Home » Otomotif » X-TEN, Rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia

X-TEN, Rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia

Daftar Isi

Rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia yaitu oli X-TEN. Karena oli X-TEN tahan lama, entengnya tahan lama, dan membuat mesin tahan lama.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang oli X-TEN. Saya ingin mengajak Anda mengetahui sejarah hadirnya motor matic di Indonesia.

Sejarah Motor Matic di Indonesia

Banyak orang mengira keberadaan motor matic muncul pada tahun 2000-an, padahal nyatanya motor matic sudah ada sejak tahun 1962 silam. 

Produsen otomotif ternama asal Jepang yakni Honda memperkenalkan motor otomatis pertama di Indonesia yaitu Honda Sayur.

Menyusul pada Tahun 1991, Piaggio melalui PT. Dan Motor Vespa Indonesia meluncurkan motor matic varian baru yaitu Vespa Corsa.

Kemudian pada Tahun 2000, produsen motor asal Taiwan yakni Kymco meluncurkan Jetmatic Trend 125 yang menjadi inspirasi motor skutik berikutnya.

Tak mau kalah, dua tahun berselang munculnya Jetmatic Trend 125. Yamaha juga memperkenalkan motor Yamaha Nouvo di Asia Tenggara yang banyak orang mengira sebagai pelopor sepeda motor matic.

Hingga saat ini, produk motor matic berkembang sangat pesat dan banyak sekali varian yang tersedia, sehingga masyarakat bisa memilih berdasarkan kelas, merk, dan tipe motor.

Bagaimana perkembangan motor matic Indonesia? Untuk mengetahuinya mari kita melihat statistik penjualan motor di Indonesia.

Statistik Penjualan Motor di Indonesia

Berdasarkan data statistik Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan motor pada Tahun 2021 mencapai 5.057.516 dimana Scooter mendominasi dengan persentase 87,58%.

Melihat persentase itu, menunjukkan masyarakat Indonesia saat ini lebih banyak menggunakan motor matic daripada motor Underbone atau Sport.

Anda yang membaca artikel ini mungkin salah satu pengguna motor matic. Oleh karena itu, agar motor Anda tetap enteng dan mesinnya tahan lama gunakan Oli X-TEN.

Mengapa Oli X-TEN? Sebelum kita membahasnya, saya mengajak Anda untuk mengetahui apa itu motor matic.

Apa itu Motor Matic

Motor matic atau skuter matik adalah motor otomatis yang tidak menggunakan operan gigi manual dan hanya cukup dengan satu akselerasi.

Melansir dari GridOto.com, penggagas Indonesia Scooter Festival yaitu Dwi Yudha Danu menjelaskan motor matic secara kasat mata berbeda dengan motor lainnya.

Pertama, perbedaan dapat kelihatan pada area lantai pijakan kaki penumpang depan.

Kedua, penempatan mesin berada pada samping (kanan/kiri) atau pada bagian tengah belakang yang posisinya lebih rendah dari jok motor.

Ketiga, roda atau bannya lebih kecil dari motor lainnya.

Selain itu, tidak hanya bentuk fisiknya saja yang membedakan. Namun, olinya juga berbeda dengan motor lainnya.

Pada umumnya jenis oli ada empat jenis berdasarkan bahan material pembuatannya yaitu oli vegetable, mineral, syntetic, dan semi syntetic.

Jadi, sebelum mengetahui oli apa yang bagus untuk motor matic kamu, mungkin kamu perlu memahami terlebih dahulu fungsi oli mesin.

Apa Fungsi Oli Untuk Mesin Motor

Oli berperan pada sistem kerja mesin sepeda motor untuk melumasi komponen mesin agar melindungi dan mengurangi gesekan pada mesin. Selain itu, oli mesin berfungsi sebagai pendingin, membersihkan komponen, menghaluskan suara mesin, dan menghindari korosi.

1. Pendingin

Oli berfungsi sebagai pendingin agar suhu pada mesin tetap ideal, sehingga kinerja mesin lebih sempurna.

2. Membersihkan Komponen

Fungsi oli adalah membersihkan kotoran dari hasil pembakaran pada mesin agar tidak menempel pada bagian penting mesin.

3. Menghaluskan Suara Mesin

Mungkin Anda pernah mendengar motor matic yang bunyi mesinnya tidak halus seperti biasanya.

Salah satu penyebabnya yaitu kelamaan mengganti oli mesin atau menggunakan oli tidak sesuai dengan spesifikasi mesin.

Apabila Anda rutin mengganti oli dan sesuai spesifikasi mesin, pasti suara mesin motor Anda tetap halus dan awet.

4. Menghindari Korosi

Korosi atau karat dapat terjadi pada komponen mesin apabila tidak ada pelumas. Sebab itu, oli berfungsi menjaga mesin agar terhindar dari korosi atau karatan.

