Home » Otomotif » Oli Terbaik Untuk Motor Matic

Oli Terbaik Untuk Motor Matic

Oli Terbaik Untuk Motor Matic – Oli merupakan bahan penting dalam menunjang kinerja mesin dan komponen mesin anda.

Fungsi dasar oli adalah untuk melumasi komponen mesin dan mencegah gesekan dan keausan langsung antar komponen.

Selain berfungsi sebagai pelumas, oli otomatis berkualitas tinggi juga menurunkan suhu mesin secara optimal. Saat mesin dimatikan, oli akan kembali ke tangki di dalam mesin. Ketika proses ini terjadi, oli menghilangkan panas dari komponen mesin motor saat mengalir kembali ke tangki. Ini mencegah mesin dari panas berlebih.

Peran oli yang ketiga adalah untuk membersihkan bagian-bagian mesin. Oli motor matic terdiri dari dua komponen yaitu aditif dan oli dasar.

Komponen aditif dalam oli mesin melindungi komponen mesin dengan secara aktif membersihkannya dari sisa pembakaran. Pada saat yang sama, oli dasar memberikan pelumasan untuk komponen mesin.

Fungsi aktif membersihkan oli mesin sepeda motor matic, yang berpengaruh positif terhadap optimalisasi performa mesin. Ketika mesin sepeda motor Anda bersih dan bekerja dengan lancar, maka akan memaksimalkan kinerja mekanik mesin sepeda motor matic.

Akhirnya, oli berkualitas tinggi dapat memperpanjang umur komponen mesin. Penggantian oli secara teratur akan mencegah endapan karbon terbakar di ruang mesin dan menjaga kebersihan ruang mesin.

Melihat pentingnya peran oli mesin pada sepeda motor matic, memilih oli mesin matic terbaik menjadi satu-satunya cara bagi pemilik mobil.

Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa saran tentang oli motor terbaik berdasarkan pengalaman saya sendiri.

1. TOP 1 Action Matic

Masyarakat Indonesia kini lebih memilih sepeda motor matic sebagai kendaraan roda dua favorit mereka. Selain relatif lebih mudah digunakan, sepeda motor matic menawarkan kenyamanan tambahan bagi pengendaranya.

TOP 1 Oil, merek pelumas internasional dari California, USA, membawa teknologinya ke Indonesia dengan TOP 1 Action Matic. Oli matic ini menjaga performa kendaraan matic dengan sangat baik.

Dirancang untuk pabrikan sepeda motor matik Jepang terbaru Yamaha dan Honda. Pengendara dapat merasakan keuntungan yang tak terhitung dengan pelumas TOP 1 Action Matic secara langsung.

Kekuatan oli ini adalah sertifikasi JASO MB terbaru 2016 yang dikembangkan untuk pabrikan sepeda motor matic Jepang. Teknologi Smooth Riding Additive dan kandungan sintetisnya yang tinggi memberikan pengendaraan yang mulus dan nyaman.

2. Shell Advance Matic

Shell Advance Matic memiliki tingkat kekentalan 10W40 dan saya mendapat rekomendasi dari rekan Amerika yang pernah menggunakan oli ini.

Kesan pertama saya dengan Shell Advance Matic Oil adalah mesin sepeda motor saya terdengar lebih halus dari awal dibandingkan dengan oli stok Honda SPX 2, dan performa mesin tetap konsisten bahkan dalam panas tinggi.

Dalam pengalaman saya, kualitas oli dapat dipertahankan dalam 3.000 km, lebih dari yang saya rasakan performa motor menurun. Ketika saya mengganti oli, saya mengkalibrasi ulang volume oli dan setelah 3000 meter volume oli hanya berkurang 100ml.

Rasa berkendara yang halus dan nyaman.

3. TOP 1 Evolution Matic

TOP 1 Evolution Matic adalah salah satu oli yang bisa dibilang sebagai oli mesin sepeda motor matic.

Oli premium dari pabrikan pelumas Amerika ini tersedia dalam spesifikasi full sintetik dengan viskositas 10W-40.

Pengalaman saya dengan oli motor membuat saya merasa bahwa getaran dan kebisingan mesin minimal. Oli ini juga memberikan performa mesin yang stabil dari start pertama hingga temperatur mesin tinggi.

Saya rasa performa maksimal oli ini sampai 3500 km, setelah itu performa motor perlahan-lahan akan menurun karena kualitas oli juga akan menurun.

4. Motul Scooter Expert

Minyak ini sangat ideal bagi mereka yang secara teratur melakukan perjalanan lebih dari 50 kilometer per hari.

Menurut saya produk dari Motul ini memberikan performa maksimal saat mesin mencapai panas sedang hingga tinggi.

Saat motor pertama kali dihidupkan, saya merasa karakteristik mesinnya agak kasar. Namun hal ini berubah setelah motor mencapai jarak tertentu, suhu mesin naik, motor menjadi lebih halus dan lebih responsif.

5. Amsoil Scooter

Skuter Amsoil adalah oli otomatis premium dan salah satu yang paling mahal yang pernah saya coba.

Viskositas oli ini adalah 10W-40, dan performanya stabil, bahkan setelah menempuh jarak 2000 kilometer, performa mesin tidak akan terasa.

Deskripsi produk di e-commerce menyebutkan minyak ini bisa digunakan hingga 10.000. Benar saja, ketika saya mengganti oli pada 4.100km, oli tidak berwarna hitam sepenuhnya dan tingkat kekentalannya konsisten.

Manfaat lain dari oli Skuter Amsoil adalah mesin memiliki getaran yang minimal dan halus dari putaran rendah hingga tinggi. Meski begitu, mesin relatif cepat panas dibandingkan oli pabrik biasa.

6. Buzz

Jika Anda menginginkan oli premium untuk motor matic Anda, Buzz adalah salah satu oli premium yang bisa Anda pilih.

Catatan penting saya tentang minyak ini adalah daya tahan atau daya tahan dari minyak tertentu. Saya menyebutkan bahwa minyak ini sangat bagus untuk pengendara.

Dari start pertama hingga suhu mesin naik, oli ini menghasilkan suara mesin yang halus dan getaran yang minimal.

7. Oli X-Ten

Perlu kamu ketahui bahwa Oli X-TEN ini bukan sembarang oli, oli X-Ten ini memiliki banyak sekali keunggulan yang belum tentu dimiliki oleh oli merek lain.

Salah satu alasan oli X-TEN masuk dalam rekomendasi oli matic terbaik adalah karena oli ini membuat tarikan motor lebih mudah. Bahkan, itu ringan dan tahan lama.

Bahkan di atas 5.000 kilometer, mesinnya masih ringan, mulus, dan tidak berat sama sekali. Menariknya, Oli X-TEN juga ternyata sangat tahan panas, sehingga performa yang berdampak pada mesin tetap bagus meski mesin motor anda sedang panas.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments