Home » Website » Rekomendasi 7 Plugin WordPress Untuk Website Pemerintah

Rekomendasi 7 Plugin WordPress Untuk Website Pemerintah

Plugin adalah software tambahan yang memiliki fungsi tertentu untuk menunjang dan menjalankan fitur tambahan pada website tanpa mengubah program utama.

Ketersediaan plugin dapat memudahkan para pengguna untuk menambahkan fitur-fitur di website termasuk mengubah atau memodifikasi.

Ada beberapa plugin yang di rekomendasikan untuk website instansi pemerintahan antara lain elementor, tablepress, loginpress, wpdevart chart, photo gallery, wp image zoom, dan wpdatatables.

1. Elementor

Elementor adalah platform pembuatan situs web yang memungkinkan web developer untuk membangun situs web professional dengan proses yang cepat tanpa harus memahami bahasa pemrograman.

Plugin Elementor dapat digunakan untuk membuat semua jenis website mulai dari mengatur tema, header, footer, post, arsip, dan elemen lainnya.

Selain itu, ia juga memiliki widget dan fitur seperti box shadow, background overlays, hover effects, headline effects, animations, gradient, backgrounds, CSS transform, mask options, shape dividers, coming soon mode, dan lain-lain.

Untuk menggunakan elementor disarankan menggunakan yang versi pro. Namun, untuk mendapatkan versi pro di situs resminya, membutuhkan biaya yang cukup pantastis. Olehnya itu, solusinya cari jasa install atau Anda bisa order lewat Jasa Install Elementor Pro.

2. TablePress

TablePress adalah plugin yang dapat digunakan untuk mengelola tabel dengan mudah pada halaman website.

Dengan plugin ini table dapat disisipkan kedalam postingan, halaman, atau widget teks dengan menggunakan kode singkat (short code).

Data table dapat di edit menjadi spreadsheet tanpa memerlukan pengkodean.

Tabel dapat berisi semua jenis data dan dapat di berikan penomoran, pengurutan, pemfilteran dan lain sebagainya, serta table dapat diimpor dan diekspor dari/ke file Excel, CSV, HTML, dan JSON.

Plugin TablePress sangat berguna jika Anda ingin menyajikan data kedalam tabel.

3. LoginPress

LoginPress adalah plugin yang digunakan untuk kustomisasi tata letak halaman login, sehingga Anda dapat mengubah tampilan halaman login dan beberapa pengaturan lainnya seperti kesalahan login, lupa password, kesalahan pendaftaran, lupa kata sandi, dan lain-lain.

Fitur yang dimiliki plugin LoginPress antara lain dapat mengubah halaman login, menyesuaikan background, penyesuaian form login, warna form, warna tombol, form footer, dan lain-lain.

4. Wpdevart Chart

Wpdevart Chart adalah plugin yang dapat digunakan untuk membuat bagan organisasi yang praktis dan menarik.

Beberapa fitur yang dapat diatur dalam plugin ini yaitu warna background, broder radius, padding, warna garis, tinggi gari, lebar dan tinggi minumu, lebar dan tinggi gambar, font deskripsi, ikon, dan beberapa fitur lalinnya.

5. Photo Gallery

Galeri Foto adalah plugin yang berfungsi untuk membuat galeri photo maupun video yang responsif.

Kelebihan menggunakan plugin Galeri Foto yaitu gambar dan photo yang ditampilkan lebih menarik baik itu ditampilkan pada postingan maupun halaman.

Kemudian kelebihan yang kedua yaitu desain web lebih modern dengan tampilan photo beresolusi tinggi dan ditampilkan dalam tata letak yang menarik.

Tampilan galeri dapat kustomisasi termasuk slideshow, thumbnail, image browser, extended and compact album, masonry, blog style, dan mosaic.

6. WP Image Zoom

WP Image Zoom adalah plugin zoom gambar yang dapat dikonfigurasi dengan fitur zoom in, zoom out, lensa bulat, lensa persegi, efek fade, efek animasi, ukuran zoom, dan dapat digunakan di bagian halaman maupun di postingan.

Dengan menggunakan plugin ini, gambar yang ada di website dapat terlihat jelas ketika kursor di arahkan pada gambar tersebut.

7. wpDataTables

Plugin wpDataTables adalah plugin table yang digunakan untuk membuat tabel dengan cepat dari excel, CSV, JSON, dan sumber data lainnya.

Ada beberapa yang dapat dilakukan dengan plugin ini yaitu menggabungkan sel, menambah atau menghapus kolom dan baris, mengubah susunan kolom dan baris, menambah tautan, menambahkan media, dan lain-lain.

wpDataTables memungkinkan untuk pembuatan berbagai jenis bagan seperti line, column, pie, histogram, bar, bubble, dan lain-lain.

Plugin ini sangat membantu jika Anda ingin menampilkan data statistik dalam bentuk grafik.

Itulah beberapa rekomendasi plugin yang perlu di install pada website instansi pemerintah, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa di jadikan referensi dalam membuat website pemerintahan.

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Fatimah Az Zahrah Sifa
22 hours ago

Woah, dengan plugin plugin ini opsi terbaik jadi tidak bikin rumit lagi. Apalagi yang kurang pengalaman soal html