Anda mungkin sudah paham fungsi oli terhadap mesin. Selanjutnya mari kita bahas mengapa penting memilih oli untuk motor matic.

Mengapa Memilih Oli Motor Matic Terbaik

Oli motor matic memang banyak Anda temukan pada bengkel-bengkel. Namun, sangat penting memilih oli yang baik untuk mesin.

Memilih oli yang baik sangat perlu, karena jika salah memilih oli, bisa jadi komponen mesin Anda timbul masalah yang membuat kinerja mesin motor Anda tidak stabil.

Kabar baiknya jika Anda mencari rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia yang tahan lama, entengnya tahan lama, dan bikin mesin tahan lama, solusinya adalah X-TEN oli motor matic terbaik.

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Jika kamu mencari oli motor matic terbaik di Indonesia, jawabannya adalah oli X-TEN. Anda pasti penasaran dengan oli yang satu ini, agar Anda tidak penasaran berikut kami sajikan informasi selengkapnya.

1. Apa itu X-TEN

X-TEN adalah oli motor matic terbaik di Indonesia yang mengandung bahan ester yang tidak dimiliki oli lain. Dengan bahan ester membuat oli X-TEN tahan lama hingga 5.000Km. 

2. Jenis Produk Oli Motor X-TEN

Oli X-Ten tidak hanya untuk mesin motor saja, melainkan juga untuk mesin mobil.  Sedangkan produk untuk motor ada oli mesin, oli gardan, dan auto chemicals.

Produk Oli X-TEN

Sumber: xten.id

Oli Mesin

Tidak seperti oli pada umumnya, oli X-TEN untuk mesin motor matic bahan dasarnya dari oil Ester. Adapun jenis oli mesin untuk motor matic yaitu X-TEN 10W40 Matic, Double Ester Matic 10W40, Super Max Matic, Double Ester Matic 10W30, dan X-TEN 10W30 Matic.  

Oli Gardan

Oli gardan berfungsi untuk melancarkan pergerakan gear transmisi dan meminimalisir gesekan pada komponen mesin.  

Auto Chemicals

Auto chemicals adalah cairan high performance additive yang mampu bekerja dalam 100oC dan berfungsi secara efektif membantu kinerja mesin.

4. Kelebihan Oli X-TEN 

Saat ini tercatat 1.727.823 motor yang telah menggunakan oli X-TEN. Banyak pengguna beralih menggunakan oli X-TEN, karena memiliki kelebihan dari oli biasa. Kelebihan oli X-TEN antara lain:

Olinya Tahan Lama

Oli X-TEN lebih tahan lama dan mampu bertahan hingga 5.000 KM atau masa pakainya mampu bertahan hingga 2-3 bulan. Oleh karena itu, oli X-TEN masuk kategori oli motor matic yang bagus untuk jarak jauh

Entengnya Tahan Lama

Kelebihan selanjutnya menggunakan oli X-TEN yaitu pengguna merasakan tarikan mesin lebih enteng sampai akhir masa pakainya. Selain itu, mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas.

Bikin Mesin Tahan Lama

Mesin kendaraan yang menggunakan oli X-TEN dalam jangka waktu yang panjang, tingkat keausan mesinnya hanya 5-10%.

Karena dengan lapisan ester, mampu memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran oli sehingga mesin adem, tetap bersih, bertenaga, dan hemat BBM.

Digunakan Jutaan Motor

Hingga saat ini, motor yang menggunakan oli X-TEN sudah mencapai jutaan dan mendapat respon yang beragam dari penggunanya.

Sudah Tersertifikasi

Oli X-TEN sudah tersertifikasi oleh Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan No. SNI 7069.5:2012 dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO).

Diproduksi Dengan Teknologi Canggih

Proses produksi oli X-TEN diformulasikan dan dibuat dengan teknologi canggih sehingga kualitasnya terjaga. Penasaran bagaimana proses produksi Oli X-TEN, yuk simak video produksi dan laboratorium oli X-TEN.

Banyak Testimoni Dari Penggunanya

Oli X-TEN memang sudah tidak diragukan lagi ketahanannya. Melansir dari situs resminya beberapa pengguna mengatakan sebagai berikut:

Adi

Pengalaman beli di 23.010 KM, setelah 28.162 KM Saya ganti oli ternyata oli X-TEN yang Saya pakai Cuma berkurang sedikit banget dari pas baru ganti oli. Setelah di 5000 KM, terbukti X-TEN efisien dan irit dipenguapan. Top banget!

Algifarihariyanto

Dulu saya masih pakai oli merk lain 1500km sdh terasa kasar di mesin motor saya, sejak pakai oli X-TEN sampai lebih dr 4000km mesin mtor sy masih terasa halus dan tarikan empuk, terimakasih Planet Ban.

