Home » News » Top 5 Smartphone Yang Memiliki Penjualan Terbesar di Dunia, Versi Statista

Top 5 Smartphone Yang Memiliki Penjualan Terbesar di Dunia, Versi Statista

Daftar Isi

Sekilas Tentang Smartphone

Telepon cerdas (Smartphone) adalah perangkat komputasi bergerak yang memiliki banyak kegunaan. Tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi seperti SMS atau percakapan suara, akan tetapi juga digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti transaksi online, mencari informasi lewat internet, dll.

Pengguna smartphone tidak mengenal usia dan jenis kelamin, penggunanya mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Data statistik populasi seluruh dunia menunjukkan bahwa pengguna internet lewat smartphone sebanyak 4,32 miliar dan pengguna sosial media lewat smartphone sebanyak 4,15 miliar pengguna.

Keberadaan telepon pintar sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat, termasuk kebiasaan seseorang, hingga hal-hal negatif yang dapat mempengaruhi khususnya bagi anak-anak dan remaja.

Disamping hal negatif yang dapat ditimbulkan dari penggunaan smartphone, tentu juga memiliki dampak positif yaitu memudahkan mencari informasi, membantu efektifitas pekerjaan, membantu produktivitas bisnis, dll.

Penggunaan smartphone juga tidak terlepas dari berkembangnya berbagai macam aplikasi mobile messenger sebagai media komunikasi.

Beberapa aplikasi mobile messenger yang banyak digunakan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, WeChat, QQ, Telegram, dan Snapchat. Data ini dapat Anda lihat disini.

Daftar Negara Sebagai Market Smartphone Terbesar

Pemesanan telepon pintar setiap tahunnya terus meningkat, data ini ditunjukkan pada laporan statistik Number of smartphone subsriptions worldwide from 2016 to 2026.

Kemudian lebih lanjut, terdapat delapan Negara yang memiliki target pasar terbesar yaitu China, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brazil, Russia, Japan, dan Mexico.

Berdasarkan laporan statistik jumlah pengguna pada tahun 2020, Indonesia berada di urutan ke empat sebagai target pemasaran smartphone terbesar di dunia.

Jumlah pengguna yang tercatat pada bulan Mei 2021 terdapat 160,23 juta pengguna smartphone di Indonesia.

Adapula Negara lain memiliki target pasar cukup besar dibawah Indonesia sesuai urutannya ada Brazil, Russia, Japan, Mexico, Jerman, Vietnam, Inggris, Bangladesh, Iran, Turki, Francis, Italia, Philipina, Pakistan, Korea Selatan, dan Thailand. Selengkapnya dapat Anda lihat disini.

Vendor Smartphone Yang Memiliki Market Terbesar

Dari sekian banyak vendor smartphone yang ada di Dunia, terdapat lima vendor yang paling besar pemasarannya.

Laporan pengiriman smartphone di seluruh dunia pada tahun 2020 yang paling teratas yaitu Apple.   Posisi teratas yang didapatkan Apple berkat memecahkan rekor penjualan iPhone 5G pertamanya.

Menurut perkiraan dari IDC, raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino itu mengirimkan 90 juta smartphone dalam tiga bulan terakhir pada tahun 2020, lebih banyak dari perusahaan lainnya.

iPhone merupakan salah satu telepon pintar yang di produksi oleh Apple yang pertama kali dirilis pada tahun 2007.

Ponsel pintar ini memiliki sistem operasi sendiri yang dikenal sebagai iOS atau iPhone OS. Namun untuk mendapatkan smartphone ini, Anda harus menyiapkan dana yang lebih besar dibanding smartphone lainnya. Untuk harganya sendiri tidak ada dibawah dua jutaan seperti Samsung, Xiamoi, dan Oppo.

Infographic: Apple Tops Smartphone Market With All-Time Record | Statista You will find more infographics at Statista

Sedangkan Samsung, Xiaomi, dan Oppo, juga mengalami pertumbuhan pengiriman dibandingkan tahun sebelumnya.

Begitu juga dengan Huawei, meskipun masuk daftar vendor yang memiliki banyak pengiriman. Namun, Huawei mengalami penurunan dari tahun 2019 ke tahun 2020.

Nabila Popal direktur riset di IDC, mengatakan bahwa elemen yang mendorong pemasaran ponsel cerdas yaitu promosi yang agresif, pengembangan yang mendukung layanan jaringan 5G, dan popularitas ponsel dengan harga rendah hingga menengah.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments