Home » Info,Wisata » 10 Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya Yang Lagi Hits

10 Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya Yang Lagi Hits

Daftar Isi

Makassar adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan yang terkenal dengan kuliner khasnya  yaitu pisang epe dan coto. Kota Makassar juga terkenal memiliki berbagai tempat wisata yang indah sehingga banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung. Ingin tahu dimana tempat wisata terdekat di Makassar yang lagi hits?

Dari dulu Makassar terkenal dengan wisata Pantai Losarinya, tetapi saat ini sudah banyak tempat wisata Makassar terbaru yang menjadi daya tarik bagi wisatawan berkunjung ke kota daeng. Mulai dari wisata pantai hingga dataran tingginya menawarkan pesona alam yang indah.

Jika kamu punya rencana berlibur ke Makassar tetapi belum tahu liburan di Makassar kemana, maka di artikel ini kamu bisa menyimak beberapa rekomendasi tempat wisata di Makassar yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga.

Tempat wisata ini sangat beragam mulai dari berbayar hingga yang gratis, ada tempat wisata keluarga, tempat wisata anak, hingga tempat wisata yang dekat dengan bandara. Untuk mengetahui tempat wisata tersebut langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya

Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di Makassar dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi ketika liburan.

1. Pantai Losari

Pantai Losari Makassar

Pantai Losari adalah salah satu tempat wisata di Makassar dan sekitarnya yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Makassar. Tempat wisata ini merupakan wisata ikonik kota Makassar yang terkenal dari zaman dulu sampai sekarang. Ketika orang baru ke Makassar pasti jarang sekali tidak berkunjung ke tempat wisata ini.

Lokasi pantai losari berada di Jalan Tanjung Bunga, Kota Makassar. Jarak pantai losari dengan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin berkisar 22 Km dengan jarak tempuh kurang lebih 35 menit.

Berkunjung ke tempat wisata Pantai Losari akan memberikan pengalaman wisata yang berkesan. Karena disini pengunjung bisa menikmati indahnya sunset sambil menikmati kuliner khas Makassar yaitu pisang epe. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas wisata seperti wahana air dan kapal pinisi.

Jika kamu berkunjung ke pantai losari tidak perlu membayar biaya masuk alias gratis. Adapun yang perlu kamu bayar mungkin hanya biaya parkir saja untuk kendaraan motor dan mobil. Kamu juga bisa berkunjung kesini kapan saja karena terbuka selama 24 jam. Namun, biasanya pantai losari ramai pada pukul 15.00 hingga pukul 22.00 WITA.

Alamat: Jalan Tanjung Bunga, Desa Maloku, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar.

2. Masjid Terapung

Masjid Terapung Makassar

Masjid Terapung Makassar atau yang memiliki nama Masjid Amirul Mukminin adalah salah satu tempat wisata religi yang sayang jika tidak kamu kunjungi ketika berlibur di Makassar.

Lokasi Masjid Terapung Makassar tidak jauh dari Anjungan Pantai Losari hanya berkisar 1 Km dan bisa kamu tempuh sekitar 7 menit saja. Sebagaimana biasanya masjid difungsikan sebagai tempat untuk beribadah bagi umat Islam.

Namun, tak jarang juga masjid ini juga biasa digunakan untuk beberapa kegiatan seperti prewedding, arisan, nikah massal, dan termasuk bagi wisatawan yang ingin melakukan wisata religi.

Alamat: Jalan Penghibur No.289, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90112

3. Masjid 99 Kubah

Masjid 99 Kubah Makassar

Masih dalam wisata religi yang ada di Makassar, Masjid 99 Kubah bisa dibilang salah satu wisata Makassar terbaru dan lagi hits dikunjungi para wisatawan. Masjid ini dibangun sejak tahun 2017 dan arsiteknya adalah Gubernur Jawa Barat bapak Ridwan Kamil.

Meskipun pembangunannya sempat tertunda, tetapi pada tahun 2021 mulai lagi dilanjutkan pembangunannya setelah selesai pada tahun yang sama barulah diresmikan pada tanggal 12 Maret 2022.

Setelah selesai diresmikan sejak itu pula Masjid 99 Kubah ramai dikunjungi pelancong dari berbagai kota. Tempat ini fungsi utamanya digunakan untuk beribadah bagi umat Islam, tetapi tak jarang juga para wisatawan datang kesini berfoto untuk mengabadikan keindahan yang ada di sekitar Masjid 99 Kubah.

Alamat:  Jl. H. Bau No.36, Kunjung Mae, Kec. Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90125

4. Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam Makassar

Beranjak dari wisata religi, sekarang kita beralih ke wisata sejarah yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Makassar. Salah satu wisata sejarah yang ramai dikunjungi wisatawan yaitu Benteng Rotterdam yang berlokasi di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Benteng Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang adalah sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Di dalam benteng Rotterdam terdapat beberapa situs bersejarah seperti bangunan gereja, rumah kediaman gubernur, pedagang senior, kapten, predikant, dan sekretaris, serta beberapa bangunan penyimpanan senjata.

Untuk masuk ke tempat wisata Benteng Rotterdam kamu cukup membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 dan kamu bisa mengunjunginya pada pukul 09.00 WITA – 18.00 WITA.

Alamat: Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90171

5. Trans Studio Mall Makassar

Trans Studio Mall Makassar

Dari wisata sejarah kita beralih ke tempat wisata belanja, salah satu tempat wisata belanja yang sangat populer di Makassar adalah Trans Studio Mall Makassar.

Selain sebagai pusat perbelanjaan, mall Trans Studio juga menjadi tempat hiburan dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan seperti Studio Central, The Lost City, Kids Studio, dan Magic Corner. Kamu bisa berkunjungi ke mall ini jika ingin berbelanja sambil menikmati berbagai wahana permainan.