Dodit

Mantaap lah Oli X-TEN dah 2 bulan performa mesin utk tarikan tetap joss padahal motor dipakai setiap hari dengan jarak jauh. Beda dgn oli lain yg baru 2 minggu-sebulan dah mulai loyo tarikan nya.

5. Jenis Oli X-TEN Untuk Motor Matic 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa jenis oli X-TEN khusus untuk motor matic ada lima, sesuai dengan spesifikasi motor matic. Berikut ini daftar jenis oli X-TEN untuk motor matic beserta spesifikasinya.

X-TEN 10W40 MATIC

Spesifikasi:

– Viskositas: SAE 10W-40
– Sertifikasi: JASO MB / API SL
– Isi: 800ml
– SNI 7069:2:2012

Kelas:
– Motor matic 110-125cc

Harga:
– Rp. 45.000,-

X-TEN 10W30 MATIC

Spesifikasi:

– Viskositas : SAE 10W-30
– Sertifikasi : JASO MB / API SL
– Isi : 800ml
– SNI 7069:2:2012

Kelas:
– Motor matic 125-150cc

Harga:
– Rp. 45.000,-

X-TEN DOUBLE ESTER MATIC 10W30

Spesifikasi:

– Viskositas: SAE 10W-30
– Sertifikasi: JASO MB / API SN
– Isi: 800ml
– NPT: KESDM RI XC002E1104010519

Kelas:
– Motor sport matic

Harga:
– Rp. 83.000,-

X-TEN DOUBLE ESTER MATIC 10W40

Spesifikasi:

– Viskositas: SAE 10W-40
– Sertifikasi: JASO MB / API SN
– Isi: 900ml
– NPT: KESDM RI XC002E1104010519

Kelas:
– Motor sport matic

Harga:
– Rp. 89.000,-

X-TEN MAX SUPER MATIC

Spesifikasi:

– Viskositas: SAE 10W-40
– Sertifikasi: JASO MB / API SL
– Isi: 1000ml
– SNI 7069:2:2012

Kelas:
– Motor matic 150cc++

Harga:
– Rp. 60.000,-

Kode SAE Oli Mesin Motor

Society of Automotive Engineer (SAE) adalah asosiasi bidang teknik mobil atau kendaraan bermotor yang mengatur standar dalam kendaraan bermotor seperti standar derajat viskositas minyak yang dinyatakan dengan nomor SAE. 

Nomor SAE yang Anda temukan seperti pada kemasan oli X-TEN yaitu 10W30 dan 10W40 menunjukkan tingkat kekentalan oli. 

Huruf W pada kode SAE merupakan singkatan dari Winter yang berarti musim dingin. Formulasi sebuah oli menyesuaikan dengan dua musim, yaitu musim dingin dan panas, sehingga saat suhu motor dingin, oli mesin akan mengental.

Angka setelah huruf W menunjukkan tingkat kekentalan oli ketika mesin dalam kondisi bekerja atau dalam keadaan panas. Semakin tinggi angka itu, menunjukkan tingkat kekentalan oli semakin besar.

Jadi, sebelum membeli oli sebaiknya memperhatikan kode SAE pada kemasan oli agar oli yang kamu gunakan sesuai dengan spesifikasi mesin motor Anda.

Tips Memilih Oli Mesin Untuk Motor Matic

Memilih oli mesin untuk motor matic memang perlu di perhatikan bagi setiap orang. Hal itu bertujuan agar oli yang digunakan dapat menjaga performa mesin motor. 

Beberapa tips yang perlu di perhatikan ketika Anda memilih oli yaitu pilih oli yang tahan lama, olinya membuat tarikan mesin lebih enteng, sesuai dengan spesifikasi mesin, dan pilih yang sudah Standar Nasional Indonesia.

Kesimpulan

Oli X-TEN satu-satunya produk oli yang memiliki bahan dasar Ester yang diformulasikan dan dibuat dengan canggih agar kualitasnya terjaga. Sehingga X-TEN TAHAN LAMAOlinya Tahan Lama, Entengnya Tahan Lama, dan Bikin Mesin Tahan Lama. Jadi, tidak heran jika produk X-TEN menjadi rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia.

FAQ

Motor matic yang menggunakan oli X-TEN bisa mengganti oli 2-3 bulan sekali atau setiap 5.000Km.

Dapat digunakan oleh motor matic, bebek, dan sport. Untuk pengguna motor matic dapat digunakan untuk merk Benelli, Honda, Kymco, Piaggio, Suzuki, ZYM, TVS, Vespa, dan Yamaha.

Harga oli X-TEN bervariasi sesuai spesifikasi motor. Untuk melihat harga kunjungi website X-TEN.

Distribusi oli X-TEN eksklusif hanya ada di Planet Ban dan Mobeng dengan menggunakan konsep Direct-To-Customer. 

Informasi tentang produk X-TEN dapat Anda temukan melalui media sosial Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube.