elektronik yang dapat digunakan untuk membeli bahan makanan di warung atau toko kelontong terpilih.

Tujuan dari program BPNT adalah untuk membantu keluarga miskin dan rentan terhadap kemiskinan agar dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan lebih mudah dan terjangkau.

Dalam program ini, penerima manfaat dapat memilih jenis bahan makanan yang mereka butuhkan, seperti beras, minyak goreng, gula, telur, dan susu, yang dapat dibeli dengan menggunakan kartu elektronik tersebut.

Penerima manfaat program BPNT dipilih berdasarkan kriteria tertentu, seperti tingkat pendapatan, kondisi kesehatan, dan jumlah anggota keluarga.

Program ini memberikan kartu elektronik kepada keluarga yang memenuhi kriteria tersebut dan kartu tersebut dapat digunakan di warung atau toko kelontong terpilih yang bekerjasama dengan program BPNT.

Kesimpulan

Aplikasi cek bansos dari Kemensos dihadirkan untuk membantu masyarakat dalam melakukan pendaftaran atau pengusulan penerima manfaat bantuan sosial. Selain itu, dapat membantu untuk melakukan pengecekan terhadap data penerima manfaat yang tidak layak dengan adanya fitur sanggahan.

Informasi terkait cara pendaftaran bansos Kemensos dapat Anda temukan melalui situs yang sudah membahas terkait dengan itu, ada banyak situs yang sudah membahasnya, salah satunya adalah balitteknologikaret.co.id.