Alamat: Jl. Metro Tj. Bunga, Maccini Sombala, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90224

6. Air Terjun Bantimurung

Air Terjun Bantimurung

Jika kamu mencari tempat wisata dekat bandara Sultan Hasanuddin, maka salah yang menjadi favorit banyak wisatawan adalah Air Terjun Bantimurung. Meskipun lokasinya berada di luar kota Makassar tetapi tempat wisata ini sangat populer dikunjungi dari wisatawan lokal hingga mancan Negara.

Air Terjun Bantimurung adalah salah satu tempat wisata alam di Makassar yang menawarkan berbagai keindahan alam bagi para pengunjung. Tempat wisata alam ini menjadi pilihan utama bagi pengunjung dalam menghabiskan waktu libur. Sebab, keunggulan wisata ini terletak pada nuansa alam yang masih sangat terjaga.

Selain air terjun, pengunjung juga dapat menikmati beberapa tempat wisata lainnya seperti Gua Batu, Gua Mimpi, Danau Kassi Kebo, serta Museum Kupu-Kupu Bantimurung.  Pengunjung dapat menyaksikan langsung atraksi kupu-kupu yang beterbangan.

Alamat: Dusun Bantimurung, Desa Jenetaesa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

7. Bugis Waterpark Adventure

Bugis Waterpark Adventure

Bugis Waterpark Adventure merupakan salah satu tempat wisata keluarga di Makassar sekaligus tempat wisata anak di Makassar. Pasalnya objek wisata ini menawarkan berbagai wahana dan aktivitas menarik seperti Phinisi Slide, Kids Pool (Kolam Anak-Anak), Multi Slide (Tappasorong), Black Hole (Mapettang), dan Lazy River (Wae Massolo).

Fasilitas yang ada di objek wisata Bugis Waterpark Adventur antara lain Gazebo, kursi santai, ban pelampung, musholla, loker dan penyewaan handuk, toilet dan ruang ganti, serta warung makan dan food court.

Bugis Waterpark Adventure terbuka setiap hari dari pukul 09.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA. Untuk biaya tiket masuknya berbeda dari hari biasa dengan hari libur. Untuk hari Senin-Jumat Rp 150.000/orang, hari Sabtu Rp 180.00/orang, dan hari Minggu Rp 200.000/orang.

Alamat: Perumahan Bukit Baruga Jalan Sektor Mahamero No.1, Antang, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231

8. Wisata Mangrove Lantebung

Wisata Mangrove Lantebung

Tempat wisata terdekat di Makassar selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah wisata mangrove lantebung yang berlokasi di Jl. Lantebung, Bira, Tamalanrea, Kota Makassar.

Wisata Mangrove Lantebung memiliki luas sekitar 30 hektar yang berisi pohon mangrove dan ditengahnya terdapat jembatan warna-warni yang akan dilewati para wisatawan yang memasuki hutan mangrove.

Pengunjung yang ingin ke mangrove lantebung, bisa berkendara melalui Tol Insinyur Sutami dengan jarak tempuh kurang lebih 20 menit. Untuk pengunjung yang ingin masuk ke hutan Mangrove Lantebung akan dibebankan tiket seharga Rp 3.000 per orang.

Alamat: Jl. Lantebung, Bira, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90243

9. Taman Pakui Sayang

Taman Pakui Sayang

Taman Pakui Sayang adalah sebuah taman yang berada di Kota Makassar yang lokasinya berada di Lorong A.P Pettarani 2, Masale, Panakkukang, Kota Makassar.

Bagi warga yang tinggal di Kota Makassar atau yang sedang berkunjung bisa mengunjungi tempat wisata ini untuk menghabiskan hari libur bersama keluarga.

Didalam taman terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk berolahraga dan bermain, seperti lapangan tenis, lapangan bola, jogging track, ruang bermain untuk anak-anak, dan tribun. Sementara untuk ruang bawah tanah tribun terdapat kantin dan kafetaria.

Nah, jika kamu mencari tempat wisata di Makassar yang gratis maka tempat wisata taman pakui sayang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan hari libur bersama keluarga.

 Alamat: Lorong A. P. Pettarani 2, Masale, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231

10. Pantai Akkarena

Pantai Akkarena Makassar

Jika kamu suka dengan suasana pantai maka salah tempat wisata pantai yang bisa kamu kunjungi di Makassar untuk berlibur adalah Pantai Akkarena.

Lokasi pantai Akkarena berada di Jl. Tanjung Bunga, Kota Makassar. Jarak dari pusat kota Makassar ke pantai Akkarena hanya berkisar 8,5 Km dengan jarak tempuh sekitar 23 menit.

Berkunjungi ke tempat wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan pantai, tetapi juga menawarkan berbagai wahana dan kuliner. Wahana yang ada di pantai Akkarena antara lain banana boat, jetski, speed boat, kano atau bebek-bebek air.

Pantai Akkarena dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 WITA sampai pukul 21.00 WITA. Pengunjung yang ingin masuk ke lokasi pantai di bebankan biaya tiket masuk. Untuk hari biasa biaya tiket mulai Rp 10.000, sedangkan untuk akhir pekan atau hari libur tiket masuknya mulai dari Rp 15.000 per orang.

Alamat: Jalan Tanjung Bunga, Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan.

Itulah beberapa tempat wisata terdekat di Makassar yang memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri untuk dikunjungi bagi para wisatawan. Kamu bisa memilih salah satu tempat wisata yang sudah disebutkan diatas sebagai tempat untuk berwisata bersama keluarga.